Kesehatan

23 Januari 2021

15 Manfaat Kulit Buah Naga, Baik untuk Jantung, Moms!

Kulit buah naga memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms pasti tidak asing dengan buah naga. Bentuknya yang unik membuat buah satu ini sangat menarik perhatian. Ada tiga jenis buah naga, yaitu kulit merah dengan daging merah, kulit kuning dengan daging putih.

Tekstur daging buah naga mirip dengan kiwi, yaitu kenyal seperti jelly. Berbeda dengan dagingnya, kulit buah naga memiliki tekstur yang sangat keras mirip dengan semangka hanya saja lebih tipis.

Walaupun berbeda tekstur, tetapi manfaat kulit buah naga tidak kalah jauh dari daging buahnya. Beberapa orang percaya, manfaat kulit buah naga lebih banyak dibandingkan dagingnya.

Yuk Moms simak, manfaat kulit buah naga untuk bibir, kesehatan dan wajah berikut ini.

Baca Juga: 11 Manfaat Buah Naga untuk Bayi Sebagai MPASI Bayi, Luar Biasa!

Manfaat Kulit Buah Naga untuk Bibir

Kulit buah naga memiliki manfaat untuk kesehatan bibir Moms. Berikut manfaat kulit buah naga untuk bibir.

1. Melembapkan Bibir

cara-menanam-buah-naga_HERO.jpg

foto: orami photo stock

Kulit buah naga mengandung vitamin B3, nutrisi ini dapat membantu melembapkan kulit Moms. Biasanya manfaat ini bisa Moms rasakan saat sudah diolah menjadi sebuah produk, seperti liptint atau lipbalm.

2. Mengembalikan Warna Alami pada Bibir

buahnaga3.webp

foto: orami photo stock

Bibir yang menggelap bisa jadi akibat hiperpigmentasi. Kondisi ini biasanya tidak berbahaya. Selain disebabkan oleh kelebihan melanin, kondisi ini juga dapat disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berlebihan, kurangnya hidrasi, merokok, reaksi alergi terhadap pasta gigi atau lipstik, terlalu banyak kafein dan kebiasaan sering mengisap bibir.

Sebagian besar penyebab tersebut bisa diatasi dengan perubahan gaya hidup, seperti memakai tabir surya, membatasi asupan kafein, atau mengganti merek pasta gigi. Selain itu, Moms juga dapat mencoba manfaat dari kulit buah naga.

Zat pewarna alami yang terkandung di dalam kulit buah naga dipercaya mampu mengembalikan warna alami bibir. Moms yang merasa memiliki bibir berwarna gelap bisa mencoba manfaat kulit buah naga ini ya.

Baca Juga: 17 Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil yang Menakjubkan!

3. Manfaat Kulit Buah Naga untuk Kesehatan

Segar Dan Bernutrisi, Inilah 5 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Balita 4.jpeg

foto: orami photo stock

Sama seperti dagingnya, kulit buah naga juga kaya akan nutrisi dan memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Kandungan antioksidan yang ada di dalam kulit buah naga sangat berguna bagi daya tahan tubuh,

Jurnal PNAS menjelaskan antioksidan merupakan senyawa yang dapat melindungi sel dari radikal bebas yang menjadi salah satu penyebab penyakit kronis dan penuaan dini.

Biar tidak terlalu penasaran, yuk Moms simak manfaat kulit buah naga untuk kesehatan.

4. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

5 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan Kulit Wanita-1.jpg

foto: orami photo stock

Kanker adalah istilah umum untuk sekelompok besar penyakit yang disebabkan ketika sel-sel abnormal membelah dengan cepat, dan menyebar ke jaringan dan organ lain. Kanker adalah salah satu penyebab utama kematian di dunia.

Kanker dinamai berdasarkan area awal kanker dan jenis selnya, bahkan jika menyebar ke bagian tubuh lainnya. Misalnya, kanker yang dimulai di paru-paru dan menyebar ke hati masih disebut kanker paru-paru.

Untuk menghindari tumbuhnya sel kanker di dalam tubuh, Moms dapat mencoba manfaat dari kulit buah naga. Karena kulit buah naga mengandung fitoalbumin, vitamin C dan mineral. Ketiga nutrisi tersebut dipercaya dapat menghambat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

Seperti yang diketahui, fitoalbumin merupakan salah satu zar yang dapat menangkal radikal bebas. Beberapa orang percaya bahwa, kulit buah naga dapat menangka kanker payudara, kanker darah dan kanker paru-paru.

5. Mencegah Tumbuhnya Tumor

5 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan Kulit Wanita-6.jpg

foto: orami photo stock

Tumor adalah massa atau benjolan jaringan yang menyerupai pembengkakan. Tidak semua tumor bersifat kanker, tetapi sebaiknya Anda menemui dokter jika muncul. National Cancer Institute mendefinisikan tumor sebagai massa jaringan abnormal yang dihasilkan ketika sel membelah lebih dari yang seharusnya atau tidak mati pada saat yang seharusnya.

Walaupun terkadang tidak berbahaya, tetapi tumor harus segera diobati dan diangkat karena dapat mengganggu kesehatan. Namun, kondisi ini dapat dicegah dengan mencoba manfaat kulit buah naga.

Kandungan nutrisi, seperti antioksidan, vitamin C dan mineral lain yang ada di dalam buah naga juga berperan aktif dalam pertumbuhan sel abnormal penyebab tumor. Sehingga, tidak sedikit orang yang memanfaatkan kulit buah naga untuk menjaga tubuhnya dari tumor.

6. Mencegah Penyumbatan Pembuluh Darah

5 Khasiat Buah Naga untuk Kesehatan Anak 1.jpg

foto: orami photo stock

Saat pembuluh darah mengalami penyumbatan dapat memberikan risiko terhadap tubuh Moms. Jika penyumbatan terjadi maka darah bersih tidak dapat dialirkan jantung ke seluruh tubuh termasuk organ-organ penting. Kondisi ini biasanya disebabkan karena adanya penumpukan lemak berlebih atau ateriosklerosis.

Kondisi ini dapat diatasi dengan mencoba manfaat kulit buah naga. Kandungan antosianin dan fitokimia yang ada di dalam buah naga dipercaya ampuh dalam melancarkan aliran darah.

7. Menurunkan Kadar Kolesterol Dalam Darah

xx manfaat kulit buah naga

foto: freepik.com

Kulit buah naga mengandung antosianin yang berperan dalam menurunkan kolesterol dalam darah. Tubuh memang memerlukan kolesterol, tetapi juga jumlahnya berlebihan juga dapat menimbulkan masalah bagi tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat kulit buah naga ini, Moms dapat merebus kulit buah naga kemudian tambahkan dengan madu. Konsumsi ramuan ini secara teratur agar kolesterol dalam tubuh Moms dapat terkendali dan tidak berlebihan.

8. Mencegah Gangguan Pencernaan

xx manfaat kulit buah naga

foto: freepik.com

Gangguan pencernaan merupakan salah satu masalah yang sering dialami oleh banyak orang, termasuk Moms. Gejala penyakit ini biasanya dimulai dengan perut kembung, mual dan muntah. Selain menjalani pola hidup sehat, gangguan pencernaan juga dapat diatasi dengan ramuan dari kulit buah naga.

Kulit buah naga kaya akan kandungan serat, sehingga dapat membantu kerja sistem penceernaan agar semakin bain. Untuk mendapatkam manfaat buah naga ini, Moms hanya perlu mengekstrak kulit buah naga dengan cara merebusnya. Kemudian minum air rebusannya selagi hangat. Konsumsi secara rutin hingga gejala gangguan pencernaan mereda.

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Anak, Segar dan Bernutrisi

9. Meningkatkan Kesehatan Jantung

xx manfaat kulit buah naga

foto: freepik.com

Ekstrak kulit buah naga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, sehingga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Buah naga adalah sumber lemak tak jenuh tunggal yang sangat baik, membantu jantung tetap dalam kondisi prima.

10. Mengobati Diabetes

xx manfaat kulit buah naga

foto: freepik.com

World Journal of Diabetes menjelaskan, diabetes adalah penyakit kronis yang telah mencapai proporsi epidemi di antara orang dewasa dan anak-anak di seluruh dunia. Diabetes yang tidak terkontrol memiliki banyak konsekuensi serius, termasuk penyakit jantung, penyakit ginjal, kebutaan, dan komplikasi lainnya.

Salah satu cara mengobati diabetes adalah dengan mencoba manfaat kulit buah naga. Kandungan serat yang tinggi dalam kulit buah naga dapat mengatur dan menstabilkan gula darah di dalam tubuh.

11. Meringankan Radang Sendi

xx manfaat kulit buah naga

foto: freepik.com

Arthritis atau radang sendiri adalah pembengkakan disertai nyeri yang terjadi pada sendi di tubuh. Gejala utama artritis adalah nyeri sendi dan kekakuan. Kondidi ini biasanya memburuk seiring bertambahnya usia. Jenis arthritis yang paling umum adalah osteoartritis dan rheumatoid arthritis.

Arthritis secara langsung mempengaruhi persendian dan menyebabkan iritasi parah dan imobilitas. Konsumsi ramuan dari kulit buah naga dapat membantu Moms melawan penyakit ini. Manfaat kulit buah naga bagi orang yang menderita radang sendi sangat besar sehingga sering disebut sebagai “buah anti-inflamasi”.

12. Menjaga Warna Pada Rambut

xx manfaat kulit buah naga

foto: freepik.com

Ekstrak kulit buah naga adalah bahan yang sangat baik untuk menjaga warna pada rambut. Cara mendapatkan manfaat ini juga snagat mudah, Moms hanya perlu mengoleskan kondisioner yang mengandung ekstrak kuliy buah naga pada kulit kepala.

Cara ini dipercaya dapat melindungi rambut yang diwarnai atau diolah secara kimiawi. Hal ini akan membuat folikel rambut tetap terbuka, memungkinkan rambut Moms bernafas dan tetap sehat dan halus.

Baca Juga: Bermanfaat bagi Anak, Ini 5 Cara Nikmat Menyajikan Buah Naga

Manfaat Kulit Buah Naga untuk Wajah

Kulit buah naga juga memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh. Jika Moms ingin mendapatkan manfaat kulit buah naga, bisa mencari produk yang mengandung kulit buah naga atau mengolahnya menjadi masker. Yuk Moms simak, manfaat kulit buah naga untuk wajah berikut ini.

13. Mencegah Penuaan Dini pada Kulit Wajah

xx manfaat kulit buah naga

foto: freepik.com

Penuaan kulit ditandai dengan ciri-ciri seperti kerutan, kehilangan elastisitas, kelemahan, dan penampilan bertekstur kasar. Proses penuaan ini disertai dengan perubahan fenotipik pada sel kulit serta perubahan struktural dan fungsional pada komponen matriks ekstraseluler seperti kolagen dan elastin.

Ekstrak kulit buah naga dapat membantu Moms mencegah penuaan dini. Karena kandungan antioksidan yang tinggi dapat menjaga kulit tetap kencang dan awet muda. Moms bahkan bisa membuat masker wajah menggunakan kulit buah naga yang dipadukan dengan madu sebagai alternatif alami masker anti penuaan.

14. Mencegah Timbulnya Jerawat di Wajah

xx manfaat kulit buah naga

foto: freepik.com

Jerawat adalah kondisi kulit yang terjadi ketika folikel rambut tersumbat minyak dan sel kulit mati. Kondisi ini umumnya terjadi di kalangan remaja, meski menyerang orang-orang dari segala usia.

Walaupun banyak sekali perawatan jerawat di pasaran, tetapi kondisi ini dapat bertahan selama bertahun-tahu. Jerawat dan benjolan sembuh perlahan, dan ketika salah satu mulai hilang, yang lain tampaknya muncul.

Bergantung pada tingkat keparahannya, jerawat dapat menyebabkan tekanan emosional dan melukai kulit. Semakin dini Moms memulai pengobatan, semakin rendah risiko mengalami masalah tersebut.

Kandungan vitamin C yang ada di dalam kulit buah naga memiliki manfaat untuk mengobati jerawat di wajah. Ekstrak kulit buah naga dapat menjadi salep tropical yang sangat ampuh menghilangkan jerawat.

Moms dapat mengolah kulit buah naga menjadi masker kemudian aplikasikan ke wajah. Untuk hasil terbaik, lakukan dua kali sehari. Sehingga wajah Moms bisa kembali mulus dan terbebas dari jerawat.

15. Mencegah Kulit Wajah Terbakar Sinar Matahari

xx manfaat kulit buah naga

foto: freepik.com

Kulit wajah yang terbakar akan berubah menjadi warna merah, nyeri pada kulit dan terasa panas saat disentuh. Biasanya muncul dalam beberapa jam setelah terlalu banyak terpapar sinar ultraviolet (UV) langsung atau matahari buatan.

Kondisi ini dapat diatasi dengan pengobatan rumahan, tetapi luka bakar akibat sinar matahari mungkin membutuhkan waktu berhari-hari untuk memudar. Jika Moms mengalami kondisi ini, bisa mencoba masker dari kulit buah naga.

Moms hanya perlu mencampur kulit buah naga yang sudah dihaluska dengan jus mentimun dan madu. Selain itu, Moms juga dapat membuat campuran seperti lidah buaya yang dapat menenangkan kulit yang terbakar.

Kandungan vitamin B3 yang melimpah di dalam kulit buah naga dapat melembabkan kulit yang terbakar sinar matahari dan melepaskan panas dari area yang terkena.

Baca Juga: Buah Naga dan 11 Manfaatnya untuk Kecantikan

Moms demikian penjelasan mengenai manfaat kulit buah naga untuk kesehatan, bibir dan juga wajah. Mulai sekarang jangan buah kulit buah naga lagi ya Moms.

Produk Rekomendasi

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait