Kesehatan Umum

16 Agustus 2021

7 Manfaat Daun Ketapang untuk Kesehatan, Salah Satunya Bisa Mengatasi Nyeri Haid!

Daun ketapang disinyalir bisa cegah pertumbuhan kanker
placeholder

Foto: freepik.com/wirestock

placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Daun ketapang kini banyak dicari oleh para peternak ikan cupang. Pasalanya jenis daun ini dipercaya memiliki manfaat untuk merawat ikan cupang.

Daun ketapang diduga bisa menurunkan kadar asam atau pH air. Ketika pH air menurun, hal ini bisa mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur di sekitar akuarium.

Namun ternyata, manfaat daun ketapang tak hanya bisa dirasakan oleh ikan cupang. Daun ini juga bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh manusia.

Yuk ketahui apa itu manfaat ketapang dan manfaatnya bagi kesehatan kita di sini!

Baca Juga: Manfaat Daun Stevia, Pemanis Alami yang Rendah Kalori dan Aman Dikonsumsi

Mengenal Daun Ketapang

Daun Ketapang

Foto: plantamor.com

Seperti yang sudah disebutkan di atas, daun ketapang memiliki banyak sekali manfaatnya. Namun sebenarnya apa sih daun ketapang itu? Yuk ketahui lebih dalam!

Pohon ini sendiri pertama kali ditemukan di negara Kamboja, India, Jepang, Laos, Malaysia, Thailand, Vietnam serta Australia.

Pohon ketapang diketahui bisa tumbuh tinggi yakni sekitar 30 hingga 35 meter. Daunnya sendiri memiliki ukuran sedang hingga besar dengan lebar hingga 24 cm.

Dan ketapang sendiri pun biasanya memiliki warna hijau tua, mengkilap, dengan tekstur kasar. Namun daun ini akan berubah warna menjadi merah atau kuning ketika musim gugur tiba nih.

Seperti yang sudah dibahas di atas, daun ini memiliki senyawa flavonoid. Senyawa ini pun diketahui bisa sangat baik untuk tubuh dan sanggup melindungi diri kita dari berbagai macam penyakit.

Baca Juga: 15 Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatan, Bisa Mengobati Kanker Payudara

Manfaat Daun Ketapang

Daun Ketapang

Foto: asklepios.seeds.de

Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan tubuh dengan mengonsumsi daun ketapang. Apa saja itu? Yuk simak di sini!

1. Melawan Kanker

Dilansir dari Herb Pathy, salah satu manfaat daun ketapang adalah kesanggupannya melawan kanker. Hal tersebut dikarenakan daun jenis ini memiliki sifat antikarsinogenik.

Senyawa antikarsinogenik diduga kuat sanggup menurunkan kemungkinan terbentuknya sel kanker yang berada di dalam tubuh.

Tak hanya itu, ekstrak air daun ketapang pun disinyalir kuat memiliki potensi untuk menekan kanker paru-paru. Meski demikian, hal ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus menemukan adanya penurunan tumor sebesar 2,6 kali setelah tikus dipaparkan ramuan daun ketapang selama 30 hari.

2. Memiliki Manfaat untuk Ibu Hamil

Moms bisa mengonsumsi rebusan dari daun ketapang agar bisa mendapatkan manfaatnya. Dengan mengonsumsi rebusan airnya, Moms bisa membantu mengoptimalkan perkembangan janin yang ada di dalam kandungan.

Perlu untuk diketahui, ibu hamil sangat memerlukan asam folat.

Dilansir dari jurnal keluaran The National Center for Biotechnology Information, asam folat adalah bentuk sintetis vitamin B9 yang merupakan nutrisi penting guna replikasi DNA dan sebagai substrat untuk berbagai reaksi enzimatik yang terlibat dalam sintetis asam amino dan metabolisme vitamin.

Hal ini berarti sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat dan membantu melaksanakan fungsi-fungsi yang spesifik seperti memproduksi sel darah merah, melindungi kemampuan anak untuk mendengar dan mendukung perkembangan organ bayi.

Sementara itu, daun ketapang memiliki kandungan asam folat yang tentunya baik untuk perkembangan otak janin.

Meski demikian, Moms juga perlu berhati-hati dalam mengonsumsi makanan atau minuman yang dibuat menggunakan bahan herbal termasuk daun ketapang. Jadi sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter kandungan sebelum mengonsumsi air rebusan daun jenis ini, ya!

Hal tersebut dikarenakan, tak semua kondisi kehamilan memungkinkan untuk mengonsumsi berbagai ramuan herbal, termasuk air dari daun ketapang.

Jadi, pastikan Moms tak mengonsumsinya secara berlebihan dan sudah berkonsultasi dengan dokter kandungan terlebih dahulu.

3. Membantu Mengobati Hepatitis

Daun Ketapang

Foto: Orami Photo Stock

Salah satu manfaat dari daun yang memiliki nama lain Terminalia Catappa ini adalah diduga bisa membantu pengobatan hepatitis.

Daun ketapang yang sudah gugur dari pohonnya sangat kata dengan kandungan flavonoid.

Baca Juga: Harum, Ini 13 Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan dan Kecantikan

4. Bisa Lawan Diabetes

Salah satu manfaat dari daun ketapang yang lain adalah bisa menurunkan level diabetes penderitanya. Dalam pengujian ekstrak daun ketapang yang masih segar pada tikus ditemukan bahwa dan ini bisa melawan efek negatif diabetes.

Penelitian tersebut mengamati penurunan kadar gula darah yang bergantung pada dosis 25 hingga 62 persen. Efek maksimumnya sendiri bisa terlihat setelah 15 hari pengobatan.

Namun perlu diingat, penelitian ini masih diuji pada tikus dan belum diuji pada manusia ya, Moms!

5. Mengobati Sakit Perut

Tahukah Moms kalau daun ini juga sudah digunakan oleh masyarakat Filipina sebagai obat untuk menyembuhkan sakit perut.

Masyarakat Filipina meyakini bahwa daun ketapang yang dibuat sebagai jus dan dikonsumsi bisa mengatasi parasit yang ada di dalam usus.

Baca Juga: 17 Manfaat Daun Pepaya untuk Obat Tradisional

6. Menyembuhkan Sariawan

Daun Ketapang

Foto: Orami Photo Stock

Sariawan adalah salah satu kondisi yang menyebalkan. Ketika kita terkena sariawan, hal ini bisa sangat menyulitkan kita dalam mengonsumsi makanan atau bahkan minuman.

Tak bisa dipungkiri, ketika makanan menyentuh lokasi yang sariawan, hal tersebut bisa terasa perih atau bahkan nyeri. Karena itu kondisi sariawan pun kerap membuat kita jadi serba salah.

Mengutip National Health Service, sariawan pada bayi dan orang dewasa sering kali merupakan hasil dari infeksi jamur bernama canadida albicans. Pada orang yang kesehatannya baik, jamur ini tidak akan menyebabkan permasalahan. Namun terkadang jamur dapat tumbuh secara banyak dan cepat, hingga menginfeksi area mulut.

Umumnya, sariawan yang disebabkan oleh infeksi jamur adalah berupa thrush, yaitu adanya lapisan atau bercak putih pada lidah, bibir, gusi, dan langit-langit, dan sulit dibersihkan. Infeksi jamur ini biasanya terjadi tanpa gejala. Namun tentu hal ini lain adanya ketika dirasakan oleh bayi. Sariawan pun bisa menyebabkan bayi enggan atau rewel saat menyusu.

Nah daun ketapang pun diduga bisa menyembuhkan sariawan nih, Moms! Daun jenis itu ternyata memiliki kandungan antiseptik yang dinilai cukup baik dan bisa efekti dalam penyembuhan kondisi sariawan.

Baca Juga: 4 Cara Memilih Pembersih Wajah Sesuai Jenis Kulit dan Manfaatnya

7. Mengatasi Nyeri Haid

Menurut studi dari Journal of Exercise Rehabilitation, sakit pinggang saat haid disebabkan oleh prostaglandin, yang terjadi ketika rahim berkontraksi terlalu kuat, kemudian memotong pasokan oksigen ke beberapa otot di sekitarnya.

Studi dari jurnal ini juga mengungkapkan, prostaglandin menyebabkan rasa sakit di rahim dan perut, serta mual, sakit kepala, dan diare.

Rasa sakit tersebut juga mungkin Moms rasakan di sekitar perut, payudara, panggul, dan bahu. Setelah menstruasi, peningkatan nyeri juga dapat dirasakan di perut dan panggul.

Salah satu cara untuk mengatasi nyeri haid adalah dengan memanfaatkan daun ketapang. Cara mudah untuk mengonsumsi daun ini dan mendapatkan efeknya adalah dengan merebusnya dan juga mengonsumsi air rebusan tersebut.

Nah itu dia Moms manfaat dari daun ketapang. Meski banyak manfaat, namun jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter mengenai cara mengonsumsinya, ya!

  • https://herbpathy.com/Uses-and-Benefits-of-Terminalia-Catappa-Cid5197
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3218540/
  • https://www.nhs.uk/conditions/oral-thrush-mouth-thrush/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4415749/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait