Kesehatan

6 April 2021

Ragam Manfaat Jambu Monyet, Berguna untuk Kesehatan Pria Hingga Turunkan Berat Badan

Yuk Moms, simak penjelasannya di sini!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Amelia Puteri

Apakah Moms tahu ada ragam manfaat jambu monyet?

Moms pasti tidak asing lagi dengan kacang mete. Kacang jenis ini yang sering kita jumpai sebagai camilan atau topping kue hingga isian cokelat.

Kacang mete adalah salah satu panganan yang banyak digemari banyak orang. Rasanya gurih dan krispi sangat cocok untuk menemani Moms minum teh atau sebagai camilan di sore hari.

Tapi tahukah Moms jika kacang mete berasal dari jambu monyet? Tak hanya kacanganya saya yang nikmat disantap, jambu monyet juga memiliki khasiat yang tak kalah penting untuk kesehatan.

Dikutip dari penelitian berjudul Cashew apple juice: its use in fortifying the nutritional quality of some tropical fruits, jambu monyet memiliki vitamin C yang cukup tinggi apabila dibandingkan dengan beberapa buah tropis lainnya, seperti nanas, jeruk, anggur, mangga, dan lemon.

Penelitian tersebut menjelaskan bahwa jambu monyet mengandung vitamin C sebanyak 203,5 mg/100ml dalam bentuk sari.

Sementara itu, jeruk, anggur, nanas, mangga dan lemon mengandung nilai rata-rata 54,7 mg, 45,0 mg, 14,70 mg, 30,9 mg dan 33,7 mg vitamin C per 100 ml jus.

Jelas, jambu monyet mengandung hampir empat kali lipat lebih banyak dari jumlah vitamin C dalam buah jeruk dan buah-buahan lainnya.

Selain itu, jambu monyet juga memiliki berbagai kandungan penting lainnya, seperti zat antioksidan dan antiinflamasi.

Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dibahas tuntas manfaat jambu monyet untuk kesehatan. Yuk, simak penjelasannya, Moms!

Baca Juga: Siapa Sangka! Ini 5 Manfaat Jambu Biji Bagi Tubuh Moms dan Keluarga!

Manfaat Jambu Monyet untuk Kesehatan Pria

jambu monyet

Foto: Instagram.com/ tanamanbuahnusantara

Siapa yang menyangka jika jambu monyet bermanfaat untuk meningkatkan gairah pria? Hal ini disampaikan oleh seorang ahli gizi asal Nigeria, Jummai Abdul.

Ia merekomendasikan konsumsi sari buah jambu monyet untuk meningkatkan aktivitas seksual, termasuk penambah energi pada pria saat berhubungan intim.

Ia menjelaskan bahwa sari jambu monyet juga membantu dalam pencegahan penyakit jantung dan stroke. Abdul, seorang ahli gizi di Rumah Sakit Umum Wuse, membuat rekomendasi tersebut dalam sebuah wawancara dengan Kantor Berita Nigeria di Abuja.

Buah jambu monyet yakni kacang mete mengandung lemak yang baik untuk meningkatkan kesehatan jantung, dan menurunkan kadar trigliserida tinggi yang dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung.

Kelebihan kalori disimpan sebagai trigliserida di dalam tubuh. Trigliserida memberikan banyak energi untuk fungsi sel.

Ia juga mengatakan bahwa buah jambu monyet kaya akan kalsium yang meningkatkan kesehatan otot dan tulang dalam tubuh, termasuk vitamin C yang menurutnya merupakan obat ampuh untuk masuk angin.

Sari buah jambu monyet sekarang bermunculan dalam formula herbal yang dirancang untuk meningkatkan energi dan fungsi seksual. Hal itu juga membantu membuat pola tidur normal pada wanita menopause.

Baca Juga: 10 Manfaat Jambu Air Untuk Kesehatan yang Wajib Moms Ketahui!

Manfaat Jambu Monyet untuk Kesehatan

jambu monyet

Foto: Instagra.com/ bibit_buah_tabulampot_jateng

Selain untuk pria, jambu monyet juga memiliki khasiat yang tak kalah baik untuk kesehatan, Moms. Mulai dari penyembuhan luka hingga daya tahan tubuh.

Berikut penjelasan manfaat jambu monyet untuk kesehatan yang perlu Moms ketahui.

1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat jambu monyet untuk kesehatan tidak perlu diragukan lagi, Moms.

Sebuah studi yang diterbitkan di jurnal Experimental Biology and Medicine berjudul Anti-inflammatory and wound healing potential of cashew apple juice (Anacardium occidentale L.) in mice mengungkapkan bahwa jambu monyet dapat mempercepat penyembuhan luka.

Dalam penelitian ini, luka sayatan yang diberi sari jambu monyet secara berkala dalam kurun waktu tertentu pelan-pelan mengalami percepatan penyembuhan.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat jambu monyet lainnya adalah dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Seperti dijelaskan sebelumnya, jambu monyet memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi.

Dalam jurnal berjudul Cashew apple juice supplementation enhances leukocyte count by reducing oxidative stress after high-intensity exercise in trained and untrained men menunjukkan bahwa sari jambu monyet terbukti meningkatkan mekanisme imunologi dengan mengatur keseimbangan antara spesies oksigen reaktif dan konsentrasi antioksidan.

Baca Juga: Ketahui 5 Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Jambu Monyet untuk Diet

jambu monyet

Foto: Instagram.com/ solo.foodie

Manfaat jambu monyet lainnya adalah untuk menurunkan berat badan.

Siapa yang menyangka bahwa jambu monyet tak hanya lezat namun juga bisa jadi alternatif makanan untuk diet dan menjaga berat badan tetap ideal lho, Moms. Berikut ini manfaat jambu monyet untuk diet.

3. Menurunkan Berat Badan

Dalam Journal of the International Society of Sports Nutrition, disebutkan bahwa ternyata manfaat jambu monyet dapat membantu membakar lemak.

Dalam studi tersebut, para peneliti melibatkan individu yang terbiasa berolahraga dan individu yang tidak pernah atau jarang berolahrga untuk mengonsumsi sari jambu monyet.

Hal ini dilakukan guna mengetahui apakah sari jambu monyet dapat meningkatkan pemanfaatan lemak atau karbohidrat sebagai bahan bakar sebagaimana tujuan dari penelitian tersebut.

Hasilnya sari jambu monyet dapat membantu membakar lebih banyak lemak, tetapi bukan karbohidrat. Faktanya, selama berolahraga, jumlah karbohidrat yang dibakar tidak berubah.

Penggunaan karbohidrat dalam pemanfaat energi cenderung turun, sedangkan kontribusi energi dari lemak naik.

Baca Juga: 8 Manfaat Jambu Biji Selama Kehamilan, Moms Perlu Tahu!

4. Membakar Lemak

Selain itu, kandungan vitamin C dalam jambu monyet juga ampuh untuk membakar lemak lebih banyak. Jambu monyet memang dikenal tinggi vitamin C, dengan jumlah sekitar lima kali jumlah yang ditemukan dalam buah jeruk.

Vitamin C adalah faktor penting dalam pembentukan asam amino L-carnitine yang berperan pending dalam mengubah lemak menjadi energi.

Namun, perlu diketahui bahwa kapasitas tubuh untuk menghasilkan L-carnitine memiliki batasan. Sebab L-carnitine adalah bagian yang diperlukan dalam proses pembakaran lemak.

Jika Moms sedang mencoba menurunkan berat badan atau rajin berolahraga, Moms mungkin sudah berada di luar kemampuan tubuh untuk memproduksi L-carnitine, sehingga L-carnitine menjadi sangat penting.

Baca Juga: Bongkar 12 Manfaat Jambu Merah yang Cocok untuk Ibu Hamil dan Kesehatan

5. Meningkatkan Rasa Kenyang

Kemudian, penelitian lain berjudul Cashew apple fiber prevents high fat diet-induced obesity in mice: an NMR metabolomic evaluation menunjukkan bahwa jambu monyet dapat mempertahankan rasa kenyang pada tikus dan meningkatkan metabolisme glukosa dan lipid yang dapat mencegah obesitas.

Itulah beberapa manfaat jambu monyet, Moms. Siapa sangka, buah yang dianggap sebagai pseudo fruit atau buah semu ini memiliki banyak manfaat.

Meski demikian, sayangnya keberadaan dan khasiat jambu monyet masih diabaikan. Banyak orang yang hanya menanam pohon jambu monyet untuk diambil biji metenya saja.

Padahal, jambu monyet selain bisa dimakan langsung juga dapat diolah menjadi beberapa produk turunan.

Dalam jurnal berjudul Utilization of some cashew by‐products, jambu monyet banyak juga dikembangkan menjadi jus, selai, dan pengembagan bahan baku industri donat sebagai bahan pengganti lemak, sehingga dihasilkan produk dengan kandungan rendah lemak.

Jika di sekitar ada pohon jambu monyet, mungkin Moms bisa mencoba membuat berbagai olahannya.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait