Kesehatan

KESEHATAN
17 Maret 2021

6 Manfaat Daun Mint untuk Kulit dan Kesehatan, Jangan Dilewatkan Ya!

Inilah beberapa manfaat daun mint yang bisa Moms dan keluarga dapatkan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Anggia Hapsari
Disunting oleh Adeline Wahyu

Mint atau peppermint adalah salah satu jenis tanaman yang memberikan sensasi segar dan menyejukkan di mulut. Biasanya, daun mint ditambahkan ke dalam makanan atau minuman dalam bentuk segar atau kering.

Secangkir teh hangat pasti terasa lebih nyaman di tenggorokan jika dicampurkan dengan daun mint. Apalagi jika diseruput dikala cuaca mendung dan hujan.

Manfaat daun mint yang menyegarkan tubuh pun dapat Moms peroleh dengan mencampurkannya pada segelas minuman es madu lemon. Apalagi jika diminum saat cuaca panas, pasti sangat enak.

Namun tahukah Moms, bahwa selain membantu memberi rasa nyaman di tenggorokan, menyegarkan minuman, serta melezatkan makanan, ada berbagai manfaat daun mint untuk perawatan kulit keluarga?

Daun mint atau seringkali disebut pudina ini memiliki banyak kandungan bermanfaat seperti vitamin A, zat besi, menthol, antibakteri, folat, mangan, dan serat.

“Pada produk perawatan kecantikan, seperti pembersih, kondisioner, lip balm, hingga pelembap, mint seringkali digunakan untuk memberi sensasi ‘dingin’ untuk menyegarkan kulit,” jelas dr. Dewi Maryani SpKK dari Klinik Glowderma.

Tak hanya itu saja. Manfaat daun mint pun dapat membantu untuk mencerahkan kulit wajah sekaligus menjaga kesehatan kulit keluarga. Wah, banyak, ya! Yuk, simak beberapa manfaat daun mint berikut untuk perawatan kulit dan kesehatan keluarga.

Baca juga: 7 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan dan Wajah

Manfaat Daun Mint untuk Perawatan Kulit

Manfaat daun mint untuk kulit wajah

Foto: Orami Photo Stock

Untuk memperoleh manfaat daun mint bagi perawatan kulit, sebenarnya ada beberapa cara mudah mengolah daun mint secara alami. Beberapa di antaranya adalah:

  • Cuci bersih daun mint, lalu tumbuk atau haluskan daun mint dengan blender. Moms bisa mencampurkan daun mint dengan masker wajah andalan. Atau, Moms bisa mencampurkan daun mint dengan empat sendok madu. Aplikasikan pada wajah sebagai masker.
  • Cara kedua adalah dengan merendam enam lembar daun mint dalam ¾ gelas air bersih dan 3/4 cuka apel. Masukkan air rendaman daun mint tersebut ke dalam kulkas selama enam jam. Keluarkan daun mint dan gunakan air tersebut sebagai facial mist. Campuran ini membantu mencegah bakteri dan memberi sensasi segar pada kulit.

Lalu, apa manfaat daun mint atau produk yang mengandung mint pada kulit kita? Yuk disimak.

1. Mengatasi Rasa Gatal pada Kulit

Manfaat daun mint yang pertama adalah membantu mengatasi rasa gatal pada kulit. Daun mint memiliki bahan aktif utama yaitu menthol. Bahan aktif inilah yang memberi sensasi dingin dan aroma menyegarkan.

Tak heran jika daun mint seringkali diolah dalam bentuk minyak essensial yang seringkali digunakan sebagai aromaterapi: peppermint oil.

Baca juga: 6 Jenis Teh untuk Mengurangi Mual Ibu Hamil, Bikin Segar!

Penelitian yang dilansir dari jurnal dalam US National Library of Medicine menyatakan bahwa peppermint oil dapat digunakan untuk membantu mengatasi penderita pruritus. Pruritus merupakan kondisi rasa gatal yang disertai tampilan ruam kemerahan.

Penelitan tersebut melibatkan dua kelompok. Keduanya mengalami masalah yang sama yaitu rasa gatal dan ruam kemerahan di kulit.

Kelompok pertama disarankan untuk menggunakan moisturizer yang dicampur dengan peppermint oil. Sedangkan kelompok yang kedua dianjurkan untuk mengaplikasikan mineral oil jelly.

Hasilnya? Ternyata kelompok pertama lebih merasakan perubahan signifikan yaitu berkurangnya rasa gatal dan kemerahan dibanding responden dari kelompok kedua.

2. Mengurangi Produksi Minyak Berlebihan pada Kulit

Daun mint kaya akan kandungan menthol. Dijelaskan oleh dr. Dewi, kandungan alami inilah yang sering diandalkan banyak produk perawatan kulit untuk menyerap produksi sebum berlebih pada kulit.

“Selain itu, formula produk yang mengandung mint juga berperan untuk mengatasi bakteri pada kulit. Terutama kulit berminyak dan cenderung berjerawat,” ujar dr Dewi lagi.

Bolehkah menggunakan produk yang mengandung mint setiap hari?

Dijelaskan oleh dr. Dewi bahwa tidak masalah jika Moms ingin menggunakan produk berbahan daun mint setiap hari.

Meski demikian, Moms perlu memerhatikan pengaruh dan reaksi kulit Moms sendiri, ya!

“Jika terjadi reaksi alergi atau iritasi, hentikan pemakaian atau selingi dengan kandungan alami lain seperti cucumber untuk perawatan kulit,” jelas dr. Dewi.

Baca juga: 4 Masker Alami Untuk Mengencangkan Kulit Wajah

3. Memperkuat dan Menumbuhkan Rambut

memperkuat dan menumbuhkan rambut

Foto: Orami Photo Stock

Penelitian yang dilakukan oleh Korean Society of Toxiology menyatakan bahwa kandungan aktif daun mint dapat membantu menumbuhkan dan memperkuat folikel rambut secara efektif. Tidak hanya rambut, namun daun mint pun efektif untuk merangsang pertumbuhan rambut jenggot para Dads!

Percobaan tersebut dilakukan dalam waktu kurang lebih empat minggu. Yang paling menarik, minyak yang mengandung mint tidak meninggalkan aroma apek pada rambut atau kulit.

4. Membantu Kutikula dan Kuku Lebih Berkilau

Manfaat daun mint memang berperan untuk mencegah dan meminimalkan kehadiran jamur atau bakteri pada kulit. Nah, manfaat yang sama pun dapat Moms gunakan untuk mencegah kehadiran jamur pada kuku.

Untuk itulah Moms perlu menggunakan khasiat daun mint dalam perawatan kuku saat manicure atau pedicure.

Manfaat daun mint yang seringkali hadir di dalam peppermint oil dapat membantu menjaga kuku dan kulit area kuku menjadi lembap, sehat, serta berkilau.

Baca juga: 11+ Cara Melebatkan Rambut Bayi, Bisa dengan Seledri atau Lidah Buaya!

Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan Keluarga

Tentu saja tak kalah banyak, Moms!

Daun mint yang sebenarnya masih berkerabat dengan daun sage ini memiliki berbagai manfaat, seperti di bawah ini.

5. Mengatasi Gangguan Pencernaan

mengatasi gangguan pencernaan pada anak

Foto: Orami Photo Stock

Minyak daun mint yang mengandung menthol dapat memberi efek relaksasi pada otot saluran pencernaan. Menurut dr. Arti Indira M.Gizi., Sp. GK , minyak daun mint dapat membantu meringankan IBS (Irritable Bowel Syndrome), yaitu gangguan pencernaan pada usus besar.

Thanks to kandungan senyawa alami menthol yang membantu memberikan efek relaksasi pada otot saluran pencernaan. Psst…efek yang sama juga bisa didapatkan saat Moms sedang mengalami kram menstruasi.

Moms bisa mendapatkan manfaat daun mint tersebut dengan mencampurkannya pada segelas teh hangat.

Baca juga:7 Cara Mengatasi Sakit Perut saat Menstruasi, Yuk Coba!

6. Membantu Meredakan Sakit Kepala dan Stres

meredakan sakit kepala dan stres

Photo: Orami Photo Stock

Penelitian yang dilakukan oleh salah satu divisi The Fragrance Foundation yaitu Sense of Smell Institute, menyatakan bahwa mencium aroma yang tepat dapat membantu meningkatkan mood, meningkatkan rasa percaya diri, meredakan stres, hingga meningkatkan kualitas tidur.

Realita akhir-akhir ini memang membuat semua orang sering dilanda cemas, kepala tegang, dan stres, ya Moms!

Dilansir dari lama Michigan University, menghirup aromatherapy yang mengandung peppermint dan mengoleskan peppermint oil di dahi dan pelipis dapat membantu meredakan rasa sakit kepala. Hal ini karena peppermint oil membantu menenangkan pikiran dan membuat seseorang menjadi lebih relaks.

Baca juga: 8 Obat Sakit Kepala Alami, Yuk Coba Moms!

Hal yang sama juga berlaku pada seseorang yang mengalami sakit kepala akibat konsumsi minuman beralkohol berlebihan.

Cara mendapatkan manfaat daun mint untuk meredakan sakit kepala pun sangat mudah. Selain mengoleskan peppermint oil pada puncak kepala, pelipis, dan dahi, Moms dapat merasakan manfaat daun mint dengan mencampurkan daun mint dalam segelas teh hangat.

Begini cara membuat teh daun mint di rumah:

  1. Masukkan 2 gelas air ke dalam panci.
  2. Masak hingga air mendidih.
  3. Masukkan teh dan tambahkan lima lembar daun mint yang sudah disobek-sobek.
  4. Tutuplah panci dan biarkan daun terendam selama kurang lebih 5 menit.

Nikmati segera selagi hangat. Agar nikmat, Moms bisa menambahkan madu atau lemon ke dalam teh. Enjoy!

Nah, itu dia Moms berbagai manfaat daun mint yang bisa didapatkan. Sudah siap untuk mencobanya?

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait