Kesehatan

27 April 2021

12 Manfaat Ikan Lele Bagi Kesehatan, Salah Satunya Mengurangi Depresi

Beragam manfaat ikan lele yang tak usah diragukan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Defara Millenia
Disunting oleh Adeline Wahyu

Manfaat ikan lele memang tidak memang tidak usah diragukan lagi. Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan yang dapat hidup baik di air tawar maupun di air asin.

Ikan lele memang sudah menjadi makanan populer di Indonesia. Selain itu, ikan lele merupakan komoditas unggulan perikanan budidaya Indonesia.

Makannya tak heran jika harga jual ikan lele di pasaran cukup terjangkau dan mudah dicari.

Tidak hanya menjadi makanan yang mudah di olah.

Ternyata, ikan lele kaya akan vitamin, mineral, dan asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan.

Nutrisi Ikan Lele

Ikan lele memiliki profil nutrisi yang luar biasa. Mengutip Food Data Central, satu porsi 3,5 ons (100 gram) ikan lele mengadung:

  • Kalori: 105
  • Lemak: 2,9 gram
  • Protein: 18 gram
  • Natrium: 50 mg
  • Vitamin B12: 121% dari Nilai Harian (DV)
  • Selenium: 26% dari DV
  • Fosfor: 24% dari DV
  • Tiamin: 15% dari DV
  • Kalium: 19% dari DV
  • Kolesterol: 24% dari DV
  • Asam lemak omega-3: 237 mg
  • Asam lemak omega-6: 337 mg

Selain rendah kalori dan natrium, ikan lele dikemas dengan protein, lemak sehat, vitamin, dan mineral.

Melihat kandungan yang ada, Moms tidak usah ragu lagi manfaat ikan lele.

Baca Juga: 6 Manfaat Minyak Ikan Sarden untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Ikan Lele

Mengingat bahwa ikan lele merupakan sumber yang baik untuk berbagai nutrisi dan rendah kalori.

Faktanya, ikan lele ini memberikan sejumlah manfaat untuk kesehatan yang tidak terduga mulai dari membantu program diet hingga mengurangi depresi.

Moms penasaran? Mari simak manfaat ikan lele di bawah ini.

1. Memperbaiki Jaringan Otot

otot

Foto: Orami Photo Stock

Ikan lele kaya akan protein. Melansir National Institutes of Health, satu porsi ikan lele 100 gram memiliki 32-39 persen protein yang dibutuhkan tubuh.

Protein tersebut dapat membangun dan memperbaiki jaringan otot.

Selain itu, manfaat ikan lele juga dapat menjadi penyusun hormon, enzim, dan molekul lainnya.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat ikan lele selanjutnya, yaitu sumber protein dan nutri pada ikan lele dapat membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan perasaan kenyang.

Moms ikan lele merupakan pilihan yang bagus untuk Moms yang sedang menjalani diet.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

ilustrasi jantung

Foto: Orami Photo Stock

Salah satu manfaat ikan lele adalah menjaga kesehatan jantung.

Hal ini karena lele memiliki kandungan omega-3.

Melansir National Center for Biotechnology Information, mengkonsumsi omega-3 secara rutin dapat membuat aliran darah di dalam tubuh akan lancar sehingga biak untuk kesehetan jantung dan mengurangi risiko terjadinya stroke.

Baca Juga: Makanan Tinggi Protein Bisa Sebabkan Kerusakan Jantung? Ini Penjelasannya

4. Mengurangi Depresi

Depresi adalah gangguan suasana hati yang ditandai dengan gejala kesedihan mendalam

Moms, percaya atau tidak, manfaat ikan lele dapat mengurangi depresi.

Ikan lele merupakan salah satu ikan yang memiliki kandungan omega-3 dibandingkan dengan makanan lain.

Sebuah penelitian mengatakan bahwa omega-3 dapat membantu mengobati kondisi neurologis dan mental, termasuk kehilangan ingatan, gangguan hiperaktif defisit perhatian, hingga depresi.

5. Mencegah Anemia

anemia

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat ikan lele selanjutnya adalah mencegah dan mengobati anemia.

Ikan lele kaya akan vitamin B12. Meskipun beberapa ikan tinggi vitamin ini, ikan lele merupakan sumber vitamin B12 yang sangat luar biasa.

6. Meringankan Persendian

Nyeri sendi merupakan kondisi munculnya rasa tidak nyaman, peradangan, dan rasa sakit dibagian sendi.

Sebuah penelitian menemukan hubungan antara lemak omega-3 yang terkandung pada ikan membantu mencegah dan meringankan gejala rheumatoid arthritis, suatu kondisi yang menyebabkan persendian membengkak.

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini 10 Makanan untuk Redakan Radang Sendi atau Arthritis

7. Menyehatkan Mata

mata sehat

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat ikan lele yang mengandung lemak omega-3 jika mengonsumsinya secara teratur dapat membantu menjaga mata tetap cerah dan sehat.

Selain itu, manfaat ikan lele juga dapat melindungi penglihatan bagi yang menderita degenerasi makula terkait usia (AMD), yaitu suatu kondisi yang menyebabkan retina merosot dan penglihatan menjadi kabur.

8. Melindungi Paru-Paru

Organ paru-paru memiliki peran penting dalam proses pernapasan. Maka dari itu, kita harus menjaga kesehatan paru-paru dengan mengkonsumsi makanan yang sehat.

Mengkonsumsi ikan lele dapat menjaga paru-paru lebih kuat dan lebih sehat seiring bertambahnya usia.

Dibandingkan dengan mereka yang tidak makan ikan.

9. Baik untuk Kesehatan Kulit

kulit sehat

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat ikan lele memang terdapat dari kandungan omega-3. Omega-3 tidak hanya membantu melindungi kesehatan jantung.

Mengkonsumsi ikan lele juga dapat membantu mengatasi gejala kondisi kulit seperti eksim dan psoriasis.

Baca Juga: Hindari 5 Makanan Ini Supaya Kulit Tidak Berjerawat

10. Baik untuk Pencernaan

Gangguan pencernaan akan membuat perut terasa mules dan sakit.

Manfaat ikan lele lainnya, yaitu membantu melindungi tubuh dari penyakitradang usus besar (BD) termasuk penyakit Crohn dan kolitis ulserativa.

11. Menjaga Saraf

senang

Foto: Orami Photo Stock

Ikan lele merupakan sumber vitamin B12 yang baik.

Nutrisi ini penting untuk kesehatan karena membantu tubuh membuat DNA dan menjaga saraf, serta sel darah akan berfungsi dengan baik.

12. Membantu Pertumbuhan Tulang

Ikan lele memiliki sumber vitamin D yang tidak ditemukan pada terlalu banyak makanan secara alami.

Manfaat ikan lele yang satu ini penting untuk tulang karena membantu tubuh menyerap kalsium.

Selain itu, ikan lele juga membantu menjaga fungsi sistem kekebalan dan mengatur pertumbuhan sel di seluruh tubuh.

Baca Juga: 11 Manfaat Minyak Ikan untuk Ibu Hamil

Sebagian besar olahan ikan lele didapat dari budidaya. Namun, beberapa orang memilih mengolah ikan lele yang ditangkap di alam liar.

Hal ini membuat perbedaan nutrisi dan manfaat ikan lele.

Ikan lele yang dibudidayakan sering diberi makan makanan berprotein tinggi yang mencakup biji-bijian seperti kedelai, jagung, dan gandum.

Vitamin, mineral, antioksidan, asam lemak, dan bahkan probiotik secara teratur ditambahkan ke pakan ikan lele.

Sebaliknya, ikan lele yang ditangkap di alam liar adalah pengumpan bawah, artinya mereka memakan makanan seperti tumbuhan air, telur ikan, dan terkadang ikan lainnya.

Perbedaan pola makan ini dapat mengubah susunan vitamin dan mineralnya secara signifikan.

Sebuah studi Paskitan Journal of Nutrition menemukan bahwa, ikan lele yang dibudidayakan di peternakan memiliki nutrisi asam amino yang tinggi dibandungkan dengan ikan lele liar.

Wah ternyata manfaat ikan lele banyak ya Moms. Selain murah, mudah didapat, ikan lele juga baik untuk kesehatan.

Moms bisa mengolah ikan lele dengan cara digoreng maupun dibarar untuk menjadi santapan bersama keluarga.

Jadi, jangan ragu untuk mengkonsumsi ikan lele ya Moms. Selamat mencoba!

  • https://www.healthline.com/nutrition/is-catfish-healthy#bottom-line
  • https://www.healthbenefitstimes.com/catfish/
  • https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/173714/nutrients
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/26795198/
  • http://docsdrive.com/pdfs/ansinet/pjn/2015/56-61.pdf
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait