Fashion & Beauty

2 Januari 2020

Manfaat Hyaluronic Acid untuk Melembapkan Kulit

Bahan skincare ini aman untuk ibu hamil, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Erwanto
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Apakah Moms mengalami kulit kering? Bila iya, salah satu bahan skincare yang harus Moms gunakan adalah hyaluronic acid.

Hyaluronic acid dapat melembapkan kulit sehingga jadi lebih lembap. Mari kita simak ulasannya lebih lanjut!

Manfaat Hyaluronic Acid untuk Kulit

hyaluronic acid.jpg

Foto: asiatatler.com

Dilansir dari Dermato Endocrinology, hyaluronic acid adalah senyawa yang terdapat di kulit dan berguna untuk menjaga kelembapan.

Dibanding bahan-bahan lain, hyaluronic acid memiliki kemampuan terbaik untuk mengunci air pada kulit agar tidak cepat kering.

Hyaluronic acid biasa terdapat di skincare, lipstik, dan makeup mata serta wajah. Di dalam skincare, hyaluronic acid berguna untuk mengurangi kulit kering yang pecah-pecah juga mengembalikan kekenyalannya.

Hyaluronic acid juga berguna untuk mengentalkan formula air di kosmetik dan produk perawatan kulit.

The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology menyebutkan bahwa hyaluronic acid bermanfaat untuk mengurangi keriput, kemerahan di kulit, dan dermatitis.

Makanya, skincare hyaluronic acid sangat diperlukan bagi kulit. Tapi ada juga cara untuk menstimulasi produksi hyaluronic acid di dalam tubuh.

“Makanan sangat berpengaruh pada tubuh. Makan buah-buahan dan sayuran yang mengandung banyak antioksidan mampu melindungi kulit dari inflamasi, sehingga bisa membuat kulit lebih sehat,” jelas Dr. Howard D. Sobel, dermatolog Sobel Skin, New York.

Baca Juga: Ketahui 4 Bahan Skincare yang Aman Saat Program Hamil

Keamanan Hyaluronic Acid pada Skincare

hyaluronic acid 2.jpg

Foto: dermatologyinstituteofamerica.com

Para peneliti diCosmetic Ingredient Review (CIR Safety Review) menemukan bahwa hyaluronic acid dapat terpenetrasi ke dalam lapisan kulit. Jumlah normal hyaluronic acid yang bisa diaplikasikan ke kulit adalah sebanyak 2 persen.

Peneliti CIR memutuskan bahwa hyaluronic acid tidak menimbulkan masalah bagi kulit, juga tidak memberikan respon racun pada tubuh.

Bahkan untuk melembapkan dan membuat kulit kenyal secara maksimal, hyaluronic acid juga datang dalam bentuk injeksi.

Efek samping injeksi hyaluronic acid sangat minimal, biasanya berupa bengkak atau memar yang berlangsung selama tiga hari. Hal terpenting yang harus diperhatikan adalah berkonsultasi pada dermatolog untuk melakukan injeksi tersebut.

“Injeksi hyaluronic acid memiliki risiko tersendiri, yakni injeksi yang hanya dipermukaan, atau dalam beberapa kasus langka, terinjeksi pada pembuluh darah,” ujar Dr. Rachel Nazarian, dermatolog di Schweiger Dermatology Group, New York. Oleh sebab itu, Moms tidak boleh asal menggunakan injeksi produk kecantikan ya!

Baca Juga: 4 Bahan Skincare Berbahaya Saat Program Hamil

Nah, untuk ibu hamil, skincare dengan hyaluronic acid juga aman digunakan sebab tidak menyebabkan masalah reproduksi dan perkembangan pada janin.

Selain hyaluronic acid, Moms juga bisa menggunakan serum vitamin C atau ceramide untuk melembapkan kulit kering saat hamil.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait