Trimester 1

TRIMESTER 1
13 Mei 2020

4 Manfaat Makan Tuna untuk Ibu Hamil

Memilih makanan saat hamil memang perlu berhati-hati, bagaimana dengan mengonsumsi tuna saat hamil?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Intan Aprilia

Setiap harinya, ibu hamil harus menjaga kesehatan dengan memerhatikan asupan makanan yang dikonsumsi.

Hal ini berpengaruh pada perkembangan dan pertumbuhan janin di dalam kandungan.

Jepang, negara yang terkenal dengan penduduknya gemar makan ikan, juga mendukung hal ini.

Japanese Food Safety Commission mengungkapkan, ibu hamil yang makan ikan penting untuk mendukung gizi seimbang dan menjaga kehamilan agar tetap sehat sampai persalinan.

Baca Juga: Ibu Hamil Makan Sushi, Perhatikan 3 Hal Ini!

Namun, tetap perhatikan jenis ikan dan kerang-kerangan yang memiliki merkuri tinggi agar sebaiknya dihindari. Lantas, bagaimana dengan ikan tuna? Adakah manfaat ikan tuna bagi ibu hamil?

Tuna, Ikan yang Aman untuk Ibu Hamil

Manfaat Tuna untuk Ibu Hamil-1.jpg

Foto: pregnancyrelated.com

Ikan adalah jenis makanan yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Menurut US Food and Drug Administration (FDA), Moms dapat makan 8 hingga 12 ons ikan dalam seminggu.

Hal ini setara dengan dua hingga tiga porsi ikan. Nah, beberapa jenis ikan yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil, seperti salmon, tuna, cod, lele, dan nila yang rendah merkuri.

“Ilmu pengetahuan sudah membuktikan, kalau menghindari makan ikan selama kehamilan dapat membuat mereka kehilangan nutrisi penting yang memiliki dampak positif pada pertumbuhan dan perkembangan bayi di dalam kandungan,” ungkap Dr. Stephen Ostroff, ilmuwan dari FDA.

Baca Juga: Mengapa Makan Ikan Saat Hamil Sangat Dianjurkan? Ini Ulasannya!

Hal yang harus diperhatikan adalah pastikan Moms mengonsumsi ikan yang sudah matang. Safe Food merekomendasikan, Moms bisa memanggang ikan dibandingkan menggorengnya dan cobalah tidak menambahkan garam ke ikan.

Alternatifnya, Moms bisa memakai perasan jus lemon agar rasanya semakin gurih. Hindari makan ikan mentah karena rentan mengandung bakteri seperti Salmonella dan Listeria.

Manfaat Tuna untuk Ibu Hamil

Makan tuna dalam batas yang aman untuk ibu hamil akan memberikan banyak nutrisi untuk bayi yang sedang tumbuh di dalam kandungan. Nah, menurut US FDA, berikut ini beberapa manfaat tuna untuk kesehatan ibu hamil, yaitu:

1. Mengandung Protein yang Tinggi

Manfaat Tuna untuk Ibu Hamil-2.jpg

Foto: parenting.firstcry.com

Ikan tuna mengandung protein yang tinggi dan bermanfaat untuk kesehatan Moms dan janin.

Kalau menurut American Pregnancy Association, protein memengaruhi pertumbuhan jaringan janin, termasuk otak.

Protein juga membantu menjaga kesehatan payudara dan jaringan rahim tumbuh selama kehamilan dan berperan untuk meningkatkan suplai darah.

2. Meningkatkan Perkembangan Bayi

Manfaat Tuna untuk Ibu Hamil-5.jpg

Foto: healthline.com

Tuna menawarkan mineral, vitamin D, dan asam lemak omega-3 yang dapat meningkatkan perkembangan bayi di dalam kandungan.

Vitamin D juga mendukung dalam fungsi kekebalan tubuh, peningkatan sel yang sehat, dan kesehatan tulang. Omega-3 juga bermanfaat dalam perkembangan otak, mata, dan saraf bayi.

Baca Juga: Makan Seafood saat Hamil, Begini Aturannya

3. Mencegah Bayi Lahir Prematur

Manfaat Tuna untuk Ibu Hamil-3.jpg

Foto: healthline.com

Sebenarnya, tidak akan ada ibu yang ingin bayinya lahir prematur. Untuk itu, Moms bisa makan ikan untuk mencegah hal tersebut.

Menurut The National Academies of Sciences Engineering Medicine, tingkat kelahiran bayi prematur akan berkurang karena ibu hamil rutin mengonsumsi ikan.

4. Meningkatkan Imunitas Tubuh Ibu Hamil

Manfaat Tuna untuk Ibu Hamil-4.jpg

Foto: parents.com

Moms, sistem kekebalan tubuh ibu hamil bisa melemah, untuk itu sebaiknya mendapatkan asupan nutrisi yang tepat.

Tuna mengandung selenium yang merupakan komponen enzim antioksidan dan protein yang tepat untuk mengatur metabolisme tubuh dan dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Baca Juga: Amankah Ibu Hamil Makan Telur Ikan?

Nah, itulah beberapa manfaat ikan tuna untuk ibu hamil. Jangan lupa juga untuk menyeimbangkan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dengan jenis makanan yang lainnya, ya. Hal tersebut bertujuan agar kesehatan Moms dan Si Kecil terjaga dengan baik.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait