Kesehatan

31 Mei 2021

Manfaat Kacang Tanah untuk Kesehatan yang Perlu Moms Ketahui, Simak!

Mampu menurunkan berat badan, cocok ditambahkan dalam menu diet Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Amelia Puteri

Siapa sangka, manfaat kacang tanah yang kerap kali dijadikan sebagai camilan ini sangat banyak, lho. Simak selengkapnya Moms.

Kacang tanah termasuk dalam keluarga kacang-kacangan bersama bersama dengan makanan seperti kacang hijau, kedelai, dan lentil. Tanaman kacang tanah kemungkinan besar berasal dari Amerika Selatan di Brasil atau Peru.

Menurut WebMD, kacang tanah tumbuh di bawah tanah sebagai buah tanaman kacang tanah. Rata-rata, orang Amerika makan lebih dari 6 pon kacang per tahun.

Di negara asalnya Amerika, kacang tanah banyak dikonsumsi sebagai selai kacang. Produk kacang tanah lainnya, yaitu minyak kacang tanah, tepung, dan protein.

Olahan dari kacang tanah ini banyak digunakan dalam berbagai makanan, seperti hidangan penutup, mulai dari kue, kembang gula, makanan ringan, hingga saus.

Sementara di Indonesia dan seperti yang Moms ketahui, kacang tanah lebih sering diolah menjadi kacang rebus atau kacang goreng.

Baca Juga: 6 Kreasi Resep Kue Kacang Lezat dan Menggoda

Manfaat Kacang Tanah

Kacang tanah.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Kacang tanah mengandung banyak nutrisi lho, Moms.

Meski cenderung tinggi kalori, kacang tanah mengandung semua 20 asam amino dan yang paling melimpah di antaranya adalah arginin. Asam amino jenis ini bagus untuk merangsang sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, kacang tanah kaya akan beberapa vitamin, mineral, dan senyawa tanaman yang digunakan untuk mengobati banyak penyakit.

Manfaat kacang tanah lainnya, yaitu dapat meningkatkan kesehatan jantung, membantu penurunan berat badan, mencegah batu empedu, dan membantu mengontrol gula darah.

Yuk, cari tahu manfaat kacang tanah di bawah ini.

Baca Juga: Mengenal 13 Jenis Kacang-Kacangan, Makanan Sehat untuk Kehamilan

1. Kaya Vitamin dan Mineral

Nutrisi Kacang Tanah

Foto: Pexels/Pixabay

Manfaat kacang tanah yang pertama adalah sumber berbagai vitamin dan mineral yang sangat baik, berikut kandungan nutrisi dalam kacang tanah seperti dilansir dari Healthline:

  • Biotin, sangat penting dikonsumsi oleh wanita selama masa kehamilan.
  • Tembaga, yang bisa mencegah tubuh dari penyakit jantung.
  • Niacin atau juga yang dikenal sebagai vitamin B3, berfungsi penting dalam tubuh karena mampu menurunkan risiko penyakit jantung.
  • Folat atau vitamin B9, merupakan nutrisi penting selama kehamilan.
  • Vitamin E, yang dapat berperan sebagai antioksidan.
  • Tiamin, salah satu vitamin B yang juga dikenal sebagai vitamin B1 dapat membantu sel-sel tubuh dalam mengubah karbohidrat menjadi energi dan sangat penting untuk fungsi jantung, otot, dan sistem saraf.
  • Fosfor, mineral yang berperan penting dalam pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan tubuh.
  • Magnesium, asupan magnesium yang cukup dipercaya dapat melindungi dari penyakit jantung.

Baca Juga: Makan Kacang Saat Menyusui Tingkatkan Reaksi Alergi Bayi?

2. Meningkatkan Asupan Nutrisi

Kacang Tanah Meningkatkan Asupan Nutrisi

Foto: Pexels/Shattha Pilabut

Berdasarkan informasi dari Peanut Institute, manfaat kacang tanah berikutnya adalah mampu meningkatkan asupan nutrisi dalam tubuh.

Data yang dilaporkan dari Continuing Survey of Food Intake by Individuals and Diet and Health Knowledge Survey (CSFII / DHKS) dari tahun 1994-1996 menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi kacang tanah memiliki asupan lemak sehat, serat, vitamin A, vitamin E, folat, kalsium, magnesium, seng, dan zat besi, yang mengarah ke skor indeks makan sehat yang lebih tinggi.

Seperti yang Moms tahu, folat penting bagi wanita usia subur untuk membantu mencegah cacat tabung saraf pada perkembangan janin. Selain itu, kandungan zat besinya dapat membantu mengurangi anemia pada wanita.

Baca Juga: 13+ Macam Nutrisi Ibu Hamil yang Wajib Dikonsumsi

3. Baik untuk Kesehatan Jantung

Manfaat Kacang Tanah untuk Jantung

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat kacang tanah berikutnya yang perlu Moms ketahui, yaitu baik untuk kesehatan jantung.

Hal ini karena kacang tanah mengandung lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang lebih menyehatkan daripada lemak jenuh.

Rasio lemak ini membuat kacang tanah lebih baik untuk jantung daripada sumber lemak dengan proporsi lemak jenuh yang lebih tinggi.

Dengan kandungannya tersebut, kacang tanah bisa membantu mencegah penyakit jantung dengan cara menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Kacang tanah juga dapat menghentikan pembentukan gumpalan darah kecil dan mengurangi risiko terkena serangan jantung atau stroke.

Bahkan, sebuah penelitian tahun 2014 pada Nutrition Journal menemukan bahwa makan 46 gram kacang tanah atau selai kacang setiap hari dapat meningkatkan kesehatan jantung bagi penderita diabetes.

Baca Juga: Konsumsi 11 Sayuran Penurun Kolesterol Ini Secara Rutin, Dapat Terhindar dari Penyakit Jantung

4. Menurunkan Berat Badan

Manfaat Kacang Tanah untuk Diet

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat kacang tanah selanjutnya bisa menjadi pilihan kacang-kacangan yang bisa digunakan dalam program penurunan berat badan, lho. Bahkan, kacang tanah menjadi pilihan kedua setelah kacang almond berkat kandungan proteinnya yang tinggi.

Mengonsumsi makanan dengan banyak kandungan protein dan padat energi, seperti yang terdapat dalam kacang tanah dapat membantu Moms merasa kenyang, tetapi dengan lebih sedikit kalori.

Kacang menimbulkan perasaan kenyang yang lebih kuat saat dikonsumsi sebagai camilan daripada saat makan. Hal ini pada akhirnya dapat membantu Moms dalam menurunkan berat badan.

Baca Juga: 5 Menu Sarapan Pagi untuk Diet yang Ampuh

5. Mengelola Kadar Gula Darah

Manfaat Kacang Tanah untuk Menurunkan Gula Darah

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat kacang tanah merupakan makanan yang sangat baik untuk penderita diabetes atau yang berisiko terkena diabetes.

Kacang tanah memiliki indeks glikemik (GI) rendah, yang berarti tidak menyebabkan lonjakan besar pada kadar gula darah.

Selain itu, kacang tanah sebagai pengelola kadar gula darah karena relatif rendah karbohidrat tetapi tinggi protein, lemak, dan serat.

Serat memperlambat proses pencernaan, memungkinkan pelepasan energi yang lebih stabil, dan protein membutuhkan waktu lebih lama untuk dipecah daripada karbohidrat sederhana.

Itulah sebabnya American Diabetes Association menyebutkan bahwa kacang tanah adalah makanan super untuk penderita diabetes. Serat, magnesium, dan minyak sehat dalam kacang tanah juga membantu menurunkan kadar gula darah.

Baca Juga: Sudah Tahu Perbedaan Diabetes Tipe 1 dan Tipe 2? Yuk Simak

6. Menurunkan Kolesterol dalam Darah

Manfaat Kacang Tanah untuk Kolesterol

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat kacang tanah lainnya adalah dapat menurunkan kolesterol dalam darah sehingga tubuh lebih sehat, Moms.

Hal ini karena kacang tanah mengandung fitosterol, yang telah terbukti mengurangi kadar kolesterol.

Kacang tanah juga mengandung cukup asam lemak tak jenuh tunggal (MUFA), terutama asam oleat. MUFA dapat membantu menurunkan LDL atau "kolesterol jahat" dan meningkatkan kadar HDL atau "kolesterol baik" dalam darah.

Baca Juga: Jaga Kesehatan, Ini 4 Efek Kolesterol Tinggi Pada Tubuh Kita

7. Mencegah Batu Empedu

Manfaat Kacang Tanah untuk Batu Empedu

Foto: Orami Photo Stock

Moms mungkin belum mengetahui bahwa manfaat kacang tanah lainnya bisa mencegah batu empedu.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Harvard Medical School dan Brigham and Women’s Hospital (Boston) menemukan bahwa konsumsi kacang dapat menurunkan risiko batu empedu.

Pria yang mengonsumsi lima unit kacang atau lebih (termasuk kacang tanah) seminggu memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit batu empedu.

Wanita yang mengonsumsi lima atau lebih unit kacang-kacangan dalam seminggu berisiko lebih rendah mengalami kolesistektomi (pengangkatan kantung empedu).

Karena kebanyakan batu empedu disebabkan oleh kolesterol tinggi, efek penurun kolesterol dari kacang tanah mungkin menjadikannya dapat mencegah penyakit batu empedu.

Namun, penelitian lanjutan masih perlu dilakukan untuk membuktikan klaim ini.

Baca Juga: Perbanyak Makan Kacang untuk Meningkatan Kualitas Sperma

8. Mengurangi Risiko Kanker

kacang tanah sebagai antikanker

Foto: Pexels/Karolina Grabowska

Asupan kacang yang tinggi (termasuk kacang lainnya) telah dikaitkan dengan penurunan risiko kanker kolorektal. Isoflavon, resveratrol, dan asam fenolat yang ditemukan dalam kacang tanah memiliki sifat antikanker yang dapat membantu mengurangi risiko kanker.

Melansir Style Craze, sebuah penelitian pada jurnal Cancer Causes & Control menemukan bahwa asupan kacang tanah juga dikaitkan dengan penurunan risiko kanker payudara pascamenopause.

Selain itu, kacang tanah disebut dapat mencegah kanker lambung dan esofagus di antara orang dewasa Amerika yang lebih tua. Ketika perbandingan dibuat, individu yang tidak mengonsumsi kacang atau selai kacang berada pada risiko tertinggi terkena kanker ini.

Namun, ada kekhawatiran terkait kacang tanah dan kanker. Kacang tanah bisa saja terkontaminasi dengan aflatoksin, keluarga racun yang diproduksi oleh jamur tertentu.

Racun ini sangat berbahaya karena dapat meningkatkan risiko kanker hati.

Nah, itu dia manfaat kacang tanah untuk kesehatan tubuh. Sangat luar biasa bukan, Moms?

  • https://peanut-institute.com/eating-well/good-for-every-body/
  • https://www.stylecraze.com/articles/amazing-health-benefits-of-peanuts/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5752734/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/15522852/
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/325003#risks
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3902416/
  • https://www.healthline.com/nutrition/foods/peanuts#benefits
  • https://www.webmd.com/diet/health-benefits-peanuts
  • https://www.diabetes.org/healthy-living/recipes-nutrition/eating-well/protein
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait