Kesehatan Umum

8 September 2021

7 Manfaat Kayu Ular untuk Kesehatan, Dipercaya Mampu Tingkatkan Kejantanan!

Cek manfaat kayu ular untuk kesehatan tubuh di sini yuk
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Merna
Disunting oleh Adeline Wahyu

Moms tahu apa saja manfaat kayu ular untuk kesehatan tubuh? Kayu ular dikenal sebagai salah satu kayu yang banyak dimanfaatkan sebagai tanaman herbal karena dipercaya bisa mengobati beragam jenis penyakit, termasuk penyakit kronis.

Mendengar nama kayu ular mungkin terdengar asing bagi beberapa orang karena jenis kayu ini memang tidak seterkenal kayu-kayu lainnya yang digunakan sebagai tanaman herbal seperti kayu secang hingga kayu manis.

Kayu ular adalah kayu yang berasal dari Timika Papua. Tanaman ini ditemukan sekitar tahun 1910 di tanah Papua.

Kayu ini tumbuh di tempat yang kering dan banyak bebatuan. Umumnya kayu ular punya tekstur keras dan kuat. Cabangnya yang tidak beraturan dengan lendir yang sedikit, bahkan ada yang tidak memiliki lendir.

Ukuran diameternya sekitar 30 cm dengan tinggi yang bisa mencapai hingga 3 meter. Di Pulau Sumatera, kayu ular lebih dikenal dengan nama bidara laut dan bidara pahit. Tapi di Pulau Jawa lebih dikenal sebagai nama dara putih atau dara gunung.

Baca Juga: 7 Manfaat Kombucha untuk Kesehatan, Ternyata Bisa Mengatasi Kanker lho Moms!

Manfaat Kayu Ular bagi Kesehatan Tubuh

Kayu ular sangat dikenal sebagai tanaman yang bisa bermanfaat bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan kayu ular memiliki banyak kandungan bermanfaat di dalamnya sehingga bisa digunakan dalam pengobatan.

Beberapa manfaat kayu ular bagi kesehatan tubuh yang perlu Moms tahu adalah:

1. Manfaat Kayu Ular untuk Gatal

Manfaat Kayu Ular

Foto: lazada.co.id

Manfaat kayu ular yang pertama adalah bisa mengobati gatal-gatal hingga beragam penyakit kulit lainnya.

Dalam kayu ular terdapat kandungan zat galat dan tanin yang bisa mengobati peradangan pada kulit. Kandungan tanin juga bisa bersifat sebagai antibakteri yang mampu membantu menghilangkan bakteri serta kuman penyebab rasa gatal pada kulit.

Untuk merasakan manfaatnya, Moms bisa merebus kayu ular dan meminumnya setiap hari secara rutin. Moms juga bisa mengoleskan kayu ular yang dihaluskan pada area kulit yang gatal sebagai salep.

Baca Juga: Seluk Beluk Tanaman Miana, Mulai dari Jenis hingga Manfaatnya

2. Manfaat Kayu Ular untuk Lambung

Asam Lambung

Foto: healthline.com

Manfaat kayu ular yang selanjutnya adalah bisa digunakan sebagai ramuan herbal yang membantu untuk menurunkan kadar asam lambung dalam tubuh.

Asam lambung merupakan salah satu penyakit pencernaan yang membuat penderitanya merasakan rasa seperti terbakar di dada hingga rasa sesak saat kadar asam lambung naik hingga ke atas.

Dalam kayu ular terdapat kandungan yang bersifat antimikroba, kloroform, dan etanol. Senyawa ini akan sangat berguna untuk melancarkan dan mengobati penyakit pencernaan, salah satunya adalah asam lambung.

Dengan mengonsumsi rebusan kayu ular, asam lambung bisa diredakan dengan perlahan. Ditambah lagi, saluran pencernaan seperti usus juga bisa menjadi lebih sehat.

Baca Juga: Atasi Sembelit Hingga Baik untuk Diet, Ini Dia 17 Manfaat Lobak untuk Kesehatan

3. Manfaat Kayu Ular untuk Kejantanan

kayu ular

Foto: Orami Photo Stock

Salah satu manfaat kayu ular adalah bisa digunakan untuk meningkatkan stamina tubuh dan kejantanan pria hingga mengatasi disfungsi ereksi.

Moms bisa memberikan air rebusan kayu ular untuk diberikan kepada pasangan di sore hari setelah selesai beraktivitas.

Hal ini karena di dalamnya terdapat kandungan zat sponin dan alkeloid yang berfungsi meningkatkan gairah seksual.

4. Manfaat Kayu Ular untuk Mencegah Diabetes

Diabetes

Foto: lifepack.id

Manfaat kayu ular ternyata juga bisa membantu mencegah penyakit diabetes. Jadi kalau Moms punya penyakit diabetes, mulailah rutin mengonsumsi kayu ular ini.

Dalam sebuah jurnal berjudul Pengaruh Pemberian Ekstrak Kayu Ular ‘Strychnos Ligustrina’ Terhadap Kadar Glukosa Darah, kayu ular dipercaya bisa membantu memperbaiki gangguan metabolik terhadap glukosa darah, kadar kolesterol, kadar trigliserida, dan kadar HDL (High Density Lipoprotein).

Hal ini dikarenakan dalam kayu ular terdapat kandungan zat saponin atau steroid dan triterpenoid yang berfungsi untuk membantu menurunkan dan menjaga kadar gula darah dalam tubuh Moms.

5. Manfaat Kayu Ular untuk Menurunkan Demam

Menurunkan Demam

Foto: amoryurgentcare.com

Awalnya, masyarakat yang ada di Papua menggunakan kayu ular sebagai salah satu obat alami yang bisa menurunkan demam yang diakibatkan oleh bakteri hingga virus.

Hal ini berawal pada saat penyakit malaria sedang merebak di daerah Papua dan masyarakat setempat mulai menggunakan kayu ular untuk menurunkan demam pada penyakit malaria.

Dalam kayu ular terdapat kandungan zat galat dan tanin yang fungsinya menurunkan demam pada tubuh. Moms bisa menggunakan rebusan kayu ular atau menghaluskan kayu ular untuk dioleskan di bagian dahi supaya demamnya akan turun perlahan.

Baca Juga: 15 Manfaat Air Garam Untuk Kesehatan dan Kecantikan

6. Manfaat Kayu Ular untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh

manfaat kayu ular

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat kayu ular juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan alkaloid dalam kayu ular bisa membantu menjaga sistem imunitas tubuh.

Selain kandungan alkaloid, ada senyawa antioksidan juga dalam kayu ular yang berguna untuk menangkal berbagai macam serangan bakteri dan virus penyebab penyakit.

7. Manfaat Kayu Ular untuk Mencegah Risiko Penyakit Kanker

Kanker Payudara

Foto: scitechdaily.com

Manfaat terakhir dari kayu ular adalah bisa mencegah terjadinya risiko penyakit kanker.

Dalam kayu ular terdapat kandungan antioksidan dan antibakteri yang mampu membantu mencegah pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh, terutama kanker payudara.

Menurut jurnal berjudul Uji Aktivitas Antikanker Ekstrak dan Fraksi Daun Bidara Laut Terhadap Sel Kanker Payudara, dalam daun bidara laut alias kayu ular terdapat senyawa aktif seperti saponin, tanin, dan steroid yang bisa membantu menghambat dan melawan sel kanker pada area payudara.

Baca Juga: 15 Manfaat Makan Pedas, Baik untuk Kulit dan Diet!

Satu tips ketika Moms ingin membuat air rebusan kayu ular adalah hindari untuk menambahkan pemanis seperti gula dan madu yang berlebihan.

Air rebusan kayu ular ini punya rasa yang cukup pahit sehingga banyak yang ingin menambahkan pemanis di dalamnya. Tapi uniknya, semakin ditambahkan pemanis, maka rasa air rebusan justru akan menjadi lebih pahit. Jadi sebaiknya hanya gunakan sedikit saja pemanis.

Itulah beragam jenis manfaat kayu ular bagi kesehatan tubuh. Jadi mulai sekarang, Moms jangan ragu lagi untuk mengonsumsinya secara rutin setiap hari ya!

  • https://manfaat.co.id/manfaat-kayu-ular-papua
  • https://www.nusantarabicara.co/2017/04/kayu-ular-ampuh-sembuhkan-pegal-linu.html
  • https://bangunkelir.blogspot.com/2019/09/manfaat-khasiat-dan-cara-penggunaan-kayu-ular-papua.html
  • https://www.merdeka.com/jabar/8-jenis-kayu-yang-ada-di-indonesia-ketahui-manfaat-dan-kelebihannya-kln.html
  • http://jayapura.karantina.pertanian.go.id/post/kayu-ular
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Kayu_ular
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait