Kesehatan

KESEHATAN
4 Januari 2021

Ketahui Berbagai Manfaat Kuning Telur untuk Kesehatan dan Kecantikan

Ini nih manfaat kuning telur yang baik untuk kesehatan dan juga kecantikan!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Rizky
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Kuning telur adalah bagian tengah dari telur mentah yang banyak dianggap sebagai bagian paling lezat. Meksi kuning telur mengandung kolesterol tingkat tinggi, akan tetapi ia juga memberikan berbagai nutrisi penting dan manfaat kesehatan, bahkan untuk kecantikan.

Telur adalah makanan yang harganya terjangkau namun padat nutrisi yang mudah ditemukan atau disiapkan. Maka tak heran, hampir seluruh penduduk dunia pasti gemar mengonsumsi telur ayam. Telur ayam juga sangat serbaguna, Moms bisa menyiapkan telur dengan beberapa cara berbeda atau menggunakannya sebagai bahan campuran makanan mulai dari makanan yang digoreng, dipanggang, hingga untuk adonan roti.

Kandungan nutrisi kuning telur bergantung pada ukuran, asal, dan pengolahan telur, serta spesies asalnya. Nilai gizi kuning telur juga sangat bervariasi tergantung pada persiapannya. Misalnya, memasak telur utuh dalam minyak dapat menggandakan atau bahkan melipatgandakan kandungan lemak dan kolesterol dari hidangan telur. Namun, menurut U.S. Department of Agriculture, kuning telur mentah menyediakan beberapa nutrisi seperti:

  • 55 kalori
  • 2,70 g protein
  • 4,51 g lemak
  • 184 miligram (mg) kolesterol
  • 0,61 g karbohidrat
  • 0,10 g gula pasir
  • 0 g serat makanan

Kuning telur mengandung setidaknya tujuh mineral esensial seperti kalsium, besi, magnesium, fosfor, kalium, sodium, dan seng. Kuning telur juga sumber vitamin yang berlimpah, terutama vitamin yang larut dalam lemak dan air. Selain itu, jika Moms ingin mendapatkan nutrisi yang lebih tinggi, maka Moms bisa mengonsumsi telur bebek, puyuh, angsa, atau kalkun.

Baca Juga: Viral Telur Ayam Infertil, Apa Artinya dan Amankah Dikonsumsi?

Manfaat Kuning Telur untuk Kesehatan

Manfaat Kuning Telur untuk Kesehatan

Foto: Orami Photo Stock

Berikut ini manfaat kuning telur untuk kesehatan yang perlu Moms ketahui:

1. Tinggi Kolesterol, Tapi Tak Pengaruhi Kolesterol Darah

Memang benar bahwa telur mengandung kolesterol tinggi. Faktanya, satu telur mengandung 212 mg, yang lebih dari setengah dari asupan harian yang direkomendasikan yaitu 300 mg.

Namun, penting untuk diingat bahwa kolesterol dalam makanan tidak selalu meningkatkan kolesterol dalam darah. Mengutip jurnal yang dipublikasikan U.S. Library of Medicine, hati sebenarnya menghasilkan kolesterol dalam jumlah besar setiap hari.

Ketika Moms meningkatkan asupan kolesterol makanan, hati kemudian akan menghasilkan lebih sedikit kolesterol untuk menyeimbangkannya.

Namun demikian, respons terhadap makan telur bervariasi antar individu, misalnya:

  • Pada 70 persen orang, telur tidak meningkatkan kolesterol sama sekali
  • Dalam 30 persen lainnya (disebut "hyper responders"), telur dapat sedikit meningkatkan kolesterol total dan LDL

Namun, orang dengan kelainan genetik seperti hiperkolesterolemia familial atau varian gen yang disebut ApoE4 mungkin perlu membatasi atau menghindari telur sama sekali.

2. Tingkatkan Kolesterol HDL atau Kolesterol Baik

HDL adalah singkatan dari high-density lipoprotein, yang sering dikenal sebagai kolesterol baik. Orang yang memiliki kadar HDL lebih tinggi biasanya memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung, stroke, dan masalah kesehatan lainnya.

Makan telur adalah cara yang bagus untuk meningkatkan HDL. Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan Journal of Internal Medicine, makan dua telur per hari selama enam minggu meningkatkan kadar HDL sebesar 10 persen.

3. Mengandung Kolin (Nutrisi Penting yang Kebanyakan Orang Tidak Mencukupinya)

Kolin adalah nutrisi yang bahkan tidak diketahui keberadaannya oleh kebanyakan orang, namun itu adalah zat yang sangat penting dan sering dikelompokkan dengan vitamin B.

Mengutip Nutrients Review, kolin digunakan untuk membangun membran sel dan berperan dalam memproduksi molekul pemberi sinyal di otak, bersama dengan berbagai fungsi lainnya.

Gejala defisiensi kolin serius, tetapi untungnya jarang terjadi. Telur utuh merupakan sumber kolin yang sangat baik. Satu telur mengandung lebih dari 100 mg nutrisi yang sangat penting ini.

Baca Juga: 5 Manfaat Makan Sebutir Telur Untuk Sarapan Anak Setiap Hari

4. Menjaga Kesehatan Mata

Salah satu konsekuensi dari penuaan adalah penglihatan yang cenderung memburuk. Ada beberapa nutrisi yang membantu melawan beberapa proses degeneratif yang dapat mempengaruhi mata kita.

Dua di antaranya disebut lutein dan zeaxanthin. Mereka adalah antioksidan kuat yang menumpuk di retina mata dan terdapat dalam kuning telur juga, dan jumlahnya besar.

Studi dari Investigative Ophthalmology and Visual Science menunjukkan bahwa mengonsumsi nutrisi dalam jumlah yang cukup dapat secara signifikan mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula, dua gangguan mata yang sangat umum.

Makan hanya 1,3 kuning telur per hari selama 4,5 minggu meningkatkan kadar lutein dalam darah sebesar 28–50 persen dan zeaxanthin sebesar 114–142 persen. Telur juga tinggi vitamin A, sehingga kesehatan mata Moms pasti akan terjaga berkat konsumsi kuning telur.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Telur sangat mengenyangkan. karena kuning telur adalah makanan berprotein tinggi, dan protein, sejauh ini, adalah makronutrien yang paling mengenyangkan.

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan di Journal of American College of Nutrition, 30 wanita yang kelebihan berat badan yang makan telur sebagai pengganti roti untuk sarapan mengalami peningkatan rasa kenyang dan membuat mereka secara otomatis makan lebih sedikit kalori selama 36 jam berikutnya.

Dalam penelitian lain, mengganti sarapan bagel dengan sarapan telur menyebabkan penurunan berat badan yang signifikan selama delapan minggu.

6. Tidak Meningkatkan Risiko Penyakit Jantung dan Dapat Mengurangi Risiko Stroke

Selama beberapa dekade, telur telah disebut sebagai sumber kolesterol jahat sehingga berdampak buruk bagi jantung. Banyak penelitian yang diterbitkan dalam beberapa tahun terakhir telah meneliti hubungan antara makan telur dan risiko penyakit jantung.

Satu ulasan dari 17 studi dengan total 263.938 peserta tidak menemukan hubungan antara asupan telur dan penyakit jantung atau stroke.

Banyak penelitian lain sampai pada kesimpulan yang sama. Namun, beberapa penelitian telah menemukan bahwa penderita diabetes yang makan telur memiliki peningkatan risiko penyakit jantung.

Sayangnya, apakah telur benar-benar menyebabkan peningkatan risiko tidak diketahui, karena jenis penelitian ini hanya dapat menunjukkan hubungan statistik. Mereka tidak dapat membuktikan bahwa telur menyebabkan apapun.

Baca Juga: Yuk Hilangkan Komedo Dengan Masker Putih Telur!

Manfaat Kuning Telur untuk Kecantikan

Manfaat Kuning Telur untuk Kecantikan

Foto: Orami Photo Stock

Sementara itu, untuk kecantikan, ada beberapa manfaat yang bisa Moms dapatkan dari kuning telur, antara lain:

7. Manfaat Kuning Telur untuk Wajah

Telur dapat digunakan untuk memperbaiki tekstur kulit, baik yang kering maupun berminyak. Kuning telur kaya akan asam lemak yang dapat memberikan Moms kelembapan pada kulit, sedangkan putih telur mengandung albumin, suatu bentuk protein sederhana yang membantu mengencangkan pori-pori dan juga menghilangkan minyak berlebih.

Moms bisa mendapatkan manfaat kuning telur untuk wajah dengan mencampurkan kuning telur dengan beberapa bahan lain seperti lemon, yogurt, atau madu untuk dijadikan masker wajah alami.

8. Manfaat Kuning Telur untuk Rambut

Nutrisi yang secara alami terkandung dalam kuning telur sama dengan nutrisi yang ada pada rambut sehat dan berkilau. Beberapa orang mengoleskan kuning telur ke kulit kepala mereka sebagai pengobatan untuk rambut rontok, rambut rapuh, atau mencoba membuat rambut mereka tumbuh lebih cepat.

Kuning telur dapat membantu rambut melawan kerusakan. Mengutip Journal of Dermatology Practical & Conceptual, ini karena kuning telur kaya akan vitamin yang dapat membuat rambut lebih tahan terhadap kerusakan.

Kuning telur sangat berguna untuk melembabkan rambut yang tampak kering. Kuning telur juga bisa menjadi makanan super untuk rambut karena kombinasi unik vitamin yang terdapat di dalamnya. Vitamin A dan E, biotin, dan folat hanyalah beberapa nutrisi yang para peneliti kaitkan dengan pertumbuhan rambut dan rambut sehat.

Manfaat kuning telur untuk rambut selanjutnya adalah membantu rambut tumbuh lebih cepat. Kamu bisa mengoleskan kuning telur langsung ke kulit kepala untuk menanamkan vitamin ke akar rambut.

Ini berarti rambut baru akan tumbuh lebih kuat dan tidak mudah patah dan rontok. Saat rambut tidak terlalu rontok, maka ia akan terlihat lebih cantik.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait