Fashion & Beauty

18 Maret 2021

7 Manfaat Es Batu untuk Wajah dan Cara Penggunaannya

Es batu sering digunakan dalam perawatan wajah usai melakukan facial.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Adeline Wahyu

Manfaat es batu untuk wajah mungkin banyak orang yang tidak tahu. Hal itu wajar karena biasanya kita memakai es batu hanya untuk melepas dahaga atau menyegarkan diri dari panas saja.

Siapa sangka es batu ternyata memiliki segudang manfaat bagi kulit wajah, lho, Moms. Karena itu, tak heran jika pada beberapa jenis perawatan wajah di salon pun es batu kerap digunakan.

Rasanya yang dingin memang dapat menenangkan kulit. Berbagai masalah kulit pun bisa diatasi dengan es batu. Cara memakainya mudah dan juga tidak perlu biaya.

Manfaat Es Batu untuk Wajah

Apa saja manfaat es batu untuk wajah? Apakah salah satu manfaat es batu untuk wajah bisa bikin glowing dan menghilangkan jerawat? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini, ya, Moms!

1. Mencerahkan Kulit

manfaat es batu untuk wajah - mencerahkan.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat es batu untuk wajah yang pertama adalah bisa membuatnya cerah.

Siapa, sih, yang tidak ingin mempunyai kulit wajah cerah bercahaya? Nah, ternyata salah satu manfaat es batu di wajah adalah membuat kulit cerah, lho. Es batu dapat meningkatkan sirkulasi darah ke kulit dan membuatnya cerah.

Selama melakukan facial transformatif, Ole Henriksen, Ahli Kosmetik Kulit, telah menggunakan es batu ke dalam perawatannya.

"Es batu secara dramatis meningkatkan sirkulasi di kulit wajah untuk kulit yang sehat bercahaya seperti yang kita semua inginkan," katanya.

Untuk meningkatkan hasilnya, Henriksen juga membekukan teh biji rosehip yang kaya akan vitamin C, serta teh hijau yang mengandung antioksidan.

Henriksen menyarankan untuk membungkus es batu dengan saputangan katun tipis dan memijatnya di seluruh kulit wajah.

2. Mengurangi Peradangan Jerawat

mengobati jerawat.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Jika Moms sudah frustrasi dengan jerawat yang mengganggu di wajah, biarkan es batu bekerja untuk mengobatinya.

Manfaat es batu di wajah akan membantu meminimalkan produksi minyak pada kulit.

Hal ini juga akan bekerja dengan baik dalam menyembuhkan benjolan atau pembengkakan yang disebabkan oleh jerawat.

"Es membantu mengurangi pembengkakan, kemerahan, dan rasa sakit pada jerawat. Es juga meningkatkan sirkulasi darah ke area yang terinfeksi dan mengencangkan pori-pori kulit,” ujar Dr. Conal Perrett, seorang Dermatologist.

3. Membuang Sel Kulit Mati

membuang sel kulit mati.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Dalam pengelupasan kulit, Moms bisa menggunakan metode alami dengan es batu. Gosok wajah menggunakan es batu susu.

Susu mengandung asam laktat yang membantu membersihkan semua sel kulit mati, sementara es batu meningkatkan cerahnya kulit wajah. Perpaduan yang sempurna, kan!

Baca Juga: 5 Manfaat Masker Putih Telur untuk Perawatan Wajah

4. Mengurangi Lingkaran Hitam di Mata

manfaat es batu untuk wajah - lingkaran hitam.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat es batu untuk wajah yang ke empat adalah mengurangi lingkaran hitam di area mata. Mengoleskan es ke wajah secara teratur juga dapat membantu mengatasi lingkaran hitam di bawah mata yang membandel.

Rebuslah air mawar dan campur jus mentimun di dalamnya. Bekukan campuran ini, kemudian oleskan es batu ke area mata. Ulangi selama beberapa hari untuk melihat hasilnya.

5. Mengecilkan Pori-pori Kulit

manfaat es batu untuk mengecilkan pori.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Wajah memiliki pori-pori yang dapat melepaskan minyak alami sehingga membantu menjaga kebersihannya. Namun, jika kotoran menumpuk di pori-pori tentu akan menyebabkan jerawat.

Mengoleskan es batu ke wajah setelah dicuci bersih akan membantu mencegah penumpukan kotoran dan mengecilkan pori-pori.

Baca Juga: 5 Cara Memakai Minyak Zaitun Pada Wajah Sebelum Tidur

6. Mengatasi Sunburn

manfaat es batu untuk wajah - mengatasi sunburn.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Lupa memakai sunscreen atau sunblock ketika panas menyengat sehingga membuat wajah jadi terbakar, Moms? Tenang saja, es batu juga dapat meredakan wajah terbakar sinar matahari!

Setelah mengoleskan es batu pada area wajah yang terbakar matahari, Moms dapat melihat pengurangan peradangan dan kemerahan di wajah.

Moms bisa menggunakan es batu dari ekstrak lidah buaya untuk memaksimalkan hasilnya.

Lidah buaya berfungsi untuk menenangkan kulit dan mengurangi peradangan sehingga cocok digunakan setelah waah terpapar matahari.

7. Mengempiskan Kantong Mata

manfaat es batu untuk wajah

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat es batu untuk wajah yang terakhir adalah mengempiskan kantong mata. Kantong mata yang besar memang bikin tidak percaya diri. Terlebih untuk Moms yang harus ke kantor, memiliki kantong mata malah bisa bikin malu.

Apalagi kalau kantong mata itu tak bisa ditutupi dengan make up. Hal tersebut tentu saja sangat menyebalkan dan membuat tingkat percaya diri menurun drastis.

Dilansir dari Mayo Clinic, Moms bisa mengempiskan kantong mata dengan menggunakan es batu loh! Moms hanya perlu mengompres area kantong mata dan tekan dengan lembut untuk beberapa menit.

Nah, untuk hasil yang lebih maksima, Moms bisa menggunakan es batu yang terbuat dari air yang mengandung kafein seperti teh atau kopi.

Hal tersebut dikarenakan kafein bisa menembus kulit dan meningkatkan sirkulasi. Jadi, mata panda atau kantong mata bisa hilang dengan lebih cepat.

Gosok es batu dengan gerakan memutar dari sudut dalam mata ke arah alis sehingga dapat mengurangi pembengkakan di area mata.

Baca Juga: 5 Masker Wajah Alami untuk Kulit Berjerawat

Dengan berbagai manfaat es batu untuk ulit wajah, tak ada salahnya, Moms, selalu siap sedia es batu di freezer. Moms tinggal mengambilnya saat akan dibutuhkan!

Tips Facial Icing

manfaat es batu untuk wajah

Sebelum memulainya, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter atau dermatologist langganan Moms. Mungkin mereka memiliki saran mengenai kondisi kulit, obat yang sedang Moms konsumsi dan kondisi kesehatan terkini.

Jika Moms sudah mendapatkan izin dari dokter atau dermatologist, ini adalah rekomendasi tips yang bisa Moms lakukan untuk mendapatkan manfaat es batu untuk wajah.

  • Gunakan ice tray khusus untuk perawatan wajah Moms. Jangan lupa dicuci setiap digunakan
  • Selalu cuci muka sebelum melakukan facial icing
  • Sediakan handuk bersih atau tisu untuk membersihkan tetesan air dari wajah
  • Gunakan baju atau kain untuk membungkus es
  • Hindari menempelkan es di kulit terlalu lama. Hal tersebut bisa membuat wajah kaku.

Nah, agar bisa mendapatkan manfaat es batu untuk wajah dengan maksimal, Moms perlu tahu bahwa es yang digunakan tak harus berbahan dasar air putih saja.

Moms bisa melakukan berbagai macam bahan yang baik untuk kulit wajah dan dibekukan. Teh hijau, misalnya.

Dilansir dari British Journal of Pharmocology, ketika Moms mengombinasikan facial icing dengan menggunakan teh hijau, hal tersebut bisa sangat baik untuk kulit, lho!

Hal tersebut dikarenakan catechins dalam teh hijau sendiri adalah antibacterial yang sangat baik jika dikonsumsi oleh kult.

Para ahli merekomendasikan bahwa menggunakan es batu dri teh hijau bisa mengombinasikan manfaat es batu untuk wajah dan juga membunuh virus dan bakteri.

Nah, banyak banget yah ternyata manfaat es batu untuk wajah!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait