Kesehatan

KESEHATAN
4 Maret 2021

Manfaat Kopi Hijau untuk Diet, Mitos atau Fakta?

Keamanannya tergantung dari produk yang kita beli
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Manfaat kopi hijau disebut-sebut sangat banyak untuk tubuh. Dari mulai menurunkan berat badan hingga menurunkan darah tinggi adalah dua dari banyak hal yang dikatakan atau dikabarkan sebagai manfaat kopi hijau.

Green coffee dikenal juga dengan nama kopi hijau. Jenis kopi ini adalah biji kopi (biji) dari buah-buahan Coffea yang belum dipanggang. Proses pemanggangan biji kopi mengurangi jumlah asam klorogenat kimia.

Oleh karena itu, biji kopi hijau memiliki tingkat asam klorogenat yang lebih tinggi dibandingkan dengan biji kopi biasa. Asam klorogenat dalam kopi hijau dianggap menjadi manfaat kopi hijau untuk kesehatah.

Kopi hijau menjadi populer untuk menurunkan berat badan setelah disebutkan di acara Dr. Oz pada tahun 2012. Dalam acara tersebut, Dr. Oz menyebutnya sebagai ‘biji kopi hijau yang membakar lemak dengan cepat’ dan mengklaim bahwa tidak diperlukan olahraga atau diet. Amankah green coffee untuk diet?

Baca Juga: 4 Menu Sarapan Untuk Turunkan Berat Badan

Cara Kerja Kopi Hijau untuk Menurunkan Berat Badan

kopi hijau untuk diet

Foto: Orami Photo Stock

Biji kopi merupakan sumber dua fitokimia terbaik, kafein dan asam klorogenat. Asam klorogenik adalah salah satu asam yang berguna untuk menurunkan berat badan. Nah, hal inilah yang dikatakan

Namun, memanggang biji kopi dapat menghancurkan asam klorogenik, itulah sebabnya ekstrak kopi hijau cocok untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan.

Berdasarkan sebuah jurnal dari US National Library of Medicine tentang kopi hijau, manfaat kopi hijau unuk diet yang mengandung asam klorogenik dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dengan menurunkan regulasi gen yang menyebabkan kenaikan berat badan.

Baca Juga: Ini Rumus Bikin Kopi Tubruk Enak

Dalam International Journal Corner, asam klorogenik juga dapat mencegah penyerapan lemak dan meningkatkan metabolisme lemak di hati, sehingga membantu penurunan berat badan.

Ekstrak green coffee untuk diet dapat membantu menurunkan gula darah dan menjaga lonjakan insulin tetap terkendali. Selain meningkatkan metabolisme lemak, asam klorogenat juga menormalkan hormon terkait obesitas.

Amankan Penggunaan Kopi Hijau untuk Diet?

kopi hijau untuk diet

Foto: Orami Photo Stock

Melansir jurnal The use of green coffee extract as a weight loss supplement, kopi hijau memang bisa digunakan untuk program diet.

Namun perlu diketahui bahwa, produk green coffee untuk diet yang dipasarkan oleh berbagai perusahaan dapat mengandung asam klorogenat dan kafein dalam konsentrasi berbeda.

Selain itu, karena suplemen tidak harus konsisten dalam hal komposisi, kopi hijau berkualitas rendah dapat dijual atas nama kopi hijau berkualitas tinggi.

Baca Juga: Singkirkan Mata Lelah dengan Ampas Kopi

Akhirnya, kafein dalam kopi hijau berkualitas rendah dapat bereaksi dengan obat lain dan suplemen yang saat ini Moms konsumsi.

Jadi, sebelum memutuskan untuk mengonsumsi kopi hijau, pertimbangkan produk dengan baik terlebih dahulu, bila perlu bicarakan dengan dokter untuk mengetahui merek mana yang sebaiknya dipilih.

Perhatikan bagian manfaat dan efek samping sebelum membeli. Jadi, semuanya tergantung dari produk yang Moms beli ya.

Manfaat Kopi Hijau untuk Kesehatan

Manfaat Kopi Hijau

Foto: Orami Photo Stock

Bukan hanya memiliki manfaat untuk diet, manfaat kopi hijau untuk kesehatan pun cukup baik.

Asam klorogenat yang dimiliki oleh kopi hijau juga disebut bisa mengurangi tekanan darah.

Dalam sebuah penelitian yang diberi judul Clinical and Experimental Hypertension, ditunjukkan bahwa pasien yang mengonsumsi 140 mg ekstrak biji kopi per hari menunjukkan adanya penurunan tekanan darah.

Selama ini pun belum ada efek samping yang dilaporkan oleh pasien mengenai konsumsi kopi hijau ini.

Jadi, manfaat kopi hijau sendiri bisa disebut sebagai cara yang aman untuk membantu menurunkan tekanan darah.

Selain itu, manfaat kopi hijau untuk kesehatan sendiri adalah antioksidan. Biji kopi hijau mengandung beberapa zat antioksidan yang bisa mengurangi efek radikal bebas. Zat radikal bebas sendiri biasanya bisa merusak sel dalam tubuh.

Manfaat kopi hijau sendiri pun bisa dijadikan sebagai pencegahan agar Moms bisa lebih sehat dengan mengurangi jumlah kerusakan sel dalam tubuh.

Antioksidan, asam klorogenat yang terkandung dalam kopi hijau pun bisa membantu dalam usaha pencegahan perkembangan empat jenis sel kanker sehingga dikatakan lumayan efektif untuk membantu mencegah beberapa jenis kanker. Wah, manfaat kopi hijau untuk kesehatan banyak juga ya, Moms!

Efek Samping Kopi Hijau

Manfaat Kopi Hijau

Foto: Orami Photo Stock

Meski manfaat kopi hijau sangat banyak untuk kesehatan, namun ada beberapa risiko yang bisa dialami oleh orang yang mengonsumsi. Seperti yang sudah kita ketahui, kopi hijau memiliki kafein dan kafein sendiri bisa menimbulkan efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan

Selain manfaat kopi hijau, yuk ketahui efek sampingnya jika dikonsumsi secara berlebihan!

1. Sakit Kepala

Ketika dikonsumsi dalam jangka panjang, kafein yang dikandung dalam kopi hijau juga bisa menimbulkan efek sakit kepala. Hal tersebut biasanya dikarenakan gejala putus kafein atau caffeine withdrawal.

Efek ini biasanya akan muncul saat seseorang berhenti mengonsumsi kafein secara tiba-tiba, sementara ia sudah mengonsumsi kafein dalam jangka waktu panjang tanpa putus. Nah, kondisi ini juga bisa terjadi pada orang yang mengonsumsi kopi hijau.

Salah satu gejala yang menandakan putus kafein adalah sakit kepala. Sementara itu, konsumsi kafein dalam jangka waktu yang berkepanjangan sendiri dipercaya bisa meningkatkan risiko migrain.

3. Sering Buang Air Kecil

Manfaat Kopi Hijau

Foto: Orami Photo Stock

Jumlah kafein yang terkandung dalam kopi hijau sendiri lebih tinggi jika dibandingkan dengan kopi biasa. Jadi, hal inilah yang membuat orang yang mengonsumsi kopi hijau secara berlebih bisa lebih sering bolak-balik ke toilet untuk buang air kecil.

Ketika kafein membuat frekuensi buang air kecil meningkat, Moms bisa mengalami dehidrasi. Ketika dehidrasi terjadi, sakit kepala pun bisa kerap muncul.

Jadi, pastikan untuk mengonsumsi air putih yang cukup ya, Moms!

Nah, agar terhindar dari efek samping dan tetap merasakan manfaat kopi hijau, ada baiknya Moms tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

Kopi hijau sendiri pun kini tersedia dalam bentuk suplemen. Namun, Moms sebaiknya melakukan konsultasi ke dokter terlebih dahulu jika ingin menggunakannya.

Jangan sampai Moms asal meminum dan malah merasakan efek samping yang bisa mengganggu kenyamanan aktivitas harian, ya!

Jumlah kopi hijau yang dianggap aman untuk menjadi konsumsi harian adalah 1-2 cangkir saja. Dan jangan lupa untuk mengonsumsi air putih agar tubuh tidak merasa dehidrasi ya!

Baca Juga: Efek Kafein Pada Kesuburan, Baik atau Buruk?

Jadi, jangan hanya melihat dari manfaat kopi hijau saja ya, Moms! Moms juga perlu untuk mempertimbangkan efek samping dari pengonsumsian minuman ini.

Pastikan pula untuk mengonsumsi kopi hijau sesuai batas aman dan sesuai dengan yang direkomendasikan oleh dokter. Jangan lupa untuk langsung menghubungi dokter jika merasakan efek samping dari kopi hijau.

Nah, bagaimana nih ulasan mengenai manfaat kopi hijau dan juga efek sampingnya? Jika Moms atau Dads masih memiliki berbagai pertanyaan seputar manfaat kopi hijau, jangan lupa dan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar ya!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait