Kesehatan

KESEHATAN
21 Oktober 2020

Dapat Memperbesar Payudara, Ini 9 Manfaat Kacang Panjang untuk Kesehatan

Manfaat kacang panjang sangat banyak untuk kesehatan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Amelia Puteri

Moms yang suka masakan cina, pasti pernah mencoba olahan kacang panjang kan? Makanan satu ini memang sangat popular di kawasan Asia Tenggara dan Asia Timur.

Karena bentuknya panjang seperti ular, kacang panjang juga disebut sebagai Chinese snake bean.

Selain memiliki rasa yang enak saat diolah menjadi sebuah hidangan, kacang panjang juga mengandung antioksidan, vitamin, mineral dan zat besi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Manfaat kacang panjang dapat dirasakan jika moms memasukan bahan makanan ini ke dalam menu harian di rumah.

Manfaat Kacang Panjang untuk Payudara

manfaat kacang panjang utnuk payudara

Foto: Orami Photo Stock

Ada manfaat kacang panjang untuk keindahan tubuh. Sebuah penelitian menunjukan bahwa kacang panjang dapat membantu memperbesar ukuran payudara.

Hal ini kacang panjang memiliki efek proliteratif terhadap sel payudara karena karena mengandung fitoestrogen, yaitu estrogen alamiah yang terdapat dalam tanaman.

Senyawa ini dapat memacu proliferasi jika berikatan dengan reseptor estrogen. Penelitian ini dirancang untuk mengetahui kemampuan ekstrak etanolik kacang panjang dalam memacu proliferasi sel payudara.

Seperti yang dijelaskan dalam jurnal CCRC Universitas Gadjah Mada.

Hormon estrogen yang ada di dalam payudara diketahui dapat menentukan volume payudara. Beberapa artikel kesehatan menyebutkan bahwa konsumsi makanan tertentu, kacang panjang misalnya dapat meningkatkan kadar estrogen yang memiliki andil dalam pertumbuhan payudara.

Selain memperbesar payudara, fitoestrogen yang ada di dalam kacang panjang juga memiliki manfaat untuk menekan pertumbuhan payudara. Seperti yang dijelaskan dalam World Journal of Clinical Oncology.

Baca Juga: 4 Manfaat Makan Kacang Panjang untuk Ibu Hamil

Manfaat Kacang Panjang untuk Kesehatan

Manfaat kacang panjang mengandung berbagai jenis nutrisi yang baik untuk tubuh, seperti beta-carotene, vitamin B1 dan B2, vitamin C, klorofil, riboflavin, protein, fosfor, tiamin, serat, zat besi, dan pektin.

Selain itu, kacang panjang juga kaya akan mineral seperti kalsium, mangan dan magnesium.

Manfaat kacang panjang lainnya juga dapat membantu proses penurunan berat badan, karena kandungan kalori dari kacang-kacangan satu ini terbilang cukup rendah.

Tak berhenti sampai disitu, masih banyak manfaat kacang panjang yang perlu moms ketahui nih, yuk simak manfaat kacang panjang untuk kesehatan berikut ini!

1. Menjaga Kesehatan Kulit

xx manfaat kacang panjang

Foto: Orami Photo Stock

Memiliki kulit indah dan sehat sudah menjadi impian semua orang. Para ahli menyarankan untuk konsumsi sayuran dan buah. Kacang panjang dapat menjadi salah satu pilihan moms, kalau menginginkan kulit lebih sehat.

Karena salah satu manfaat kacang panjang adalah untuk kesehatan kulit. Hal ini dikarenakan kacang panjang mengandung vitamin C.

Sebuah studi menunjukan bahwa konsumsi vitamin C dalam jumlah yang tinggi dapat mengurangi timbulnya keriput, kulit kering dan memperlambat proses penuaan.

Vitamin C juga sangat penting untuk kulit, ligament, pembuluh darah dan tendon. Selain itu, vitamin C juga dapat mempercepat proses penyembuhan pada luka dan mengurangi kemerahan.

2. Menurunkan Risiko Asam Urat

xx manfaat kacang panjang

Foto: Orami Photo Stock

Asam urat merupakan salah satu penyakit yang mengganggu keseharian. Journal of Advance Research adalah penyakit sistemik yang diakibatkan oleh pengendapan kristal monosodium urat (MSU) di jaringan.

Peningkatan serum asam urat (SUA) di atas ambang tertentu merupakan syarat untuk pembentukan kristal asam urat.

Penderita asam urat dapat mencoba konsumsi kacang panjang. Karena penelitian menyebutkan salah satu manfaat kacang panjang adalah menurunkan risiko asam urat.

Kandungan vitamin C di dalam kacang panjang juga dapat menrunkan asam urat. Melansir healthbenefitstimes.com menyebutkan bahwa konsumsi 1000 – 1499 mg vitamin C dapat menurunkan asam urat hingga 31%.

Ini menjadi salah satu manfaat kacang panjang yang tentu tidak ingin dilewatkan.

3. Menghalangi Dampak Radikal Bebas

xx manfaat kacang panjang

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat kacang panjang yang lain dapat menghalangi dampak dari radikal bebas. Hal ini dikarenakan kacang panjang merupakan sumber antioksidan yang baik dan bermanfaat dalam mencegah dan memerangi radikal bebas.

Vitamin C yang terkandung dalam kacang panjang merupakan antioksidan yang mencegah kerusakan akibat radikal bebas, polutan, dan bahan kimia beracun.

Penumpukan radikal bebas menyebabkan penyakit kesehatan seperti penyakit jantung, kanker, dan artritis.

Baca Juga: 14 Makanan Penangkal Radikal Bebas untuk Anak

4. Mencegah Risiko Kanker

xx manfaat kacang panjang

Foto: Orami Photo Stock

Kekurangan folat meningkatkan kemungkinan kanker usus besar, payudara, serviks, paru-paru dan otak. Bukti menunjukkan bahwa asupan makanan yang kaya folat seperti kacang panjang dapat mencegah perkembangan kanker.

Studi tersebut menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi 900 mikrogram folat setiap hari, kemungkinan terkena kanker kolorektal berkurang hingga 30%.

5. Membantu Meningkatkan Kesehatan Jantung

xx manfaat kacang panjang

Foto: Orami Photo Stock

Selain mencegah tumbuhnya sel kanker, manfaat kacang panjang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung karena kandungan asam folatnya.

Hal ini dikarenakan folat membantu menurunkan homosistein yang merupakan penumpukan protein yang meningkatkan kemungkinan stroke dan serangan jantung.

Mereka yang mengonsumsi folat dalam jumlah tinggi, membantu mengurangi kemungkinan penyakit kardiovaskular. Ini mengurangi risiko penyakit jantung dengan meningkatkan kesehatan jantung.

6. Membantu Tidur Lebih Nyenyak di Malam Hari

xx manfaat kacang panjang

Foto: Orami Photo Stock

Siapa sih yang tidak ingin tidur nyenyak setiap malam? Moms pasti juga mau kan? Nah, manfaat kacang panjang yang dapat dirasakan adalah membantu tidur lebih nyenyak karena mengandung magnesium.

Kekurangan magnesium adalah penyebab dari gangguan tidur seperti hiperaktif, gelisah dan gelisah. Magnesium penting untuk fungsi GABA yang menenangkan otak dan meningkatkan relaksasi.

Kacang panjang menyediakan jumlah magnesium yang cukup yang mengobati gangguan tidur secara efektif.

Baca Juga: Ketahui 5 Jenis Gangguan Tidur yang Berbahaya Bagi Balita

7. Membantu Kehamilan Lebih Sehat

xx manfaat kacang panjang

Foto: Orami Photo Stock

Saat kehamilan, makanan kaya folat seperti kacang panjang sangat penting untuk dikonsumsi. Karena makanan kaya akan folat dapat membantu menurunkan kemungkinan cacat tabung saraf seperti anencephaly dan spina bifida.

Ini menjadi salah satu manfaat kacang panjang untuk ibu hamil.

Selain itu, kekurangan folat juga dapat mengakibatkan cacat lahir seperti malformasi anggota tubuh dan jantung. Folat sangat penting untuk replikasi DNA dan pertumbuhan sel janin yang tepat.

Manfaat kacang panjang penting untuk mendapatkan kehamilan yang sehat. Makanan yang kaya folat mengurangi kemungkinan cacat tabung saraf sebesar 26%. Moms yang sedang hamil, bisa mencoba manfaat asam folat juga, ya.

Kacang panjang adalah salah satu sumber folat terbaik. Dalam 100 g kacang panjang terdapat 15% kebutuhan folat harian. Folat bersama dengan vitamin B12 adalah salah satu komponen penting dari sintesis DNA dan pembelahan sel.

Folat yang cukup dalam makanan selama pembuahan dan selama kehamilan dapat membantu mencegah cacat tabung saraf pada bayi baru lahir.

8. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

xx manfaat kacang panjang

Foto: Orami Photo Stock

Di tengah pandemi seperti saat ini menjaga daya tahan tubuh merupakan hal yang sangat penting untuk semua orang. Selain rajin berolahraga, konsumsi makanan sehat seperti kacang panjang juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Hal ini dikarenakan manfaat kacang panjang yang mengandung tiamin atau biasa dikenal dengan nama vitamin B1 yang penting untuk metabolisme energi.

Tiamin atau vitamin B1 membentuk otot dinding saluran pencernaan. Tiamin membantu sekresi asam klorida yang diperlukan untuk pencernaan partikel makanan dan penyerapan nutrisi.

Pencernaan yang sehat membantu menyerap nutrisi dengan baik. Semakin banyak nutrisi ke dalam tubuh, daya tahan tubuh terus meningkat.

Nah, moms kalau ingin mendapat manfaat kacang panjang, yuk masukan kacang-kacangan satu ini ke dalam daftar menu sehari-hari.

Manfaat kacang panjang juga mengandung banyak vitamin C yang tingg. Dalam 100 g kacang panjang menghasilkan 18,8 mg, atau 31% vitamin C.

Vitamin C adalah antioksidan kuat yang larut dalam air, dan jika diberikan secara memadai dalam makanan, vitamin ini membantu membangun kekebalan untuk melawan infeksi, berkontribusi untuk menjaga elastisitas pembuluh darah, dan menawarkan perlindungan dari kanker.

9. Meningkatkan Kesehatan Mata

xx manfaat kacang panjang

Foto: Orami Photo Stock

Sama seperti wortel, manfaat kacang panjang juga dapat digunakan untuk meningkatkan kesehatan mata. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa tiamin dapat membantu melawan masalah penglihatan seperti katarak dan glaukoma.

Kedua gangguan mata tersebut dapat dihindari dengan konsumsi kacang panjang karena kandungan tiaminin dapat membantu untuk mempengaruhi sinyal saraf dan otot, yang penting dalam menyampaikan informasi dari mata ke otak.

Selain itu kacang panjang merupakan sumber vitamin A yang sangat baik. Kacang memiliki lebih banyak vitamin A dibandingkan dengan kacang-kacangan lainnya seperti kacang lima, fava, kacang hijau, dan lainnya.

Vitamin A adalah salah satu vitamin penting bagi tubuh yang disediakan melalui makanan kita. Vitamin-A menjaga integritas mukosa, memperbaiki corak kulit, dan meningkatkan penglihatan pada malam hari.

Baca Juga: 6 Tips Menjaga Kesehatan Mata Anak agar Tetap Cemerlang

10. Membantu Kesehatan Tulang

xx manfaat kacang panjang (foto: freepik.com)

Foto: Orami Photo Stock

Selain osteoporosis, ada beberapa kondisi lain yang mungkin terjadi pada tulang dan dihindari. Manfaat kacang panjang bisa membantu jaga kesehatan tulang.

Ini karena kandungan mangan dan vitamin K pada kacang panjang bermanfaat dalam menjaga kesehatan tulang secara efektif, dan membuatnya kuat hingga tua.

Kandungan vitamin K yang kaya pada kacang panjang bermanfaat dalam mencegah terjadinya osteoporosis. Inilah salah satu manfaat kacang panjang yang terbaik untuk kesehatan, terutama bagi penderita kondisi tersebut.

11. Baik untuk Sistem Pencernaan

xx manfaat kacang panjang

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat kacang panjang juga dapat dirasakan untuk moms yang mengalami masalah pencernaan. Kandungan serat pada kacang panjang sangat penting untuk kesehatan sistem pencernaan.

Tingginya kadar serat yang ada di dalam kacang panjang dapat menghindari berbagai kondisi pencernaan seperti sembelit dan penyakit berbahaya lainnya seperti kanker usus besar.

Kacang panjang mengandung serat larut dan tidak larut dalam jumlah besar. Serat makanan membantu melindungi mukosa usus besar dengan mengurangi waktu paparan zat beracun serta dengan mengikat bahan kimia penyebab kanker di usus besar.

Makanan kaya serat seperti kacang panjang dapat mengurangi kadar kolesterol LDL dengan mengurangi reabsorpsi asam empedu pengikat kolesterol di usus besar.

12. Membantu Mencegah Diabetes

xx manfaat kacang panjang

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat kacang panjang bermanfaat dalam mengontrol kadar gula berlebih, sehingga dapat mencegah diabetes. Selain itu, kandungan kalori dan gula yang rendah, sehingga aman bagi penderita diabetes.

Bagi penderita diabetes, dapat mencoba manfaat kacang panjang dengan cara direbus atau diolah menjadi menu yang lezat untuk disantap.

Baca Juga: Gejala Diabetes Pada Anak dan Pengobatannya

Cara Mengolah Kacang Panjang

cara mengolah kacang panjang

Foto: Orami Photo Stock

Sama seperti sayuran lainnya, mengolah kacang panjang juga harus terlebih dahulu dicuci sebelum dimasak. Kemdian potong sesuai selera.

Dibandingkan setelah dipanaskan, manfaat kacang panjang akan lebih besar saat dikonsumsi secara segar seperti dijadikan lalapan atau campuran karedok. Namun, saat konsumsi kacang panjang mentah pastikan dipotong lebih kecil agar lebih mudah untuk dinikmati.

Selain di Cina, kacang panjang juga ternyata popular di India.

Di negara tersebut makanan satu ini saring disajikan dalam acara phali atau chavali, kacang panjang digunakan dalam berbagai hidangan mulai dari semur, kari, sabzi, nasi goreng, nasi pilaf, dll., dengan sayuran lain seperti bawang merah, bawang putih, kentang, kacang hijau, wortel, kubis, dan lainnya.

Gimana Moms, kini sudah tahu 'kan manfaat kacang panjang untuk tubuh? Yuk, mulai konsumsi sayuran satu ini!

Artikel Terkait