Kesehatan Umum

3 September 2021

7 Manfaat Daun Rambutan, Bisa Menyuburkan Rambut Juga!

Daun rambutan bisa direbus atau langsung digunakan agar manfaatnya terasa
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Merna
Disunting oleh Adeline Wahyu

Rambutan tidak hanya bisa dinikmati buahnya saja, tapi daun rambutan juga bisa dimanfaatkan, baik itu untuk kesehatan hingga hal lainnya.

Rambutan merupakan salah satu jenis buah tropis yang bisa dijumpai dengan mudah di Indonesia. Harganya sangat murah sehingga semua kalangan bisa menikmatinya. Beberapa orang bahkan menanam pohon rambutan sendiri di halaman rumah mereka.

Berhubung rambutan bisa didapat dengan mudah, maka masyarakat Indonesia pun sering mengonsumsinya. Tapi jangan hanya mengonsumsi buahnya saja, daun rambutan juga bisa Moms manfaatkan sehingga kalau membeli rambutan, daunnya jangan dibuang dulu ya Moms!

Baca Juga: Jarang Dilirik, Ternyata Ada 15+ Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan!

Manfaat Daun Rambutan

Daun Rambutan

Foto: drhealthbenefits.com

Daun rambutan tanpa diduga memang memiliki banyak sekali manfaat untuk kehidupan manusia. Ini dibuktikan dengan banyaknya penelitian yang meneliti tentang daun tersebut.

Lantas apa saja manfaat dari daun ini? Yuk, coba kita cek bersama-sama!

1. Melindungi Kesehatan Rambut dan Kulit Kepala

Daun rambutan memiliki banyak khasiat untuk rambut, terutama bisa melindungi rambut dari kerontokan dan juga bisa menyehatkan kulit kepala.

Menurut jurnal Pemanfaatan Daun pada Tanaman Rambutan untuk Mengatasi Kerontokan Rambut, dalam daun ini mengandung serat yang tinggi, vitamin C, zat besi, fosfor, saponin, tanin, polifenol, alexiteric, dan afrodisiak.

Kandungan zat-zat ini bisa mengatasi kerontokan rambut serta menyuburkan rambut dan kulit kepala sehingga tidak muda berketombe atau kering.

Moms bisa menggunakan daun rambutan dengan cara mencucinya terlebih dahulu, barulah menumbuknya hingga halus dan beri sedikit air lalu saring. Baru setelah itu, oleskan ke bagian akar rambut dan bilas hingga bersih.

Proses ini harus dilakukan secara terus menerus selama 10 hari sehingga hasilnya baru akan terlihat.

Baca Juga: 10+ Manfaat Daun Sereh, Bisa Meringankan Gejala PMS Lho!

2. Menghitamkan Rambut

Dalam jurnal penelitan dari Universitas Negeri Semarang yang berjudul Pemanfaatan Limbah Daun pada Tanaman Rambutan sebagai Penghitam Rambut Beruban dijelaskan bahwa ekstrak daun rambutan ternyata memiliki manfaat sebagai penghitam rambut.

Hal ini disebabkan dalam daun ini mengandung tanin yang bisa berfungsi sebagai zat pemberi warna, sama seperti kulit manggis dan biji pepaya.

Oleskan esktrak daun ini secara merata dan menyeluruh ke seluruh bagian rambut, mulai dari akar hingga ujung rambut dengan disertai pijatan lembut. Diamkan selama kurang lebih 5 menit sebelum dibilas.

Lalukan selama kurang lebih 2-3 hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Dengan menggunakan pewarna alami, maka rambut yang beruban atau sudah berubah warna akan menjadi lebih sehat.

3. Mencegah Nyamuk Aedes Aegypti Berkembang Biak

Manfaat daun rambutan yang selanjutnya adalah bisa mencegah nyamuk aedes aegypti berkembang biak sehingga penyakit DBD (Demam Berdarah Dengue) bisa dicegah.

Sebelumnya, daun ini harus dijadikan sebagai infusa terlebih dahulu, bisa dengan cara mengekstraksinya. Setelah diekstraksi, Moms bisa menambahkannya pada difuser yang digunakan di rumah.

Menurut jurnal Aktivitas Infusa Daun pada Pohon Rambutan, dalam infusa daun rambutan terdapat kandungan saponin, flavonoid, dan tanin yang bersifat toxic bagi larva nyamuk aedes aegypti. Jadi kalau Moms gunakan pada difuser di rumah, maka akan meminimalisasi perkembangan nyamuk tersebut.

Baca Juga: 17 Manfaat Daun Sukun, Efektif Melancarkan ASI hingga Mencegah Kanker

Manfaat Air Rebusan Daun Rambutan untuk Kesehatan

Daun Rambutan

Foto: Freepik.com/Supaleka

Selain ketiga manfaat daun rambutan di atas, ada manfaat lain yang bisa didapat dari daun ini, tapi Moms harus menjadikannya air rebusan terlebih dahulu.

Air rebusan daun rambutan yang nantinya akan diminum atau dikonsumsi ternyata bisa mendatangkan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh karena saat direbus ada banyak kandungan senyawa yang dilepaskan oleh daun ini.

Untuk mendapatkan air rebusan yang bagus, Moms bisa menggunakan 3-5 helai daun rambutan yang masih muda lalu rebus dengan 2-3 gelas air hingga mendidih selama beberapa menit.

Moms bisa meminumnya saat masih hangat dan bisa diminum dalam keadaan perut masih kosong maupun setelah makan.

4. Meningkatkan Hormon Seksual

Manfaat dari daun rambutan berikutnya adalah dapat meningkatkan hormon seksual.

Hal ini dikarenakan dalam daun ini terdapat satu kandungan yakni senyawa afrodisiak yang memiliki kemampuan dalam meningkatkan gairah seksual.

Untuk merasakan manfaatnya, Moms cukup meminum satu gelas air rebusan daun rambutan setiap harinya saat malam hari.

Baca Juga: 8 Manfaat Daun Kenikir yang Kerap Dijadikan Lalapan Lezat

5. Mengatasi Demam

Air rebusan daun ini juga bisa berfungsi untuk mengatasi demam. Kandungan antibiotik yang ada pada daun rambutan bisa menurunkan gejala demam pada tubuh yang diakibatkan oleh infeksi pneumonia, tifus, hingga tiroid..

Minum segelas air rambutan hingga dua sampai tiga kali sehari supaya demam bisa berkurang. Selain diminum, daun rambutan juga bisa dihancurkan kasar lalu diletakkan di atas dahi sebagai kompres saat demam.

6. Mengatasi Diare dan Disentri

Mengatasi Diare

Foto: emedihealth.com

Dari jurnal yang berjudul Uji Efektifitas Air Rebusan Daun Tanaman Rambutan, ditemukan kalau rebusan dari daun rambutan ternyata bisa menghambat pertumbuhan bakteri escherichia coli yang merupakan penyebab dari diare dan desentri.

Daun rambutan memiliki kandungan antibiotik yang bisa berfungsi untuk mengatasi diare. Selain bisa untuk mengatasi diare dan disentri, daun ini juga bisa bermanfaat untuk mengatasi gangguan pencernaan.

Baca Juga: Simak Manfaat Teh Daun Jati Cina dan Efek Sampingnya

7. Mengurangi Gejala Sakit Kepala

Manfaat terakhir dari daun rambutan adalah bisa mengurangi gejala sakit kepala. Daun ini memiliki efek menenangkan dan analgesik sehingga mampu meredakan rasa sakit di kepala yang diakibatkan oleh pikiran atau faktor penyakit lainnya.

Efek analgesiknya ini bisa meredakan rasa sakit kepala dengan cepat dengan cara menenangkan saraf yang berhubungan langsung dengan kepala.

Moms bisa mengonsumsi air rebusan daun ini sebanyak satu sampai dua gelas sehari. Jika dirasa sakit kepala belum mereda, maka Moms bisa meminum satu gelas lagi.

Ternyata ada banyak manfaat dari daun rambutan ya Moms. Apakah Moms ingin mencoba menggunakannya untuk merasakan manfaat langsung dari daun ini?

  • https://drhealthbenefits.com/herbal/leaves/health-benefits-of-rambutan-leaves
  • https://joss.co.id/2019/03/begini-dahsyatnya-kasiat-biji-dan-daun-rambutan/
  • https://manfaat.co.id/manfaat-daun-rambutan
  • https://www.herworld.co.id/article/2017/8/8153-Manfaat-Daun-Rambutan-Bagi-Kesehatan
  • https://portaljember.pikiran-rakyat.com/gaya-hidup/pr-16839698/manfaat-daun-rambutan-mulai-dari-menghitamkan-rambut-menurunkan-panas-hingga-mengobati-jerawat
  • https://www.putat-patuk.desa.id/first/artikel/1519-MANFAAT-DAUN-RAMBUTAN-BAGI-KESEHATAN
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait