Kesehatan

KESEHATAN
2 Maret 2021

Ragam Manfaat Jeruk Lemon untuk Kecantikan, Catat Moms!

Moms, berikut ini manfaat jeruk lemon untuk wajah yang bisa Moms dapatkan.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Amelia Puteri

Daftar isi artikel

Rasa asamnya memang dominan, tapi penyuka buah jeruk lemon juga tidaklah sedikit. Manfaat jeruk lemon terkenal dengan kandungan vitamin C yang lebih tinggi dari jeruk biasa.

Tentunya, kandungan vitamin C yang tinggi menjadi sumber antioksidan yang baik bagi tubuh.

Untuk itu, manfaat jeruk lemon juga bisa Moms dapatkan untuk menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya.

Saat ini, sudah banyak produk skincare yang memasukkan lemon sebagai salah satu kandungannya. Selain itu, ketahui beberapa manfaat jeruk lemon untuk kulit wajah berikut ini, ya!

Baca Juga: Enak dan Sehat, Ini Dia 4 Minuman Peningkat Daya Tahan Tubuh

Manfaat Jeruk Lemon

Tidak hanya untuk kesehatan, berikut ini ragam manfaat jeruk lemon yang bermanfaat untuk Moms!

1. Mencegah Munculnya Jerawat

Mencegah Munculnya Jerawat

Foto: Orami Photo Stock

Jerawat adalah masalah kulit sejuta umat yang pasti pernah Moms rasakan. Saat wajah terkena jerawat, tentu saja dapat membuat rasa tidak nyaman.

Ada berbagai cara untuk meredakan jerawat tersebut, salah satunya dengan membuat masker lemon. Ya, manfaat jeruk lemon untuk wajah adalah mampu mengatasi jerawat membandel.

Perasan air lemon memiliki astringen yang berkualitas karena tingkat asamnya. Bahan dengan tingkat pH tinggi seperti lemon membantu mengurangi peradangan dan minyak berlebih pada wajah yang berkontribusi pada pembentukan jerawat.

Tidak hanya itu, kandungan asam sitrat yang tinggi seperti asam alfa hidroksi (AHA) pada lemon membantu memecah sel kulit mati yang menyebabkan bentuk jerawat non inflamasi seperti komedo.

Inilah manfaat jeruk lemon yang dijadikan masker untuk wajah.

Cara membuatnya juga sangat mudah, Moms cukup mencampurkan perasan air lemon dengan madu atau putih telur untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Jika Moms memiliki kulit berminyak, masker lemon yang terbuat dari perasan air lemon dan air mawar juga bisa menjadi pilihan yang tepat.

Baca Juga: 6 Tahapan Skincare di Malam Hari Agar Kulit Glowing

2. Hidrasi Kulit

Hidrasi Kulit

Foto: Orami Photo Stock

Menurut International Journal of Chemical and Biochemical Sciences, buah jeruk lemon tidak hanya kaya akan antioksidan.

Lemon juga memiliki manfaat jeruk lemon lainnya, seperti antimikroba, antijamur, antiinflamasi, hingga anti kanker. Hal ini membuktikan, bahwa jeruk lemon dapat menjaga kulit agar terbebas dari radikal bebas.

Minum perasan air jeruk lemon setiap hari juga membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik. Dengan demikian, Moms akan terhindar dari dehidrasi kulit yang bisa berbahaya apabila dibiarkan.

Antioksidan alami dalam buah jeruk lemon juga akan mengontrol kerusakan sel dengan membersihkan radikal bebas atau racun yang dilepaskan saat stres atau proses biologis tertentu.

Hal ini membantu mendetoksfikasi tubuh dan mengurangi stres pada tingkat metabolisme. Selain itu, kandungan bioflavonoid jeruk lemon juga membantu dalam mengurangi stres oksidatif, yang apabila tidak ditangani dapat menyebabkan kanker.

Nah, untuk mendapatkan manfaat jeruk lemon yang maksimal, cobalah untuk membuat teh jeruk lemon atau jeruk lemon yang dicampur dengan air hangat setiap pagi hari. Manfaat jeruk lemon akan semakin terasa ketika Moms mengonsumsi secara rutin.

Baca Juga: Hati-hati! 5 Makanan Ini Bisa Mempercepat Penuaan di Kulit

3. Mencegah Terjadinya Penuaan Dini

Mencegah Terjadinya Penuaan Dini

Foto: Orami Photo Stock

Kerutan di sekitar mata atau kurangnya elastisitas kulit menjadi bukti nyata penuaan kulit. Hal ini memang tidak bisa dihindari, terutama seiring bertambahnya usia.

Namun, ada beberapa hal yang bisa Moms lakukan untuk mencegah terjadinya penuaan dini.

Nah, seiring bertambahnya usia ini, ada beberapa perubahan yang terjadi di kulit, khususnya di wajah. Menurunnya kadar kolagen dalam kulit menjadi faktor timbulnya bintik hitam, kerutan halus, serta kulit kusam.

Salah satu caranya dengan minum infused water yang terbuat dari jeruk lemon. Ya, selain memakai masker lemon, Moms dapat minum infused water yang terbuat dari lemon untuk merasakan manfaatnya, lho!

Manfaat jeruk lemon mampu mencegah terjadinya penuaan dini dan meningkatkan kualitas kulit Moms.

Vitamin C yang terdapat dalam lemon membantu mengurangi kerutan kulit, kulit kering akibat penuaan, dan kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

Minum infused water jeruk lemon setiap harinya juga menjaga kelembapan kulit dan membantu menyehatkan kulit setiap harinya. Agar tidak bosan, Moms dapat menambahkan buah-buahan atau sayuran lainnya, seperti mentimun, daun mint, basil, bluberi, atau stroberi.

4. Menyamarkan Noda Hitam

Menyamarkan Noda Hitam

Foto: Orami Photo Stock

Selain perasan air jeruk lemon dan minum infused water lemon, ternyata kulit lemon juga baik untuk kesehatan kulit, lho, Moms! Manfaat jeruk lemon yang diambil kulitnya, yaitu mampu menyamarkan noda-noda hitam di wajah.

Dikutip dari jurnal Molecules, kulit lemon mengandung asam sitrat yang berkhasiat. Nah, asam sitrat ini membantu peremajaan kulit dan mengelupas sel-sel kulit mati.

Kulit lemon akan mengupas lapisan luar kulit yang rusak akibat sinar matahari, yang menyebabkan pengurangan bintik-bintik cokelat, garis halus hingga kerutan pada wajah.

Cara menggunakannya juga mudah, siapkan kulit lemon yang sudah dicuci bersih, lalu gosokkan ke area wajah yang memiliki noda atau flek hitam. Lakukan secara rutin setiap harinya agar manfaat jeruk lemon ini dapat dirasakan dengan baik.

Baca Juga: Mengenal Manfaat Citric Acid yang Bisa Mencerahkan Kulit

5. Mencerahkan Kulit

Mencerahkan Kulit

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat jeruk lemon berikutnya untuk wajah, yaitu mencerahkan kulit. Hal ini karena kandungan vitamin C yang tinggi pada lemon membuatnya mampu membantu mencerahkan kulit.

Bagaimana Moms bisa mendapatkan manfaat jeruk lemon yang satu ini?

Nah, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Pertama, Moms bisa menggunakan produk skincare mengandung ekstrak lemon yang secara langsung akan membantu mencerahkan kulit.

Kedua, Moms juga bisa menggunakan masker dari perasan air lemon untuk mendapatkan kulit wajah yang lebih cerah dan segar.

Apa pun metode caranya, pastikan sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit Moms masing-masing, ya!

Vitamin C juga menghambat produksi melanin di kulit yang dapat mencerahkan hiperpigmentasi dan bintik-bintik cokelat, meratakan warna kulit, dan mencerahkan kulit secara keseluruhan.

Baca Juga: 5 Langkah Bebas Masalah Kulit Kusam di Musim Hujan

6. Mencegah Kulit Kusam

Mencegah Kulit Kusam.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat jeruk lemon berikutnya yang bisa Moms dapatkan, yaitu mencegah terjadinya kulit yang kusam. Hal ini karena vitamin C di dalam lemon membantu menjaga kulit agar tetap sehat.

Pada dasarnya, kulit membutuhkan vitamin C, yang menjadi antioksidan untuk melindungi sel kulit dan mencegah terjadinya kerusakan sel.

Nah, apabila kerusakan sel tidak segera ditangani, dapat membuat kulit menjadi kusam.

Moms bisa membuat masker jeruk lemon untuk mencegah kulit kusam. Selain itu, manfaat masker lemon untuk cegah kulit kusam karena terdapat kandungan magnesium.

Kandungan ini akan menjaga kadar asam lemak pada permukaan kulit, meningkatkan kolagen, dan menjaga kelembapan kulit wajah. Hasilnya, kulit menjadi tidak kering, warna kulit merata, dan tidak mudah kusam.

Itulah beberapa manfaat jeruk lemon yang bisa Moms dapatkan untuk kesehatan kulit wajah. Jadi, jangan ragu lagi untuk menjadikan jeruk lemon sebagai salah satu bahan alami untuk produk perawatan kulit, ya!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait