Parenting Islami

1 September 2021

Pentingnya Merasa Cukup, Simak Manfaat Hidup Sederhana Menurut Islam

Agama Islam tidak suka dengan segala sesuatu yang berlebihan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Amelia Puteri

Moms pasti sudah sering mendengar istilah "Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik," bukan? karena memang agama Islam menganjurkan umatnya untuk hidup sederhana. Selain itu, manfaat hidup sederhana pun sangatlah banyak dan mengandung kebaikan.

Allah SWT melarang setiap umat-Nya yang suka melampaui batas atau berlebihan. Sebagaimana firman-Nya dalam Alquran berikut:

Hai Ahli Kitab, janganlah kamu berlebih-lebihan (melampaui batas) dengan cara tidak benar dalam agamamu. Dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu orang-orang yang telah sesat dahulunya (sebelum kedatangan Muhammad) dan mereka telah menyesatkan kebanyakan (manusia), dan mereka tersesat dari jalan yang lurus.” (QS. Al-Ma'dah : 77)

Jadi, sudah sangat jelas bahwa agama Islam memang tidak suka segala sesuatu yang sifatnya berlebihan, termasuk dalam hal gaya hidup.

Baca Juga: Tata Cara Pindah Rumah Menurut Islam, Yuk Lakukan agar Tempat Tinggal Moms Jadi Berkah

Manfaat Hidup Sederhana Menurut Islam

Terdapat banyak manfaat hidup sederhana menurut agama Islam sehingga Moms dan keluarga sebaiknya tidak hidup dengan cara berlebihan. Berikut manfaat hidup sederhana yang mengandung kebaikan.

1. Terhindar dari Sifat Sombong

,manfaat hidup sederhana - 1

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat hidup sederhana yang pertama adalah melindungi umat Islam dari sifat sombong. Hal ini karena orang-orang yang hidup sederhana biasanya akan lebih rendah hati.

Perlu Moms ketahui bahwa sombong merupakan sifat yang sebaiknya dijauhi karena sangat tidak disukai oleh Allah SWT. Sebagaimana yang tertulis dalam Alquran berikut:

“Sesungguhnya Dia tidak menyukai orang-orang yang menyombongkan diri.” (QS. An Nahl : 23)

Dalam ayat suci lainnya, Allah SWT berfirman yang artinya, “Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri.” (QS. Luqman : 18)

Rasulullah SAW juga menjelaskan bahwa apabila umat Islam memiliki sifat sombong, maka mereka akan menjadi penduduk neraka.

Haritsah bin Wahb Al Khuzai’i berkata bahwa ia mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Maukah kamu aku beritahu tentang penduduk neraka? Mereka semua adalah orang-orang keras lagi kasar, tamak lagi rakus, dan takabbur (sombong).” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dalam hadist lainnya yang diriwayatkan dari Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu dari Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda:

“Tidak akan masuk surga seseorang yang di dalam hatinya terdapat kesombongan sebesar biji sawi.” Ada seseorang yang bertanya, “Bagaimana dengan seorang yang suka memakai baju dan sandal yang bagus?” Beliau menjawab, “Sesungguhnya Allah itu indah dan menyukai keindahan. Sombong adalah menolak kebenaran dan meremehkan orang lain.“ (HR. Muslim)

Baca Juga: 3+ Tips Merawat Keharmonisan Rumah Tangga dalam Islam, Yuk Amalkan!

2. Menjadi Umat Islam yang Selalu Bersyukur

manfaat hidup sederhana - 2

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat hidup sederhana yang selanjutnya, yakni menjadikan Moms dan keluarga sebagai manusia yang senantiasa bersyukur kepada Allah SWT.

Dengan hidup sederhana, Moms dan keluarga di rumah pasti akan selalu merasa cukup atas segala sesuatu yang diberikan oleh Allah SWT.

Selain itu, hidup yang penuh dengan kesederhanaan juga akan membuat Moms dan keluarga untuk selalu menggunakan segala sesuatu dengan bijak, seperlunya, dan tidak berlebihan.

Sebagaimana firman Allah SWT berikut yang menganjurkan umat-Nya untuk senantiasa bersyukur berikut ini.

“Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku.” (QS. Al-Baqarah : 152)

Masih dalam surat yang sama, yakni Al-Baqarah ayat 172, Allah SWT juga berfirman:

“Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar kepada-Nya kamu menyembah.

Umat Islam yang selalu bersyukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT ini pun akan mendapatkan balasan.

“Sesuatu yang bernyawa tidak akan mati melainkan dengan izin Allah, sebagai ketetapan yang telah ditentukan waktunya. Barang siapa menghendaki pahala dunia, niscaya Kami berikan kepadanya pahala dunia itu, dan barang siapa menghendaki pahala akhirat, Kami berikan (pula) kepadanya pahala akhirat itu. Dan kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur.” (QS. Ali Imran : 145)

Baca Juga: Apa yang Dimaksud dengan Baiti Jannati? Simak Penjelasannya Berikut Ini!

3. Terhindar dari Perilaku Boros

manfaat hidup sederhana - 3

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat hidup sederhana lainnya ialah menghindarkan Moms dan keluarga dari perilaku boros. Hal ini karena hidup sederhana dapat menciptakan rasa syukur dalam diri sehingga tidak akan berlebihan atau bermewah-mewahan dalam gaya hidup.

Allah SWT lebih menyukai hamba-Nya yang memanfaatkan hartanya secara secukupnya (sederhana). Sebagaimana firman-Nya berikut:

Dan (termasuk hamba-hamba Tuhan Yang Maha Pengasih) orang-orang yang apabila menginfakkan (harta), mereka tidak berlebihan, dan tidak (pula) kikir, di antara keduanya secara wajar.” (QS. Al-Furqon : 67)

Sebaliknya, seseorang yang senantiasa hidup berlebihan biasanya cenderung memiliki barang-barang mubah (tidak terpakai) yang bisa saja mengarah ke perilaku boros. Perilaku ini sangat tidak terpuji karena termasuk dalam sifat menyia-nyiakan nikmat Allah SWT.

Allah SWT pun tidak suka dengan umat Islam yang berperilaku boros. Allah SWT berfirman, “Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara setan dan setan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya.” (QS. Al-Isro’ : 27)

Baca Juga: 11+ Tips Membangun Keluarga Harmonis menurut Islam, Yuk Amalkan!

Macam-macam Hidup Sederhana

Setelah memahami manfaat hidup sederhana dalam agama Islam, berikut macam-macam cara hidup sederhana yang dianjurkan. Simak dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari yuk, Moms.

1. Sederhana dalam Hal Tempat Tinggal

macam-macam hidup sederhana - 1

Foto: Orami Photo Stock

Salah satu cara hidup sederhana yang dianjurkan menurut agama Islam, yaitu sederhana dalam hal tempat tinggal. Hal ini dapat dicontoh dari kehidupan Rasulullah SAW.

Istri Rasulullah SAW yang bernama Aisyah menggambarkan, “…Sesungguhnya hamparan tempat tidur Rasulullah terdiri atas kulit binatang, sedang isinya adalah sabut kurma.” (H.R. At-Tirmizi)

Sesungguhnya, makna hadist tersebut ialah menganjurkan umat Islam untuk tidak bermewah-mewahan dalam hal tempat tinggal. Cukup yang sesuai dengan kebutuhan dan buat tempat tinggal tersebut nyaman sesuai dengan agama Islam.

Baca Juga: Kapan Bayi Boleh Keluar Rumah Menurut Islam dan Dunia Medis?

2. Sederhana dalam Cara Berpakaian

macam-macam hidup sederhana - 2

Foto: Orami Photo Stock

Selain dari segi tempat tinggal, Islam juga menganjurkan kesederhanaan dalam cara berpakaian.

Allah SWT berfirman yang artinya, “Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, dan jangan berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.” (QS. Al-A’raf : 31)

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda, yang artinya, “Jauhilah gaya hidup bermewahan. Sesungguhnya hamba-hamba Allah itu bukan orang-orang yang bermewah-mewahan”.

Baca Juga: Ini Hukum Istri Lebih Mementingkan Keluarganya daripada Suami Menurut Islam, Wajib Tahu!

3. Sederhana dalam Memenuhi Kebutuhan Makan

macam-macam hidup sederhana - 3

Foto: Orami Photo Stock

Selanjutnya, umat Islam dianjurkan untuk sederhana dalam memenuhi kebutuhan makan dan minumnya sehari-hari.

Allah SWT berfirman dalam Alquran surat Al-A’raf ayat 31 yang artinya, “…Makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.”

Itulah manfaat hidup sederhana beserta anjuran hidup sederhana menurut agama Islam. Mari amalkan dalam kehidupan sehari-hari, Moms.

  • https://almanhaj.or.id/3510-nikmatnya-hidup-sederhana.html
  • https://cendikia.kemenag.go.id/storage/uploads/file_path/file_06-01-2021_5ff55f003e80e.pdf
  • https://muslim.or.id/3536-jauhi-sikap-sombong.html
  • https://banten.nu.or.id/read/6eJ/larangan-sikap-berlebihan-dalam-islam
  • https://www.islampos.com/larangan-berlaku-boros-180394/
  • https://dalamislam.com/landasan-agama/al-quran/ayat-ayat-al-quran-tentang-syukur
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait