Kehamilan

KEHAMILAN
31 Mei 2020

8 Manfaat Kol untuk Ibu Hamil, Luar Biasa!

Selain mudah ditemukan dan murah, kol memiliki segudang manfaat untuk ibu selama masa kehamilan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Kehamilan merupakan fase yang rentan bagi seorang ibu. Di masa kehamilan, Moms harus menjauhi beberapa makanan tertentu dan mematuhi dokter kandungan atau bidan untuk makan-makanan yang sehat untuk diri sendiri dan Si Kecil dalam kandungan. Bila lalai maka dapat membahayakan dua nyawa sekaligus.

Baca Juga: 9 Cara Deteksi Skoliosis Pada Anak Sejak Dini

Saat mempertimbangkan makanan sehat, sayuran pasti terlintas dalam pikiran. Salah satunya adalah kol. Nah, menurut Oregon Health & Science University, kol untuk ibu hamil aman karena kaya akan nutrisi dan menawarkan banyak manfaat kesehatan.

Manfaat Kol untuk Ibu Hamil

Berdasarkan Ummas.edu, kol yang dimasak selalu lebih aman daripada yang mentah karena meminimalkan risiko keracunan makanan. Lalu, apa saja manfaat kol untuk ibu hamil? Berikut ulasannya.

1. Baik untuk Pencernaan

konstipasi saat hamil (1).jpg

Foto: Orami Photo Stock

Dilansir dari Health.gov, manfaat kol untuk ibu hamil adalah memiliki kandungan serat makanan dalam jumlah tinggi yang berarti membantu atur pergerakan usus dan pencernaan.

Lalu, konstipasi adalah salah satu masalah umum kehamilan yang mampu diredakan lewat makan kol.

2. Meningkatkan Kesehatan DNA

Kol adalah sumber kaya asam folat yang penting membangun DNA Si Kecil dalam kandungan. Karenanya, manfaat kol untuk ibu hamil ini membantu melindungi bayi dari kelainan bawaan seperti cacat tabung saraf.

3. Rendah kalori

Berat badan saat hamil

Foto: Orami Photo Stock

Winsconsin Department of Public Instruction menerangkan kol merupakan makanan yang rendah kalori dan bisa membantu mengatur berat badan selama kehamilan.

Sehingga, bila Moms khawatir dengan berat badan saat hamil, tak ada salahnya menjadikan kol sebagai salah satu menu makanan.

4. Cegah Diabetes Gestasional

Kandungan serat makanan yang tinggi dalam kol mengelola kadar gula darah dan menurunkan risiko diabetes gestasional yang kerap dialami oleh ibu hamil.

5. Meningkatkan Kesehatan Tulang dan Imunitas Tubuh

Kol mengandung tingkat vitamin K dan vitamin C. Manfaat kol untuk ibu hamil yaitu menjaga tulang lebih kuat serta meningkatkan imunitas tubuh.

Baca Juga: 5 Manfaat Brokoli Untuk Ibu Hamil dan Janin

6. Kelola Tekanan Darah

Kol kaya akan elektrolit dan mineral seperti zat besi, kalsium, kalium, magnesium, dan fosfor. Menurut Kevaind, mereka semua memainkan peran penting bagi ibu hamil dalam mengatur tekanan darah dan detak jantung.

7. Turunkan Risiko Anemia

The Medscape Journal menerangkan kekurangan zat besi saat hamil akan mengakibatkan anemia. Sehingga, konsumsi kol yang kaya akan zat besi akan mengantisipasi bahkan menurunkan risiko anemia saat hamil.

8. Hilangkan Bengkak Kehamilan

Bengkak saat hamil

Foto: Orami Photo Stock

Moms, kol bermanfaat untuk mengeluarkan kelebihan cairan dari tubuh. Karena itu sangat membantu mengurangi pembengkakan, yang terjadi selama dan setelah kehamilan.

Caranya, membungkus kol di sekitar area yang bengkak untuk meringankan rasa sakit dan ketidaknyamana. Kemudian, gantilah daunnya begitu basah dan ulangi dua kali sehari bahkan ini juga membantu mengurangi pembengkakan payudara setelah melahirkan.

Baca Juga: 4 Sumber Kolin Terbaik untuk Ibu Hamil

Untuk mendapatkan manfaat kol untuk ibu hamil, maka penting juga untuk mengetahui cara mengonsumsinya:

  • Cuci, rebus, tumis, atau masak kol. Hindari memakannya mentah selama kehamilan.
  • Hindari makan terlalu banyak kol.
  • Beli dengan bijak dan buat persiapan baru agar tetap menarik.

Mempertimbangkan semua manfaat kesehatan dari kubis selama kehamilan, konsumsilah varietas favorit Moms dengan cara yang aman dan sehat.

Konsultasikan dengan dokter kandungan atau bidan untuk diet yang tepat, agar dibuat khusus untuk tubuh dan untuk kesehatan bayi

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait