Kesehatan

KESEHATAN
15 Oktober 2020

Bongkar 12 Manfaat Jambu Merah yang Cocok untuk Ibu Hamil dan Kesehatan

Bongkar manfaat jambu merah untuk kesehatan dan ibu hamil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Sari buah atau biasa disebut jus buah merupakan salah satu minuman favorit di berbagai negara, termasuk Indonesia. Salah satu jenis buah yang sering diolah menjadi jus adalah jambu merah.

Selain rasanya yang enak, banyak sekali manfaat jus jambu merah yang baik untuk tubuh dan kesehatan.

Manfaat Jus Jambu Merah

manfaat jus jambu

Foto: Orami Stock Photos

Jambu merah adalah buah yang berasal dari Mexico dan banyak dibudidayakan di bagian utara Amerika Selatan. Buah ini kemudian banyak ditanam di Asia dan Afrika. Buah jambu merah kaya akan serat, vitamin C dan folat. Beberapa ahli kesehatan juga menyebut bahwa buah jambu merah mengandung empat kali lebih banyak vitamin C dibandingkan dengan buah jeruk.

Konsumsi jus jambu merah tentunya dapat membantu moms, khususnya yang tidak suka konsumsi buah jambu merah langsung. Dengan begitu, moms tetap dapat merasakan manfaat jambu merah. Tapi, perlu diingat kalau ingin konsumsi jus jambu merah, sebaiknya pilih yang murni dan tidak ada campuran lain seperti gula atau bahan pengawet ya moms. Agar kandungan yang ada di dalam buah tersebut dapat terserap dengan baik oleh tubuh.

Saat konsumsi jambu merah perlu diperhatikan beberapa faktor, seperti usia, kesehatan dan juga kondisi lainnya. Hanya saja, saat ini masih belum ada informasi ilmiah yang cukup kuat terkait jumlah jambu merah yang baik untuk dikonsumsi.

Baca Juga : Ketahui 5 Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Jus Jambu Merah untuk Ibu Hamil

xx manfaat jus jambu

Saat hamil, wanita diminta untuk mulai mengubah pola makannya agar semakin sehat. Jus jambu merah bisa menjadi pilihan untuk ibu hamil. Karena manfaat jambu merah untuk ibu hamil sangat banyak.

Jambu merah kaya akan vitamin B-9 dan asam folat, yang sangat penting bagi ibu hamil karena membantu mengembangkan sistem saraf bayi dan melindungi bayi dari gangguan saraf. Melansir healthline, banyak orang percaya bahwa nutrisi yang ada di dalam jus jambu merah dapat meningkatkan kesuburan dan sangat baik dikonsumsi ibu hamil.

Jurnal Medical Cilinic of North America menyebutkan bahwa untuk mendukung perkembangan janin yang sehat, ibu hamil membutuhkan lebih banyak protein, vitamin C, folat, dan beberapa zat gizi lainnya.

Kandungan vitamin C di dalam jus jambu merah juga penting untuk pertumbuhan optimal janin di dalam kandungan. Karena vitamin C dapat membantu meningkatkan penyerapan zat besi, nutrisi yang lebih dibutuhkan ibu hamil untuk membantu memberikan oksigen kepada bayinya. Seperti yang sudah dijelaskan dalam jurnal Obstetric Gynecology.

Namun, sebelum rajin memasukan jus jambu merah ke dalam menu harian, ibu hamil sebaiknya konsultasi dulu dengan dengan dokter. Karena jus jambu merah juga memiliki efek samping seperti sakit perut, gas, dan masalah perut kembung pada wanita hamil. Selain itu, pastikan untuk mencuci bersih dan mengupas kulit jambu merah sebelum mengolah menjadi jus. Sehingga manfaat jus jambu merah untuk ibu hamil tetap dapat dirasakan.

Baca Juga : 5 Manfaat Brokoli Untuk Ibu Hamil dan Janin

Manfaat Jus Jambu Merah untuk Kesehatan

Kandungan nutrisi yang tinggi dan juga sumber antioksidan terbaik, membuat jambu merah memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Namun, sekali lagi perlu diingat ya moms, pastikan jus jambu merah yang dikonsumsi murni dan tidak ada campuran seperti bahan pengawet atau gula. Agar manfaat jambu merah untuk kesehatan dapat dirasakan secara optimal.

Berikut 12 manfaat jus jambu merah untuk kesehatan yang wajib diketahui!

1. Sumber Antioksidan

xx manfaat jus jambu

Jambu merah kaya akan kandungan likopen dan fitonutrien. Selain itu, jus jambu merah juga mengandung antioksidan tinggi yang dapat membantu menetralkan radikal bebas di dalam tubuh.

Antioksidan juga dapat melindungi DNA agar tidak terpengaruh oleh radikal bebas. Karena kerusakan pada DNA merupakan tanda timbulnya berbagai masalah dalam tubuh.

Konsumsi jus jambu merah secara rutin dapat menghambat perkembangan dan degenerasi sel. Jadi moms, tidak ada salahnya jambu biji dalam bentuk buah atau jus harus dimasukkan dalam menu makanan sehari-hari untuk gaya hidup dan tubuh yang sehat.

2. Melancarkan sistem pencernaan dan mengurangi dehidrasi

Penderita gangguan pencernaan, seperti sembelit sangat disarankan konsumsi jus jambu merah. Salah satu manfaat jambu merah adalah melancarkan pencernaan karena memiliki kandungan serat yang tinggi. Sehingga dapat membantu mengeluarkan kotoran di dalam tubuh dengan lancar.

Minum jus jambu merah dapat membantu mengurangi sakit perut, radang dan rasa tidak nyaman yang dialami akibat sembelit. Ini membantu dalam mengatur pergerakan usus dan memperkuat sistem pencernaan. Selain itu, kandungan air yang tinggi di dalam buah jambu merah juga dapat membantu mengurangi dehidrasi.

Baca Juga: Cegah Lemas Akibat Dehidrasi, Ikuti 4 Kiat Ampuh Agar Anak Moms Suka Minum Air Putih

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

xx manfaat jus jambu

Salah satu manfaat jus jambu merah adalah membantu mengatur kadar kolesterol dalam tubuh yang dibutuhkan untuk kesehatan jantung. Selain itu, jambu merah juga dapat membantu menjaga keseimbangan kadar natrium dan kalium dalam darah. Kadar natrium yang tinggi dan kalium rendah dapat menyebabkan hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Melansir mayoclinic.com, tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol dapat menyebabkan berbagai penyakit, seperti serangan jantung dan stroke. Namun, penyakit ini dapat dihindari dengan menjalankan pola hidup sehat dengan konsumsi makanan bergizi dan juga rajin olahraga.

4. Menyembuhkan Batuk dan Pilek

Sebagai sumber vitamin C dan zat besi yang tinggi, jus jambu merah berguna dalam menyembuhkan dan mengurangi efek infeksi musiman seperti pilek, batuk, dan flu pada tubuh. Selain itu, jus jambu merah juga dapat membantu meringankan masalah saluran pernapasan dari lendir dan infeksi lain yang merusak aliran oksigen dan air liur.

Manfaat jus jambu merah lainnya adalah dapat menjadi astringent alami yang membantu menekan gerakan mikroba dan menghilangkan penyumbatan pada paru-paru.

5. Meningkatkan Sirkulasi Darah dalam Tubuh

xx manfaat jus jambu

Sirkulasi darah yang baik dapat membantu meningkatkan fungsi otak. Jus jambu merah mengandung kalium yang tinggi sehingga dapat membantu mengatur melancarkan peredaran darah di dalam tubuh.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kandungan mineral yang ada di dalam jus jambu merah dapat membantu membalikkan dampak natrium yang tidak diperlukan oleh tubuh.

Baca Juga: Hati-hati, Darah Tinggi Bisa Sebabkan Komplikasi Kehamilan!

6. Baik untuk Penderita Diabetes

Manfaat jus jambu merah juga dapat dirasakan para penderita diabetes. Kadar gula yang tidak teratur, seperti yang dialami oleh para penderita diabetes dapat merusak jantung dan saraf. Jambu biji memiliki indeks glikemik rendah, yang menjadikannya buah yang ideal untuk dikonsumsi oleh mereka yang menderita diabetes karena membantu penyerapan gula yang berlebihan.

Jus jambu juga memiliki tingkat serat makanan yang tinggi dan dapat membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Antioksidan yang ada dalam buah membantu menyeimbangkan kalium dalam elektrolit tubuh, yang dibutuhkan untuk kesehatan jantung yang terjaga dengan baik.

7. Meningkatkan Kesehatan Mata

xx manfaat jus jambu

Selain vitamin C, jambu merah juga memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Seperti yang diketahui, vitamin A baik untuk kesehatan mata. Sehingga konsumsi jambu merah dapat membantu meningkatkan kesehatan mata moms.

Selain itu, jus jambu merah juga juga membantu memperlambat munculnya katarak, degenerasi makula dan meningkatkan kesehatan mata secara keseluruhan. Rajin konsumsi jus jambu merah juga dapat mencegah kerusakan penglihatan dan membantu melindungi sel-sel mata.

Baca Juga : Siapa Sangka! Ini 5 Manfaat Jambu Biji Bagi Tubuh Moms dan Keluarga!

8. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Antioksidan dan vitamin C adalah bahan utama yang dibutuhkan untuk sistem kekebalan tubuh. Jambu biji merupakan salah satu buah yang sangat tinggi kandungan vitamin C, bahkan empat kali lebih banyak dari buah jeruk.

Konsumsi jus jambu merah secara rutin dapat meningkatkan kekuatan kekebalan di dalam tubuh. Beberapa ahli juga menyebutkan bahwa jambu merah dapat melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas serta virus.

9. Mengurangi Tanda-tanda Penuaan di Wajah

xx manfaat jus jambu

Manfaat jambu merah juga dapat dirasakan saat bertambah usia. Rutin konsumsi jus jambu merah juga dapat mengurangi tanda-tanda penuaan pada wajah. Kombinasi antioksidan, vitamin, likopen, beta-karoten, dan lutein di dalam buah jambu merah dapat membantu kulit terlihat lebih bersinar, dan melawan tanda-tanda penuaan.

Jus jambu merah juga kaya akan vitamin A, B, C dan kalium, yang merupakan antioksidan dan detoksifikasi yang sangat efektif. Kandungan tersebut dapat melawan radikal bebas, menambah kelenturan dan elastisitas, dan mengencangkan pori-pori pada kulit wajah sehingga moms kulit akan bebas kerut dan terlihat lebih halus.

Baca Juga : Hati-hati! 5 Makanan Ini Bisa Mempercepat Penuaan di Kulit

10. Membantu Kulit Semakin Berkilau

Konsentrasi tinggi vitamin, mineral, dan suplemen di dalam jus jambu merah membantu menjaga kulit tetap terkondisi, awet muda, dan bersinar secara alami. Manfaat jus jambu merah sangat terasa jika moms rajin konsumsi setiap hari.

Minum jus jambu merah akan meningkatkan aliran antioksidan dalam tubuh yang akan membantu mengeluarkan radikal bebas dan racun berbahaya lainnya dari tubuh sehingga membuatnya tampak awet muda dan segar di luar. Jus jambu merah juga dapat menghidrasi dan memberi energi pada kulit agar terlihat segar. Jus ini juga dikenal bermanfaat dalam memperbaiki tekstur kulit dan membuat warna kulit lebih merata.

11. Membantu Mengontrol Berat Badan

xx manfaat jus jambu

Tanpa mengorbankan asupan protein, vitamin dan serat, jus jambu merah dapat membantu tubuh menjadi bugar dengan mengaktifkan metabolisme serta menjaga saluran pencernaan semakin lancar. Jus jambu biji dapat dipilih saat sedang menjalankan program penurunan brerat badan. Selain menyegarkan, jus jambu merah juga dapat membantu memberikan efek kenyang lebih lama.

Jambu merah juga memiliki kandungan gula yang jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan apel, jeruk, anggur, dan buah-buahan lainnya sehingga dapat dinikmati kapan saja sepanjang hari. Namun, sebelum memulai diet penurunan berat badan dengan jus jambu merah, konsultasikan dengan ahli gizi untuk mengetahui jumlah jus yang tepat yang dapat minum dan berapa kali sehari untuk hasil yang efektif.

12. Meningkatkan Kecerdasan

xx manfaat jus jambu

Jus jambu merah mengandung vitamin B3 dan B6 yang sangat penting untuk meningkatkan fungsi otak. Dua nutrisi yang juga dikenal dengan nama niasin dan pirioksin ini dipercaya dapat membantu meningkatkan kecerdasan.

Vitamin B3 dan B6 juga membantu dalam meningkatkan sirkulasi darah ke otak, merangsang fungsi kognitif dan merilekskan saraf. Moms, bisa menambahkan jus jambu merah untuk anak agar fungsi kognitif mereka semakin meningkat.

Baca Juga : 5 Faktor yang Bisa Mempengaruhi Kecerdasan Balita

Perlu diingat bahwa, produk alami tidak selalu aman untuk dikonsumsi apalagi secara berlebihan. Pastikan untuk mengikuti petunjuk dan juga konsultasidengan ahli sebelum konsumsi jus jambu merah. Sehingga, manfaat jus jambu merah dapat dirasakan dengan baik oleh tubuh.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait