Kesehatan

KESEHATAN
3 Januari 2021

9 Manfaat Daun Tin Beserta Cara Menggunakannya, Cek Moms!

Tidak hanya untuk diabetes, daun tin juga bisa bantu turunkan berat badan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Amelia Puteri

Apakah Moms pernah mendengar bagaimana orang dulu percaya bahwa manfaat daun tin memiliki khasiat untuk menurunkan gula darah?

Rupanya hal tersebut bukan mitos dan daun tin memang memiliki banyak khasiat kesehatan lainnya.

Daun tin memang dikatakan enak dan benar-benar bisa dimakan. Daun tin dapat menambahkan rasa kelapa, kenari, dan vanila yang sedap ke dalam makanan.

Ini artinya daun tin bisa menjadi solusi kesehatan lain dibandingkan bahan alami yang mungkin terlalu berserat dan hambar.

Daun tin merupakan sumber vitamin A, B1, dan B2 yang baik. Daun tin juga mengandung kalsium, zat besi, fosfor, mangan, natrium, dan kalium. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ada banyak manfaat kesehatan dari mengonsumsi daun tin.

Pohon dari tanaman yang juga dikenal dengan nama 'ara' ini, diperkirakan berasal dari timur tengah dan pertama kali dibudidayakan di Mesir.

Mereka tumbuh subur di daerah dengan iklim mediterania atau musim panas kering yang terik dan musim dingin yang sejuk. Hebatnya, tanaman pohon tin ditemukan di mana-mana kecuali Antartika.

Baca Juga: 15 Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatan, Bisa Mengobati Kanker Payudara

Manfaat Daun Tin Bagi Kesehatan

manfaat-daun-tin.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Ternyata bukan hanya daunnya, buahnya yang segar juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Akan tetapi, mari kita fokus untuk mengulas apa saja manfaat daun tin bagi kesehatan:

1. Manfaat Daun Tin Mengatasi Diabetes

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyarankan agar masyarakat dapat menggunakan tanaman tradisional untuk membantu mengobati diabetes. Para peneliti telah mencatat efek perlindungan hati dan penurunan glukosa dari buah tin.

Dikutip dari Live Strong, sifat anti-diabetes dari daun tin rupanya termasuk manfaat daun tin yang paling dikenal. Saat dikonsumsi oleh pengidap diabetes, daun tin justru menurunkan jumlah insulin yang dibutuhkan tubuh.

Penelitian tentang hal ini sangat terbatas. Namun, jurnal National Library of Medicine menemukan bahwa pada delapan peserta, terjadi penurunan kadar glukosa setelah mereka mengonsumsi ekstrak daun tin.

Peserta penelitian juga membutuhkan dosis insulin yang lebih rendah ketika mereka aktif mengonsumsi  ekstrak daun tin.

Dalam jurnal Pharmaceutical Biology yang menggunakan tikus dengan diabetes tipe 2, para peneliti menemukan bahwa ekstrak daun tin dapat meningkatkan kadar insulin dan menurunkan kadar glukosa darah.

Pada penelitian di jurnal National Library of Medicine yang berbeda menggunakan tikus dengan diabetes, para peneliti mengungkapkan bahwa ekstrak daun tin dapat menghentikan atau memperlambat produksi glukosa di hati.

Efek luar biasa ini memungkinkan penderita diabetes untuk mengelola lebih sedikit insulin melalui suntikan. Seperti yang kita tahu, suntikan insuline dari tenaga kesehatan adalah proses yang mahal dan seringkali harus dilakukan seumur hidup.

2. Manfaat Daun Tin Menurunkan Kadar Trigliserida

Seiring dengan sifat anti-diabetesnya, manfaat daun tin juga telah terbukti menurunkan kadar trigliserida di dalam tubuh. Trigliserida adalah bentuk penyimpanan lemak di dalam tubuh.

Meskipun pasokan trigliserida tertentu diperlukan untuk kesehatan dan fungsi tubuh yang tepat, terlalu banyak trigliserida sangat meningkatkan risiko obesitas dan penyakit jantung.

Namun, diet dengan konsumsi daun tin secara teratur dapat membantu menurunkan risiko kesehatan ini karena secara bertahap menurunkan kadar trigliserida.

Baca Juga: 4 Bahaya Lemak Jenuh untuk Tubuh, Waspada!

3. Manfaat Daun Tin Sebagai Antikanker

Banyak penelitian tabung reaksi dilakukan untuk melihat efek daun tin pada sel kanker. Hasilnya sangat positif bahkan juga diklaim sangat menjanjikan.

Daun tin dan getah alami dari tanaman pohon tin telah terbukti menunjukkan aktivitas antitumor terhadap kanker usus besar manusia, kanker payudara, kanker serviks, dan sel kanker hati menurut jurnal National Library of Medicine.

Namun, ini tidak berarti bahwa makan atau menkonsumsi daun tin akan memberikan efek yang langsung pada penderita kanker.

Penelitian tabung reaksi menawarkan titik awal yang menjanjikan. Akan tetapi, penelitian pada manusia masih diperlukan untuk menilai bagaimana menelan buah tin benar-benar dapat mempengaruhi pertumbuhan kanker.

4. Manfaat Daun Tin Meningkatkan Kesehatan Kulit

Jika daun tin dihaluskan, maka ramuan ini bisa digunakan sebagai masker yang berfungsi membersih kulit dari jerawat.

Ini sangat masuk akal mengingat buahnya pun dikatakan memiliki beberapa efek menguntungkan pada kulit, terutama pada orang dengan dermatitis alergi atau kulit kering dan gatal akibat alergi.

Satu studi dilakukan pada 45 anak dengan gejala dermatitis.

Hasilnya, ditemukan bahwa krim yang terbuat dari ekstrak buah tin kering dan dioleskan dua kali sehari selama 2 minggu, lebih efektif dalam mengobati gejala dermatitis daripada krim hidrokortison atau pengobatan standar, menurut jurnal Complement Therapy Medicine.

Terlebih lagi, kombinasi ekstrak buah termasuk ekstrak buah tin juga terbukti menunjukkan efek antioksidan pada sel kulit.

Tidak hanya itu, jurnal Clinical, Cosmetic, and Investigational Dermatology mengatakan bahwa kombinasi ekstrak buah ini juga mampu mengurangi kerusakan kolagen dan memperbaiki tampilan kerutan dalam tabung reaksi dan penelitian pada hewan.

Namun, sulit untuk menentukan apakah manfaat daun tin ini berasal dari ekstrak buah tin atau salah satu ekstrak lain yang sedang dipelajari.

Memang masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk menentukan efek buah tin dan daun tin pada kesehatan kulit.

Baca Juga: 15+ Cara Sederhana Mengurangi Minyak di Wajah Moms, Apa Aja Ya?

5. Manfaat Daun Tin Menurunkan Tekanan Darah

Seperti halnya buah tin itu sendiri, manfaat daun tin dapat dikatakan dapat meningkatkan kesehatan pembuluh darah dan jantung.

Daun tin dapat meningkatkan tekanan darah dan kadar lemak darah, yang dapat membantu meningkatkan kesehatan pembuluh darah dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Jurnal Pharmaceutical Biology menemukan bahwa ekstrak buah tin menurunkan tekanan darah pada tikus dengan tekanan darah normal, serta tikus dengan tekanan darah tinggi.

Penelitian pada hewan juga menunjukkan peningkatan kolesterol total, kolesterol HDL (baik), dan trigliserida saat melengkapi dengan ekstrak daun tin.

Namun, dalam penelitianAnnals of Nutrition and Metabolism yang melakukan studi 5 minggu pada 83 orang dengan kolesterol LDL (jahat) tinggi penelitian tentang buah tin kembali dilakukan.

Tercatat bahwa mereka yang menambahkan sekitar 14 buah tin kering (120 gram) ke dalam makanan mereka setiap hari tidak mengalami perubahan dalam kadar lemak darah, dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Lebih banyak penelitian pada manusia diperlukan untuk lebih memahami hubungan antara buah tin, daun tin dan kesehatan jantung.

6. Manfaat Daun Tin Untuk Mengatasi Masalah Pernapasan

Buah tin memiliki kandungan lendir yang tinggi, sehingga ideal untuk meredakan selaput lendir yang teriritasi pada saluran pernapasan.

Jus buah tin dapat digunakan untuk mengobati tenggorokan dan masalah terkait seperti sakit tenggorokan, batuk rejan, asma, radang tenggorokan dan bronkitis.

Begitu pula teh daun tin, merupakan obat alami untuk meredakan batuk kering dan mengurangi keparahan asma.

Baca Juga: Kenali Faktor dan Gejala Penyakit Asma

7. Manfaat Daun Tin Menjaga Kesehatan Hati

Buah tin membersihkan empedu atau penyaring di hati, sehingga mampu meningkatkan kesehatan hati.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak yang dibuat dari daun tin menunjukkan aktivitas hepatoprotektif pada tikus, membuka jalan untuk penggunaannya dalam mencegah kerusakan hati pada manusia.

8. Manfaat Daun Tin Untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah tin dan daunnya mampu membunuh bakteri, virus, dan cacing gelang di tubuh manusia. Ini sangat baik karena jika tidak, bakteri, virus serta cacing ini dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Manfaat daun tin mengandung nutrisi seperti kalium dan mangan yang bersama dengan antioksidan, mampu meningkatkan sistem kekebalan seseorang.

9. Manfaat Daun Tin Mencegah Kontipasi dan Menurunkan Berat Badan

Daun tin juga mengandung serat yang dapat membantu mengatasi sembelit. Ini sangat bermanfaat, terutama bagi Moms yang memiliki masalah pencernaan seperti konstipasi atau sembelit.

Tidak hanya itu, serat dari daun tin juga berfungsi menjaga kadar kolesterol baik dan meningkatkan serta mempercepat fungsi sistem pencernaan. Ini artinya, daun tin juga baik dikonsumsi bagi Moms ingin menurunkan berat badan.

Baca Juga: Cegah Sembelit dengan 6 Makanan dan Minuman Ini

Cara Mengolah Daun Tin

Teh daun jati cina sebaiknya tidak diminum bersama obat-obatan berikut

Moms sudah mengetahui ragam manfaat daun tin. Lalu, bagaimana cara mengolah tanaman ini?

Daun tin kering bisa digunakan sebagai teh, sama seperti Moms menyeduh daun teh biasa. Moms juga bisa menggunakan daun tin segar untuk membuat teh daun tin dengan merebusnya selama 15 menit dan setelah itu menyaringnya.

Jika ingin dikonsumsi untuk lauk masakan, masak daun tin dalam air yang sedikit asin selama 20 menit atau sampai empuk, lalu gunakan sebagai pembungkus atau alternatif bayam hijau.

Gunakan daun tin sebagai pembungkus makanan, karena daunnya menambahkan rasa Mediterania yang enak pada makanan saat dibungkus dan dimasak.

Daun tin dapat digunakan untuk membungkus nasi, sayuran atau untuk membungkus ikan.

Baca Juga: 12 Manfaat Daun Saga Bagi Kesehatan yang Patut Dicoba

Efek Samping Mengonsumsi Daun Tin

Efek samping Penggunaan Daun Tin untuk Wajah

Meskipun ada manfaat daun tin, tetapi ada beberapa kondisi di mana tanaman ini memberikan efek samping yang sebaiknya dihindari.

1. Masker Daun Tin

Beberapa sumber tidak menyarankan untuk menerapkan daun tin ke kulit karena dinilai memiliki kemungkinan tidak aman. Daun tin dikhawatirkan dapat menyebabkan kulit menjadi sangat sensitif terhadap matahari.

Oleh karena itu, hindari paparan sinar matahari dalam waktu lama saat menggunakan masker daun tin ke kulit. Mengenakan tabir surya saat di luar ruangan adalah jalan terbaik, terutama jika Moms berkulit putih.

Selain itu, daun tin juga mungkin bisa memberikan efek alergi kepada Moms yang memiliki sensitifitas tinggi pada tumbuhan murbai dan karet lateks.

Baca Juga: 11+ Manfaat Daun Pegagan untuk Kesehatan, Salah Satunya untuk Peremajaan Kulit!

2. Diabetes

Buah tin dapat menurunkan gula darah. Jika Moms atau salah satu keluarga mengonsumsi buah tin dan menderita diabetes, pantau kadar gula darahnya dengan cermat.

3. Pembedahan

Buah tin dapat menurunkan kadar gula darah. Ada beberapa kekhawatiran yang mungkin mengganggu kontrol gula darah selama dan setelah operasi.

Hentikan penggunaan buah tin sebagai obat setidaknya 2 minggu sebelum operasi yang dijadwalkan.

Itu dia Moms, ragam manfaat daun tin untuk kesehatan dan juga cara mengolahnya. Selamat mencoba!

Artikel Terkait