Kesehatan

25 Juni 2021

11 Manfaat Hula Hoop Bagi Kesehatan, Tertarik Mencobanya?

Ada banyak manfaat kesehatan di balik permainan hula hoop
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Defara Millenia
Disunting oleh Adeline Wahyu

Ada banyak kegiatan yang dapat membakar kalori, salah satunya adalah hula hoop. Moms mungkin mencari tahu apa saja yang menjadi manfaat hula hoop.

Melansir jurnal Obesity Facts, hula-hooping adalah jenis tarian kuno, yang baru-baru ini mengalami kebangkitan dalam bentuk latihan inti aerobik. Hula-hooping telah dipraktikkan di kelas kebugaran di seluruh dunia.

Jika Moms bosan dengan rutinitas fitnes harian, maka dapat menggunakan hula hoop dan mulailah bergerak.

Tetapi jika Moms ingin memaksimalkan manfaat memutar-mutar hula hoop, pertimbangkan untuk menambahkan bobot pada alat hula hoop-nya.

Hula hoop dapat digunakan untuk melakukan berbagai latihan untuk mengencangkan seluruh tubuh. Untuk memulainya, Moms dapat mencoba beberapa gerakan mudah dan setelah memahaminya, dapat menambahkan variasi.

Lalu, apa saja manfaat hula hoop? Berikut ini daftarnya.

Baca Juga: 6 Manfaat Dongeng Dalam Membentuk Karakter Anak

Cara Bermain Hula Hoop

Hula hoop merupakan salah satu permainan yang bisa menjadi pengganti olahraga.

Melansir United States Department of Health and Human Services, merekomendasikan anak-anak mendapatkan setidaknya 60 menit aktivitas fisik sehari dan hula hoop juga merupakan cara yang menyenangkan untuk membakar kalori, memperkuat otot, dan meningkatkan koordinasi pada usia berapa pun.

Moms sebelum mengetahui manfaat hula hoop, tak ada salahnya juga mengetahui cara bermain dengan benar.

Berikut ini cara bermain hula hoop yang baik dan benar, sehingga manfaat hula hoop efektif.

1. Putaran Klasik

gaya hula hoop klasik.jpg

Foto: gofeminin.de

Variasi ini cocok untuk dimainkan pemula. Tantang satu sama lain untuk membuat hula hoop berputar di pinggang dan lihat siapa yang bisa mempertahankannya paling lama.

Sementara triknya adalah dibutuhkan latihan untuk menguasainya.

Setelah Moms menguasainya, dorong satu sama lain untuk mencoba sesuatu yang lebih menarik: Geser lingkaran ke atas dan ke bawah leher, atau dapatkan sepasang lingkaran, dan lihat apakah Moms dapat memutar satu di setiap lengan secara bersamaan.

2. Gerakan Koboi

hula hoop koboi.jpg

Foto: istockphoto.com

Gerakan ini adalah gerakan hula hoop yang bagus dan sederhana untuk menari, karena Moms masih memiliki kebebasan penuh untuk seluruh tubuh saat bermain dengan hula hoop.

Baca Juga: Cara Bermain Karambol, Seru Dimainkan saat Kumpul Keluarga

3. Melewati Lingkaran

hula hoop berkelompok.jpg

Foto: pinterest.com

Teknik hula hoop ini cocok dimainkan bersama-sama.

Putaran atau melewati lingkaran adalah trik lingkaran mudah yang dapat digunakan untuk transisi antara gerakan yang lebih rumit atau memberi Si Kecil waktu untuk beristirahat selama sesi aliran lingkaran tanpa benar-benar berhenti.

Si Kecil juga dapat mencoba trik ini pada tingkat yang berbeda di sekitar tubuh, seperti mengayunkan lutut, atau di sekitar satu kaki dengan kaki lainnya terangkat.

4. Berguling

teknik berguling hula hoop.jpg

Foto: kindercare.com

Variasi ini cukup sulit, tetapi mengasyikan. Mintalah Si Kecil melihat seberapa jauh dapat menggulung lingkaran dengan tongkat atau tangan sebelum jatuh.

Begitu mereka mendapatkan lingkaran itu, buat garis dengan kapur dan tantang untuk menelusuri jalan dengan lingkaran itu.

Untuk tantangan tambahan pasang rintangan, seperti kerucut lalu lintas kecil, pin bowling plastik, atau bahkan kursi taman.

Baca Juga: Yuk Intip Cara Bermain Monopoli untuk Dimainkan Bersama Keluarga!

Manfaat Hula Hoop untuk Anak

5 Manfaat Bermain Hula Hoop Bagi Anak 1.jpg

Foto: americandancefestival.org

Sudah tahu belum Moms, kalau manfaat hula hoop ternyata baik untuk mendukung kesehatan dan perkembangan fisik anak?

Diciptakan oleh Arthur K. Merlin dan Richard Knerr di tahun 1958, hula hoop yang terbuat dari bahan plastik, rotan, dan serat kayu, belakangan mulai kembali populer dimainkan oleh anak-anak dari seluruh belahan dunia.

Menurut rekomendasi North Shore Pediatric Therapy, usia 5 tahun adalah waktu paling ideal untuk mulai mengajarkan anak bermain hula hoop. Selain sudah memiliki kesadaran tubuh yang baik, anak juga sudah cukup terampil dalam mengendalikan gerakan beberapa anggota tubuh yang berbeda dalam waktu bersamaan.

Jadi, apa saja ya manfaat hula hoop bagi anak? Yuk Moms, baca sampai selesai untuk tahu jawabannya.

1. Menguatkan Core

Supaya hula hoop tetap berada di area pinggang dan tidak jatuh ke bawah, Si Kecil harus lincah menggoyangkan pinggul dengan ritme teratur sambil menjaga keseimbangan.

Gerakan saat bermain hula hoop ini membantu menguatkan tiga otot core besar, yaitu otot abdomen, otot oblique, dan otot punggung atas. Nah, otot core yang kuat itu sangat penting untuk postur, ketahanan, dan koordinasi tubuh anak.

Ini tentunya menjadi manfaat hula hoop yang sayang jika dilewatkan.

2. Menguatkan Otot di Seluruh Tubuh

Manfaat hula hoop selanjutnya juga bisa menguatkan otot di seluruh tubuh.

Walau kelihatan mudah, ternyata ada 30 jenis otot berbeda dalam tubuh anak yang ikut bergerak saat menggoyangkan hula hoop di area pinggul lho, Moms.

Seperti dikatakan oleh Dr. Lisa Watson ND, hampir seluruh otot tubuh anak bisa ikut bergerak bila hula hoop dimainkan pada area tubuh yang berbeda, seperti otot dada, bahu, pinggul, lutut, tangan, kaki, atau punggung.

Tapi bukan hanya itu Moms, gerakan saat bermain hula hoop juga bisa meredakan ketegangan pada area punggung bawah sekaligus meluruskan tulang belakang, sehingga aliran darah menjadi lebih lancar.

Baca Juga: 4 Manfaat Istimewa Musik Untuk Perkembangan Anak

3. Membakar Kalori

Manfaat hula hoop juga baik untuk melindungi buah hati dari resiko obesitas dan diabetes di masa depan lho, Moms.

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh American Council on Exercise, menggoyangkan hula hoop di pinggang selama satu jam bisa membakar lebih dari 400 kalori per jamnya.

Setara dengan bermain tenis, mendaki gunung, mendayung, atau menggunakan sepeda statis selama 1 jam penuh.

Nah, rutin menggerakkan tubuh secara aktif serta membakar kalori dan lemak berlebih dari tubuh adalah kunci agar Si Kecil terlindung dari risiko obesitas dan diabetes.

4. Meningkatkan Keseimbangan dan Kelenturan Tubuh

Teknik bermain hula hoop yang paling dasar adalah menggoyangkan pinggul dan tulang belakang dengan ritme teratur sambil menjaga keseimbangan seluruh tubuh.

Semakin sering Si Kecil bermain hula hoop, maka akan semakin baik pula keseimbangan dan kelenturan tubuhnya. Dengan begitu, resiko anak cidera saat berolahraga fisik dan bergerak aktif juga bisa sangat dikurangi.

Ini juga menjadi manfaat hula hoop lainnya untuk Si Kecil.

5. Menguatkan Jantung

Meski lebih banyak dipandang sebagai permainan, menurut Edward L. Laskowski, M.D. pada Mayo Clinic, hula hoop sebenarnya termasuk salah satu aktivitas aerobik yang sangat baik untuk menguatkan jantung dan meningkatkan ketahanan tubuh anak.

Manfaat hula hoop mendorong jantung untuk bekerja lebih efisien, sekaligus menurunkan detak jantung dan tekanan darah. Ini sangat baik untuk melindungi dan menguatkan kesehatan jantung anak hingga dia besar nanti lho, Moms.

Baca Juga: 5 Manfaat Orang Tua Bermain Bersama Anak

Manfaat Hula Hoop untuk Kesehatan

5 Manfaat Bermain Hula Hoop Bagi Anak 3.jpg

Foto: familyeducation.com

Nah, Moms sudah mengetahui manfaat hula hoop untuk anak. Lalu, bagaimana dengan manfaat secara keseluruhan untuk orang dewasa? Cari tahu lebih lanjut berikut ini.

6. Membakar Kalori

Menciptakan defisit kalori adalah salah satu tujuan utama saat mencoba menurunkan berat badan. Menemukan aktivitas fisik yang Anda sukai, yang juga membakar kalori, adalah salah satu cara terbaik untuk mewujudkannya.

Manfaat hula hoop bisa menjadi salah satu aktivitas yang membakar kalori.

Menurut Mayo Clinic, aktivitas hula hoop sebanding dengan aktivitas aerobik dansa lainnya seperti salsa, swing dancing, dan belly dancing, dalam hal membakar kalori.

Faktanya, Mayo Clinic melaporkan bahwa, rata-rata, wanita dapat membakar sekitar 165 kalori, dan pria 200 kalori, selama sesi hooping 30 menit.

7. Membakar Lemak pada Tubuh

Ketika Moms membakar kalori melalui olahraga dan membuat perubahan yang tepat pada diet, Moms meningkatkan kemungkinan untuk mengurangi lemak tubuh.

Menurut hasil studi kecil tahun 2015 pada Journal of Strength and Conditioning, jika Moms ingin mengurangi ukuran pinggang dan pinggul, hula hoop mungkin merupakan jenis latihan yang tepat. Terutama jika Moms menggunakan hula hoop yang ditimbang.

Studi tersebut, yang mengevaluasi program hula-hooping berbobot yang dilakukan oleh 13 wanita selama 6 minggu, menemukan bahwa para wanita rata-rata kehilangan 3,4 cm di sekitar pinggang dan 1,4 cm di sekitar pinggul.

8. Meningkatkan Kebugaran Kardiovaskular

Manfaat hula hoop juga menjadi bentuk latihan kardiovaskular (juga dikenal sebagai aerobik) melatih jantung dan paru-paru, serta meningkatkan aliran oksigen ke seluruh tubuh.

Ini, pada gilirannya, dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes, meningkatkan kadar kolesterol, meningkatkan fungsi otak, dan bahkan mengurangi stres.

Setelah Moms menyesuaikan diri dengan ritme yang stabil dengan alat hula hoop tersebut, detak jantung akan meningkat, paru-paru akan bekerja lebih keras, dan aliran darah akan meningkat.

Moms juga akan menghabiskan lebih banyak waktu di zona aerobik untuk membakar kalori dan meningkatkan kesehatan jantung.

Baca Juga: Meski Sehat, Pahami Dulu Manfaat dan Bahaya Olahraga Malam Berikut!

9. Melatih Inti Tubuh

Sama seperti manfaat pada anak, manfaat hula hoop juga dapat melatih inti tubuh.

Jika Moms pernah menggunakan hula hoop, maka Moms tahu seberapa banyak perlu menggerakkan pinggul untuk menjaga hula hoop tetap di pinggang.

Agar hula hoop tetap bergerak, Moms membutuhkan otot inti yang kuat dan mobilitas yang baik di pinggul.

Mempelajari cara menggunakan hula hoop, dan mempraktikkannya secara teratur, adalah cara terbaik untuk menargetkan dan melatih otot perut, serta otot obliques dan pinggul.

10. Aktivitas yang Menarik untuk Keluarga

Mungkin sulit untuk menyesuaikan latihan saat berkeluarga. Antara pekerjaan, sekolah, latihan olahraga, dan segala sesuatu yang berkaitan dengan menjadi orang tua, olahraga sering kali menjadi hal pertama yang dikeluarkan dari daftar kegiatan.

Tetapi, manfaat hula hoop dapat menjadi salah satu cara untuk berolahraga dan menghabiskan waktu bersama keluarga di waktu yang sama.

Ajak anak, pasangan, dan siapa pun yang ingin memanfaatkan bentuk kebugaran yang menyenangkan ini untuk bergabung dengan Moms dalam latihan hula hoop.

Moms bahkan dapat sambil bermain dengan melihat siapa yang dapat menjaga lingkar pinggang terpanjang.

11. Murah dan Mudah Dibawa Kemana Saja

Manfaat hula hoop juga tidak perlu melibatkan perjalanan ke gym, kelas kebugaran yang penuh sesak, atau antrean untuk menggunakan mesin cardio.

Plus, alat hula hoop tidak mahal dan Moms bisa melakukannya di mana saja, termasuk ruang tamu, halaman depan, atau garasi.

Baca Juga: Si Kecil Malas Bergerak? Ini Tips Agar Anak Suka Olahraga

Itu dia Moms, ragam manfaat hula hoop untuk anak dan kesehatan tubuh. Bagaimana Moms, tertarik untuk mulai mengajarkan Si Kecil bermain hula hoop?

  • https://www.researchgate.net/publication/333884070_Effects_of_Weighted_Hula-Hooping_Compared_to_Walking_on_Abdominal_Fat_Trunk_Muscularity_and_Metabolic_Parameters_in_Overweight_Subjects_A_Randomized_Controlled_Study
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/25268284/
  • https://health.gov/sites/default/files/2019-09/Physical_Activity_Guidelines_2nd_edition.pdf
  • https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/fitness/expert-answers/weighted-hula-hoops/faq-20058073
  • https://thehulahoopinstitute.com/2016/10/hula-hoop-tricks-for-beginners/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait