Kesehatan

KESEHATAN
29 April 2019

3 Manfaat Jalan Nyeker untuk Kesehatan Tubuh

Bisa mengurangi risiko penyakit jantung lho Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Andra Nur Oktaviani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Ingatkah Moms waktu terakhir berjalan tanpa menggunakan alas kaki alias nyeker? Jika tidak, mungkin sekarang saat yang tepat untuk rutin berjalan nyeker.

Berjalan tanpa alas kaki ini ternyata memiliki banyak manfaat lho Moms, termasuk sejak kecil.

Adapun yang dimaksud nyeker di sini adalah berjalan tanpa alas kaki di atas segala permukaan seperti rumput, tanah, atau pasir.

Pada usia anak-anak, berjalan nyeker bisa meningkatkan perkembangan proprioception atau kesadaran anak untuk menggerakkan tubuh.

Sementara ketika dewasa, manfaat berjalan kaki dengan gaya nyeker lebih banyak lagi.

Sebuah penelitian yang diterbitikan oleh Journal of Environmental and Public Health menyatakan bahwa manfaat kesehatan berjalan tanpa alas kaki datang dari kontak fisik dengan elektron yang jumlahnya banyak pada permukaan bumi.

Nah, berikut ini beberapa manfaat yang bisa kita ambil ketika berjalan tanpa alas alias nyeker.

Baca Juga: Obat Kedaluwarsa Aman Dikonsumsi, Mitos atau Fakta?

1. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

vbgzdmd5rui6rjr7pnosvot2yu

Foto: Washingtonpost.com

Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada Journal of Alternative and Complementary Medicine menemukan fakta bahwa jalan telanjang kaki bisa berdampak pada pengurangan jumlah darah yang mengalami pengentalan atau dengan kata lain mengurangi faktor risiko terbesar untuk penyakit kardiovaskular.

Menurut studi tersebut, nyeker mampu meningkatkan muatan permukaan pada sel darah di dalam tubuh. Hal itu kemudian akan mengurangi penggumpalan dan kekakuan darah.

Dengan begitu, berjalan tanpa alas kaki bisa menjadi cara paling sederhana untuk terhindar dari penyakit jantung.

2. Membuat Tidur Jadi Nyenyak

barefoot2

Foto: Thesacredscience.com

Berjalan nyeker juga ternyata mampu memberikan dampak positif terhadap peningkatan kualitas tidur seseorang. Riset yang diterbitkan oleh Journal of Alternative and Complementary Medicine menyatakan bahwa berjalan tanpa alas kaki bisa membantu menurunkan level kortisol ketika tidur.

Riset itu sendiri dilakukan terhadap 12 orang yang menyatakan memiliki keluhan sakit dan gangguan tidur serta stres. Berkaitan dengan riset tersebut, mereka diminta bertelanjang kaki dan ketika tidur, selama 8 minggu di tempat tidur mereka diberikan bantalan kasur konduktif.

Setelah 8 minggu, hasil menunjukkan bahwa bertelanjang kaki selama tidur bisa mengurangi peningkatan level kortisol pada malam hari dan menurunkan sakit serta stres.

Baca Juga: Lakukan 7 Hal Ini untuk Redakan Serangan Migrain

3. Menurunkan Peradangan Kronis

jalan nyeker

Berjalan nyeker bisa mengalirkan ritme listrik dan elektron bebas pada permukaan bumi ke tubuh manusia. Aliran tersebut kemudian diyakini bisa membawa manfaat fisiologis dan klinis.

Elektron bebas dari permukaan bumi tersebut mampu menetralisasi radikal bebas di tubuh yang mampu menimbulkan peradangan kronis. Hal itu terjadi karena elektron-elektron bebas tersebut bekerja sebagai anti-oksidan alami.

Adapun peradangan kronis merupakan sumber atau akar sejumlah penyakit serius sepeti diabetes, kanker, serangan jantung, dan lain sebagainya.

Nah, itu dia 3 manfaat nyeker bagi kesehatan tubuh manusia. Ternyata banyak ya Moms manfaatnya. Kalau begitu, jangan ragu lagi berjalan nyeker. Ajak juga Si Kecil ya!

(TPW/AND)

Artikel Terkait