Kesehatan

26 Juli 2021

8 Manfaat Menakjubkan Ikan Teri, Si Sumber Omega 3 Terbaik!

Kaya nutrisi yang dibutuhkan tubuh
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Meiskhe
Disunting oleh Karla Farhana

Ikan teri atau ikan bilis (anchovy) merupakan salah satu makanan sederhana yang jadi favorit banyak orang karena rasanya yang nikmat. Selain gurih dan enak, ikan teri yang memiliki ukuran mini ternyata menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan lho, Moms! Manfaatnya itu datang dari nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Di Indonesia, ikan teri sangat mudah dijumpai dengan harga yang cukup ekonomis. Beberapa jenis ikan teri yang bisa dikonsumsi di antaranya ikan teri nasi, teri halus dan teri jengki yang diolah menjadi berbagai jenis masakan, seperti pepes, rempeyek, sambal goreng, balado, atau digoreng kering bersama kacang tanah.

Baca Juga: Jenis dan Kriteria Makanan Sehat yang Moms Wajib Berikan untuk Keluarga

Sederet Manfaat Ikan Teri untuk Kesehatan

ikan teri.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Mengutip jurnal dalam ScienceDirect, ikan teri kaya akan kandungan DHA (ocosahexaenoic acid) dan EPA (eicosapentaenoic acid), yang merupakan jenis lemak Omega-3 yang baik bagi tubuh.

Selain itu, mengandung nutrisi lain seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin A, vitamin dan mineral seperti kalsium, selenium, fosfor, zat besi, natrium dan kalium.

Berikut adalah ragam manfaat ikan teri yang bersumber dari kandungan nutrisi yang ada di dalamnya.

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

hipertrofi jantung

Foto: Orami Photo Stock

Dalam penelitian yang diterbitkan Journal of FisheriesSciences com, mengungkap ikan teri mengandung sejumlah besar omega-3 , lemak tak jenuh ganda yang salah satu perannya adalah mengurangi keberadaan kolesterol LDL atau kolesterol jahat.

Dengan kandungannya tersebut, mengonsumsi ikan laut berukuran kecil ini dapat memberikan manfaat antara lain mengurangi risiko aterosklerosis yaitu kondisi pengerasan arteri yang disebabkan oleh timbunan plak kolesterol, serangan jantung dan stroke.

Adapun manfaat lain dari omega-3, yaitu:

  • Menjaga kesehatan mental, dengan membantu melawan depresi dan gangguan kecemasan
  • Membantu mencegah kanker, contohnya risiko kanker prostat pada pria dan kanker payudara pada wanita
  • Mengurangi penumpukan lemak di hati penyebab penyakit fatty liver atau perlemakan hati
  • Meringankan nyeri haid
  • Meningkatkan kualitas tidur
  • Mencegah penyakit alzheimer yang kerap dialami lansia
  • Menunjang kesehatan otak dan tumbuh kembang bayi sejak dalam kandungan

Baca Juga: Ketahui Perbedaan dan Manfaat Omega 3 6 9!

2. Sumber Protein yang Baik

manfaat ikan teri

Foto: Koreanbapsang.com

Seperti halnya jenis ikan laut lainnya, ikan teri mengandung protein. Data nutrisi dalam FoodData Central U.S. Department of Agriculture menunjukkan, dalam seporsi ikan teri mengandung sekitar 13 gram protein yang memiliki manfaat yang baik untuk tubuh.

Berdasarkan tabel Angka Kecukupan Gizi (AKG) Kemenkes RI, standar angka kecukupan protein bagi masyarakat Indonesia adalah sekitar 56-59 gram per hari untuk perempuan dan 62-66 gram per hari untuk laki-laki.

Agar kecukupan protein terpenuhi setiap hari, maka Moms dapat mengonsumsi kombinasi ikan teri dan makanan sumber protein lainnya, seperti kacang-kacangan, telur, tempe dan tahu.

Beberapa manfaat protein untuk tubuh, di antaranya:

  • Membantu pembentukan tulang dan otot
  • Membangun dan memperbaiki jaringan tubuh
  • Membantu mengatur kadar gula darah
  • Meningkatkan kekebalan tubuh dan mendukung proses pemulihan
  • Membantu tubuh merasa kenyang lebih lama
  • Sebagai energi cadangan, selain karbohidrat dan lemak
  • Mendukung umbuh kembang bayi dan anak-anak

3. Menjaga Kesehatan Tiroid

Hipoparatiroid dalam Kehamilan.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Selenium merupakan salah satu zat mineral yang ditemukan dalam ikan teri. Dalam setiap 100 gram ikan teri mengandung sekitar 46,7 mcg selenium atau setara dengan 67% kebutuhan harian.

Mineral selenium digunakan untuk membantu menjalankan fungsi tubuh seperti mengaktifkan hormon tiroid, menjaga sistem kekebalan tubuh, dan peredaran darah.

Kekurangan mineral ini akan menyebabkan masalah pada tiroid, penurunan kekebalan, sulit berkonsentrasi, otot melemah dan rambut rontok.

4. Memelihara Kesehatan Mata

cara-merawat-mata.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Seperti dijelaskan sebelumnya, ikan teri kaya akan omega-3 salah satunya DHA. DHA merupakan struktur lemak pada retina mata. Oleh karena itu, agar indera penglihatan bisa bekerja dengan maksimal, kita perlu mencukupi asupan DHA.

Apabila kekurangan DHA, maka bisa menyebabkan gangguan mata, contohnya degenerasi makula yang merupakan penyakit mata akibat penuaan.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Produk Vitamin Mata yang Bagus untuk Dewasa dan Anak

5. Menjaga Kesehatan Tulang

simak tahap perkembangan tulang anak hero banner magz (1510x849)

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat ikan teri yang lain adalah untuk membangun tulang yang kuat, dan mencegah osteoporosis atau masalah tulang lainnya. Semua ini karena ikan teri kaya akan vitamin, protein dan mineral yang bermanfaat untuk melindungi kesehatan tulang.

Kandungan tinggi kalsium dan vitamin di dalamnya dapat membantu melawan degradasi tulang, serta menjaga kesehatan gigi.

6. Merawat Kesehatan Kulit

Tanaman krokot baik untuk kulit

Foto: Orami Photo Stock

Mengonsumsi ikan teri secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan mencegah munculnya jerawat ataupun kerutan pada wajah akibat penuaan dini. Selain itu, membantu melindungi kulit dari sinar matahari.

Alasan dibalik ini karena tingginya kandungan omega-3 dalam ikan teri, yang terdiri atas DHA dan EPA. Sebuah riset yang diterbitkan dalam Experimental Dermatology Journal menyebutkan bahwa suplemen dengan kombinasi DHA dan EPA membantu menurunkan sensitivitas kulit terhadar sinar UV yang berbahaya.

Selain itu, rutin mengonsumsi makanan kaya omega-3 dapat mengurangi jerawat dan merupakan obat yang baik untuk kulit kering dan gatal.

7. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kenapa Berat Badan Naik saat Haid?

Foto: Orami Photo Stock

Ikan teri merupakan jenis ikan air asin yang memiliki jumlah kandungan protein yang signifikan, namun berkalori rendah. Oleh karenanya menjadi makanan yang sangat ideal bagi orang yang ingin diet menurunkan berat badan.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition mengungkap bahwa protein dalam ikan dan daging dapat mengontrol nafsu makan dan mendorong penurunan berat badan.

Ikan teri juga dapat menekan produksi ghrelin yang merupakan hormon yang membuat kita ingin makan dan meningkatkan rasa lapar.

8. Memberi Manfaat Zat Besi

manfaat ikan teri

Foto: Nutritionadvance.com

Beberapa jenis ikan, salah satunya ikan teri segar mengandung zat besi. Dalam 20 gram ikan teri memberikan kontribusi sekitar 12% kebutuhan zat besi harian untuk pria dan 5% untuk wanita. Zat besi ini bermanfaat untuk membantu meningkatkan suplai oksigen ke seluruh tubuh dan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.

Selain itu, mendukung fungsi sel untuk menghasilkan energi, juga membantu sel darah putih membunuh bakteri sehingga melindungi tubuh dari infeksi.

Untuk memaksimalkan kecukupan zat besi dalam tubuh, ikan teri dapat dikonsumsi dengan kombinasi makanan yang kaya zat besi lainnya.

Tips Membersihkan Ikan Teri

manfaat ikan teri

Foto: Wanista.com

Melansir WebMD, ikan teri kemungkinan memiliki kadar merkuri yang lebih rendah dari jenis ikan laut lainnya, namun ketika diawetkan atau dikeringkan mengandung sodium yang tinggi. Oleh karena itu, Moms perlu mengolah ikan teri dengan tepat agar dapat memberikan manfaat optimal bagi tubuh saat dikonsumsi.

Sebelum dimasak, ikan teri perlu dicuci sampai bersih terlebih dahulu. Ikan teri asin dicuci dengan air dingin selama beberapa kali, lalu direndam dengan air hangat agar rasa asinnya berkurang.

Sementara ikan teri yang segar harus dicuci dan dibersihkan, untuk menghindari infeksi parasit yang kerap disebabkan karena mengonsumsi makanan laut mentah.

Moms juga bisa mengeluarkan bagian kepala ikan teri yang rasanya pahit, terutama jika menyajikannya kepada si Kecil di rumah. Oh iya, pastikan juga membeli ikan teri yang segar karena kandungan nutrisinya akan lebih terasa bagi tubuh ya, Moms!

Baca Juga: 12 Rekomendasi Menu Makanan Sehat Sehari-Hari, Mudah Dicoba!

Itulah manfaat ikan teri dan tips membersihkannya agar aman untuk disajikan sebagai makanan keluarga. Tak disangka, dengan ukurannya yang mini, ikan teri ternyata sangat bermanfaat bagi kita ya, Moms!

  • https://www.organicfacts.net/health-benefits/animal-product/health-benefits-of-anchovies.html
  • https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/174182/nutrients
  • https://www.webmd.com/diet/health-benefits-anchovies#2
  • https://ods.od.nih.gov/factsheets/Iron-HealthProfessional/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait