Kesehatan

KESEHATAN
24 Desember 2020

10 Manfaat Ikan Gabus untuk Kesehatan dan Si Kecil, Yuk Simak!

Ikan ini bahkan bermanfaat untuk Si Kecil, lho!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Amelia Puteri

Ikan gabus merupakan salah satu jenis ikan predator air tawar. Ikan yang memiliki nama ilmiah Channa Striatus ini banyak ditemui di negara-negara Asia salah satunya Indonesia.

Di beberapa daerah, ikan gabus memiliki sebutan yang berbeda-beda.

Misalnya di antara suku Betawi, ikan gabus dikenal dengan sebutan kocolan. Sedangkan di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur, ikan gabus dikenal dengan nama kutuk.

Meski yang dijual di pasaran ukuran ikan gabus terlihat sedang, tapi ikan ini bisa tumbuh hingga 1 meter dengan kepala bertunas dan menyerupai ular. Maka tak heran apabila ikan gabus di luar negeri dikenal dengan nama 'snakehead'.

Baca Juga: Diteliti Bisa Percepat Pemulihan Pasien COVID-19, Ini Manfaat Kesehatan Ikan Gabus Lainnya

Menurut jurnal penelitian berjudul Therapeutic potential of the Haruan (Channa striatus): from food to medicinal uses, dalam 150 gram gabus mengandung kalori 118 gr, lemak 4 gr, protein 20 gr, kalsium 6%, zat besi 2%, dan karbohidrat 15 gr.

Berbicara tentang manfaat ikan gabus, kandungan tinggi protein dalam ikan gabus sangat penting untuk kesehatan tubuh.

Oleh karenanya, mengonsumsi ikan gabus adalah sumber protein hewani yang baik dan penting. Dalam tubuh ikan gabus juga terdapat albumin yakni protein penting yang hanya dimiliki oleh ikan.

Manfaat Ikan Gabus yang Diekstrak

Kandungan albumin dalam ikan gabus memiliki banyak manfaat. Menurut penelitian berjudul The glycation of albumin : Structural and functional impacts, albumin adalah protein penting untuk homeostasis organisme yang diproduksi leh hati dan dibawa ke dalam sirkulasi.

Nilai normal konsentrasi albumin dalam darah berkisar antara 3,5 sampai 5,0 g / dl dan merupakan protein paling melimpah dalam plasma kita, mewakili 55-60% protein dalam serum.

Oleh karena itu, keberadaannya sangat penting untuk tubuh. Berikut ini manfaat ikan gabus yang perlu Moms ketahui.

1. Mencegah Terjadinya Pembengkakan

xx Manfaat Ikan Gabus

Foto: Orami Photo Stocks

Manfaat ikan gabus terletak pada kadar albuminnya. Albumin adalah protein penting yang mencegah pembengkakan. Pembengkakan atau edema terjadi karena sel darah kehilangan bentuknya.

Sel darah hanya berbentuk cair, tetapi di dalamnya terdapat molekul dan partikel yang dalam keadaan normal tidak bercampur satu sama lain.

Albumin inilah yang membuat sel-sel darah ini bercampur. Mengutip dari London Health Sciences Centre, albumin di dalam tubuh tidak tercukupi maka akan terbentuk endapan-endapan darah di berbagai bagian tubuh.

Endapan sedimen inilah yang menyebabkan bengkak dan lebam pada tubuh. Mengonsumsi ikan gabus secara teratur dapat mencegah pembengkakan.

Baca Juga: 6 Manfaat Minyak Ikan Sarden untuk Kesehatan Tubuh

2. Mempertahankan Cairan dalam Tubuh

Sebanyak 70% tubuh manusia terdiri dari cairan. Meski begitu, terkadang tubuh tidak mendapatkan cairan yang cukup dari konsumsi makanan dan minuman sehari-hari. Padahal, sel-sel tubuh membutuhkan cairan untuk melakukan metabolisme.

Lalu, bagaimana cara menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh? Moms bisa mengonsumsi ikan ini dan merasakan manfaat ikan gabus.

Selain mengonsumsi air putih yang cukup, menyantap ikan gabus yang kaya kandungan albumin dapat membantu memenuhi cairan dalam darah dan masuk ke dalam sel sehingga cairan tubuh lebih seimbang.

Hal ini tertuang dalam penelitian berjudul The role of albumin in fluid and electrolyte balance, yang mengatakan bahwa albumin dalam ikan gabus memainkan peran penting dalam mempertahankan homeostasis di dalam tubuh dan bergantung pada membran sel dan mekanisme transpor, termasuk difusi, osmosis, filtrasi, dan transpor aktif.

Sebaliknya, bila terjadi konsentrasi air berlebih, albumin berperan untuk menghilangkan kelebihan tersebut dari dalam sel. Kemudian kelebihan air ini masuk kembali ke dalam darah.

3. Menyimpan Nutrisi

manfaat ikan gabus

Foto: Instagram.com/ channaloverid

Sama seperti asam lemak yang membantu menyimpan dan mencerna vitamin yang larut dalam lemak, kandungan albumin dalam ikan gabus juga memiliki fungsi yang sama. Ini juga menjadi manfaat ikan gabus selanjutnya.

Albumin tidak hanya menjaga sel darah dalam bentuk terlarut, tapi juga nutrisi lainnya.

Beberapa protein, hormon, dan mineral disimpan dalam albumin untuk kemudian diedarkan ke seluruh tubuh. Karenanya kekurangan albumin akan menyebabkan gangguan pada sistem peredaran darah manusia.

Ini bisa menjadi manfaat ikan gabus lainnya.

Baca Juga: Ternyata Ini 5 Manfaat Makan Ikan Sejak Kecil

4. Berperan dalam Pembentukan Sel Darah Putih

Sel darah putih memiliki fungsi penting sebagai sistem kekebalan tubuh. Ketika ada benda asing yang masuk ke dalam tubuh, sel darah putih merupakan pertahanan utama tubuh dengan sifat fagositnya.

Manfaat ikan gabus yang mengandung albumin merupakan protein yang berperan dalam pembentukan sel darah putih ini. Kekurangan albumin bisa menyebabkan tubuh mudah sakit dan meningkatkan peradangan.

5. Mengobati Diabetes Melitus

manfaat ikan gabus

Foto: Instagam.com/ @azuryne.kitchen

Menurut jurnal penelitian berjudul The influence of snakehead (Channa striata) fish extract to increase hyperglycemic mice fertility based on spermatogenic cell composition, dijelaskan bahwa diabetes melitus adalah penyakit metabolik yang diakibatkan oleh kadar glukosa darah yang tinggi atau kondisi hiperglikemik.

Laporan WHO menyebut di tahun 2015, sebanyak 422 juta orang mengidap diabetes melitus dan Indonesia berada di urutan ke-7 tertinggi di dunia.

Baca Juga: 11 Manfaat Minyak Ikan untuk Ibu Hamil

Sementara itu, manfaat ikan gabus memiliki kandungan protein yang tinggi dan dapat dijadikan sebagai sumber antioksidan antihiperglikemik atau antidiabetes.

Selain itu, ditemukan 15 jenis asam amino dalam ikan gabus meliputi 9 jenis asam amino esensial berupa histidin, treonin, arginin, metionin, valin, fenilalanin, leusin, isoleusin, dan lisin.

Arginin berperan untuk meningkatkan fungsi sel beta, pengeluaran energi, dan sensitivitas insulin. Sedangkan leusin bertugas di transkripsi gen dan sintesis protein pada sel beta pankreas sehingga dapat mengatasi diabetes melitus.

Manfaat Ikan Gabus untuk Bayi

Selain kaya manfaat untuk kesehatan orang dewasa, mengonsumsi ikan gabus ternyata juga baik untuk bayi, Moms. Sebab, ikan gabus memiliki kandungan protein albumin paling tinggi dibandingkan ikan-ikan lainnya.

Bahkan protein dalam ikan gabus lebih tinggi dibandingkan kandungan protein dalam telur, daging ayam, dan daging sapi. Berikut ini manfaat ikan gabus untuk bayi.

6. Menu MPASI

manfaat ikan gabus

Foto: Orami Photo Stocks

Manfaat ikan gabus yang pertama yaitu dapat menjadi menu MPASI. Kandungan protein yang tinggi pada ikan gabus, sangat baik digunakan sebagia menu MPASI (makanan pendamping air susu ibu).

Dalam 100 gram daging ikan gabus terdapat 25,2 gram protein. Jumlah ini lebih tinggi dibandingkan ayam maupun telur. Selain itu, 100 gram ikan gabus sudah cukup memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil, maupun ibu hamil dan menyusui.

Moms bisa mencampurkan bahan-bahan lainnya seperti wortel dan brokoli agar nutrisi dalam MPASI lebih banyak. Untuk mengolah menu MPASI dengan ikan gabus, pastikan Moms mengupas kulit dan duri ikan hingga bersih agar teksturnya lebih lembut dan si kecil mudah menelannya.

Pastikan untuk menyaring atau memblender semua bahan hingga halus sebelum disajikan ke si Kecil ya, Moms. Berikut cara membuat menu MPASI dari ikan gabus.

Bahan-bahan:

  • 50 gram ikan gabus
  • 4 sdm nasi
  • 1/2 tomat tanpa biji
  • Duo bawang
  • 1 butir Kemiri
  • Sedikit ketumbar
  • 1/3 ruas kunyit
  • Sedikit garam
  • 4 cm Daun bawang
  • 2 cm serai
  • Daun salam
  • Daun jeruk
  • 45 ml santan
  • 5 ml minyak canola

Baca Juga: Moms, Ini Manfaat Pelihara Ikan bagi Anak

Cara Memasak:

  1. Pisahkan kulit dan durinya, lalu kukus ikan gabus hingga matang.
  2. Masak nasih hingga menjadi bubur lalu saring.
  3. Haluskan duo bawang, kemiri, kunyit, dan ketumbar.
  4. Tumis irisan daun bawang dan bumbu halus, lalu masukkan daun salam, daun jeruk, dan daun sereh.
  5. Selanjutnya, masukkan ikan, tomat, lalu tumis hingga berubah waran dan masukkan sedikit air.
  6. Tambahkan santan dan garam, aduk hingga tekstur berubah menjadi kental.
  7. Setelah matang, saring dan campur dengan bubur.

Kini menu MPASI ikan gabus sudah siap disajikan.

Baca Juga: 6 Manfaat Minyak Ikan untuk Kesehatan Anak, Ternyata Luar Biasa

7. Meningkatkan Kesehatan Otak Bayi

Di usia 0-6 bulan, otak bayi sedang berkembang pesat. Dan saat-saat inilah yang masa-masa emas bagi bayi. Manfaat ikan gabus selanjutnya yaitu dapat meningkatkan kesehatan otak bayi.

Perkembangan otak perlu dipantau agar apabila terjadi keterlambatan maka Moms bisa langsung memeriksakannya ke rumah sakit dan ditangani dengan sigap.

Selain memantau perkembangan otak bayi, Moms juga harus menjaga nutrisi yang dikonsumsi oleh si bayi. Memberikan ikan gabus sebagai sumber protein bisa jadi pilihan untuk meningkatkan kesehatan otak bayi.

Terlebih seiring bertambahnya usia, fungsi otak juga ikut menurun.

Studi berjudul Fish consumption and cognitive decline with age in a large community study, menjelaskan bahwa bayi yang lebih sering makan ikan akan memperlambat penurunan mental.

Selain itu, mereka yang sering menyantap ikan minimal sekali dalam seminggu memiliki lebih banyak materi abu-abu yakni jaringan utama otak yang bertugas mengatur emosi dan memori.

8. Mencegah Penyakit Asma

manfaat ikan gabus

Foto: Orami Photo Stocks

Penyakit asma tak hanya menyerang orang dewasa namun juga mengintai anak dan bayi. Penyakit ini ditandai dengan peradangan kronis pada saluran udara.

Meski begitu, penelitian berjudul Fish and Fish Oil Intake in Relation to Risk of Asthma: A Systematic Review and Meta-Analysis, menyebut bahwa anak dan bayi yang rutin mengonsumsi ikan gabus dapat menurunkan risiko asma hingga 24 % lebih rendah dibandingkan bayi yang tidak mengonsumsi ikan.

Tentunya manfaat ikan gabus ini sayang jika dilewatkan.

Baca Juga: Anak Susah Makan? Berikan 5 Ramuan Rahasia Ini Saja

9. Membantu Proses Pembentukan Sel Tubuh dan Otot

Kandungan nutrisi, protein, dan gizi dalam ikan gabus, sangat baik untuk membantu proses pembentukan sel tubuh dan otot. Ini juga menjadi manfaat ikan gabus selanjutnya.

Apabila Si Kecil sudah terbiasa dan rutin mengonsumsi ikan gabus, diharapkan tubuhnya akan lebih kuat dari serangan penyakit terutama yang disebabkan oleh pergantian cuaca seperti flu dan demam.

Mengutip dari Harvard School of Public Health, protein bertugas untuk mencerna dan melepaskan asam ke dalam aliran darah yang dinetralkan oleh tubuh dengan kalsium dan zat lainnya.

Penelitian menyebut bahwa dengan menyantap makanan tinggi protein seperti ikan gabus maka tubuh akan menggunakannya untuk membuat protein baru seperti otot, tulang, selain itu protein juga digunakan sebagai sumber energi.

Baca Juga: Apakah Ibu Hamil Boleh Mengonsumsi Vitamin Ikan?

10. Memperbaiki Gizi Buruk

manfaat ikan gabus

Foto: Orami Photo Stocks

Manfaat ikan gabus bila dikonsumsi secara teratur oleh ibu hamil, menyusui, dan bayi maka bisa digunakan untuk memperbaiki gizi buruk.

Sebab, dalam 100 gr ikan gabus memiliki banyak nutrisi dan gizi yang penting untuk kesehatan, terutama untuk nutrisi dan kesehatan bayi.

Selain itu, tekstur daging ikan gabus yang empuk juga sangat mudah dikonsumsi oleh bayi sehingga pencernaan bayi tidak terganggu.

Hal ini karena ikan gabus mengandung protein kolagen yang lebih rendah dibandingkan daging ikan atau ayam sehingga aman untuk dikonsumsi oleh bayi.

Itulah manfaat ikan gabus untuk bayi maupun kesehatan. Apakah Moms berminat untuk mengonsumsi ikan gabus sebagai makanan bayi maupun makanan harian?

Artikel Terkait