Kesehatan

30 April 2021

Simak Manfaat Kecambah yang Tak Terduga untuk Tubuh Berikut Ini!

Kecambah alias taoge banyak mendatangkan manfaat untuk kesehatan. Ini ulasannya.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Amelia Puteri

Apakah Moms suka mengonsumsi kecambah? Kecambah atau taoge yang banyak beredar di pasaran Indonesia berasal dari kacang-kacangan, seperti kacang hijau dan kacang kedelai.

Beberapa kecambah lain yang mungkin dapat ditemukan berasal dari alfalfa, azuki, kacang lentil, dan kacang polong.

Berbicara tentang manfaat kecambah, memang tidak dapat dipisahkan dari anggapan masyarakat bahwa kecambah adalah makanan yang tepat untuk program hamil. Sebenarnya, manfaat kecambah tidak hanya sebatas itu saja, lho, Moms!

Simak ulasannya berikut ini, ya!

Baca Juga: 5 Manfaat Kesehatan Semangkuk Kacang Hijau

Kenali Manfaat Kecambah untuk Kesehatan

Kecambah memang banyak disarankan bagi Moms dan pasangan yang sedang menanti sang buah hati. Baik orang tua, bidan, maupun dokter menyarankan untuk rutin makan kecambah agar semakin subur.

Sebenarnya, manfaat kecambah tidak hanya itu saja. Simak penjelasan berikut ini tentang manfaat kecambah untuk kesehatan secara keseluruhan, ya:

1. Mengandung Serat yang Tinggi

Mengandung Serat yang Tinggi.jpg

Foto: freepik.com

Manfaat kecambah yang bisa Moms dan keluarga dapatkan karena mengandung serat yang tinggi.

Menurut studi dari International Food Research Journal, biji kecambah memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan pencernaan. Biji kecambah juga dapat meningkatkan kandungan protein di dalamnya.

Karena bersifat basa, kecambah juga sangat baik untuk menjaga tingkat keasaman lambung serta membantu melancarkan pencernaan.

Kandungan seratnya yang tinggi tadi dapat dengan mudah memperbaiki kontraksi saluran usus, yang berdampak pada buang air besar dan membantu meredakan masalah pencernaan, seperti sembelit (konstipasi) atau diare.

Sulforaphane dalam kecambah juga melindungi saluran pencernaan dengan menginduksi berbagai enzim antioksidan. Senyawa ini dapat membantu dalam mengobati stres oksidatif yang disebabkan oleh infeksi H. pylori dan obat antiinflamasi non steroid.

2. Melawan Anemia

Melawan Anemia.jpg

Foto: freepik.com

Manfaat kecambah lainnya, yaitu mampu menjadi pengobatan anemia. Anemia terjadi ketika mengalami terjadinya penurunan kadar hemoglobin dalam sel darah merah.

Kecambah dapat menjadi makanan yang membantu penanganan anemia karena mengandung zat besi yang tinggi. Segala makanan yang kaya zat besi sangat penting bagi terbentuknya hemoglobin di dalam tubuh.

Dilansir dari Australian Red Cross, hemoglobin adalah protein yang mengandung zat besi, ditemukan dalam sel darah merah. Oksigen bergerak ke dalam sel darah merah dan berikatan dengan hemoglobin, sehingga dapat diangkut ke seluruh tubuh.

Tentunya, ini sangat dibutuhkan bagi mereka yang mengalami anemia. Oleh karena itu, mengonsumsi kecambah secara teratur dapat mengurangi kemungkinan terkena anemia.

Selain itu, Moms sebaiknya mengombinasikan sumber zat besi vegetarian dengan vitamin C. Sebab, vitamin C dapat meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh. Kecambah sendiri juga mengandung vitamin C.

Namun, ada beberapa contoh makanan lainnya yang kaya vitamin C dan baik untuk tubuh, yaitu buah jeruk, lemon, paprika, tomat, buah beri, dan sayuran hijau.

Baca Juga: Gejala Anemia Saat Haid, Apa Moms Pernah Mengalaminya?

3. Meningkatkan Kesuburan

Meningkatkan Kesuburan.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat kecambah yang sudah disebutkan di awal, yaitu mampu meningkatkan kesuburan. Maka dari itu, ada baiknya Moms dan pasangan menambahkan kecambah sebagai sumber makanan yang baik selama program hamil. Mengapa demikian?

Kandungan vitamin E, terutama vitamin E-alpha, membantu meningkatkan kualitas sel sperma pria dan membantu meningkatkan produksi sel telur. Vitamin E adalah antioksidan yang dapat melindungi sel dari serangan radikal bebas.

Dengan mengonsumsi kecambah, vitamin E di dalamnya dapat menjaga sel telur atau sperma dari berbagai kerusakan akibat serangan radikal bebas.

Dilansir dari studi dalam International Journal of Preventive and Public Health Sciences tahun 2016, juga menunjukkan bahwa zat gizi esensial yang dapat membantu menjaga kesehatan sperma, yaitu vitamin C dan zinc.

4. Bermanfaat untuk Kesehatan Wanita

Bermanfaat untuk Kesehatan Wanita.jpg

Foto: freepik.com

Mengapa kecambah bermanfaat untuk kesehatan wanita? Hal ini karena kecambah memiliki estrogen alami yang berfungsi seperti sintesis estrogen.

Estrogen dalam kecambah dapat meningkatkan kepadatan dan struktur tulang serta mencegah keropos tulang (osteoporosis).

Konsumsi banyak kecambah secara teratur dapat membantu menghindari masalah selama menstruasi, kanker payudara, gangguan haid, gejala pra-menopause, dan gangguan terkait menopause.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Menjaga Kesehatan Mata

Foto: Orami Photo Stock

Dilansir dari WebMD, manfaat kecambah juga dapat berpengaruh pada kesehatan mata. Seringnya, kita mengabaikan kesehatan mata padahal hal ini sangat penting. Sebab, seiring bertambahnya usia, bukan tidak mungkin banyak risiko penyakit mata yang dapat menyerang.

Selain pemeriksaan mata secara rutin, Moms dapat mengonsumsi makanan sehat yang baik untuk kesehatan mata. Salah satunya adalah kecambah. Hal ini karena kecambah memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

Makan kecambah secara teratur dapat mengurangi risiko mengalami penyakit degenerasi makula, yang sering menjadi penyebab seseorang di atas usia 55 tahun mengalami kehilangan penglihatan.

Kecambah juga mengandung vitamin C yang tinggi sehingga dapat mencegah penyakit katarak. Studi menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi vitamin C tingkat tinggi selama 10 tahun atau lebih memiliki risiko yang lebih rendah untuk memerlukan operasi katarak.

Baca Juga: 4 Mitos Kesehatan Mata yang Ternyata Tidak Terbukti Kebenarannya

6. Baik untuk Kesehatan Rambut dan Kulit

Baik untuk Kesehatan Rambut dan Kulit.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Setiap wanita pastinya ingin mendapatkan kulit dan rambut yang sehat dan terawat. Maka dari itu, ada baiknya Moms memerhatikan setiap jenis makanan yang dikonsumsi. Ternyata, manfaat kecambah juga berpengaruh pada kesehatan rambut dan kulit, lho!

Kecambah kaya akan antioksidan yang efektif untuk melindungi sel tubuh dari radikal bebas yang berbahaya. Kandungan vitamin E dalam kecambah juga membantu menyegarkan sekaligus melembapkan kulit.

Itu sebabnya, rutin mengonsumsi kecambah bisa membuat Moms kelihatan lebih awet muda.

Manfaat kecambah untuk kesehatan rambut karena kandungan vitamin A mampu mendorong kulit kepala untuk menumbuhkan rambut yang lebih tebal dan panjang.

Kekurangan vitamin A ternyata dapat menyebabkan penipisan rambut, kulit kepala kering, dan rambut rontok yang berlebihan.

Selain itu, makan kecambah membantu merangsang produksi sebum di kulit kepala. Kecambah merupakan sumber yang kaya zinc, nutrisi yang membantu merangsang produksi sebum di kulit kepala yang membantu menjaga akar dan helai rambut tetap terhidrasi dan bergizi.

Kecambah juga mendorong regenerasi sel kulit kepala.

7. Menurunkan Risiko Alami Kanker

Menurunkan Risiko Alami Kanker.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Menurut James Dukes, Ph.D., peneliti dan ahli botani dari Departemen Pertanian Amerika Serikat, kecambah dari berbagai jenis kacang-kacangan kaya akan senyawa antikanker seperti genistein yang bekerja mengacaukan pasokan makanan bagi sel-sel kanker sehingga mereka akhirnya mati.

Kecambah juga mengandung banyak unsur phytochemicals yang bermanfaat. Salah satunya adalah kanavanin, yaitu sejenis asam amino yang diduga bisa melumpuhkan sumber kanker leukemia, usus besar, dan pankreas.

Kecambah juga dapat menghindari penumpukan senyawa beracun yang bisa memicu benih kanker. Antioksidan yang ditemukan di dalamnya dapat membantu memperlambat proses penuaan dan menghentikan perkembangbiakan sel kanker.

Baca Juga: 21 Makanan Antioksidan Tinggi, Dapat Mencegah Sel Kanker

8. Membantu Mendapatkan Berat Badan Ideal

Membantu Mendapatkan Berat Badan Ideal

Foto: Orami Photo Stock

Kecambah adalah salah satu makanan terbaik untuk membantu menurunkan berat badan. Hal ini karena kecambah kaya serat dan memiliki kalori yang cukup rendah sehingga membantu Moms mendapatkan berat badan yang ideal.

Selain itu, kecambah yang mengandung serat dalam jumlah tinggi yang membuat Moms merasa kenyang untuk waktu yang lebih lama. Hal ini juga menghambat pelepasan ghrelin, hormon kelaparan yang menunjukkan otak kita untuk makan lebih banyak.

9. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh.jpg

Foto: freepik.com

Kecambah juga dapat memperbaiki mekanisme pertahanan tubuh, terutama dengan meningkatkan aktivitas sel vaskular alami (sel pembunuh alami). Kecambah banyak mengandung antioksidan yang membantu tubuh bertahan dari radikal bebas yang merusak DNA sel. Tak lupa untuk menyeimbangkan nutrisinya dengan sumber makanan lainnya, ya!

Kecambah juga diketahui mengandung energi beserta nutrisi lainnya yang membantu menjaga daya tahan fisik dan mental. Makan kecambah secara rutin membantu menghilangkan indikasi stres mental dan fisik maupun kelelahan.

Baca Juga: 5 Makanan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

10. Menjaga Kesehatan Jantung

Menjaga Kesehatan Jantung.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat kecambah yang terakhir dan tidak kalah pentingnya, yaitu mampu menjaga kesehatan jantung.

Kecambah memiliki asam lemak omega-3 yang membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan mengurangi jumlah kolesterol berbahaya di pembuluh darah dan arteri.

Asam lemak omega-3 memiliki sifat antiinflamasi yang membantu mengurangi stres berlebihan pada sistem kardiovaskular. Kehadiran kalium membantu mengurangi tingkat tekanan darah, yang nantinya membantu mengurangi risiko masalah kardiovaskular.

Itulah manfaat kecambah yang sangat kaya dan baik untuk tubuh. Yuk, mulai dari sekarang makan kecambah secara rutin, ya, Moms!

  • http://www.ifrj.upm.edu.my/23%20(01)%202016/(38).pdf
  • https://ijpphs.com/index.php/ijpphs/article/download/88/85
  • https://www.webmd.com/diet/health-benefits-bean-sprouts#1
  • https://www.stylecraze.com/articles/benefits-of-sprouts-for-skin-hair-and-health/
  • https://food.ndtv.com/food-drinks/6-benefits-of-sprouting-and-the-right-way-to-do-it-1691887
  • https://mytransfusion.com.au/sites/default/files/I_need_to_know_about_haemoglobin_and_iron.pdf
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait