Kesehatan

22 April 2021

Ketahui Manfaat Kinoki, Sejenis Detox Foot Pads yang Banyak Digunakan

Sebelum coba pakai, simak ulasan lengkap manfaat dan efek sampingnya, yuk
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Rizky
Disunting oleh Adeline Wahyu

Pola makan sehat yang menyertakan buah dan sayur biasanya disarankan oleh ahli gizi untuk tetap menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Namun, pola makan sehat dari sayur dan buah ini juga umumnya dikenal mampu mendetoksifikasi tubuh, atau mengeluarkan racun dan radikal bebas akibat aktivitas sehari-hari.

Tahukah Moms bahwa diduga Moms bisa mengambil manfaat kinoki atau sejenis detox foot pads untuk mendetoksifikasi tubuh?

Meski belum ada bukti ilmiah yang menguatkan manfaat kinoki atau detox foot pad ini, namun selebriti Putri Titian dan suaminya Junior Liem atau yang biasa dipanggil Yuyun tak segan menggunakan benda ini.

Beberapa waktu lalu, Putri Titian mengunggah dirinya memakai detox foot pads, yang juga dilakukan oleh sang suami.

Tampak telapak kaki Putri Titian dan Junior Liem dipakaikan foot pads, yang diklaim dapat mendetoksifikasi tubuh.

Putri Titian juga turut mengunggah hasil pemakaian detox foot pads, memperlihatkan bagian pad yang menghitam pada kaki Junior Liem.

IMG_20190911_181211.jpg

Foto: instagram.com/putrititian

Namun, apakah sebenarnya pemakaian detox foot pads ini benar-benar dapat menghilangkan racun dalam tubuh? Sebaiknya Moms mencari tahu jawabannya melalui ulasan berikut ini!

Baca juga: 4 Makanan yang Ampuh Menangkal Radikal Bebas Akibat Polusi Udara

Manfaat Kinoki Sebagai Detox Foot Pads

detox foot pads.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Beberapa orang mengatakan bahwa manfaat kinoki sebagai detox foot pads yang dijadikan bantalan yang digunakan pada kaki ini memiliki berbagai manfaat.

Produsen mengklaim bahwa ia dapat mengeuarkan racun, produk limbah, dan logam berat melalui kaki saat seseorang tidur.

Sayangnya tidak ada bukti bahwa detox foot pads ini mampu mengeluarkan racun dari tubuh, tetapi bantalan tersebut memang dapat meningkatkan kualitas tidur dan membantu mengurangi rasa sakit.

Detox foot pads ini adalah produk yang diklaim perusahaan akan mengeluarkan kotoran dan racun melalui telapak kaki. Moms hanya perlu meletakkannya di kaki sebelum tidur sehingga efeknya bisa diterapkan dalam semalam.

Saat ini tidak ada bukti ilmiah bahwa bantalan kaki detoks berfungsi. Faktanya, U.S. Federal Trade Commission (FTC) melarang pemasar di balik detox foot pads seperti merek Kinoki untuk menjual beberapa produk setelah mereka memasang iklan dengan bukti ilmiah palsu bahwa bantalan tersebut berfungsi.

Manfaat kinoki ini disebut-sebut bisa menghilangkan zat berbahaya dari tubuh, termasuk:

Padahal kenyataannya manfaat kinoki ini tidaklah benar. Sebab tubuh sudah memiliki cara untuk menghilangkan zat berbahaya ini.

Misalnya seperti yang dikutip dari Temperature, ginjal dan hati mampu menghilangkan limbah dan racun dari tubuh, dan kelenjar keringat juga membersihkan zat-zat ini saat tubuh berkeringat.

FTC tidak menemukan bukti untuk mendukung klaim bahwa detox foot pads membantu tubuh membersihkan racun dan limbah dengan lebih efektif.

Mereka bahkan telah memberi label sebagai "salah atau tidak didukung". Selain itu beberapa klaim yang tidak terbukti lainnya dari manfaat kinoki antara lain:

Selain itu, klaim warna berbeda pada bantalan kaki di pagi hari yang mewakili berbagai racun yang diekstraksi dari tubuh juga salah.

Sebab warna yang terlihat ini kemungkinan besar merupakan reaksi dari campuran keringat dan cuka yang digunakan dalam detox foot pads.

Baca Juga: 4 Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh Saat Bangun Tidur, Mudah Dilakukan!

Efek Samping dan Manfaat Kinoki yang Lain

penyebab bau kaki

Foto: Orami Photo Stock

Meskipun tidak ada bukti ilmiah bahwa detox foot pads dapat bekerja dengan cara yang diklaim oleh beberapa perusahaan, bahan tertentu dalam bantalan kaki mungkin bermanfaat untuk cara lain.

Beberapa perusahaan menjual detox foot pads yang mengandung jahe, sehingga ia mungkin bermanfaat untuk meredakan gejala osteoartritis, karena memiliki sifat anti-inflamasi.

Mengutip Journal of Holistic Nursing, sebuah studi kecil pada tahun 2014 menemukan bahwa aplikasi jahe ke kulit dapat membuat rileks dan menghangatkan kulit. Studi ini juga menemukan bahwa jahe mengurangi rasa sakit osteoarthritis kronis.

Beberapa bantalan kaki detoks juga mengandung minyak esensial lavender sehingga ia diyakini mampu mengurangi kelelahan di siang hari dan juga meningkatkan kualitas tidur.

Turmalin juga merupakan bahan lain yang digunakan beberapa perusahaan untuk membuat detox foot pads. Mineral ini dapat memancarkan Far Infrared Radiation (FIR) jika berbentuk bubuk halus.

Selain itu, sebuah tinjauan dari literatur ilmiah terpercaya tentang FIR menemukan beberapa bukti bahwa bubuk tourmaline dapat mengurangi rasa sakit pada orang dengan rheumatoid arthritis dan periode menstruasi yang menyakitkan. Namun, penelitian tentang manfaat kesehatan dari FIR masih dalam tahap awal.

Orang yang mengalami beberapa manfaat saat menggunakan detox foot pad mungkin menemukan bahwa bahan-bahan ini membantu mereka tidur dan mungkin mengurangi kondisi peradangan atau rasa sakit.

Baca Juga: Sederet Obat Radang Sendi Akut yang Bisa Bantu Redakan Gejalanya

Risiko dan Efek Samping Penggunaan Detox Foot Pad

Manfaat kinoki sebagai detox foot pad tak terbukti secara ilmiah. Malah, produk ini bisa menyebabkan efek samping. Sebab banyak bantalan kaki detoks mengandung cuka kayu atau bambu.

Bahan aktif cuka kayu adalah asam pyroligneous dan saat bersentuhan dengan kulit, asam pyroligneous dapat menyebabkan iritasi dan luka bakar. Uapnya juga bisa menyebabkan pusing.

Beberapa orang mungkin juga mengalami reaksi alergi sebagai respons terhadap bantalan kaki detoks. Siapapun yang mengalami efek samping dari penggunaan detox foot pad harus segera berhenti menggunakannya.

Apalagi jika mereka mengalami kesulitan bernapas, mereka harus meminta bantuan darurat.

Menggosok dan merendam kaki memang merupakan cara yang baik untuk rileks dan meredakan kaki yang lelah dan sakit sebagai bagian dari perawatan diri.

Meskipun demikian, penelitian berkualitas belum dapat menemukan manfaat apa pun untuk "detoksifikasi" melalui kaki. Jadi manfaat kinoki untuk mendetoksifikasi tubuh ini tidak benar.

Ada juga ahli kesehatan yang yakin bahwa detox foot pad ini tidak berbahaya namun ia memiliki efek plasebo atau palsu. Kaki seseorang penuh dengan pori-pori, seperti wajah.

Saat bantalan perekat menempel di sekitar telapak kaki dan menutupi area untuk malam hari, kaki berkeringat dan cuka di bantalan kaki meningkatkan keringat. Namun, para ahli masih belum percaya bahwa pembalut memiliki efek dalam mendetoksifikasi tubuh.

Ingat, sejauh ini Tidak ada bukti ilmiah bahwa manfaat kinoki baik untuk membuang racun di tubuh. FTC telah melarang satu perusahaan untuk beriklan karena klaim palsu yang mereka buat tentang produk mereka.

FTC juga tidak menemukan bukti bahwa bantalan kaki membantu kondisi kesehatan atau penurunan berat badan. Jadi, ke depannya selalu pastikan produk yang Moms gunakan telah terbukti secara ilmiah ya Moms!

  • https://www.everydayhealth.com/columns/zimney-health-and-medical-news-you-can-use/kinoki-detox-foot-pads-a-scambuster-report/
  • https://www.healthline.com/health/under-review-detox-foot-pads#What-are-the-risks,-if-any
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/do-detox-foot-pads-work
  • https://www.ftc.gov/news-events/press-releases/2010/11/ftcs-request-judge-imposes-ban-marketers-detox-foot-pads
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6773238/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3699878/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4230973/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait