Kesehatan

21 September 2021

9 Manfaat Daun Kelapa, Salah Satunya Bisa Menghilangkan Nyeri Otot!

Selain untuk kerajinan tangan, manfaat daun kelapa juga bisa untuk luka
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Moms, tahukah jika kelapa menjadi buah yang paling serbaguna untuk digunakan? Setiap bagiannya mulai dari buah hingga manfaat daun kelapa telah digunakan oleh berbagai orang dengan cara berbeda. Di Filipina, kelapa dikenal sebagai Pohon Kehidupan dan Pohon 1.000 kegunaan dalam bahasa Malaya.

Tumbuh di lebih dari 80 negara di seluruh dunia, kelapa sawit unggul di daerah tropis, terutama Filipina dan Indonesia diikuti oleh India dan Brasil yang digabungkan, menyumbang sekitar 80% dari produksi kelapa dunia. Selain itu, Moms dan Dads lebih sering mengetahui manfaat air kelapa namun minim ketahui soal daun kelapa.

Manfaat Daun Kelapa

Manfaat Daun Kelapa

Foto: freepik.com

Mungkin, di kota-kota besar sudah jarang Moms dan Dads jumpai pohon kelapa. Namun di pelosok dan pedesaan masih sangat banyak didapatkan pohon yang satu ini, dan penasaran seperti apa manfaat daun kelapa yang digunakan?

1. Untuk Atap

Moms, tahukah selain daun rumbia dan daun ilalang, manfaat daun kelapa juga menjadi alternatif dan efektif untuk pembuatan atau rumah jaman dulu yang pada saat masih menggunakan kayu ataupun gedek bisa ditutupi dengan blarak atau daun kelapa.

Membuat atap dengan memanfaatkan daun kelapa tergolong mudah dan efektif. Daun kelapa yang belum begitu kering bisa diayam dengan rapi agar kuat. Cara mengayamnya juga menggunakan teknik tersendiri bisa mencari beberapa tutorial di youtube.

Baca Juga: Manfaat Minyak Kelapa bagi Bayi

2. Untuk Kerajinan Tangan

Manfaat daun kelapa muda juga bisa digunakan untuk bermacam-macam kerajinan tangan seperti mainan burung. Meskipun disebut mainan burung, namun bagi orang Jawa, mainan burung ini bisa dijadikan salah satu simbol pernikahan adat Jawa atau Rewangan.

Disebut sebagai burung mainan karena seusai acara adat Jawa usai maka burung dari janur ini digunakan anak-anak kecil untuk mainan.

3. Untuk Ketupat

Manfaat daun kelapa selanjutnya adalah yang sering dipakai saat hari raya yaitu membuat ketupat.

Ketupat ini dari daun kelapa muda yaitu Seni membuat wadah nasi yang dimasukan dalam sebuah selongsong yang terbuat dari daun kelapa

Baca Juga: Bolehkah Bayi Minum Air Kelapa?

4. Hiasan Pernikahan

Kebanyakan adat istiadat di Indonesia terutama jawa timur menggunakan janur sebagai lambang pesta pernikahan. Pemilihan daun kelapa muda ini juga tidak asal-asalan karena daun ini untuk membentuk hiasan, nah tentu saja daun ini memiliki makna yang berbeda-beda.

Janur kuning ini juga dapat dijadikan sebagai hiasan pada pesta pernikahan. Bahkan banyak juga bagi beberapa daerah, janur kuning ini akan diletakkan di tepi jalan sebagai petunjuk adanya pesta yang tidak terlalu jauh dari janur berada sebagai tanda bahwa ada acara.

5. Membuat Sapu Lidi

Daun kelapa ini sungguh banyak manfaatnya yaitu salah satunya sebagai sapu lidi atau alat untuk menyapu merupakan salah satu hasil pemanfaatan dari pohon kelapa yaitu bagian daunnya.

Lidi ini merupakan tulang daun kelapa bagian tengah. Daun kelapa yang sudah tua biasanya akan diambil oleh pemiliknya untuk diubah menjadi sapu lidi dan biasanya yang diambil yang agak tua biar sapu lidinya kokoh dengan bahan agak tua, biar tidak lemas saat buat nyapu.

Cara pembuatannya sangat mudah dan simple, Moms bisa dengan hanya memisahkan daunnya dari tulang daunnya agar terpisah dan dapat diambil tengahnya batang dari daun kelapa.

Baca Juga: Berasa Nostalgia, Ini 5 Jajanan Tradisional dari Kelapa yang Bikin Lidah Bergoyang

6. Membuat Tusuk Sate

Lidi adalah tulang dari tengah daun kelapa di mana lidi ini memiliki banyak sekali manfaat seperti halnya sebagai tusuk sate, Lidi ini menjadi alternatif utama pembuatan tusuk sate di mana tusuk ini sangat alternatif untuk tusuk sate di mana harganya yang murah dan simple dalam pembuatnnya.

Karena pada umumnya orang menggunakan bambu sebagai alat untuk menusuk sate kambing akan tetapi kalau lidi ini untuk sate kambing sepertinya tidak terlalu kuat untuk daging tersebut.

Tusuk sate yang terbuat dari lidi kelapa ini lebih praktis dan simple. Jika dibandingkan dengan menggunakan bambu lain itu cara ini lebih praktis dan low budget.

7. Pakan Ternak

Pada daun kelapa muda dan tua ini, terdapat banyak manfaat dan dapat dijadikan sebagai pakan alternatif ternak. Seperti Kerbau dan sapi. Manfaat daun kelapa ini dapat untuk pakan ternak biasanya adalah daun kelapa yang sudah diambil batang lidi pada daun kelapa.

Baca Juga: 14 Manfaat Air Kelapa Muda, Hijau, dan Tua, Baik untuk Kesehatan Hingga Kecantikan

8. Nyeri Otot

Selain untuk penggunaan luar, ternyata manfaat daun kelapa juga bisa menghilangkan nyeri otot. Caranya, kumpulkan beberapa daun dari jantung pohon, rebus, dan buatlah minumannya. Cara lain untuk menyembuhkannya adalah dengan mandi di campuran tersebut.

9. Pengobatan Luka Luar

Manfaat daun kelapa selanjutnya yaitu sisik pelepah daunnya. Ya, sisik yang menutupi pelepah daun bagian dalam digunakan untuk penyembuhan luka sejak jaman dulu. Menurut Indian Coconut Journal, Sisik pelepah daun kelapa dapat digores dari pelepah daun bagian dalam, yang sifatnya serbuk berserat. Hal ini dapat diterapkan pada luka langsung dengan perban kain bersih kering.

Baca Juga: 4 Manfaat Sabut Kelapa yang Perlu Moms Tahu, Bisa untuk Antibiotik!

Lukanya berhenti berdarah dan sembuh dengan cepat. Ini dianggap baik bahkan untuk luka fatal pada tengkorak. Bubuk lembut dari bahan ini merangsang proses pembekuan dan karenanya mencegah pendarahan. Beberapa komponen kimia yang tidak diketahui ini mungkin merangsang proses heeling. Bahan tersebut mungkin juga memiliki beberapa aktivitas antibakteri. Sejak aplikasi bahan ini pada luka, tidak mengembangkan masalah antiseptic.

Walaupun begitu, Daun kelapa adalah daun tunggal dan berbentuk seperti sirip ini dibanding daun lainnya, manfaat daun kelapa banyak bisa digunakan tetapi sebagian besar aplikasi dan kegunaannya tidak begitu populer seperti penggunaan minyak kelapa, air kelapa, tempurung kelapa dan sabut kelapa.

  • http://repository.uma.ac.id/bitstream/123456789/11408/1/158700005%20-%20Muthia%20Sari%20Ningrum%20-%20Fulltext.pdf
  • http://www.seychellesnewsagency.com/articles/5915/From+roots+to+leaves%2C+medicinal+uses+for++parts%2C+products+of+Seychelles%27+coconut+trees
  • https://owlcation.com/stem/Different-Uses-for-a-Coconut
  • https://steemit.com/writing/@rahmatikbar/the-benefits-of-coconut-tree-from-root-to-leaf-fd9ae3aad7384
  • https://www.researchgate.net/publication/260208418_Coconut_Leaf-sheath_Scales_as_an_Effective_Medicine_for_Wound_Healing
  • https://brownleaf.org/blog-1-what-all-we-can-do-with-coconut-leaves/
  • https://www.jstor.org/stable/2997068
  • https://pca.gov.ph/pdf/techno/pruning.pdf
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait