2-3 tahun

21 Oktober 2021

Manfaat Dongeng untuk Anak, Mengajarkan Nilai Kebaikan hingga Meningkatkan Daya Ingat Si Kecil

Yuk mulai bacakan dongeng untuk Si Kecil!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Defara Millenia
Disunting oleh Adeline Wahyu

Apakah Ibu sering membacakan dongeng untuk Si Kecil? Ternyata, ada beberapa manfaat dongeng untuk anak yang didapatkan lho.

Mendongeng tidak hanya mempererat bonding, manfaat dongeng bersama anak juga dapat meningkatkan daya imajinasi, serta membantu proses tumbuh kembang anak lewat stimulasi.

Karena itu, alangkah baiknya bila Ibu dan Ayah rutin meluangkan waktu membacakan atau mendongengkan cerita untuk Si Kecil.

Dongeng juga tidak hanya dapat dilakukan sebelum Si Kecil tidur, tetapi juga pada saat santai bersama, seperti sore hari.

Agar mendongengkan anak menjadi lebih efektif, yuk Ibu simak informasi lengkapnya tentang berikut ini!

Baca Juga: Doa Mendengar Petir, Lengkap dengan Bacaan Arab, Latin, dan Artinya

Kenapa Memilih Dongeng untuk Anak?

story time.jpg

Foto: shutterstock.com

Di usia awal perkembangan, yang sangat dominan dan aktif untuk tubuh adalah indera pendengaran dan indera penglihatan. Maka dari itu, Moms harus memberikan stimulasi tepat untuk melatihnya.

Sebuah penelitian ilmiah The Lancet menyebutkan bahwa cara ini bertujuan untuk merangsang kualitas dan kuantitas sel-sel otak agar dapat bekerja dan berfungsi secara optimal.

Membaca dongeng bisa menjadi pilihan, karena anak-anak akan antusias melihat gambar-gambar tersebut. Indera pendengaran juga distimulasi dengan baik.

Psikolog Klinis, Ratih Ibrahim, M.M., menambahkan bahwa, manfaat dongeng dapat mengembangkan koordinasi otot dan mengoptimalkan sensory-nya. Jika kita mengajak Buah Hati mengikuti gerakan seperti dalam dongeng, seluruh sistem mereka akan terstimulasi dengan baik.

Dengan bergerak pula, Si Kecil juga akan terjaga kesehatan fisik dan mental. Karena ketika bergerak, tingkat stres Si Kecil juga turut menurun terutama di era Pandemi.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Baju Hamil Kekinian dan Muslim, serta Tips Memilihnya!

Manfaat Dongeng untuk Anak

belajar-membaca-untuk-anak-5-tahun.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Buku masih menjadi media para orangtua untuk mengasah perkembangan anak. Ada beragam jenis buku anak, mulai dari buku cerita sampai buku yang membuat si Kecil sibuk bermain (busy book).

Meski terlihat sepele, manfaat dongeng memiliki kegiatan yang positif dan menyenangkan untuk anak, lho.

Berikut ini manfaat dongeng:

1. Mengajarkan Kosakata Baru

Manfaat dongeng yang pertama adalah bisa jadi ajang untuk mengajarkan kosakata baru kepada anak.

Sebuah penelitian Journal of Developmental & Behavioral Pediatrics menunjukkan bahwa, anak-anak yang secara teratur dibacakan dongeng rata-rata mengetahui 1,4 juta kosakata lebih banyak daripada anak yang tidak dibacakan.

Saat mendongeng secara tidak langsung saat Ibu dan Ayah membiasakan diri membacakan buku secara berulang, kosakata dalam dongeng akan terserap dalam memori anak.

Secara perlahan, anak akan belajar untuk memahami kata dan kalimat yang diceritakan dalam buku.

2. Mempererat Hubungan dengan Orang Tua

Meluangkan waktu untuk membaca dongeng bukan hanya untuk menghabiskan waktu bersama anak. Tetapi juga membantu mempererat ikatan batin orangtua dan anak.

Sebab, ketika membaca dongeng, proses komunikasi yang interaktif terjalin antara orangtua dan anak. Tanpa disadari, hal tersebut memunculkan kehangatan antara kedua belah pihak.

Baca Juga: 12 Adab Makan dan Minum Menurut Anjuran Rasulullah SAW

3. Membantu Anak Mengenal Emosi

Manfaat dongeng untuk anak selanjutnya adalah membantu mengenal dan menambah perkembangan bahasa lewat cerita yang mereka dengar.

Saat mendengarkan cerita, anak akan memperhatikan dengan seksama cara menyampaikan emosi setiap tokoh.

Ibu bisa menggambarkan emosi bahagia, marah, atau takut dengan ekspresi wajah, intonasi, bahkan irama yang berbeda.

"Studi menunjukkan adanya korelasi mendongeng dengan pembentukan nilai moral dan karakter. Melalui dongeng Ibu dan Ayah memberikan afirmasi positif nilai-nilai kehidupan, yang membantu memastikan tumbuh kembang anak yang optimal," jelas Ratih.

4. Pengenalan Konsep dan Ide

Sama seperti manfaat dongeng yang dapat memperkenalkan kosakata pada anak, dongeng juga dapat menyajikan konsep dan ide yang mungkin tidak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Ini bisa berguna saat Ibu dan Ayah mempersiapkan mereka untuk pengalaman baru, seperti pergi ke dokter gigi atau mulai sekolah. Ini juga dapat membantu mereka belajar tentang budaya dan orang yang berbeda.

"Mendongeng adalah kegiatan stimulasi tepat dan asik untuk optimalkan seluruh dimensi tumbuh kembang Si Buah Hati. Membacakan dongeng rakyat Indonesia juga akan membantu Si Buah Hati mengenal dan mengapresiasi budaya kita, ia akan belajar tentang nilai-nilai moral serta karakter positif seperti keberanian, kasih sayang, dan kepedulian. Mendongeng jadi momen menyenangkan bersama Bunda Ayah yang akan ia kenang sampai usia dewasanya nanti," ucap Ratih.

Baca Juga: 12 Rekomendasi Dokter Anak di Jakarta, Bisa Atasi Kelainan Penyakit

5. Meningkatkan Keterampilan Mendengar

Manfaat dongeng selanjutnya adalah meningkatkan pendengaran anak. Saat Ibu dan Ayah membacakan dongeng, mereka akan memperhatikan dan mendengarkan dengan teliti.

Proses ini lah melatih Si Kecil mencermati suatu masalah dengan cara mendengar.

Sebuah penelitian Child Language Teaching and Therapy membuktikan bawah, anak-anak yang terbiasa mendengarkan dongeng memiliki keterampilan memecahkan masalah dengan cepat.

6. Merangsang Minat Baca Anak

Rangkaian gambar yang menarik serta cara mendongeng yang seru secara tidak langsung merangsang anak untuk tertarik memperhatikan isi cerita.

Lama kelamaan, rasa ingin tahu anak pun meningkat dan pada akhirnya mereka melanjutkan membaca dongeng yang sudah Ibu bacakan.

Dengan begitu, manfaat dongeng menimbulkan minat serta kebiasaan membaca sejak dini.

Baca Juga: Rekomendasi 7 Dokter Anak Semarang untuk Atasi Masalah Kesehatan Si Kecil

Waktu Tepat untuk Mengajak Si Kecil Mendongeng

manfaat mendongeng untuk anak-2

Foto: Orami Photo Stock

Terlepas dari manfaat dongeng untuk anak yang didapatkan, mungkin Ibu bertanya-tanya tentang kapan Si Kecil bisa diajak mendongeng bersama.

Ratih menjelaskan, "Kemampuan anak untuk berimajinasi dan memecahkan masalah umumnya muncul pada usia 18-24 bulan. Kemudian, pada usia 3-6 tahun kemampuan kognitif, bahasa, emosional dan perilaku sosial anak mengalami perkembangan pesat serta menjadi fondasi perkembangan kognitif."

Di usia tersebut, kapasitas anak sangat luas untuk belajar banyak hal baru. Semakin usia Si Kecil bertambah, sensitifitasnya akan semakin meningkat.

Maka Ibu harus bisa menyesuaikan dongeng yang dibacakan, sesuai dengan usia Si Kecil.

Agar stimulasi yang diberikan melalui mendongeng dapat diterima anak secara maksimal, orangtua juga perlu memperhatikan kebutuhan nutrisi serta aktivitas S Kecil dan lingkungan penuh cinta dari Ibu dan Ayah.

Manfaat yang sama juga didapatkan bila Si Kecil sosok yang justru lebih sering bercerita. Ibu sebagai pendengar jadi dapat 'menyelami' isi pikiran dan dunia imajinasi anak.

Baca Juga: Yuk, Bacakan 5 Dongeng Sebelum Tidur Terbaik Ini untuk Anak-Anak Moms

Mengajarkan Nilai-Nilai Kebaikan Melalui Mendongeng

anak membaca

Foto: Orami Photo Stock

Mendongeng memiliki banyak manfaat bagi anak. Melalui dongeng, orangtua dapat memberikan afirmasi positif nilai-nilai kehidupan yang membantu memastikan tumbuh kembang anak secara optimal.

Melansir The International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, lewat dongeng sebuah komunikasi dan kedekatan emosional dapat tercapai sehingga nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah dongengan dapat lebih mudah dimengerti.

Banyak nilai kebaikan dalam dongeng, yang bisa sekaligus Ibu ajarkan pada Si Kecil. Sayangnya masih banyak orangtua yang belum mengetahui teknik mendongeng yang baik sehingga pesan moral tidak tersampaikan.

Ada baiknya Ibu memilih jenis cerita sesuai dengan umur anak. Jika Si Kecil berusia 2-8 tahun, Ibu bisa memilih cerita fabel dan jika berusia 8-12 tahun pilihlah cerita kepahlawanan atau tokoh heroik.

Hanya saja cerita dongeng jangan terlalu panjang, ya Ibu. Sebab, konsentrasi anak masih terbatas sehingga mereka cenderung bosan.

Ibu juga bisa menggunakan gerakan tubuh atau ekspresi wajah sehingga Si Kecil mengerti makna dari gerakan tersebut dan menarik perhatian mereka untuk menyimak.

Agar lebih seru, lafal ucapan juga harus menarik, keras, dan jelas. Intonasi suara mengikuti alur cerita kapan saat bersuara keras atau lembut.

Baca Juga: 4 Manfaat Sering Ereksi untuk Kesehatan, Dads Harus Tahu!

Bebestory Mengajak Orangtua Mengajarkan Si Kecil Menanamkan Nilai Kebaikan dengan Storytelling

Untuk mendapatkan manfaat mendongeng yang ditanamkan pada Si Kecil, imbangi dengan pemberian nutrisi yang tepat dan bisa membantu penyerapan stimulasinya. Salah satu adalah dengan memberikan asupan Bebelac.

Bebelac adalah susu bubuk yang memiliki kandungan nutrisi lengkap sehingga mendukung anak optimal untuk belajar, berekspresi, dan berkomunikasi keterampilan sosial seperti kebaikan, dengan Ibu sebagai alat yang tepat untuk mengajarkan kebaikan.

Dengan FOS GOS 1:9 , susu formula ini dilengkapi dengan nutrisi penting lainnya seperti minyak ikan, omega 3, omega 6, 13 vitamin dan 9 mineral penting lainnya.

Menurut riset oleh Nutricia Research, Bebelac sangat optimal dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan otak buah hati.

Bebelac mengerti bahwa ibu dan anak-anak membutuhkan bantuan dengan nutrisi yang tepat untuk mendukung Happy Brain, Happy Tummy, & Happy Heart.

Tidak hanya itu, Bebelac juga menghadirkan Bebestory untuk mendukung para Ibu dalam mengajarkan nilai kebaikan kepada Si Kecil melalui beragam cerita dongeng. Cara mendapatkannya pun cukup mudah, yaitu:

  1. Buka situs BebeStory di website Bebeclub, di dalam situs tersebut Ibu bisa melihat beragam video dongeng interaktif hingga sinopsisnya.
  2. Klik menu 'Login/Register', pilih buku cerita yang ingin dibaca. Kemudian, pilih karakter yang diinginkan dan masukkan nama Si Kecil.
  3. Ibu bisa membuat cerita sendiri bersama Si Kecil dengan BebeStory. Jika ingin membuka fitur lengkap BebeStory, harus memiliki token yang akan didapatkan dalam setiap pembelian susu Bebelac. Susu ukuran 400 gram akan mendapatkan 1 token, ukuran 800 gram mendapatkan 2 token, dan ukuran 1 kg mendapatkan 2 token.
  4. Untuk membuka fitur lengkap dan mengunduh BebeStory, Ibu dapat menukarkan 1 token BebeStory untuk setiap buku! Nantinya ada enam buku yang bisa diunduh.
  5. Ibu bisa mendapatkan kesempatan untuk memiliki buku fisik & T-shirt dengan menukarkan Bebe Rewards Point. Untuk detail lebih lanjut tentang penukaran, kunjungi Bebeclub.co.id dan ikuti petunjuk di dalamnya ya.

Melalui BebeStory ini Si Kecil bisa mendapatkan manfaat:

  • Merasakan menjadi karakter mereka sendiri di dalam buku dongeng.
  • Mengetahui akhir dari cerita dongeng yang mengajarkan nilai kebaikan.
  • Melatih nilai kebaikan dengan membagikan cerita kepada teman-temannya menggunakan fitur berbagi cerita BebeStory.

Yuk Ibu ajak Si Kecil mencoba BebeStory. Dijamin bermanfaat, seru, dan menyenangkan.

(ADV)

  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/30908424/
  • https://journals.sagepub.com/doi/abs/10.1177/0265659013513813
  • https://www.thelancet.com/journals/lancet/article/PIIS0140-6736(17)32410-8/fulltext
  • https://www.researchgate.net/publication/325124113_Storytelling_and_Story_Reading_A_Catalyst_for_Inculcate_Moral_Values_and_Ethics_among_Preschoolers
  • https://www.healthline.com/health/baby/reading-to-babies#when-to-start
  • https://learnatcornerstone.com/benefits-of-storytelling-for-kids/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait