Kesehatan

KESEHATAN
26 Juli 2020

4 Manfaat Kacang Edamame untuk Kesehatan

Ternyata, kacang edamame mengandung protein dan serat yang tinggi, lho!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Intan Aprilia

Jika Moms sering makan di restoran Jepang, pasti sering menemukan kacang edamame.

Edamame adalah kacang kedelai muda yang masih berada dalam polong, berwarna hijau, dan rasanya cukup manis.

Biasanya, kacang edamame bisa dimakan sebagai camilan baik direbus dalam air garam atau dipanggang.

Atau kacang ini kerap dijadikan makanan pembuka dan disajikan dengan cara digoreng atau ditambahkan ke dalam sup.

Baca Juga: 5 Menu MPASI yang Bisa Moms Coba Untuk Kenalkan Kacang Pada Bayi

Nah, ternyata kacang edamame ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, lho! Apa saja manfaat edamame untuk kesehatan? Ini ulasan selengkapnya.

Manfaat Edamame untuk Kesehatan

Melihat banyaknya kandungan baik dari kacang edamame, maka dapat memberikan manfaat untuk kesehatan, seperti:

1. Sumber Energi yang Baik

manfaat edamame untuk kesehatan-2.jpeg

Foto: sheknows.com

Moms bisa mendapatkan sumber energi yang baik dengan mengonsumsi kacang edamame.

Hal ini karena edamame adalah sumber protein yang baik untuk tubuh. Kandungan protein dalam kacang edamame bahkan lebih tinggi daripada buncis, lentil, dan kacang hitam.

Menurut studi dari Horticulture & Landscape Architecture, edamame memiliki kandungan protein yang tinggi dan asam lemak tak jenuh.

Ya, kacang-kacangan memang termasuk makanan yang kaya kandungan protein dan dibutuhkan oleh tubuh.

2. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

manfaat edamame untuk kesehatan-1.jpg

Foto: freepik.com

Jika Moms saat ini sedang dalam proses menurunkan berat badan, coba konsumsi kacang edamame sebagai menu harian.

Kandungan serat yang tinggi dalam edamame mampu menjaga berat badan agar tetap sehat.

“Edamame adalah sumber antioksidan yang baik untuk dimasukkan ke menu makan sehari-hari. Selain itu, edamame adalah sumber serat yang baik. Secangkir kacang edamame mengandung 6 gram serat, yang sudah mencukupi kebutuhan asupan harian,” ungkap Mascha Davis, ahli diet terdaftar dari Los Angeles.

“Serat dapat memperlambat penyerapan nutrisi. Hal ini baik karena gula diserap lebih lambat, sehingga energi dilepaskan secara bertahap dan metabolisme tubuh lebih baik,” lanjut Davis.

Baca Juga: Enak Dimasak, Ini 4 Manfaat Kacang Kapri untuk Kesehatan Anak

3. Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi

manfaat edamame untuk kesehatan-4.jpg

Foto: freepik.com

Penting sekali untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh agar tetap stabil.

Menurut WebMD, kacang edamame mengandung isoflavon yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam tubuh.

Kandungan ini juga dinilai mampu melindungi tubuh dari risiko mengalami kanker, penyakit jantung, dan osteoporosis.

Cara memasak edamame yang paling mudah dicoba adalah dengan merebus dengan air yang asin selama 3 hingga 5 menit, lalu dinginkan dengan memasukkan ke dalam air es. Setelah itu, tiriskan dan siap untuk dinikmati.

4. Menguatkan Tulang

manfaat edamame untuk kesehatan-5.jpg

Foto: freepik.com

Selain itu, kandungan kacang edamame lainnya adalah isoflavon dan tokoferol.

Kacang edamame juga memiliki kandungan kalsium, zat besi, dan vitamin B. Semua kandungan ini tentunya baik untuk kesehatan tubuh dan kebutuhan nutrisi di dalam tubuh.

Edamame juga merupakan sumber vitamin K yang baik. Nah, vitamin K berperan dalam menjaga metabolisme tubuh lebih sehat.

Ada baiknya Moms mengonsumsi edamame bersamaan dengan minyak zaitun, alpukat, dan makanan dengan lemak sehat lainnya agar manfaatnya lebih optimal.

Baca Juga: 4 Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil, Enak dan Bernutrisi!

Itulah beberapa manfaat edamame untuk kesehatan. Nah, jangan lupa untuk menyeimbangkan dengan nutrisi lainnya, ya. Tertarik untuk memasak edamame hari ini?

Artikel Terkait