Kesehatan

16 Juli 2020

Diteliti Bisa Percepat Pemulihan Pasien COVID-19, Ini Manfaat Kesehatan Ikan Gabus Lainnya

Ekstrak ikan gabus bisa mampu mempercepat proses pemulihan pasien COVID-19
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Amelia Puteri

Peneliti dari Fakultas Farmasi Universitas Sumatera Utara (USU), PT Akar Rimba dan PT MEPT Mega Medica Pharmaceuticals, menemukan bahwa ekstrak ikan gabus mampu mempercepat proses pemulihan pasien COVID-19.

Mengutip Kompas.com, formula yang terbuat dari ekstrak ikan gabus itu dikombinasikan dengan tanaman herbal lainnya seperti temulawak dan daun meniran yang berkhasiat untuk menaikkan kadar albumin, mencegah inflamasi, dan koagulasi yang kerap terjadi pada pasien COVID-19.

Selain diteliti bisa mempercepat pemulihan pasien yang terinfeksi COVID-19, ada manfaat kesehatan ikan gabus lainnya untuk tubuh. Yuk, cari tahu daftarnya berikut ini.

Baca Juga: Ini Alasan Menteri Susi Kampanyekan Makan Ikan

Manfaat Ikan Gabus untuk Kesehatan

Selain sebagai obat untuk mempercepat proses pemulihan pasien COVID-19, ikan gabus juga punya banyak manfaat kesehatan yang perlu Moms ketahui. Berikut ini lima manfaat ikan gabus.

1. Obat Diabetes

xx manfaat kesehatan ikan gabus yang tengah diteliti sebagai obat corona

Foto: Orami Photo Stock

Mengutip Republika, sebuah penelitian yang dilakukan di Institut Sepuluh Nopember (ITS), menemukan bahwa ekstrak ikan gabus bisa dijadikan sebagai obat diabetes.

Dalam penelitian tersebut, peneliti melakukan uji coba keba hewan dan hasilnya ekstrak ikan gabus mampu menurunkan kadar gula dalam darah dan memperbaiki jaringan pankreas yang telah rusak.

Dr. Dewi Hidayati, salah satu peneliti menyebut bahwa 69.79 persen jaringan pankreas yang rusak bisa disembuhkan dan kembali normal dengan ekstrak ikan gabus.

2. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka Pasca-operasi

xx manfaat kesehatan ikan gabus yang tengah diteliti sebagai obat corona

Foto: Orami Photo Stock

Selain mempercepat penyembuhan pasien COVID-19, manfaat kesehatan ikan gabus yang memiliki nama lain Channa striata ini juga bisa mempercepat penyembuhan luka pasien pasca-operasi.

Menurut penelitian yang dilakukan Universitas Hasanuddin berjudul Potensi Ikan Gabus (Channa Striata) Sebagai Sumber Makanan Kesehatan, ikan gabus punya kandungan protein yang tinggi.

Selain itu, secara klinis protein ikan gabus dalam bentuk suplemen terbukti bisa mempercepat penyembuhan luka pasien pasca-operasi hingga luka bakar.

Baca Juga: Jangan Panik, Mayoritas Kasus Virus Corona COVID-19 Ringan dan Bisa Disembuhkan

3. Menyembuhkan Stroke

xx manfaat kesehatan ikan gabus yang tengah diteliti sebagai obat corona

Foto: Orami Photo Stock

Selain memiliki kandungan protein yang tinggi, ikan gabus juga mengandung albumin serta asam amino esensial, serta beberapa vitamin. Kandungan ini menjadi manfaat kesehatan ikan gabus selain dapat mempercepat pemulihan pasien COVID-19.

Jurnal penelitian oleh Jurnal Gizi Klinik Indonesia mengungkapkan bahwa pasien penderita stroke akan mengalami penurunan gizi dan jika dibiarkan akan menyebabkan malnutrisi.

Konsentrat protein pada ikan gabus berupa suplemen albumin dengan dosis 400 mg/hari dapat memperbaiki gizi penderita stroke dan jadi alternatif untuk meningkatkan imunitas tubuh penderita stroke hingga menyembuhkannya.

4. Pembentukan Otot

xx manfaat kesehatan ikan gabus yang tengah diteliti sebagai obat corona

Foto: Orami Photo Stock

Protein tinggi yang terkandung dalam ikan gabus ternyata lebih tinggi dibanding protein dalam daging ayam, sehingga berperan penting dalam pertumbuhan dan pembentukan otot tubuh.

Karena itu, bagi Moms dan Dads yang sedang membangun massa otot tubuh, harus rajin-rajin mengonsumsi ikan gabus untuk merasakan manfaat kesehatannya.

Baca Juga: Mengenal Manfaat Minuman Protein Nabati untuk Kebugaran dan Kecantikan!

5. Pencernaan Lebih Sehat

manfaat kesehatan ikan gabus

Foto: Orami Photo Stock

Tekstur daging ikan gabus yang lembut dan lunak memudahkan tubuh untuk mencernanya. Selain itu, ikan gabus juga mengandung protein kolagen yang lebih rendah dibandingkan daging ternak atau ikan lainnya.

Hal ini membuat ikan gabus lebih mudah dicerna, dan punya manfaat kesehatan untuk menyehatkan organ pencernaan.

Itulah lima manfaat ikan gabus untuk kesehatan, selain diteliti dapat mempercepat pemulihan pasien yang terinfeksi COVID-19. Apakah Moms tertarik untuk mulai mengkonsumsi ikan gabus?

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait