Program Hamil

PROGRAM HAMIL
8 Februari 2021

Ini Manfaat Ever E untuk Promil Moms dan Dads, Catat ya!

Salah satu suplemen vitamin E yang mudah dicari adalah Ever E, bisakah untuk promil?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Agnes
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Terkenal dengan manfaatnya untuk kulit, ternyata vitamin E juga dapat meningkatkan kesuburan. Apakah merek vitamin Ever-E dapat dikonsumsi untuk promil?

Ever E untuk Promil

Ever E salah satu pilihan vitamin promil

Foto: Freepik.com

Ever E adalah salah satu pilihan suplemen vitamin E (Alfa-Tocopherol) yang dijual bebas tanpa resep. Vitamin E memegang posisi penting bagi kesehatan karena berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat paparan radikal bebas.

Selain itu, vitamin E juga dapat mencegah tubuh dari gangguan saraf, anemia, dan infeksi virus. Dalam dunia kecantikan, vitamin E sangat terkenal manfaatnya untuk kesehatan kulit. Namun, vitamin E juga bermanfaat untuk sistem reproduksi dan hormon.

Dalam Vitamin E as an Antioxidant in Female Reproductive Health, dijelaskan bahwa vitamin E pertama kali ditemukan pada tahun 1922 sebagai zat yang diperlukan untuk reproduksi. Setelah temuan ini, vitamin E dipelajari secara ekstensif dan dikenal luas sebagai antioksidan kuat yang larut dalam lemak.

Beberapa penelitian menunjukan bahwa Vitamin E bersifat sebagai anti-proliferative, anti-survival, pro-apoptotic, dan anti-angiogenic pada kanker dan juga memiliki efek anti-inflamasi.

Dengan segala manfaatnya yang mempengaruhi hormon dan kesehatan sistem reproduksi, vitamin E bermanfaat dalam membantu meningkatkan peluang keberhasilan promil. Makanan yang kaya akan vitamin E meliputi minyak canola, minyak zaitun, margarin, kacang almond, dan kacang tanah. Vitamin E juga terdapat pada daging-dagingan, susu, sayuran, dan beberapa jenis sereal.

Namun, kebutuhan vitamin E mungkin saja tidak dapat tercukupi melalui makanan saja. Salah satu suplemen yang dapat dipilih dan mudah ditemukan di pasaran adalah Ever E.

Baca Juga: Bisa Jadi Alternatif Promil, Ini 4 Pilihan Cara Mengatasi Infertilitas

Manfaat Ever E untuk Promil

Suplemen vitamin E seperti Ever E tidak berbahaya untuk Moms yang sedang promil jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat dan sesuai anjuran. Dosis ideal Vitamin E dikonsumsi yaitu sebanyak 200 IU hingga maksimal 1000 IU per hari.

Kecuali disarankan dokter, konsumsi Ever E untuk promil tidak boleh melebihi 1000 IU per hari, karena konsumsi berlebihan dapat menyebabkan efek samping berupa diare, mual, flu, dan sakit perut.

Karena kebutuhan jumlah vitamin E setiap orang dapat berbeda, dapatkan rekomendasi dosis yang tepat dengan berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi Ever E untuk promil.

Salah satu faktor yang menyebabkan masalah kesuburan pada wanita adalah akumulasi stres oksidatif dalam tubuh yang mempengaruhi sel-sel tubuh, termasuk mengganggu proses perkembangan embrio.

Vitamin E mengandung antioksidan yang baik untuk membantu memerangi stres oksidatif yang diakibatkan oleh paparan radikal bebas dalam tubuh. Sebagai suplemen yang vitamin E, Ever E dapat membantu memenuhi asupan antioksidan, yang sekaligus ikut menjaga keseimbangan hormonal secara positif.

Ever E juga bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan baik untuk pria maupun wanita. Ever E sering direkomendasikan sebagai suplemen yang harus dikonsumsi ketika sedang dalam promil.

Adapun beberapa manfaat Ever E untuk promil adalah sebagai berikut:

1. Menebalkan Lapisan Rahim

Ever E membantu memperkuat rahim

Foto: Freepik.com

Manfaat Ever E untuk promil yang pertama adalah kandungan vitamin E dapat membantu menebalkan dinding rahim. Lapisan dinding rahim yang tipis bisa menjadi salah satu faktor penyebab utama infertilitas atau ketidaksuburan pada wanita.

Dengan mengonsumsi kurang lebih 600 mg vitamin E sehari, dapat membantu meningkatkan aliran darah dari arteri radial, sehingga dapat meningkatkan ketebalan lapisan dinding rahim.

Baca Juga: Pasca Keguguran, Ibu Justru Berpotensi Menjalani Kehamilan yang Sehat

2. Mengurangi Risiko Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)

Manfaat Ever E untuk promil selanjutnya adalah dapat membantu mengurangi risiko Polycystic Ovary Syndrome atau sindrom polikistik ovarium. Sindrom polikistik ovarium adalah gangguan hormonal yang umum terjadi pada wanita di usia subur.

Wanita yang menderita sindrom ini biasanya memiliki gejala periode menstruasi yang tidak menentu, bisa jarang dan bisa juga mengalami menstruasi yang berkepanjangan. PCOS dapat memicu pembesaran ovarium dengan kista kecil di luarnya dan mungkin menyebabkan ovarium gagal melepaskan sel telur secara teratur.

Mengutip dari BMC Women's Health, suplemen Vitamin E dapat meningkatkan tingkat kehamilan pada wanita PCOS, menurunkan kebutuhan gonadotropin dan mengurangi risiko terjadinya OHSS (Ovarian hyperstimulation syndrome) yang merupakan efek samping dari terapi kesuburan. Ever E juga bisa menjadi pilihan yang tepat bagi wanita PCOS yang menjalani induksi ovarium.

3. Melindungi Kantung Ketuban

Ever E mencegah ketuban mudah pecah

Foto: Freepik.com

Manfaat Ever E untuk promil lainnya adalah kandungan vitamin E pada suplemen ini dapat bermanfaat untuk menjaga kantung ketuban agar tidak mudah pecah dengan memperkuat selaputnya.

Kantung ketuban yang berisi cairan ketuban berfungsi untuk melindungi janin dalam rahim. Tipisnya selaput ketuban tentu berbahaya karena dapat meningkatkan risiko pecahnya kantung ketuban sebelum waktunya yang dapat membahayakan janin dan meningkatkan risiko keguguran.

4. Meningkatkan Pergerakan Sperma

Vitamin E telah terbukti dapat meningkatkan pergerakan sperma, salah satu masalah yang paling umum menyebabkan ketidaksuburan pada pria.

Hasil penelitian di tahun 2018 menunjukkan vitamin E dapat meningkatkan pergerakan sperma karena efek antioksidan di dalamnya. Selain itu, vitamin E juga meningkatkan hormon testosteron dan terbukti meningkatkan keberhasilan promil sebanyak 29 persen ketika dikonsumsi secara rutin.

Baca Juga: 4 Penyebab Utama Infertilitas pada Pria, Segera Tangani!

5. Meningkatkan Jumlah Sperma

Konsumsi Ever E rutin dapat meningkatkan kualitas sperma

Foto: Freepik.com

Masalah lain yang menjadi penyebab ketidaksuburan pria adalah jumlah sperma yang kurang. Idealnya, jumlah sperma dalam satu mililiter semen adalah tidak kurang dari 20 juta sel sperma.

Penyebab umum dari kurangnya jumlah sel sperma ini adalah infeksi atau kerusakan. Vitamin E dapat membantu melindungi tubuh dari infeksi dan memperbaiki kerusakan jaringan dari dalam.

6. Meningkatkan Libido

Beberapa penelitian mendapatkan vitamin E yang rutin dikonsumsi dapat meningkatkan level hormon testosteron dalam tubuh pria. Peningkatan hormon ini dapat ikut meningkatkan libido dan stamina seksual.

Salah satu masalah dalam ketidaksuburan pria adalah turunnya gairah seksual, sehingga vitamin E dapat membantu mengatasi masalah ini.

Harga Ever E untuk Promil

Harga Ever E untuk promil

Foto: Konimex.com

Ever E merupakan salah satu suplemen Vitamin E yang dapat dengan mudah ditemui di pasaran dan dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Dikutip langsung dari situs produsennya yaitu Konimex, Ever E mengandung 250 IU vitamin E yang dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin E harian.

Berikut adalah harga Ever E:

  • Botol isi 30 kapsul Rp80.400
  • Dus isi 12 kapsul Rp34.500
  • Strip isi 6 kapsul Rp17.550

Baca Juga: Ketahui Yuk Moms, 5 Penyebab Umum Infertilitas

Perbedaan dengan Natur E

Perbedaan Ever E dan Natur E

Foto: Freepik.com

Ever E dan Natur E sebenarnya sama-sama merupakan suplemen vitamin E yang mudah ditemukan di pasaran. Jika dilihat dari bentuknya, baik Ever E maupun Natur E sama-sama berbentuk kapsul. Inilah beberapa perbedaan di antara keduanya:

  • Bahan kapsul: Jika kapsul Ever E terbuat dari bahan rumput laut, kapsul Natur E terbuat dari gelatin tulang rawan sapi. Keduanya dapat larut di dalam tubuh dengan baik, namun bagi Moms dan Dads yang vegetarian, Ever E dapat menjadi pilihan.
  • Dosis: Dari segi dosis, Ever E mengandung vitamin E 250 IU. Sedangkan Natur E tersedia dalam pilihan dosis 100 IU dan 300 IU.
  • Harga: Masing-masing menawarkan harga yang hampir mirip tergantung produk dan dosisnya. Moms dan Dads dapat menyesuaikan pilihan dengan dosis yang perlu diminum setiap harinya.

Baca Juga: Benarkah Vitamin D Dapat Menambah Kesuburan?

Itulah beberapa fakta yang perlu Moms dan Dads ketahui tentang Ever E untuk promil. Apakah Moms dan Dads sudah berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan rekomendasi vitamin yang tepat?

Semoga promil Moms dan Dads berhasil menambah jumlah anggota keluarga, ya.

Jika Moms tahu tips lain untuk promil, yuk share di kolom komentar!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait