Kesehatan

5 Desember 2020

7 Manfaat Kuaci untuk Kesehatan, Bisa Mencegah dan Memerangi Penyakit Lho!

Cari tahu mengapa kuaci begitu bermanfaat dan harus ada dalam daftar belanjaan Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Kuaci memang enak untuk camilan ya Moms. Tapi, sebenanya, adakah manfaat kuaci untuk kesehatan? Simak ulasannya di sini.

Biji bunga matahari atau kuaci mungkin hanya dianggap sebagai camilan ringan yang sering dijadikan sebagai teman minum teh saat sore hari. Namun ternyata, biji bunga matahari ini memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan dan biasanya tidak banyak orang yang mengetahuinya.

Meski kalah popular dari biji-bijian lain seperti biji chia dan biji rami, kuaci memiliki banyak kandungan nutrisi yang tidak kalah luar biasa dari keduanya. Harganya juga cukup terjangkau yang bisa menjadi pilihan biji-bijian sehat lainnya yang wajib dimasukkan dalam daftar belanja Moms.

Selain memiliki rasa yang lezat, kuaci juga akan memberikan beberapa manfaat kesehatan yang cukup mengesankan.

“Dari mendukung kekebalan tubuh, melindungi hati, dan ramah alergi. Ini menjadikannya alternatif yang bagus selain kacang tanah dan kacang pohon lainnya jika Anda memiliki alergi makanan,” kata Stefani Sassos, MS, RDN, CDN, seorang ahli gizi terdaftar.

Baca Juga: 5 Manfaat Ibu Hamil Makan Biji Bunga Matahari, Patut Dicoba!

Kandungan Nutrisi Kuaci

7 Manfaat Kuaci -1.jpg

Foto: Healthline.com

US Department of Agriculture mencatat, satu ons kuaci yang panggang kering tanpa garam mengandung:

Kalori: 165

Total Lemak: 14 gram

Lemak Jenuh: 1,5 gram

Lemak Tak Jenuh Tunggal: 3 gram

Lemak Tak Jenuh Ganda: 9 gram

Kolesterol: 0 miligram

Sodium: 1 miligram

Karbohidrat: 7 gram

Serat: 3 gram

Gula: 0 gram

Protein: 5,5 gram

Vitamin A: 2.5 IU (Nilai Harian 0%)

Vitamin C: 0,5 mg (4 persen DV)

Kalsium: 20 miligram (2 persen DV)

Besi: 1 miligram (6 persen DV)

Meskipun kuaci memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi untuk porsi satu ons, namun itu sebagian besar terbuat dari lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda, yang merupakan sumber lemak anti-inflamasi dan penyehat jantung yang dibutuhkan tubuh.

Selain itu, kuaci juga merupakan adalah sumber serat dan protein yang baik. Moms bisa menambahkan kuaci sebagai tambahan nutrisi yang bagus ke dalam granola bar, salad, dan resep favorit lainnya agar mendapatkan berbagai manfaat kuaci untuk kesehatan.

Baca Juga: Tips Menanam Bunga Matahari, Ketahui Hal yang Perlu Diperhatikan

Manfaat Kuaci untuk Kesehatan

7 Manfaat Kuaci -2.jpg

Foto: Healthysupplies.co.uk

Meski berukuran mungil, kuaci memiliki banyak sekali manfaat kesehatan yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya. Simak beberapa manfaat kuaci untuk kesehatan di sini!

1. Manfaat Kuaci: Anti-inflamasi

Selain terkandung juga dalam biji Chia dan biji Rami, kuaci juga mengandung senyawa anti-inflamasi. Sebuah studi dari Universitas Columbia menemukan bahwa mengonsumsi biji-bijian seperti Kuaci selama lima kali atau lebih per minggu, dikaitkan dengan tingkat peradangan yang lebih rendah.

Terkait kandungan anti-inflamasi ini, saat rutin mengkonsumsi kuaci, Moms juga akan mengalami penurunan risiko beberapa penyakit kronis lainnya.

2. Manfaat Kuaci: Meningkatkan Kesehatan Jantung

Tidak seperti lemak jenuh, konsumsi lemak tak jenuh dalam jumlah sedang sebenarnya terbukti meningkatkan kesehatan jantung bagi seseorang. Sebuah studi dari Universitas Harvard menemukan, peningkatan konsumsi biji-bijian termasuk kuaci dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular, serta faktor risiko CVD, seperti kolesterol tinggi dan tekanan darah.

Berusaha untuk mengonsumsi lebih banyak lemak yang menyehatkan jantung, seperti lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang ditemukan dalam Kuaci dapat berdampak besar pada kesehatan jantung.

“Lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda dalam biji bunga matahari menunjukkan manfaat kesehatan yang jelas, terutama terkait dengan kesehatan jantung dan risiko penyakit kardiovaskular,” kata ahli diet terdaftar Alissa Rumsey, dikutip Time.

Baca Juga: Biji Bunga Matahari, Camilan Sehat Saat Program Hamil

3. Manfaat Kuaci: Membantu Mencegah dan Memerangi Penyakit

Biji bunga matahari adalah sumber yang sangat baik dari hampir selusin vitamin dan mineral esensial, dua di antaranya adalah seng dan selenium. Vitamin dan mineral tersebut dikaitkan dengan fungsinya untuk mencegah dan memerangi beberapa penyakit dalam tubuh.

Zinc merupakan bagian integral dari sistem kekebalan, karena dapat membantu mengembangkan dan mempertahankan fungsi sel kekebalan tubuh yang tepat, menurut Molecular Medicine. Selain itu, Zinc juga berfungsi sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas.

Selenium juga berperan dalam melawan peradangan dan infeksi, bersama dengan meningkatkan kekebalan, untuk memastikan tubuh menghasilkan respons yang tepat terhadap setiap penyusup di dalam tubuh. Mineral ini merupakan bagian penting untuk memiliki kesehatan mental dan mencegah gangguan neurodegeneratif seperti Alzheimer.

Kuaci kaya akan magnesium, mineral yang terlibat dalam lebih dari 300 fungsi tubuh yang berbeda, dikutip National Institute of Health . "Magnesium dapat menurunkan tekanan darah, meningkatkan kontrol gula darah dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular," kata ahli diet terdaftar, Brian St Pierre.

4. Manfaat Kuaci: Bagus untuk Ibu Hamil

Manfaat Kuaci juga akan didapatkan oleh ibu hamil. Saat Moms yang sedang hamil inginmendapatkan diet seimbang, Kuaci bisa menjadi pilihan. Sebab, kuaci termasuk biji-bijian yang merupakan sumber seng dan folat yang baik, sekaligus menjadi sumber vitamin E.

Vitamin E sangat penting untuk kesehatan kehamilan, karena dapat membantu janin berkembang dengan baik dan menggunakan sel darah merah dan otot.

Folat juga menjaga kesehatan plasenta dan membantu mencegah spina bifida, sedangkan seng membantu memproduksi insulin dan enzim, menurut American Pregnancy .

Vitamin E juga merupakan nutrisi kunci untuk mencapai kesehatan yang prima saat hamil. Moms mungkin pernah membeli produk perawatan kulit yang mengandung vitamin E di dalamnya, karena dapat melawan kerusakan akibat sinar UV dan menyehatkan kulit. Kuaci mengandung lebih dari sepertiga kebutuhan harian.

5. Manfaat Kuaci: Memelihara Kesehatan Mata

Kuaci juga kaya akan Vitamin E, yang juga dapat berfungsi sebagai antioksidan yang penting untuk memelihara kesehatan mata, menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh National Institute of Health.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa Kuaci dapat mendukung penglihatan yang baik dengan menangkal penyakit mata seperti degenerasi makula terkait usia.

Moms bisa mencoba mengoleskan mentega bunga matahari tanpa pemanis organik di atas roti gandum utuh dan taburi dengan irisan apel segar, pisang, atau beri untuk mendapat manfaatnya dengan cara yang enak.

6. Manfaat Kuaci: Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh yang kuat adalah kunci untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Salah satu manfaat dari Kuaci adalah dapat membantu mendukung kekebalan tubuh yang hebat berkat kandungan vitamin E di dalamnya.

Kuaci juga mengandung seng dan selenium, dua teman sistem kekebalan lainnya yang akan membantu menjaga kesehatantetap dalam kondisi yang baik. Tambahkan Kuaci ke atas salad atau taburkan di atas sayuran panggang untuk sensasi gigitan yang renyah dan kaya protein.

7. Manfaat Kuaci: Bagus untuk Menurunkan Berat Badan

Mendapatkan banyak serat dan protein adalah langkah penting dalam menurunkan berat badan atau menjaga berat badan yang sehat. Keduanya akan didapatkan sebagai salah satu manfaat saat mengkonsumsi kuaci secara rutin.

Kedua nutrisi tersebut akan membantu kenyang lebih lama, dan serat juga mendorong kinerja sistem pencernaan berjalan dengan baik dan membantu mengatur gula darah. Semua faktor ini akan mendukung saat menurunkan berat badan.

“Lemak, serat, dan protein memainkan peran penting dalam memberikan perasaan kenyang,” kata Alissa.

Baca Juga: Sering Dibuang, Ternyata Ini 6 Manfaat Biji Pepaya Moms!

Cara Sehat untuk Mengkonsumsi Kuaci

7 Manfaat Kuaci -3.jpg

Foto: Foodspring.uk/Gettyimages

Kuaci yang banyak beredar di pasaran biasanya melalui proses pemanggangan, dengan atau tanpa cangkangnya. Dan banyak orang yang memakannya setelah dikeluarkan dari kulitnya.

“Cangkang memiliki banyak serat dan bisa dimakan, tapi sangat keras. Dan jika tidak dikunyah dengan baik bisa merusak saluran pencernaan,” kata Stefani.

Moms bisa makan kuaci yang mentah atau membeli kuaci panggang kering dengan atau tanpa cangkang. Kuaci yang beredar di pasaran juga memiliki variasi rasa.

“Biji mentah mentah adalah versi bijinya yang paling tidak diproses. Tapi pilihlah biji yang akan Anda nikmati sehingga Anda benar-benar akan memakannya. Makan kuaci secara utuh atau taburi dengan oatmeal, yogurt, sup dan salad,” kata Brian.

Meski begitu, kuaci adalah makanan yang berlemak tinggi. Kontrol porsi kuaci saat memakannya adalah kunci agar mendapatkan manfaat kesehatan sambil menghindari kelebihan kalori.

Dan karena kuaci memiliki jumlah lemak yang baik, Kuaci juga bisa berubah menjadi tengik, jadi pastikan untuk menyimpannya dalam wadah kedap udara.

Ada banyak cara untuk menikmati kuaci sambil mendapatkan manfaat kesehatannya. Pilih cara yang paling Moms suka dan nikmatilah Kuaci bersama keluarga.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait