2-3 tahun

20 Agustus 2021

Moms dan Dads Wajib Tahu, Ini Dia 5 Manfaat Disiplin bagi Anak

Yuk, ajarkan Si Kecil untuk disiplin sejak dini, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Karla Farhana

Menjadi orang tua memang bukanlah hal yang mudah karena banyak pembelajaran yang harus Moms dan Dads berikan pada Si Kecil. Misalnya, mengajarkan untuk hidup disiplin karena manfaat disiplin bagi anak sangat bagus.

Oleh karena itu, sebaiknya Moms dan Dads membiasakan Si Kecil untuk disiplin sejak dini. Kebiasaan yang dibentuk sejak kecil akan terus melekat dalam diri anak sehingga sikap disiplin ini bisa terus diterapkan hingga mereka dewasa nantinya.

Lalu sebenarnya, bagaimana cara untuk mengajarkan Si Kecil untuk bersikap disiplin? Apa saja manfaat disiplin bagi anak? Simak selengkapnya, Moms.

Baca Juga: Apa Saja Manfaat Gotong Royong? Ajarkan Pada Anak Yuk, Moms

Mengajarkan Disiplin pada Anak

mengajarkan anak disiplin

Foto: Orami Photo Stock

Sebelum mengetahui cara mengajarkan Si Kecil untuk bersikap disiplin dan manfaat disiplin bagi anak, Moms perlu memahami makna disiplin terlebih dahulu.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), disiplin berarti tata tertib, ketaatan (kepatuhan) kepada peraturan dan sebagainya.

Jadi kesimpulannya, disiplin adalah sikap patuh pada peraturan atau tata tertib yang telah dibuat oleh lingkungan sekitarnya.

Mengajarkan Si Kecil sikap disiplin bertujuan untuk mengendalikan perilaku, pikiran, dan emosi mereka sendiri sehingga berdampak positif bagi kemajuan diri sendiri serta orang lain, dan menciptakan kebiasaan hidup yang teratur.

Dengan disiplin, anak-anak juga akan belajar memahami konsekuensi dari tindakan mereka, membuat keputusan perilaku yang lebih baik, dan membangun ciri-ciri kepribadian positif.

Dalam mengajarkan Si Kecil untuk disiplin, Moms dan Dads perlu membiasakannya mulai dari rumah atau lingkungan terdekat anak, yakni keluarga.

Misalnya, dengan membiasakan anak untuk bangun dan tidur tepat waktu, selalu merapikan kamar tidurnya, makan teratur, membereskan mainan usai bermain, merapikan buku usai belajar, serta senantiasa membantu orang tua dalam melakukan pekerjaan rumah.

Selain dengan tindakan, Moms dan Dads pun perlu memberikan pemahaman tentang sikap disiplin dan tujuannya pada anak. Berikan juga mereka contoh yang baik karena anak-anak akan meniru apa yang dilakukan orang tuanya.

Apabila Si Kecil telah hidup disiplin di rumah, kebiasaan baik ini pun dapat dengan mudah diterapkan saat mereka berada di sekolah hingga lingkungan masyarakat.

Baca Juga: 11 Cerita Rakyat yang Bermanfaat untuk Tumbuh Kembang Anak, Yuk Bacakan!

Manfaat Disiplin Bagi Anak

Adapun manfaat disiplin bagi anak, antara lain:

1. Belajar Membuat Keputusan yang Baik

manfaat disiplin - 1

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat disiplin bagi anak yang pertama adalah mengajarkan mereka untuk membuat keputusan yang baik.

Misalnya ketika orang tua melarang anak mengendarai sepeda di jalan raya, hal ini dapat mengajarkan mereka untuk membuat pilihan yang lebih aman di lain waktu.

Selain mengajarkan cara membuat keputusan yang baik, disiplin juga akan mengasah keterampilan anak dalam memecahkan masalah, kontrol impuls, dan keterampilan pengaturan diri.

Baca Juga: Kinestetik Adalah Kecerdasan Penting bagi Anak, Begini Cara Mengajarkannya pada Si Kecil

2. Mengajarkan Anak Mengelola Emosi

manfaat disiplin - 2

Foto: Orami Photo Stock

Sikap disiplin dalam diri anak juga akan mengajarkan mereka dalam mengelola emosi lho, Moms.

Misalnya saat berada di sekolah, anak harus menaati peraturan yang telah dibuat sehingga mereka dilarang untuk melakukan hal-hal yang tidak baik pada teman sebayanya.

Jadi ketika anak emosi dengan teman-temannya di sekolah, mereka memiliki kesadaran diri untuk tidak melampiaskan amarahnya karena akan ada konsekuensi atau hukuman.

Sementara itu, apabila anak justru melampiaskan emosinya di rumah, anak akan belajar bahwa itu bukan cara yang baik untuk memenuhi kebutuhannya. Saat Moms dan Dads mengabaikan rengekan pun, anak juga akan belajar bahwa rengekan tidak akan mengubah perilaku seseorang.

Strategi disiplin lain seperti pujian, juga bisa mengajari anak cara menghadapi perasaan.

Contohnys ketika Moms berkata, “Kamu bekerja sangat keras untuk membangun menara itu meskipun itu sangat sulit untuk dilakukan. Pertahankan dengan baik ya, nak,” Si Kecil pun akan belajar tentang pentingnya menoleransi frustrasi.

Hal ini akan membuat anak terbiasa mengelola perasaannya di kemudian hari. Sifat pengendalian diri tersebut berhubungan positif dengan manajemen konflik dan tujuan. Itu berarti bahwa ketika ada masalah dan hambatan, orang yang disiplin tetap dapat melewatinya dan mencapai tujuan mereka.

Baca Juga: Gampang Kok, Begini Cara Mengajarkan Table Manner kepada Anak

3. Melatih Tanggung Jawab

manfaat disiplin - 3

Foto: Orami Photo Stock

Perlu orang tua ketahui bahwa, setiap anak membutuhkan disiplin untuk tumbuh menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab.

Ketika orang dewasa seperti Moms atau Dads menawarkan konsekuensi positif dan negatif saat mengajarkan disiplin, anak-anak pun akan tumbuh dan belajar.

Meski akan ada kesulitan dalam menumbuhkan disiplin pada anak-anak, seperti tangisan atau rengekan anak, tetapi Moms dan Dads tak boleh menyerah.

Ingatlah bahwa sikap disiplin ini akan membawa anak menjadi pribadi yang lebih baik di masa depan. Jadi, jangan menyerah dalam membiasakan anak untuk disiplin, ya!

Baca Juga: 6 Manfaat Ikan Dori untuk Anak dan Tips Memasaknya

4. Anak akan Memahami Batasan

manfaat disiplin - 4

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat disiplin bagi anak yang berikutnya adalah dapat membuat anak memahami batasan-batasan mereka.

Misalnya, saat Moms dan Dads membuat peraturan di rumah yang berisi hal-hal yang boleh serta tidak boleh dilakukan. Anak-anak pun akan belajar tentang batas perilaku yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat di rumah.

Mendisiplinkan anak ketika mereka melakukan kesalahan di rumah juga akan mengajarkan anak Moms untuk memahami batasan mereka.

Namun, usahakan untuk memberi penjelasan mengenai alasan yang menjadi dasar dibuatnya peraturan tersebut. Jadi, jangan hanya melarang mereka ya, Moms.

Peraturan yang disertai dengan edukasi ini akan lebih mudah diterapkan karena anak sudah benar-benar paham. Lebih bagus lagi jika Moms dan Dads melibatkan anak dalam membuat peraturan di rumah.

Adanya diskusi juga akan membuat anak lebih mudah dalam memahami makna disiplin.

Ketika anak sudah memahami arti batasan, mereka pun terbiasa menerapkannya saat berada di tempat lain, baik lingkungan sekolah hingga masyarakat sekitar.

Baca Juga: Memahami Kecerdasan Emosional dan Cara Melatihnya

5. Menjaga Anak Tetap Aman

manfaat disiplin - 5

Foto: Orami Photo Stock

Tujuan akhir dari disiplin adalah untuk menjaga anak-anak tetap aman, karena dengan memahami batasan, anak pun terhindar dari risiko konsekuensi atau hukuman yang tak diinginkan.

Disiplin juga dapat mengatasi risiko kesehatan lainnya, seperti mencegah obesitas. Bayangkan apabila Moms membiarkan anak mengonsumsi makan apa pun yang mereka inginkan, mereka mungkin mengalami akan risiko kesehatan yang serius.

Jadi, sangat penting untuk menetapkan batasan yang sehat karena hal ini dapat mengajarkan anak dalam membuat keputusan yang tepat.

Namun, pastikan orang tua menjelaskan alasan yang mendasari peraturan sehingga anak akan memahami masalah keamanan.

Misalnya, saat melarang anak lompat di tempat tidur, hindari untuk mengatakan “Berhenti melompat!”. Lebih baik ganti dengan kalimat, “Kamu bisa jatuh dan kepalamu terbentur. Itu tidak aman. Jadi, jangan melompat di tempat tidur, ya.”

Ketika anak mengetahui tentang alasan peraturan yang dibuat oleh Moms dan Dads, mereka akan memahami risiko keamanan tertentu sehingga lebih cenderung mempertimbangkan risiko keselamatan dirinya.

Itulah cara mengajarkan anak untuk disiplin dan manfaat disiplin bagi anak. Semoga bermanfaat ya, Moms.

  • https://kbbi.web.id/disiplin
  • https://www.verywellfamily.com/why-it-is-important-to-discipline-your-child-1094790
  • https://www.fatherly.com/parenting/11-long-term-benefits-of-disciplining-your-kids/
  • https://www.lighthousechristianschool.net/amp/2016/12/29/the-benefits-of-disciplining-your-children
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait