Rupa-rupa

4 Januari 2021

5 Manfaat Memelihara Kaktus di Dalam Ruangan dan Cara Mudah Merawatnya

Tak hanya indah dipandang, kaktus juga punya banyak manfaat Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Rizky
Disunting oleh Intan Aprilia

Kini orang-orang mulai kembali menggemari tanaman hias di rumah. Salah satu tanaman yang sudah sejak lama digemari dan dikoleksi untuk menghias rumah adalah kaktus.

Namun, apakah Moms tahu bahwa memiliki kaktus di rumah ternyata bisa memberikan Moms dan anggota keluarga yang lain banyak manfaat kesehatan?

Ternyata ada banyak sekali manfaat kaktus dalam ruangan, tak hanya untuk kesehatan fisik, tetapi juga untuk kesehatan mental.

Baca Juga: 5 Tanaman Hias dalam Rumah, Membantu Sirkulasi Udara Lebih Baik

Ini termasuk kualitas udara yang lebih baik, suasana hati yang meningkat, produktivitas yang lebih tinggi, manfaat terapeutik, dan pada anak-anak mereka bisa memiliki rasa tanggung jawab dan memiliki kebanggaan akan pencapaian yang ia miliki saat merawat kaktus.

Berikut ini, Moms akan mengetahui manfaat kaktus dalam ruangan dan cara merawat kaktus di rumah. Yuk simak ulasannya berikut!

Manfaat Kaktus Dalam Ruangan

manfaat kaktus.jpg

Foto: freepik.com

Berikut ini adalah beberapa manfaat kaktus yang akan Moms dapatkan jika menempatkannya di dalam ruangan. Mengutip Cactus Way, berikut manfaatnya:

1. Kualitas Udara Dalam Ruangan yang Lebih Baik

Manfaat kaktus yang paling utama adalah meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan.

Saat Moms bernapas, tubuh akan mengubah oksigen menjadi karbon dioksida. Karbon dioksida adalah racun yang kita keluarkan dan racun yang tumbuh subur di tanaman dan diubah kembali menjadi oksigen.

Kaktus akan menyerap karbon dioksida yang dilepaskan di rumah dan mengubahnya menjadi oksigen bersih yang segar untuk Moms dan keluarga hirup saat sedang berada di dalam.

Ini jelas merupakan nilai tambah bagi kesehatan secara keseluruhan, terutama jika Moms mempertimbangkan seberapa tercemar udara dalam ruangan.

Tanaman ini juga akan menurunkan kadar beberapa polutan rumah, seperti nitrogen dioksida dan benzena.

Jadi, semakin banyak kaktus yang Moms miliki di dalam rumah, maka akan semakin baik kualitas udara yang dimiliki di dalam rumah.

2. Bisa Membuat Merasa Lebih Bahagia

Memiliki tanaman seperti kaktus di dalam ruangan dapat membawa perasaan tenang dan meningkatkan suasana hati. L

agi pula, siapa yang hanya ingin berlama-lama di dalam rumah tanpa sentuhan keindahan dari tanaman hias?

Ini bukan hanya teori, ini telah dibuktikan berkali-kali oleh penelitian ilmiah. Penampilan kaktus yang imut dan berwarna-warni membantu menghilangkan stres dan juga mengurangi depresi terkait stres ketika Moms merawat kaktus.

Kaktus tidak hanya dapat membuat lebih bahagia, tetapi juga dapat membuat suami jadi lebih bahagia dan meningkatkan ikatan antara Moms dan keluarga.

Ini karena dengan merawat tanaman, secara alami Moms menjadi lebih berempati dan juga peduli pada orang-orang di sekitar kita.

Baca Juga: 5 Jenis Tanaman Hias yang Cocok untuk Kamar Mandi

3. Membantu Lebih Produktif

Tahukah Moms kalau manfaat kaktus bisa membuat Moms jadi lebih produktif?

Baik bekerja dari rumah atau memiliki kaktus di kantor, tanaman pot kecil ini dapat membuat Moms lebih produktif selama hari kerja.

Seiring dengan meningkatkan suasana hati, memiliki kaktus dalam ruangan dapat membuat Moms merasa lebih energik dan siap menjalani hari.

Tidak hanya membuat Moms lebih produktif, tetapi juga membuat anak-anak lebih produktif.

Anak-anak yang menghabiskan waktu di sekitar tanaman dalam ruangan cenderung belajar lebih baik, artinya memiliki kaktus di rumah dapat membantu mereka untuk lebih fokus pada pekerjaan rumah mereka, menjadi tertarik dengan topik belajar mereka, dan menjaga pikiran mereka tetap vital dan energik.

4. Kaktus Bisa Jadi Pengalaman Belajar yang Luar Biasa untuk Anak

Manfaat kaktus dalam ruangan selanjutnya adalah membuat anak-anak dapat mengembangkan keterampilan perilaku tertentu dan belajar bagaimana bertanggung jawab dengan merawat kaktus.

Tidak masalah jika tangan mereka menjadi kotor, yang terpenting anak tertarik pada hal-hal alam.

Memiliki kaktus di dalam ruangan adalah pengalaman belajar yang luar biasa dan dapat memberi Moms atau anak perasaan puas.

Jika Moms belum pernah merawat tanaman atau ingin memperluas wawasan berkebun, merawat tanaman dalam ruangan adalah pengalaman berharga yang tidak akan menghabiskan terlalu banyak waktu untuk perawatan.

Baca Juga: 5 Tanaman yang Meningkatkan Mood, Cocok Diletakkan di Sudut Rumah

Bagi anak-anak, memiliki kaktus di rumah akan memberi mereka kesempatan untuk belajar bertanggung jawab saat mereka menyiram dan memeriksa kondisi kaktus (seperti memastikan kaktus menerima cukup cahaya dan air).

Cara ini bisa melatih dan mempersiapkan mereka untuk kemungkinan memiliki hewan peliharaan nantinya.

5. Manfaat Kaktus Bagi Kesehatan Mental

Manfaat kaktus dalam ruangan adalah membuat Moms memiliki sesuatu yang ideal untuk penyembuhan trauma karena proses perawatan kaktus dapat menjadi terapi.

Memiliki kaktus di rumah dan merawatnya dapat menjadi terapi bagi mereka yang mengalami beberapa jenis trauma.

Daripada berfokus pada peristiwa traumatis semata, pikiran dapat berkelana ke kaktus untuk diurus.

Jenis Kaktus untuk Dirawat di Rumah

Meskipun kaktus jenis apa pun memiliki efek positif pada kesehatan, ada beberapa jenis kaktus yang direkomendasikan karena warnanya yang cerah, ukurannya lebih besar, dan penampilannya yang unik:

1. Christmas Cactus

Christmas Cactus

Foto: jacksonandperkins.com

Kaktus ini menghiasi dirinya dengan bunga merah, merah muda, putih, atau oranye cerah dan menyebar di cabang-cabang yang panjang dan terkulai.

Christmas cactus bisa berukuran cukup besar, jadi yang terbaik adalah meletakkannya di dekat jendela besar.

2. Moon Cactus

Moon Cactus

Foto: 5magicseeds.com

Kaktus bulan berukuran kecil, cocok untuk diletakkan di meja. Ia seakan dilapisi bohlam kuning cerah, bulat, oranye, merah muda, dan merah di atas batang hijau tua.

3. Old Lady Cactus

Old Lady Cactus

Foto: amazon.co.uk

Tanaman ini lucu, namun Moms tetap perlu waspada akan durinya.

Kaktus jenis ini ditutupi bulu putih dan menawarkan cincin warna-warni bunga merah muda yang akan muncul di musim panas.

4. Bunny Ears Cactus

Bunny Ears Cactus

Foto: beardsanddaisies.co.uk

Menggemaskan kedengarannya dan pasti akan meningkatkan suasana hati.

Kaktus jenis ini terlihat seperti telinga kelinci dan ditutupi rambut putih kecil yang membuatnya tampak halus.

Kaktus ini akan mekar di musim panas dan menghasilkan bunga dan buah kuning.

5. Star Cactus

Star Cactus

Foto: pinterest.com

Kaktus mungil ini berbentuk bintang dan dapat ditempatkan di mana saja di rumah.

Selama bulan-bulan musim panas, star cactus akan memiliki bunga kuning besar tepat di tengah tanaman.

Kaktus ini akan memberi rumah sentuhan warna yang cemerlang, memperbaiki tampilan dan nuansa rumah secara keseluruhan, serta suasana hati. Mereka semua juga mudah dirawat, menghilangkan semua stres yang mungkin Moms alami.

Baca Juga: 8 Tanaman Hias yang Cocok untuk Rumah Mungil Moms, Coba Ditengok!

Cara Merawat Kaktus di Rumah

cara merawat kaktus.jpg

Foto: freepik.com

Kaktus tergolong sebagai tanaman yang paling unik namun paling elegan.

Tidak hanya mengetahui manfaat kaktus, Moms juga perlu tahu beberapa perawatan yang tepat. Simak tips cara merawat kaktus berikut ini!

1. Letakkan di Tempat yang Tepat

Kaktus umumnya berasal dari daerah beriklim gurun, jadi Moms harus menempatkannya di sudut ruangan yang paling banyak menerima cahaya matahari.

Namun, tetap waspada karena kaktus juga bisa kepanasan. Terutama jika terkena sinar matahari langsung di balik jendela kaca, karena ini akan memperbesar dampak matahari.

Jendela yang menghadap ke selatan sangat ideal. Jika Moms melihat kaktus mulai menguning atau cokelat pada sisi yang menghadap matahari, Moms mungkin perlu mendinginkannya di tempat lain.

2. Tetap Beri Air

Menyiram tanaman kaktus mungkin cukup membuat banyak orang kebingungan.

Karena mereka tetaplah makhluk hidup, mereka tetap butuh air, namun tidak terlalu banyak. Ia hanya membutuhkan penyiraman secukupnya secara teratur tiap minggu.

Pastikan untuk memeriksa tanah setiap beberapa minggu. Jika setinggi 5-7 cm tanah terlihat kering, saatnya memberi tanaman minuman.

Moms bisa menggunakan spray untuk memberikan air supaya pemberian air merata dan memastikan Moms tidak terlalu banyak memberikannya air.

Baca Juga: Merawat Sukulen, Ikuti 4 Cara Mudah Ini

3. Gunakan Tanah dan Pupuk yang Tepat

Ini adalah kunci untuk memastikan pertumbuhan kaktus. Pastikan campuran tanah yang tepat digunakan saat menanam kaktus.

Kaktus lebih menyukai tanah yang mengandung lebih banyak pasir dan batu, untuk mengalirkan air dan menjaga tanaman tetap kering di antara minuman dan mencegah pembusukan akar.

Seperti halnya tanah, penting untuk menggunakan pupuk yang dibuat khusus untuk kaktus untuk memastikan mereka tidak diberi makan berlebihan atau kurang, dan menerima nutrisi yang optimal.

Moms juga bisa menggunakan pupuk yang dibuat untuk sukulen. Encerkan pupuk sesuai petunjuk di botol.

Sirami kaktus terlebih dahulu, lalu aplikasikan pupuk ke tanah yang lembap agar tidak menumpuk di akar.

Lakukan pemupukan sekali selama musim semi dan sekali selama musim panas.

Nah, setelah tahu berbagai manfaat kaktus di atas dan perawatannya yang tidak sulit, apakah Moms tertarik memelihara kaktus di rumah?

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait