Kesehatan

31 Mei 2021

Cocok Untuk Diet, Ini 10 Manfaat Ikan Nila untuk Tubuh

Penting dikonsumsi ibu hamil dan menyusui.
placeholder

Foto: shutterstock.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Dresyamaya Fiona
Disunting oleh Karla Farhana

Ikan adalah sumber makanan tinggi protein yang memiliki banyak manfaat. Salah satu ikan yang kaya akan protein adalah ikan nila. Manfaat ikan nila untuk tubuh pun beragam. Selain itu, ada begitu banyak variasi ikan yang dikemas dengan begitu banyak nutrisi yang menyehatkan.

Biasanya ikan nila dimasak dengan cara dibakar ataupun digoreng, keduanya sama nikmatnya.

Nah bagi Moms pecinta ikan, ada baiknya untuk mengenal manfaat ikan nila untuk kesehatan berikut ini.

Manfaat Ikan Nila bagi Kesehatan

Ikan nila memiliki banyak sekali manfaat nutrisi, dan mungkin itulah sebabnya ia menjadi sumber protein yang begitu populer saat ini.

Manfaat ikan nila ini tentu bersumber dari nutrisi yang dikandungnya. Dalam 100 gram ikan nila, terkandung sekitar 26 gram protein dan hanya 128 kalori.

Selain itu, ikan nila juga merupakan salah satu sumber vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Tak hanya vitamin, ia juga mengandung niacin, vitamin B12, fosfor, selenium, dan kalium.

Berikut adalah beberapa manfaat ikan nila dan mengapa Moms harus memasukkan ikan nila ke dalam daftar menu sehat.

Baca Juga: Inilah 6 Manfaat Ikan Tilapia untuk Kesehatan serta Risikonya

1. Menurunkan Kadar Kolestrol

manfaat ikan nila bagi tubuh.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Kolesterol tinggi dalam tubuh dapat memicu timbunan lemak di pembuluh darah. Akhirnya, endapan ini tumbuh semakin banyak, sehingga menyulitkan darah untuk mengalir melalui arteri. Hal ini dapat menyebabkan serangan jantung atau bahkan stroke.

Nah, manfaat ikan nila yang pertama adalah ia memiliki kadar asam lemak omega-3 yang tinggi, yang dapat mengurangi trigliserida, sejenis lemak yang ditemukan dalam darah, sehingga menurunkan kolesterol.

Studi dalam Research Gate menunjukkan, asam lemak omega-3 cukup menyehatkan bagi tubuh. Mereka dianggap lemak baik, tidak seperti lemak jenuh buruk yang diemukan di sebagian besar daging.

2. Fungsi Otak

Rasanya sudah tak asing lagi, ikan memiliki peran penting dalam kesehatan otak. Seperti halnya manfaat ikan nila satu ini.

Ikan nila yang mengandung omega-3 berperan dalam mempertajam memori dan memperbaiki mood, serta melindungi otak dari kemunduran. Otak menggunakan omega-3 untuk membangun sel otak dan saraf, dan lemak ini penting untuk pembelajaran dan memori.

Studi dalam National Center for Biotechnology Information, menunjukkan bahwa ikan dapat menurunkan risiko penyakit Alzheimer.

Namun, kekurangan omega-3 dalam makanan tidak terkait dengan gangguan belajar.

Ada kesamaan dalam temuan penelitian seputar pengaruh positif konsumsi makanan laut dalam mengurangi risiko demensia dan Alzheimer.

Baca Juga: 7 Ide Stimulasi Otak Anak untuk Mendukung Kemampuan Berpikir dan Belajarnya

3. Mencegah Penyakit Autoimun

Gangguan Autoimun Atasi dengan Manfaat Ikan Nila? 2

Foto: Orami Photo Stocks

Penyakit autoimun adalah suatu kondisi di mana sistem kekebalan menyerang tubuh.

Beberapa contohnya termasuk lupus, multiple sclerosis, diabetes tipe I, dan arteritis temporal. Penyakit tersebut bisa berakibat fatal bahkan berujung pada kematian.

Sebuah penelitian di Amerika Serikat menunjukkan bahwa asupan asam lemak omega-3 dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit autoimun. Ini menjadi manfaat ikan nila yang berikutnya.

Ini juga mencegah penyakit lainnya pada orang dewasa seperti rheumatoid arthritis dan multiple sclerosis.

4. Mencegah Radikal Bebas

Manfaat ikan nila yang tak kalah penting adalah selenium pada ikan nila dapat melawan radikal bebas.

Dalam Cochrane Library, selenium dapat bekerja sebagai antioksidan yang dapat mencegah kerusakan dan penyakit akibat radikal bebas, seperti penuaan dini dan kanker.

Terkait hal ini, masih diperlukan studi lebih lanjut terkait manfaat ikan nila untuk pengobatan kanker.

Baca Juga: 4 Makanan yang Ampuh Menangkal Radikal Bebas Akibat Polusi Udara

5. Mengurangi Depresi

manfaat-ikan-nila-dan-patin.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Masalah kesehatan mental menjadi semakin umum di dunia, begitu juga di Indonesia.

Peneliti asal China menemukan bahwa orang yang mengonsumsi ikan paling banyak menurunkan risiko depresi sebesar 17 persen dibandingkan dengan mereka yang makan sedikit.

Hal ini karena manfaat ikan nila dari senyawa omega-3 dapat menembus sel otak dan berinteraksi dengan molekul yang berhubungan dengan pengatur suasana hati di dalam otak.

Manfaat ikan nila juga berperan sebagai anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan depresi.

Baca Juga: 10 Manfaat Ikan Gabus untuk Kesehatan dan Si Kecil, Yuk Simak!

6. Menurunkan Berat Badan

Apakah Moms sedang menjalani program diet dalam menurunkan berat badan? Manfaat ikan nila satu ini cukup menarik, lho!

Manfaat ikan nila kali ini adalah dapat menjadi pilihan makanan dalam menurunkan berat badan secara alami. Ikan nila mengandung protein tinggi yang rendah lemak.

The American Journal of Clinical Nutrition juga memaparkan, ikan yang rendah lemak cocok untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes tipe-2.

Jadi mulai sekarang tambahan menu ikan nila ke dalam daftar makanan diet Moms di rumah ya!

7. Menjaga Kesehatan Jantung

Ini 6 Manfaat Ikan Nila yang Luar Biasa, Catat Ya.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Seperti kita tahu, kondisi jantung misalnya penyakit jantung koroner, masalah irama jantung, tekanan darah tinggi, dan gagal jantung sering terjadi.

Oleh karena itu, kita harus melakukan segala yang diperlukan untuk menjaga kesehatan jantung. Karenanya, makan ikan adalah salah satu upaya untuk terhindar dari penyakit-penyakit tersebut.

The American Heart Association (AHA) mengatakan bahwa makan setidaknya dua porsi ikan 112 gram per minggu dapat membantu mencegah penyakit jantung dan serangan jantung.

Manfaat ikan nila dari omega-3 telah terbukti membantu menurunkan tekanan darah tinggi, yang merupakan pemicu serangan jantung. Sehingga ini dapat mengurangi risiko kematian mendadak.

Baca Juga: 5 Cara Menjaga Kesehatan Jantung Agar Tetap Sehat

8. Baik untuk Ibu Hamil

Ibu hamil memerlukan rangkaian nutrisi dan vitamin untuk janin dan juga kesehatan tubuh. Hal ini dapat diperoleh dari manfaat ikan nila satu ini.

Ikan bukan hanya sumber protein tinggi dan lemak sehat, tetapi juga sumber nutrisi penting termasuk asam lemak omega-3, yodium, vitamin D, dan kalsium.

Asam docosahexaenoic (DHA) lemak omega-3 sangat penting untuk perkembangan otak dan mata. Karenanya, mengutip Obestetrics & Gynecology, wanita hamil dan menyusui sering kali disarankan untuk makan cukup asam lemak omega-3.

9. Meningkatkan Kualitas Tidur

Manfaat-Ikan-Nila-Tidur-Yang-Cukup-Tingkatkan-Peluang-Hamil--Hero.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Jika Moms sedang berjuang melawan masalah tidur seperti insomnia atau Rapid Eye Movement (REM), solusinya adalah konsumsi ikan.

Manfaat ikan nila satu ini menunjukkan bahwa mengonsumsi ikan secara teratur dapat meningkatkan kualitas tidur dan membantu seseorang tertidur lebih cepat. Sehingga ini meningkatkan kinerja di siang hari.

Docosahexaenoic acid atau DHA (sejenis asam lemak omega-3) merangsang melatonin, hormon utama yang memfasilitasi tidur. Melatonin bekerja untuk membantu tubuh mempersiapkan diri untuk tidur dan mengirimkan sinyal ke otak.

Tubuh akan terasa lebih rileks, serta membuat kita tertidur.

Baca Juga: Menu Makanan Sehat untuk Anak yang Dukung Pencernaan, Otak, dan Keseimbangan Emosional

10. Melindungi Mata

Gangguan mata seperti katarak, glaukoma, mata kering, dan degenerasi makula sering terjadi, terutama di usia tua.

Itulah mengapa kita harus menjaga dan melindungi mata sebagai indera penglihatan.

Agency for Healthcare Research and Quality menemukan bahwa asam lemak omega-3 bermanfaat untuk meningkatkan penglihatan dan kesehatan mata.

Ini karena otak dan mata sangat terkonsentrasi pada asam lemak omega-3 dan membutuhkannya untuk menjaga kesehatan dan fungsinya. Manfaat ikannila ini berkontribusi pada fungsi retina.

Para ahli menemukan bahwa minyak ikan dapat menyembuhkan mata kering, termasuk ang disebabkan terlalu lama di depan komputer.

Mulai sekarang Moms sudah tahu bukan manfaat ikan nila? Yuk mulai rutin makan ikan nila sehari-hari!

https://www.researchgate.net/publication/262818228_Growth_Performance_Yields_and_Economic_Benefits_of_Nile_Tilapia_Oreochromis_niloticus_and_Kales_Brassica_oleracea_Cultured_under_Vegetable-Fish_Culture_Integration

https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/21808933/

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6491296/

https://academic.oup.com/ajcn/article/70/5/817/4729086

https://www.everydayhealth.com/heart-health/diet/eat-right-fish-heart-health/#:~:text=The%20American%20Heart%20Association%20(AHA,heart%20disease%20and%20heart%20attack.

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3046737/#:~:text=Omega%2D3%20fatty%20acids%20are,of%20fetal%20brain%20and%20retina.

https://archive.ahrq.gov/clinic/epcsums/o3eyesum.htm

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait