Kesehatan

KESEHATAN
23 November 2020

12 Manfaat Infused Water Jeruk Nipis, Turunkan Berat Badan Hingga Cegah Batu Ginjal

Infused water jeruk nipis sangat mudah dibuat dan bisa dikonsumsi setiap hari
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Amelia Puteri

Infused water atau air yang dicampur dengan potongan buah lalu didiamkan dalam kurun waktu tertentu, bukanlah hal yang asing didengar lagi pada saat ini.

Banyak influencer, artis dan dokter yang mulai menunjukan gaya hidup baru dengan mengonsumsi minuman sehat yang disebut infused water ini.

Berbagai pilihan buah digunakan, misalnya lemon, jeruk nipis, stroberi, apel, kiwi, dan raspberry. Terkadang, beberapa orang menambahkan rempah-rempah lainnya seperti daun mint, jahe, sereh, atau kayu manis.

Salah satu yang banyak digunakan adalah infused water jeruk nipis.

Manfaat infused water jeruk nipis diklaim memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, misalnya sebagai detoks, meningkatkan imunitas dan bahkan dipercaya membantu dalam proses menurunkan berat badan.

Lindsey Toth, MS, RD, Ahli Gizi Perusahaan Produk Multivitamin Kesehatan Swanson Amerika Serikat, mengatakan bahwa kebanyakan orang tidak makan jeruk nipis secara utuh, layaknya makan buah jeruk jenis lain.

Jadi, ada kemungkinan orang-orang ingin mendapatkan sebagian besar nutrisi jeruk nipis dengan pengolahan yang berbeda seperti diperas, dibuat menjadi jus atau menjadikannya infused water jeruk nipis.

"Apa pun cara Anda melakukannya, Anda akan mendapatkan daftar panjang manfaat dari jeruk nipis. Misalnya infused water jeruk nipis, cukup tambahkan irisan jeruk nipis atau ditambah kombinasi buah-buahan lainnya ke dalam botol air dan biarkan dalam lemari es semalaman. Ini akan terasa lebih enak dan menyehatkan," kata Lindsey seperti dikutip dari Blog Kesehatan Swanson Vitamin.

Jeruk nipis merupakan sumber antioksidan yang sangat baik dan dapat melindungi tubuh dengan mencegah atau menghentikan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas atau bahan kimia yang merusak sel.

Tidak hanya itu, jeruk nipis juga mengandung kalium, vitamin A, B, C, dan D, kalsium, dan magnesium.

Sementara air, merupakan kebutuhan utama seseorang dimana tubuh manusia terdiri dari sekitar 60% air. Air juga mampu mengeluarkan racun dari tubuh, mencegah dehidrasi, dan membuat seseorang tetap berenergi.

Jadi, kombinasi air dan jeruk nipis yang diolah menjadi infused water jeruk nipis sudah pasti akan membawa banyak manfaat untuk kesehatan. Lantas, apa saja manfaat infused water jeruk nipis ini?

Baca Juga: Ibu Hamil Minum Infused Water, Bolehkah?

1. Meningkatkan Konsumsi Air

Minum Lebih Banyak Air

Foto: Orami Photo Stock

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat menyarankan bahwa orang yang tidak minum cukup air dapat menambahkan perasan atau potongan jeruk nipis untuk meningkatkan rasa.

Itu artinya, manfaat infused water jeruk nipis dapat membantu mendorong seseorang untuk minum lebih banyak air, mengingat setiap orang membutuhkan air sekitar 8 gelas setiap harinya.

2. Membantu Memperbaiki Pola Makan

Sebuah studi baru-baru ini di Nutritional Epidemiology menunjukkan bahwa orang yang minum lebih banyak air daripada minuman manis, seperti soda atau jus dapat memperbaiki pola makan mereka.

Manfaat infused water jeruk nipis bagi yang mengonumsinya, dapat mengurangi jumlah gula dan lemak yang mereka konsumsi setiap hari.

3. Dapat Membantu Pencernaan

manfaat infused water jeruk nipis-2

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat infused water jeruk nipis dapat membantu melancarkan pencernaan. Jeruk nipis mengandung senyawa yang dapat merangsang sekresi pencernaan di perut.

Selain itu, asam dalam infused water jeruk nipis membantu air liur memecah makanan. Jadi jika Moms mengalami sembelit, keasaman infused water jeruk nipis dapat membersihkan sistem ekskresi dan merangsang aktivitas usus.

Baca Juga: 15 Makanan Pelancar Pencernaan Anak, Harus Si Kecil Coba!

4. Melawan Infeksi

Risiko seseorang terkena infeksi atau flu akan lebih tinggi selama musim dingin dan penghujan. Jika Moms ingin tetap sehat, minumlah infused water jeruk nipis setiap hari.

Manfaat infused water jeruk nipis adalah kandungan vitamin C dan antioksidan dalam jeruk nipis dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi seperti virus flu bahkan dapat mempersingkat durasi penyakit.

5. Menurunkan Risiko Kanker

manfaat infused water jeruk nipis-3

Foto: Orami Photo Stock

Beberapa penelitian menunjukkan hubungan antara buah jeruk dan penurunan risiko beberapa jenis kanker. Ini bisa menjadi manfaat infused water jeruk nipis lainnya.

Sebuah studi tahun 2015 di Medicine (Baltimore) menunjukkan kemungkinan adanya hubungan antara peningkatan konsumsi buah jeruk dan penurunan risiko kanker esofagus.

Namun, diperlukan lebih banyak penelitian untuk melihat apakah olahan jeruk nipis seperti infused water jeruk nipis juga memiliki manfaat serupa.

6. Memiliki Sifat Anti-Aging

Jeruk nipis mengandung vitamin C dan antioksidan, keduanya merupakan bahan dalam banyak produk kulit komersial dan bisa menjadi manfaat infused water jeruk nipis.

Jika dikonsumsi bersama air atau dijadikan infused water jeruk nipis, kandungan alami dalam air jeruk nipis dapat membantu memperbaiki tampilan penuaan kulit.

Baca Juga: Khasiat Menakjubkan Buah Delima dan Acai Berry untuk Kecantikan Kulit

7. Membantu Menurunkan Berat Badan

manfaat infused water jeruk nipis-4

Foto: Orami Photo Stock

Ahli gizi sering merekomendasikan minum segelas air dengan makanan untuk membantu tidak makan berlebihan. Ini merupakan manfaat infused water jeruk nipis lainnya.

Asam sitrat yang ditemukan dalam infused water jeruk nipis membantu meningkatkan metabolisme seseorang, sehingga membantu membakar lebih banyak kalori dan menyimpan lebih sedikit lemak.

8. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Jeruk nipis yang ada dalam infused water jeruk nipis mengandung magnesium dan potasium tingkat tinggi. Manfaat infused water jeruk nipis dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Kedua elemen ini membantu mendukung kesehatan jantung secara keseluruhan, karena secara khusus potasium dapat meningkatkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah.

Selain itu, terdapat pula penelitian terbatas yang menunjukkan bahwa jeruk nipis dapat membantu mengurangi kadar kolesterol.

9. Menurunkan Gula Darah

manfaat chia seeds - 2 Membantu mengatur kadar gula darah.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Menurut beberapa penelitian, vitamin C dapat membantu menurunkan gula darah pagi dan pasca makan.

Meskipun penelitian difokuskan pada orang yang mengonsumsi suplemen vitamin C, kesimpulannya menunjukkan bahwa vitamin C menawarkan potensi yang sangat baik untuk meningkatkan kadar gula seseorang dan infused water jeruk nipis, jelas mengandung vitamin C.

Baca Juga: Seperti Apa Menu Sehat untuk Mencegah Stroke dan Diabetes?

10. Mencegah pertumbuhan mikro-organisme

Menurut beberapa penelitian, limonin yang terdapat pada jeruk nipis dapat membantu mencegah penumpukan bakteri Streptococcus.

Streptococcus adalah sejenis bakteri yang bertanggung jawab atas berbagai infeksi dan kondisi kesehatan, termasuk infeksi saluran pernapasan dan mulut.

Manfaat infused water jeruk nipis dapat membantu menghentikan organisme berbahaya ini berkembang dan mencegah penyakit yang dipicu bakteri.

11. Memiliki Sifat Anti Inflamasi

manfaat infused water jeruk nipis-5

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat infused water jeruk nipis menyediakan sumber vitamin C yang baik. Di antara banyak manfaat potensial lainnya, vitamin C bertindak sebagai agen anti-inflamasi dalam tubuh.

Oregon State University melakukan tinjauan penelitian yang berfokus pada efek positif vitamin C dalam mengurangi peradangan. Mereka menyimpulkan bahwa penggunaan vitamin C menunjukkan hasil yang baik dalam mengurangi peradangan.

Baca Juga: 4 Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah, Mencerahkan Kulit!

12. Membantu Mencegah Batu Ginjal

Jeruk nipis dalam infused water jeruk nipis engandung asam sitrat dan vitamin C. Sebuah studi tahun 2014 menunjukkan bahwa vitamin C dan asam sitrat membantu memecah atau mencegah pembentukan beberapa jenis batu ginjal.

Para peneliti menyimpulkan bahwa dengan memasukkan vitamin C dan asam sitrat dalam makanan atau minuman mereka, seseorang dapat mengurangi risiko terkena batu ginjal tertentu lagi di masa depan.

Itulah 12 manfaat infused water jeruk nipis. Bagi kebanyakan orang, jeruk nipis umumnya aman dan memberikan banyak manfaat kesehatan.

Jadi, kecuali Moms memiliki alergi buah jeruk, membuat infused water jeruk nipis adalah cara terbaik untuk mengemas beberapa nutrisi tambahan dan mendapatkan hidrasi yang beraroma setiap hari dengan tetap rendah kalori.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait