Kesehatan

28 April 2021

Inilah 11 Manfaat Kecipir untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Kecipir mungkin jarang dilirik sebagai sayur yang kaya manfaat, ketahui khasiatnya untuk kesehatan di sini!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Agnes
Disunting oleh Amelia Puteri

Kecipir adalah salah satu sayuran yang tumbuh di daerah tropis dan bisa ditemukan hampir di seluruh Indonesia. Rupanya manfaat kecipir sangatlah banyak untuk kesehatan.

Bahkan, bagian bunga, daun, batang dan bijinya bisa dikonsumsi setelah diolah.

Jika Moms ingin mencari tahu seperti apa manfaat kecipir, simak penjelasannya lebih lanjut berikut ini.

Manfaat Kecipir untuk Kesehatan

Kacang kecipir (Psophocarpus tetragonolobus) atau yang dikenal dengan Kacang Goga adalah kacang-kacangan tropis yang berasal dari Papua Nugini. Kacang ini juga tumbuh di negara-negara seperti Filipina, India, Burma, Thailand dan Sri Lanka.

Menurut Winged Bean in Human Nutrition Journal, hampir semua bagian dari tanaman ini dapat dikonsumsi. Daunnya bisa dimakan seperti bayam, bunganya bisa dijadikan salad, umbinya bisa dimakan mentah atau dimasak, dan bijinya seperti kedelai.

Masuk ke dalam keluarga Fabaceae atau polong-polongan, manfaat kecipir ternyata sangatlah banyak.

Ketahui manfaat kecipir berikut ini sebelum menyajikannya sebagai hidangan di rumah.

Baca Juga: Perlu Tahu Nih, 5 Jenis Sayuran yang Ada di Salad Beserta Manfaatnya

1. Menjaga Sistem Saraf Agar Tetap Sehat

Manfaat kecipir untuk kesehatan

Foto: saaraketha.com

Asam folat di dalam kecipir bisa menjaga sistem saraf Moms dan Dads dari kerusakan.

Asam folat berperan untuk memproduksi sel darah merah yang bertugas mengalirkan oksigen hingga menuju jaringan saraf dan otak. Alhasil, daya ingat di dalam otak pun jadi meningkat.

Vitamin B6 di dalam kecipir juga mampu menjaga kesehatan sistem saraf. Vitamin ini juga mendukung metabolisme neurotransmitter yang berperan dalam mengantarkan sinyal saraf dari otak menuju organ-organ tubuh.

2. Mencegah Asma

Karena kecipir mengandung 326 mg magnesium yang merupakan 77,62% dari nilai angka kecukupan gizi (AKG) per hari, salah satu manfaat kecipir adalah dianggap sebagai salah satu makanan terbaik untuk asma.

Orang dengan asma kronis dapat memperbaiki pernapasan mereka dengan bantuan suplemen magnesium yang membantu mengendurkan otot bronkial dan mengatur pernapasan. Bahkan sesak dan mengi juga bisa berkurang melalui pemberian magnesium.

Baca Juga: 5 Jenis Hewan Peliharaan yang Aman Untuk Anak Alergi atau Asma

3. Membantu Mencegah Diabetes

Kecipir membantu mencegah diabetes

Foto: Orami Photo Stocks

Kacang kecipir mengandung 801 mg kalsium yang merupakan 80,10% dari nilai anjuran harian. Menurut penelitian, mengonsumsi kalsium bersamaan dengan vitamin D, dapat mengoptimalkan metabolisme glukosa dan membantu mencegah diabetes.

Kedua nutrisi tersebut disebut memiliki efek langsung pada sel pankreas yang mengontrol sekresi insulin dan kadar gula darah. Kalsium diperlukan untuk proses seluler yang terjadi di dalam jaringan yang responsif terhadap insulin seperti lemak dan jaringan otot rangka.

4. Meningkatkan Kekebalan dan Melawan Pilek

Manfaat kecipir selanjutnya adalah mampu melawan flu dan gejala penyakit lainnya karena mengandung banyak seng atau zinc. Apabila dikonsumsi selama 5 bulan, seng dapat mengurangi Moms dan Dads terkena risiko flu.

Tak hanya itu, vitamin C dalam kecipir juga mampu menjaga kekebalan tubuh. Sehingga, kecipir dapat mempercepat proses penyembuhan saat tubuh terluka.

Baca Juga: Lakukan 5 Cara Ini untuk Mencegah Flu Pada Bayi

5. Baik untuk Pencernaan

Pencernaan sehat dengan kecipir

Foto: Orami Photo Stocks

Kecipir mengandung serat sebesar 25,9 gram. Serat adalah nutrisi makanan yang sulit dicerna sehingga menimbulkan rasa kenyang pada seseorang yang lebih lama.

Serat juga bisa melancarkan pencernaan, sehingga Moms dan Dads akan terhindar dari susah buang air besar dan sembelit.

6. Untuk Mencegah Asam Urat

Manfaat kecipir untuk asam urat juga tidak bisa dilewatkan. Karena mengandung serat dan antioksidan yang tinggi, rupanya kecipir dapat mengatasi masalah kolesterol tinggi sehingga ramah untuk asam urat.

Kandungan purin yang terbilang rendah, juga masih aman dikonsumsi penderita asam urat.

Meskipun belum ada penelitian yang spesifik tentang manfaat kecipir untuk asam urat, kandungan di dalam kecipir membuat metabolisme tubuh lebih baik. Kandungan seperti kalsium dan vitamin D di dalamnya bisa mengoptimalkan metabolisme glukosa di dalam tubuh.

Baca Juga: 4 Cara Alami Menurunkan Asam Urat

7. Mengurangi Peradangan

Kecipir mengurangi peradangan

Foto: freepik.com

Salah satu cara terbaik untuk menyembuhkan keseleo dan peradangan adalah dengan rutin mengonsumsi kecipir.

Mineral mangan yang terdapat di dalam kecipir rupanya bisa meredakan peradangan dan nyeri akibat keseleo. Hal ini dikarenakan mangan dapat meningkatkan jumlah enzim Superoxide Dismutase (SOD) di dalam tubuh.

SOD adalah enzim yang membantu memecah molekul oksigen yang berpotensi berbahaya dalam sel. Hal ini dapat mencegah atau memperbaiki kerusakan jaringan.

Enzim ini juga dapat menyerap unsur toksin yang berkembang dari inflamasi dan residu dalam tubuh.

Proses ini bisa mempercepat penyembuhan peradangan, termasuk pada persendian seperti rematik dan untuk asam urat.

Namun, menurut International Journal of Health Science, kadar SOD alami dalam tubuh turun seiringnya usia, sehingga mengonsumsi makanan yang mengandung mangan dapat membantu merangsang produksi SOD untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

8. Mengatur Suasana Hati dan Siklus Tidur

Kandungan tryptophan di dalam kecipir merupakan salah satu amino penting yang dibutuhkan tubuh. Amino ini adalah bahan utama dari penyusun protein di tubuh kita.

Tanpa asam amino yang lengkap, protein yang Moms dan Dads konsumsi belum sempurna. Namun, zat ini tergolong ke dalam asam amino esensial, dimana tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri.

Untuk itu, Moms dan Dads bisa mendapatkannya dari kecipir. Setelah asam amino masuk ke tubuh, zat ini akan membentuk molekul sederhana yang disebut 5-hidroksitriptofan (5-HTP).

Molekul inilah yang jadi bahan baku dalam pembuatan serotonin, melatonin, dan vitamin B6.

Serotonin sendiri merupakan senyawa yang bisa mengatur suasana hati seseorang.

Sementara melatonin berperan untuk mengatur siklus tidur, serta vitamin B6 berfungsi dalam pembentukan energi.

Baca Juga: 4 Bahan Alami untuk Mencegah Penuaan Dini, Yuk Coba!

9. Mencegah Penuaan Dini

Kecipir mencegah penuaan dini

Foto: Orami Photo Stocks

Manfaat kecipir untuk kesehatan selanjutnya yang tak kalah menarik adalah kacang ini memiliki kandungan tembaga yang tinggi.

Tembaga merupakan antioksidan yang mampu menjaga membran sel dari radikal bebas, sehingga dapat mencegah dari berbagai penyakit seperti kerusakan ginjal, kanker dan degenerasi indra penglihatan.

Vitamin A dan vitamin C yang terkandung di dalam kecipir juga bisa mencegah kerusakan sel-sel kulit. Alhasil, dengan mengonsumsi kecipir sebagai menu harian, Moms dan Dads dapat terbebas dari radikal bebas penyebab penuaan dini.

10. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin B kompleks, salah satunya vitamin B1, rupanya terdapat dalam kecipir sebesar 1,03 mg.

Kandungan ini merupakan manfaat kecipir yang dapat menjaga kesehatan mata, mencegah penyakit katarak, serta glaukoma.

Selain itu, menurut Journal of the American Oil Chemists' Society, kecipir juga mengandung banyak vitamin A yang merupakan antioksidan pencegah kerusakan DNA. Vitamin ini juga bisa membantu proses metabolisme pada lapisan terluar retina yang memiliki fungsi menangkap cahaya.

11. Mencegah Anemia dan Penyakit Jantung

Kecipir mencegah anemia

Foto: Orami Photo Stocks

Anemia adalah kondisi seseorang yang mengalami kekurangan sel darah merah dan hemoglobin dalam darah. Penyakit ini disebabkan karena kurangnya asupan zat besi di dalam tubuh.

Namun, Moms dan Dads tak perlu khawatir lagi. Sebab, kecipir mengandung zat besi sebesar 13,44 mg.

Tidak hanya itu, kecipir juga mengandung kalium yang tinggi sebesar 1100–1800 mg/100 g. Mineral ini bisa membantu menjaga kesehatan jantung dan mencegah aterosklerosis (penumpukan kalsium) di dalam pembuluh darah.

Jika Dads dan Moms mengonsumsinya dalam jangka panjang, kecipir dapat mencegah penyakit kronis seperti penyakit jantung dan stroke.

Baca Juga: 6 Sayuran yang Bisa Mencegah Penyakit Autoimun, Bisa Jadi Pilihan!

Itulah segudang manfaat kecipir untuk kesehatan yang bisa Moms dan Dads dapatkan. Ternyata, selain lezat untuk disantap, kecipir juga menyimpan banyak manfaat dibaliknya. Apalagi jika dipadukan dengan bumbu lain seperti bawang putih dan rempah.

Untuk mengolah kecipir, Moms dapat memasaknya dengan ditumis atau memasukkannya ke dalam rebusan. Walau kaya akan manfaat, Moms dan Dads juga perlu menyeimbangkannya dengan berolahraga secara rutin agar tubuh lebih sehat dan bugar.

  • https://www.nutrition-and-you.com/winged-bean.html
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/6386338/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5969776/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait