Kesehatan

KESEHATAN
9 November 2020

9 Manfaat Jeruk Purut untuk Kesehatan, Bisa Mengurangi Stres!

Selain untuk kecantikan dan kuliner, jeruk purut juga bermanfaat untuk kesehatan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Jeruk purut jelas punya manfaat untuk membuat hidangan jadi terasa lebih segar. Tapi, tahukah Anda ada banyak manfaat jeruk purut lainnya? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Saat mendengar nama jeruk purut, biasanya yang terlintas adalah rasa asam segarnya saat dicampurkan dalam makanan seperti tom yum, atau daunnya yang sering digunakan sebagai campuran dalam pengobatan herbal. Minyak, daun, buah, dan kulit jeruk purut digunakan untuk tujuan yang berbeda.

Jeruk purut adalah nama umum dari Citrus hystrix, yaitu buah tropis yang berasal dari berbagai wilayah Asia, termasuk Indonesia, Thailand, dan Filipina. Moms pasti sering menemukan Jeruk purut saat membuat sup dan saus, seperti sup Tom Yum, terutama daunnya, yang sering digunakan dalam masakan Thailand. Daun dan kulitnya begitu kuat, sehingga sering kali bisa mengalahkan rasa hidangan.

Rasa yang kuat ini disebabkan oleh tingginya konsentrasi alkaloid, sitronelol, limonene, nerol, dan senyawa organik lainnya dalam Jeruk purut. Namun ternyata, Jeruk purut tidak hanya memberikan aroma dan rasa yang unik, tetapi juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan.

Menurut Peggy Pletcher, MS, RD, LD, CDE ahli diet terdaftar dan berlisensi yang juga coach diabetes bersertifikat di Austin, manfaat dan kegunaan dari jeruk purut lebih besar dari pada hanya sekedar menjadi hiasan dalam makanan atau minuman.

“Anda mungkin terkejut dengan banyaknya cara unik jeruk nipis sehingga dapat digunakan untuk memberi manfaat bagi kesehatan. Apalagi saat ini pendekatan kesehatan alami menjadi semakin populer. Jeruk purut kemungkinan akan semakin berperan dalam pengobatan yang direkomendasikan dokter,” kata Peggy.

Baca Juga: Ketahui Perbedaan 5 Jenis Jeruk untuk Masakan

Kandungan Nutrisi dalam Jeruk Purut

9 Manfaat Jeruk Purut -2.jpg

Foto: Thailandmedical.news

Meneliti kandungan makanan sebelum memasukannya ke dalam tubuh adalah hal yang bijak. Sama halnya dengan kandungan yang dimiliki oleh jeruk purut. Di dalamnya terkandung beberapa zat yang berperan dalam memasok beberapa nutrisi bagi tubuh.

Saat menggunakan jeruk purut, ekstrak, air, atau daun Jeruk purut di wajah, Moms akan melihat beberapa manfaatnya, seperti dari kandungan Vitamin C, Vitamin D, dan Vitamin B 12. Jeruk purut merupakan salah satu buah tropis yang terkenal dengan manfaat kesehatan yang digunakan dalam obat-obatan herbal.

Kaya akan senyawa seperti alkaloid, sitronelol, limonene, dan nerol, buah dengan rasa asam dan gurih yang unik ini juga digunakan sebagai penyedap rasa dalam masakan.

Menurut US Department of Agriculture, jeruk purut yang berukuran rata-rata biasanya mengandung:

  • Kalori: 20
  • Karbohidrat: 7 gram
  • Protein: 0,5 gram
  • Lemak: 0.1 gram
  • Serat: 1,9 gram
  • Vitamin C: 22 persen dari Reference Daily Intake (RDI), sebuah dalam pelabelan nutrisi pada makanan dan produk suplemen makanan di AS dan Kanada .
  • Besi: 2 persen dari RDI
  • Kalsium: 2 persen dari RDI
  • Vitamin B6: 2 persen dari RDI
  • Tiamin: 2 persen dari RDI
  • Kalium: 1 persen dari RDI

Manfaat Jeruk Purut untuk Kesehatan

9 Manfaat Jeruk Purut -4.jpg

Foto: Thenationpress.com

Ada banyak manfaat jeruk purut untuk kesehatan baik dari daun, buah, dan kulitnya telah dirasakan selama berabad-abad. Berikut ini beberapa manfaat jeruk purut untuk kesehatan.

1. Meningkatkan Kesehatan Mulut

Manfaat jeruk purut yang pertama adalah untuk meningkatkan kesehatan mulut. Jeruk purut sering digunakan untuk perlindungan kesehatan mulut. Namun, bukan buahnya yang dikonsumsi, tapi bagian kulitnya dan daunnya.

Daunnya dapat langsung dioleskan ke gusi untuk meningkatkan kesehatan mulut dan menghilangkan bakteri berbahaya yang dapat menumpuk di mulut.

Minyak yang diekstrak dari jeruk purut juga dapat dicampur dengan pasta gigi organik dan obat kumur yang bermanfaat untuk meningkatkan perawatan mulut dan gusi. Selain itu, daun Jeruk purut juga akan membantu gigi untuk melawan infeksi.

Mengunyah daun Jeruk purut juga dapat melepaskan sifat antibakteri yang membantu lanskap mulut mempertahankan bioma positif dengan bakteri sehat yang berkembang biak.

Namun, jangan menelan daunnya. Meski tidak berbahaya, tapi memiliki serat yang belum bisa diatasi oleh perut.

2. Mampu Mendetoksifikasi Darah

Manfaat jeruk purut yang selanjutnya adalah untuk detoksifikasi darah. Minyak jeruk purut sering dicampur dalam berbagai ramuan untuk berbagai penyakit yang ditularkan melalui darah atau penyakit terkait darah kronis. Moms yang mengalami masalah ini bisa mulai menggunakan jeruk purut sebagai pengobatan rumahan yang alami.

Jeruk purut memiliki perpaduan sempurna dari senyawa volatil yang menghilangkan patogen dari darah dan memberikan bantuan langsung kepada area yang membutuhkan pengobatan.

Dilansir dari penelitian yang dilakukan oleh Journal of Clinical Nursing, campuran unik dari senyawa volatil dapat menghilangkan patogen atau agen asing di dalam darah, sekaligus membantu hati dan sistem limfatik menyaring zat berbahaya dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

3. Menjaga Sistem Pencernaan

Manfaat jeruk purut yang selanjutnya adalah menjaga sistem pencernaan. Ada sejumlah komponen yang ditemukan dalam jeruk purut yang juga ditemukan dalam serai dan tumbuhan yang serupa. Komponen organik ini memiliki sifat anti-inflamasi, tetapi juga merangsang sistem pencernaan agar bekerja dengan baik.

Jika Moms menderita sembelit atau gangguan pencernaan, beberapa rebusan jeruk purut dapat menghilangkan gejalanya dan mengembalikan kinerja usus yang baik. Moms disarankan untuk mengonsumsi air jeruk nipis. Ini juga dapat menenangkan saluran pencernaan dan sifat anti-inflamasi merangsang sistem pencernaan.

Ini juga dapat membantu mencegah masalah gastrointestinal yang lebih serius seperti kanker kolorektal, wasir, atau tukak lambung menurut penelitian International Food Research Journal.

Baca Juga: Tak Hanya Menyegarkan, Ini Dia Manfaat Jeruk Nipis!

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat jeruk purut yang selanjutnya adalah menjaga kesehatan kulit. Jus dan ekstrak Jeruk purut dicampur ke dalam banyak produk kosmetika dan kosmetik mandi karena baunya yang harum, serta sifat antioksidannya.

Antioksidan berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit, karena bekerja untuk mengisi sel-sel kulit dan melembabkan kulit agar terhindar dari kekeringan.

Jeruk purut mengandung anti-oksidan yang tidak hanya melindungi kulit dari radiasi UV, tetapi juga meningkatkan jumlah sel kulit saat dioleskan secara langsung. Beberapa asam yang ditemukan dalam jeruk purut bermanfaat untuk menetralkan radikal bebas.

International Journal of Aromatherapy juga menyatakan bahwa senyawa antioksidan dalam jeruk purut dapat memperlambat kerusakan sel dan meminimalkan munculnya tanda penuaan, bekas luka, dan jerawat.

5. Mengurangi Peradangan

Manfaat jeruk purut yang selanjutnya adalah mengurangi peradangan. Bagi Moms yang menderita rematik, radang sendi, edema, asam urat, atau kondisi peradangan lainnya, jeruk purut bisa menjadi obat yang sangat efektif. Moms dapat menggunakan ekstrak jus, daun, atau minyak secara topikal pada area yang terasa nyeri.

Moms juga dapat mengonsumsi buah dan jusnya secara langsung untuk menikmati efek yang sama. Efek anti inflamasi ini juga membuat Air Jeruk purut bermanfaat untuk mengatasi sakit kepala dan migrain yang mengganggu. Efek anti-inflamasi dari jeruk purut juga dapat membantu dalam mengatasi artritis, edema, dan asam urat.

6. Mengurangi Stres

Manfaat jeruk purut yang selanjutnya adalah mengurangi stres. Tidak banyak yang memilih jeruk purut sebagai essence dalam aromaterapi. Padahal, minyak yang diekstrak dari buah-buahan yang kuat ini dapat digunakan secara aromatik dan memiliki efek kesehatan dan relaksasi yang besar.

Ekstrak jeruk purut juga bermanfaat untuk membantu mendapatkan kualitas tidur yang baik, atau menenangkan diri setelah hari yang panjang dan melelahkan.

Jika Moms menderita kecemasan atau gangguan saraf, menghabiskan waktu menghirup uap yang menenangkan ini dapat membantu menenangkan tubuh dan pikiran, dikutip dari penelitian oleh Flavors and Fragrances Journal.

Baca Juga: Ketahui Perbedaan 5 Jenis Jeruk untuk Masakan

7. Meningkatkan Imunitas

Manfaat jeruk purut yang selanjutnya adalah meningkatkan imunitas. Kualitas antibakteri dan antioksidan dalam jeruk purut menjadikannya sebagai buah yang ampuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sebagai lotion, saat mengaplikasikannya ke atas kulit dapat mencegah infeksi dan bakteri menumpuk.

Selain itu, bila langsung dikonsumsi, penelitian yang dilakukan oleh Institute of Food Science and Technology mengatakan bahwa jeruk purut bermanfaat untuk membantu mencegah berbagai macam penyakit pencernaan dan menstimulasi sistem kekebalan melalui efek antioksidan.

8. Menjaga Kesehatan Rambut

Manfaat jeruk purut yang selanjutnya adalah menjaga kesehatan rambut. Rambut yang panjang dan sehat tentu akan meingkatkan rasa percaya diri. Salah satu kegunaan jus dan daun jeruk purut yang kurang terkenal adalah pada kegunaannya untuk rambut.

Padahal dengan kandungan yang dimiliki, Moms bisa mengaplikasikan ramuan dan campuran Jeruk purut ke kulit kepala dan rambut.

Ini akan membantu untuk memperlambat timbulnya pola kebotakan pria dan memperkuat folikel rambut. dilansir Journal of Complementary and Integrative Medicine, ekstrak Jeruk purut juga mampu melembabkan kulit dan mencegah ketombe, serta meningkatkan penampilan dan kilau rambut yang sehat.

Jeruk purut memiliki minyak serai wangi yang membantu meluruskan serat. Rambut penuh dengan serat yang menekuk dan memelintir serta meliuk. Jeruk purut juga akan membantu meluruskan folikel rambut terlebih dahulu agar lebih mudah saat akan dicabut atau dicukur, dikutip Food and Drugs Administration (FDA).

9. Mencegah Parasit dan Bakteri

Manfaat jeruk purut yang selanjutnya adalah mencegah parasit dan bakteri. Di Asia Tenggara, persentase cacing parasit jauh lebih tinggi daripada di AS.

Saat parasit tersebut masuk ke dalam kulit dan tubuh, akan menimbulkan luka yang mengharuskan untuk mendapatkan pertolongan dari rumah sakit, dan tentunya memerlukan perawatan invasif yang biayanya bisa mahal.

Dalam beberapa penelitian yang menganalisis ekstrak jeruk nipis, telah ditentukan bahwa kandungan di dalamnya dapat membunuh bakteri usus yang dapat berbahaya bagi manusia. Penelitian juga diterapkan pada larva ‘cacing’.

Selain itu, manfaat kesehatan lainnya dari jeruk purut adalah kemampuannya untuk melawan bakteri. Salah satu jenis bakteri terkenal yang dapat diatasi adalah E Coli, yang menyebabkan keracunan makanan.

Kemampuan melawan bakteri dari jeruk purut juga memungkinkannya untuk melawan kolera, menurut penelitian dari Tropica Medicine and International Health . Bakteri penyebab kolera dapat dengan mudah ditemui dalam makanan.

Di Afrika Barat, di mana wabah kolera telah terjadi dalam sejarah baru-baru ini, para peneliti menemukan bahwa memberi makan orang yang terkena dampak menggunakan jus jeruk nipis dengan nasi dapat membunuh bakteri berbahaya.

Baca Juga: 7 Manfaat Jeruk Bali Merah (Pomelo) Untuk Anak

Efek Samping Daun Jeruk Purut

9 Manfaat Jeruk Purut -8.jpg

Foto: Eatwell.co.nz

Banyak orang yang mendapatkan manfaat jeruk purut untuk kesehatan tanpa merasakan efek samping, namun ternyata ada juga yang merasakan hal yang sebaliknya. Ada orang yang alergi dan bahkan bisa menyebabkan kematian saat mengkonsumsi jeruk purut.

Namun jangan khawatir, kasus-kasus ini jarang terjadi. Sebab biasanya orang-orang akan menunjukkan gejala ringan seperti ruam hingga mulut kering. Efek samping lain dari jeruk purut bisa saja seperti:

  • Erosi email gigi
  • Gatal-gatal
  • Muntah
  • Maag
  • Usus yang Membusuk
  • Kesulitan menelan
  • Masalah pencernaan

Manfaat jeruk purut akan lebih mudah didapatkan, karena tanaman tersebut sangat mudah ditemukan, bahkan bisa ditanam sendiri Moms.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait