Kesehatan

12 Mei 2021

9 Manfaat Kailan untuk Kesehatan, Yuk Mulai Konsumsi!

Sayuran ini mengandung vitamin, mineral, dan gizi yang baik untuk tubuh
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Amelia Puteri

Jika Moms pernah menjajal atau pecinta chinese food, tentu tak asing lagi dengan sayur kailan.

Sayuran ini mengandung vitamin, mineral, dan gizi yang baik untuk tubuh. Sayuran yang masih termasuk dalam keluarga Brassica oleracea ini memiliki karakteristik berdaun tebal, datar, mengkilap, dengan batang dan bunga berukuran kecil yang mirip dengan bunga brokoli.

Pada budaya Tionghoa, kalian ditumis dengan bumbu-bumbu sederhana seperti jahe, bawang putih, atau direbus dan dihidangkan dengan saus tiram.

Nama 'kailan' merupakan pelafalan dalam Bahasa Kanton 'gai-lan'. Selain digunakan dalam masakan chinese, kailan juga dijadikan campuran smoothies bersamaan dengan buah dan sayur mayur lainnya untuk kebugaran tubuh.

Baca Juga: 6 Sayuran yang Bisa Mencegah Penyakit Autoimun, Bisa Jadi Pilihan!

Manfaat Kailan untuk Kesehatan

kailan.jpg

Melansir dari Nutrition Data, dalam 67 gram atau 2,4 ons kailan mengandung nutrisi, vitamin dan mineral yang sangat menyehatkan tubuh yakni:

  • Vitamin A: 206% dari DV (dari beta-karoten)
  • Vitamin K: 684% dari DV
  • Vitamin C: 134% dari DV
  • Vitamin B6: 9% dari DV
  • Mangan: 26% dari DV
  • Kalsium: 9% dari DV
  • Tembaga: 10% dari DV
  • Kalium: 9% dari DV
  • Magnesium: 6% dari DV
  • Mengandung 3% atau lebih DV untuk vitamin B1 (thiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niasin), zat besi dan fosfor.

Total kalori dalam 67 gram sayur kailan ialah 33 kalori, 6 gram karbohidrat, dan 3 gram protein.

Dari uraian nutrisi di atas, maka tak heran jika kalian diburu banyak orang karena nutrisinya yang lengkap. Selain itu, masih ada segudang manfaat lain yang bisa didapatkan dari mengonsumsi kailan. Yuk, simak penjelasannya berikut ini, Moms!

Baca Juga: 21 Makanan Antioksidan Tinggi, Dapat Mencegah Sel Kanker

1. Kaya Antioksidan

Dalam jurnal berjudul Composition and antioxidant activity of kale, kailan mengandung antioksidan yang tinggi termasuk beta-karoten dan vitamin C, serta berbagai flavonoid dan polifenol.

Antioksidan adalah zat yang membantu menangkal kerusakan oksidatif oleh radikal bebas dalam tubuh. Kerusakan oksidatif diyakini sebagai salah satu pemicu utama penuaan dan penyakit kronis, termasuk kanker.

Selain itu, kailan juga mengandung zat flavonoid quercetin dan kaempferol yang berguna untuk menguatkan jantung, menurunkan tekanan darah, anti-inflamasi atau peradangan, anti-virus, anti-depresan dan anti-kanker.

2. Sumber Vitamin C

Vitamin C adalah antioksidan penting yang mudah larut dalam air dan memiliki peran vital dalam sel-sel tubuh. Misalnya, vitamin C diperlukan sintesis kolagen, yakni protein struktural paling melimpah di tubuh.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Scientific World Journal, kailan memiliki kandungan vitamin C yang tinggi bahkan 4,5 kali lipat lebih besar dibandingkan bayam.

Bahkan, dalam penelitian dijelaskan bahwa kailan merupakan salah satu sumber vitamin C terbaik di dunia. Secangkir kailan mentah mengandung lebih banyak vitamin C daripada sebuah jeruk utuh.

Baca Juga: China Sedang Uji Coba Antivirus Corona dari Vitamin C!

3. Menurunkan Kolesterol

KAILAN

Foto: Orami Photo Stocks

Dalam takaran yang tepat, kolesterol memiliki banyak fungsi penting di dalam tubuh. Misalnya, digunakan untuk membuat asam empedu, yaitu zat yang membantu tubuh mencerna lemak.

Lalu, hati akan mengubah kolesterol menjadi asam empedu, yang kemudian dilepaskan ke sistem pencernaan setiap kali Moms makan makanan berlemak.

Ketika semua lemak telah diserap dan asam empedu, kolesterol akan diserap kembali ke dalam aliran darah dan digunakan kembali.

Zat yang disebut sekuestran asam empedu dapat mengikat asam empedu dalam sistem pencernaan dan mencegahnya diserap kembali. Ini mengurangi jumlah total kolesterol dalam tubuh.

Kailan mengandung sekuestran asam empedu, yang bisa menurunkan kadar kolesterol. Menurut Western Regional Research Center, zat tersebut juga berperan penting dalam menurunkan risiko penyakit jantung.

Satu studi menemukan bahwa minum jus kailan setiap hari selama 12 minggu meningkatkan kolesterol HDL ("baik") sebesar 27% dan menurunkan kadar LDL sebesar 10%, sekaligus meningkatkan antioksidan dalam tubuh.

Selain itu, dalam penelitian lain dijelaskan bahwa menyantap kailan kukus meningkatkan efek pengikatan asam empedu. Sebab, kandungan kailan kukus sebenarnya 43% sama kuatnya dengan cholestyramine, obat penurun kolesterol.

4. Sumber Vitamin K Terbaik Dunia

Vitamin K merupakan salah satu vitamin terpenting yang berfungsi untuk membekukan darah dengan "mengaktifkan" protein tertentu dan memberinya kemampuan untuk mengikat kalsium.

Kailan adalah salah satu sumber vitamin K terbaik dunia. Dalam satu cangkir kailan mentah, mengandung hampir 7 kali lipat vitamin K untuk jumlah harian. Journal of Vascular Research menyebut bahwa kailan mengandung vitamin K1 yang dapat membantu mencegah penyakit jantung dan osteoporosis.

Baca Juga: Benarkah Vitamin D Dapat Menambah Kesuburan?

5. Mengandung Zat Penangkal Kanker

KAILAN

Foto: Orami Photo Stocks

Kanker disebabkan oleh pertumbuhan sel yang tak terkendali. Kailan mengandung senyawa yang dipercaya memiliki efek perlindungan terhadap kanker.

Salah satunya adalah sulforaphane, zat yang telah terbukti membantu melawan pembentukan kanker pada tingkat molekuler.

Penelitian yang dilakukan oleh Annamalai University menjelaskan bahwa kailan juga mengandung indole-3-carbinol, zat lain yang dipercaya dapat membantu mencegah kanker.

6. Kaya Beta-Karoten

Kailan mengandung beta-karoten, antioksidan, yang dapat diubah menjadi vitamin A. Oleh sebab itu, menurut United States Department of Agriculture kailan dapat meningkatkan kadar vitamin yang penting untuk tubuh.

Baca Juga: Serupa Tapi Tak Sama, Ini Bedanya Caisim, Pakchoy, dan Kailan

7. Sumber Mineral yang Baik

Banyak orang kekurangan asupan mineral harian yang jika dibiarkan akan membahayakan tubuh. Namun, dengan mengonsumsi kailan, Moms tidak perlu khawatir. Sebab, kailan merupakan sumber mineral yang baik.

Selain itu, kailan juga memiliki kandungan kalsium nabati dan nutrisi yang penting untuk kesehatan tulang serta berperan penting dalam semua jenis fungsi tubuh.

Tak hanya itu, menurut Clinical Kidney Journal, kailan merupakan sumber magnesium. Makan makanan yang tinggi magnesium dapat melindungi terhadap diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Sayur kailan juga mengandung potasium yakni mineral yang dapat membantu menjaga gradien listrik dalam sel tubuh. Asupan potasium yang cukup telah dikaitkan dengan penurunan tekanan darah dan risiko penyakit jantung yang lebih rendah.

8. Melindungi Mata

Salah kelemahan ketika Moms memasuki usia senja ialah penglihatan yang memburuk. Untungnya, sayur kailan mengandung lutein dan zeaxanthin yang dapat melindungi dan menjaga penglihatan mata.

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang makan cukup lutein dan zeaxanthin memiliki risiko degenerasi makula dan katarak yang jauh lebih rendah.

Baca Juga: Kapan Bayi Bisa Melihat? Ketahui Tahapan Penglihatan Si Kecil Hingga Usia 1 Tahun Berikut Ini!

9. Membantu Menurunkan Berat Badan

KAILAN

Foto: Orami Photo Stocks

Kailan memiliki beberapa khasiat yang membuatnya menjadi salah satu sayuran yang dapat membantu penurunan berat badan. Sebab, kailan rendah kalori sehingga akan memberikan rasa kenyang yang lebih tahan lama.

Selain itu, kailan juga mengandung air dengan kepadatan energi yang rendah. Mengonsumsi makanan dengan kepadatan energi rendah telah terbukti membantu penurunan berat badan.

Kailan juga mengandung protein dan serat atau dua nutrisi penting dalam menurunkan berat badan. Meskipun tidak ada penelitian yang secara langsung menguji efek kangkung pada penurunan berat badan, namun tentunya kailan bisa jadi sayuran pilihan saat diet.

Baca Juga: 10 Tips Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

Itulah 9 manfaat sayur kailan untuk kesehatan. Moms bisa mengolah kailan menjadi aneka masakan yang variatif dan tentunya sehat.

Misalnya, mencampurkannya ke dalam salad, diolah menjadi keripik kailan, atau menambahkannya ke dalam smoothies untuk meningkatkan kandungan gizi. Apakah Moms tertarik mencobanya?

  • https://www.healthline.com/nutrition/10-proven-benefits-of-kale#TOC_TITLE_HDR_12
  • https://academic.oup.com/ckj/article/5/Suppl_1/i25/448417
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/15897604/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/24982671/
  • https://www.karger.com/Article/Abstract/75344
  • https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0308814605011076
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/22744944/
  • https://nutritiondata.self.com/facts/vegetables-and-vegetable-products/2461/2
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait