Gizi

1 Desember 2021

16 Manfaat Kunyit Asam untuk Kesehatan, Bisa Dicoba!

Redakan nyeri menstruasi dengan minum jamu kunyit asam, ya Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Defara Millenia
Disunting oleh Adeline Wahyu

Manfaat kunyit asam dapat Moms rasakan dengan mengonsumsinya secara rutin. Kunyit asam sendiri merupakan minuman tradisional atau jamu yang diracik dari dua jenis rempah yang berbeda, yaitu kunyit dan asam Jawa.

Jamu kunyit asam menjadi salah satu cara untuk menghilangkan keram saat menstruasi terjadi. Jamu kunyit asam sendiri sudah dipercaya sedari dulu sebagai obat herbal untuk meredakan nyeri menstruasi.

Namun tak hanya meredakan nyeri menstruasi, manfaat kunyit asam juga dapat mengobati beragam masalah kesehatan lainnya, lho.

Lantas, apa saja manfaat kunyit asam untuk kesehatan? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Daun Sirih bagi Wanita, bukan Hanya untuk Kebersihan Vagina

Manfaat Kunyit Asam untuk Menstruasi

Jamu kunyit asam adalah minuman yang mudah ditemukan dan umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Minuman sehat berwarna kuning ini terbuat dari bahan dasar kunyit yang dicampur dengan asam jawa.

Rasa asam manis dapat Moms rasakan langsung dan mampu menghangatkan tubuh secara menyeluruh.

Lantas, mengapa jamu kunyit asam baik dikonsumsi saat menstruasi?

Dilansir dari studi dalam Complementary Therapies in Medicine, para peneliti melihat curcumin, senyawa utama dalam kunyit dan pengaruhnya terhadap karakteristik emosi, fisik, dan perilaku menjelang menstruasi.

Hal ini termasuk perubahan suasana hati, sakit kepala, kram, kelelahan, dan kekurangan energi.

Hasilnya mencatat, bahwa setelah dikonsumsi secara rutin, curcumin mampu menurunkan gejala-gejala tersebut.

Selain bisa menghilangkan atau meredakan nyeri saat menstruasi. Berikut khasiat jamu kunyit asam yang bisa Moms rasakan ketika dikonsumsi secara rutin:

1. Siklus Haid Jadi Teratur

kunyit asam

Foto: theculturetrip.com

Manfaat kunyit asam untuk menstruasi yang pertama adalah membantu melancarkan siklus haid Moms.

Biasanya, siklus haid yang normal sekitar 28 hari. Jika siklus haid tak teratur, biasanya Moms akan mengalami siklus lebih dari 35 hari dan mengalami rasa nyeri yang lebih sakit dari biasanya.

Tak hanya itu Moms, aliran darah menstruasi juga terkadang bisa lebih deras atau malam lebih sedikit. Nah, dengan mengonsumsi jamu kunyit asam, siklus haid bisa diperbaiki serta nyeri hadi pun bisa menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Kunyit bisa memicu siklus haid dengan aman dan alami karena dikenal sebagai sumber estrogen yang baik untuk wanita yang sedang menstruasi.

Baca Juga: Benarkah Batuk Bisa Jadi Tanda Gagal Jantung? Kenali Gejala Lain dan Pengobatannya

2. Mengurangi Sembelit dan Meredakan Perut Kembung

Sembelit dan perut kembung adalah kondisi yang biasa dirasakan ketika seorang perempuan sedang mengalami menstruasi. Dengan minum jamu kunyit asam, kedua hal ini bisa diredakan.

Manfaat kunyit asam ini bekerja sebagai antimikroba, antioksidan dan antiperadangan, yang bisa digunakan untuk melancarkan pencernaan sehingga perut kembung ban sembelit bisa diatasi.

Jadi, jangan sampai tidak mengonsumsi jamu kunyit asam ketika mengalami masalah pencernaan saat menstruasi ya, Moms!

3. Meredakan Gejala PMS

manfaat kunyit asam pms

Foto: Orami Photo Stock

Biasanya PMS atau sindrom pra menstruasi datang sebelum haid. Nah, ketika PMS perempuan akan mengalami gejala yang berbeda-beda.

Biasanya, gejala PMS sendiri berupa sakit kepala, lemas, pilek, hingga munculnya jerawat. Dengan mengonsumsi jamu kunyit asam secara rutin, kandungannya mampu untuk meredakan gejala PMS lho, Moms!

Sistem kekebalan tubuh yang bekerja dengan baik ampuh untuk mencegah pilek atau infeksi bakteri yang menjadi penyebab jerawat.

Jika mengonsumsi jamu kunyit asam dengan rutin, khasiatnya bisa mengatasi rasa lemas dan tubuh menjadi lebih bugar.

Baca Juga: Dextromethorphan untuk Flu dan Batuk: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

4. Mengatasi Mood Swing saat Menstruasi

Ketika menstruasi datang, pergolakan hormon yang terjadi isa menyebabkan peruahan emosi yang cukup drastis. Jadi, sebuah hal yang wajar ketika perempuan menjadi lebih cepat marah atau sedih ketika menstruasi.

Dilansir dari Psychiatry Advisor, jamu kunyit asam bisa menyeimbangkan zat kimia pada otak sehingga Moms terhindar dari mood swing, lho!

5. Mencegah Infeksi

manfaat kunyit asam vagina

Foto: Orami Photo Stock

Tahukah Moms kalau menstruasi bisa meningkatkan Moms terkena infeksi? Ya, berbagai jenis infeksi oleh jamur atau bakteri pada vagina bisa hadir karena menstruasi, Moms.

Kendati demikian, Moms tidak perlu khawatir. Salah satu manfaat kunyit asam bisa mencegah dan bahkan menghentikan pertumbuhan bakteri dan juga jamur di vagina.

Kunyit sendiri memiliki funsgi sebagai antijamur serta antiseptik alami sehingga ampuh untuk menjaga kesehatan serta kebersihan vagina nih, Moms!

Baca Juga: Sinopsis dan Profil Pemain Layangan Putus, Reza Rahadian Adu Akting dengan Anya Geraldine!

Manfaat Kunyit Asam untuk Kesehatan Lainnya

Selain mengatasi masalah menstruasi, kunyit bisa membantu mengatasi berbagai masalah penyakit serius, lho.

Berikut berbagai manfaat kunyit asama yang bisa Moms rasakan saat rutin mengonsumsinya:

6. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat kunyit asam untuk kesehatan yang pertama adalah meningkatkan daya tahan tubuh.

Hal ini karena kunyit asam mengandung anti bakteri dan anti peradangan. Secara tidak langsung, jika sistem imunitas tubuh kuat, tubuh akan mampu untuk melawan berbagai mikroorganisme penyebab penyakit.

7. Mengatasi Keputihan

Resep Jamu Kunyit Asam.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Keputihan merupakan masalah kesehatan reproduksi yang sering dialami oleh para wanita, keadaan ini akan menimbulkan kondisi yang tidak nyaman serta dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Ada berbagai cara mengatasi masalah keputihan, salah satunya mengonsumsi kunyit asam.

Manfaat kunyit asam ini dipengaruhi oleh kandungan mineral dan minyak atsiri yang dimilikinya. Kedua kandungan ini mampu hentikan dan cegah keputihan.

8. Sebagai Detoks Tubuh

Manfaat jamu kunyit asam yang selanjutnya adalah tubuh menjadi bersih dan bebas dari racun.

Kunyit asam dapat dikatakan sebagai minuman detoksifikasi atau minuman penetral racun yang masuk dalam tubuh.

Racun atau toksin dapat ditemui di mana saja, terutama berasal dari polusi udara yang tercemar oleh asap kendaraan. Ketika tubuh menghirup udara yang sudah tercampur dengan polusi asap, racun yang ada di dalamnya akan mengendap melalui makanan atau obat yang sedang dikonsumsi.

Jika racun tersebut tidak dibersihkan, akan memberikan efek yang buruk bagi tubuh. Hal ini bisa dinetralisir dengan mengonsumsi kunyit asam sebagai detoks alami yang dapat membersihkan semua racun dalam tubuh.

Baca Juga: Serba-serbi Milk Blister, Jerawat Payudara yang Mengganggu Proses Menyusui

9. Menurunkan Berat Badan

berat-badan-turun-drastis.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat kunyit asam selanjutnya adalah bisa menurunkan berat badan.

Kandungan kurkumin, yaitu suatu antioksida pada kunyit asam berfungsi menekan respon peradangan pada sel tubuh, temasuk sel pankreas, lemak, dan otot.

Reaksi ini dapat membantu mengurangi resistensi insulin, menurunkan kadar gula darah dan kolesterol serta kondisi metabolik lainnya akibat obesitas.

Alhasil, berat badan Moms cenderung lebih stabil dan menurunkan risiko obesitas. Selain itu, tubuh juga menjadi lebih fokus saat menurunkan berat badan karena minimnya reaksi peradangan pada tubuh setelah minum kunyit asam.

10. Mencegah Penuaan Dini

Moms, apabila sering terpapar radikal bebas dan mengonsumsi makanan yang kurang sehat, maka risiko penuaan dini dapat meningkat drastis.

Oleh sebab itu, Moms perlu mengonsumsi kunyit asam yang mengandung antioksidan untuk melawan tanda-tanda penuaan dini dan mencegah hiperpigmentasi akibat paparan sinar ultraviolet (UV).

11. Meningkatkan Fungsi Otak

manfaat kunyit asam

Foto: Orami Photo Stock

Seiring pertambahan usia, kemampuan mengingat dan konsentrasi bisa saja menurun. Untuk mengatasinya, ada cara meningkatkan daya ingat yang dapat dilakukan yaitu mengonsumsi kunyit asam.

Kandungan kurkumin yang terdapat dalam kunyit asam mampu meningkatkan fungsi brain-derived neurotrophic factor (BDNF).

Dengan begitu, fungsi otak dapat meningkat dengan baik sehingga manfaat kunyit asam juga dapat menghindarkan dari penyakit depresi, alzheimer, dan penyakit yang menyerang otak lainnya.

Baca Juga: Sholat Qobliyah Subuh, Sunnah yang Lebih Baik dari Dunia dan Seisinya

12. Mencegah dan Mengatasi Jerawat di Wajah

Salah satu manfaat kunyit asam yang sudah diketahui sejak lama adalah dapat mengatasi jerawat.

Sering kali para wanita yang menjelang menstruasi akan mengalami timbulnya jerawat hormonal di wajah, namun semua itu bisa diatasi dengan kunyit asam.

Kunyit asam dapat meredakan peradangan dan mencegah timbulnya jerawat karena mengandung vitamin A dan vitamin C dalam kunyit.

13. Mencerahkan Kulit

manfaat kunyit asam kulit cerah

Foto: Orami Photo Stock

Selain berguna untuk mengatasi masalah jerawat, manfaat kunyit asam juga dapat mencerahkan kulit. Kandungan vitamin A an C yang terdapat dalam kunyit asam memang dipercaya dapat membuat kulit menjadi lebih cerah.

Bagi Moms yang memiliki masalah kulit kusam dan ingin wajahnya halus, bisa mulai rutin mengonsumsi kunyit asam untuk hasil yang maksimal.

14. Menurunkan Kadar Gula Darah

Diabetes tipe 2 merupakan kondisi yang berkaitan dengan gangguan dalam kadar gula darah. Padahal tingkat gula darah memainkan peran penting dalam tubuh untuk memproduksi atau menggunakan insulin dengan baik yang mengatur kadar gula darah.

Untuk mengatasi, Moms bisa mengonsumsi kunyit asam secara rutin, lho.

Kunyit menjadi salah satu rempah-rempah yang disebut dapat menurunkan gula darah. 

Kunyit diyakini memiliki berbagai manfaat kesehatan yang meliputi penghilang rasa sakit dan pencegahan penyakit. Kurkumin, komponen aktif dalam kunyit juga dapat membantu seseorang menurunkan gula darahnya.

Sebuah penelitian Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine menujukkan bahwa, kunyit dapat membantu mengelola kadar glukosa tinggi dalam darah. Rempah-rempah itu terbukti meningkatkan sensitivitas insulin yang mengarah pada menurunkan gula darah.

Baca Juga: 5 Fakta Gagal Jantung, Penyebab Meninggalnya Pesinetron Hanna Kirana

15. Mengatasi Maag

Maag

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat kunyit asam selanjutnya adalah mengatasi sakit maag.

Penyakit maag adalah kondisi kronis yang mempengaruhi sistem pencernaan. Kondisi ini merupakan bentuk refluks asam yang lebih serius dan tahan lama sehingga menghasilkan nyeri ulu hati yang berkepanjangan.

Melansir Systematic Reviews, kunyit membantu mengurangi frekuensi kekambuhan gejala maag. Sebab kurkumin dalam kunyit juga bekerja mengendalikan produksi asam lambung dan empedu berlebih.

16. Mengurangi Risiko Komplikasi Penyakit Jantung

Manfaat jamu kunyit asam yang selanjutnya adalah mengurangi risiko komplikasi penyakit jantung.

Kandungan kurkumin pada kunyit memiliki fungsi utama sebagai antioksidan dan antiradang.  Selain itu dalam sebuah penelitian dikatakan bahwa mengonsumsi kurkumin secara rutin dapat mengurangi risiko komplikasi akibat penyakit jantung.

Baca Juga: 7 Manfaat Vaksinasi, Mencegah Penularan Penyakit hingga Menghemat Biaya

Nah itu dia Moms berbagai manfaat kunyit asama untuk kesehatan. Semoga membantu ya!

  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/26051565/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3857752/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3731878/
  • https://www.healthline.com/nutrition/top-10-evidence-based-health-benefits-of-turmeric
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/306981
  • https://www.psychiatryadvisor.com/home/topics/mood-disorders/curcumin-shows-promise-as-depression-treatment/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait