Kesehatan

KESEHATAN
17 Januari 2021

11 Manfaat Kunyit Hitam, Ternyata Mampu Mengatasi GERD

Kunyit hitam memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh khususnya lambung
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Kunyit hitam terlihat sangat berbeda dari kunyit oranye pada umumnya. Tampilan kunyit hitam lebih mirip dengan jahe. Selain itu, aroma kunyit hitam juga lebih menyengat dan juga memiliki rasa yang sangat pahit saat dikonsumsi.

Rempah yang satu ini terbilang sangat sulit ditemukan. Karena kunyit hitam memang lebih banyak ditanam di negara empat musim dan dipanen pada pertengahan musim dingin. Walaupun jarang, manfaat kunyit hitam sangat banyak untuk tubuh Moms.

Pharmacognosy Journal menjelaskan bahwa kunyit hitam merupakan alternatif herbal untuk berbagai penyakit dan dapat digunakan sebagai obat.

Baca Juga: Ini 12 Manfaat Masker Kunyit, Yuk Coba!

Manfaat Kunyit Hitam untuk Kesehatan

Diantara spesies kunyit, tumbuhan satu ini paling tinggi kandungan kurkumin. Tak heran, kalau rempah satu ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan memberikan efek penyembuhan. Kunyit hitam sudah sejak lama dimanfaat kan untuk mengobati radang sendi, asma dan epilepsi.

Selain itu, kunyit hitam juga dapat meredakan memar dan keseleo serta membantu meredakan gejala migrain. Caranya, Moms hanya perlu menempelkan kunyit hitam yang sudah dihaluskan ke bagian yang sakit.

Tak berhenti sampai disitu, masih banyak manfaat kunyit hitam untuk kesehatan yang perlu Moms ketahui.

1. Menyembuhkan Penyakit di Paru-paru

Apakah Kanker Paru-Paru Non-Perokok Beda dengan Perokok Ini Penjelasannya!.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Kunyit Hitam sangat bermanfaat untuk memperbaiki atau mengobati penyakit paru-paru seperti asma, bronkitis, radang paru-paru dan lainnya. Hal ini dikarenakan kandungan kurkumin dalam Kunyit Hitam sangat tinggi dan berguna untuk kesehatan tubuh.

Senyawa yang ditemukan dalam kunyit hitam juga tidak mengganggu obat paru-paru lain, sehingga Moms bisa mengkonsumsi obat dokter dengan ramuan kunyit secara bersamaan.

2. Mengobati Penyakit Leucoderma

Vitiligo pada Ibu Hamil, Berbahaya atau Tidak - 01 TIDAK MENULAR - medicalnewstoday.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Leukoderma adalah kelainan kulit di mana bercak kulit cenderung kehilangan warna aslinya. Leucoderma dianggap sebagai de-pigmentasi kulit yang ditandai dengan lokalisasi atau penghancuran total melanosit di dalam tubuh. Pembentukan karakteristik bercak putih pada kulit tetap terikat erat satu sama lain tidak seperti bercak yang terbentuk pada

Orang yang memiliki kelainan kulit ini dapat mencoba manfaat kunyit hitam. Biasanya, Moms bisa menemukan produk olahan dari kunyit hitam untuk mengurangi bercak putih karena leukoderma.

3. Pereda Nyeri

nyeri-punggung-atas.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Kunyit hitam dianggap sebagai pereda nyeri yang sangat baik. Mulai dari ruam, sakit gigi, osteoartritis hingga masalah perut.

Namun, untuk mendapatkan manfaat kunyit hitam ini harus sesuai dengan takaran ya Moms. Ingat, sesuatu yang berlebihan dapat memberikan efek buruk bagi tubuh.

4. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Mengenal Imunoterapi, Pengobatan dan Harapan Baru Kanker Paru

Foto: Orami Photo Stock

Beberapa penelitian menjelaskan bahwa kandungan kurkumin di dalam kunyit hitam dapat mencegah pertumbuhan sel kanker. Penelitian lain juga membuktikan bahwa senyawa ini dapat memodifikasi perubahan pra-kanker pada tubuh.

Penelitian lebih lanjut juga menunjukkan bahwa kemoterapi konvensional yang dibarengi dengan konsumsi kunyit hitam dapat menjadi kombinasi yang ampuh dalam melawan sel kanker. Jadi jika Moms mencari obat anti kanker yang tidak memiliki efek samping, kunyit hitam adalaj pilihan terbaik.

Baca Juga: Mitos Atau Fakta, Kunyit Asam Bisa Membuat Peranakan Kering

5. Mengontrol Berat Badan dan Gula Darah

4 Kebiasaan yang Tanpa Disadari Jadi Penyebab Berat Badan Naik

Foto: Orami Photo Stock

Kunyit hitam membantu pemecahan lemak makanan dalam tubuh. Jika Moms sedang menjalani program penurunan berat badan, bisa memilih kunyit sebagai salah satu obat alami.

Tak hanya itu, kunyit hitam juga dapat membantu mengatur kadar gula darah di dalam tubuh. Produksi empedu yang efisien membantu pencernaan yang lebih baik dan mencegah penyakit hati. Hal ini mengurangi risiko pengembangan resistensi insulin dalam tubuh.

6. Mengatasi Gatal Pada Kulit

Belerang membantu meredakan gatal dan infeksi kulit

Foto: Orami Photo Stock

Kunyit hitam juga dapat membantu mengatasi gatal pada kulit. Hal ini dikarenakan kandungan pada kunyit hitam mampu menjadi anti inflamasi sehingga selain mengatasi kulit gatal, kunyit juga dapat digunakan sebagai anti inflamasi pada kulit yang gatal.

7. Mencegah Osteoarthitis

Osteoartritis, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

foto: orami photo stock

Osteoartritis adalah nyeri dan kekakuan pada persendian. Penyakit ini sebagian besar menyebabkan kerusakan pada tulang rawan artikular yang ada di antara persendian. Kunyit hitam memiliki kandungan yang sama dengan Ibuprofen dan dapat mengatasi nyeri osteoarthritis.

8. Menyembuhkan Kolitis

5 Jenis Obat Alami untuk Meredakan Sakit Perut, Coba Sekarang.jpg

foto: orami photo stock

Konsumsi ekstrak kunyit hitam bermanfaat untuk mengobati radang usus besar. Selain mengkonsumsi secara langsung, Moms juga bisa mengonsumsi suplemen kunyit hitam, dua kali sehari setelah makan. Cara ini dipercaya dapat meredakan kolitis dan membantu melancarkan pencernaan.

9. Meningkatkan Stamina

5 makanan penambah stamina (1)

foto: orami photo stock

Kunyit hitam juga bisa menjadi suplemen untuk meningkatkan stamina dan vitalitas jika dikonsumsi dalam jumlah kecil. Ramuan kunyit hitam juga sangat cocok untuk menjadi minuman saat Moms merasa lelah di rumah.

Baca Juga: Ketahui 4 Manfaat Kunyit Asam untuk Kesehatan Tubuh!

Manfaat Kunyit Hitam untuk Lambung

Kunyit sudah sejak lama dipercaya dapat meredakan gangguan yang ada di lambung. Jurnal Carbohydrate Polymer menjelaskan bahwa kandungan polisakarida yang ada di dalam kunyit hitam dapat meredakan tukak lambung dengan cara melindungi lapisan lendir yang menghambat pertumbuhan bakteri penyebab maag.

Moms, yuk simak manfaat kunyit hitam untuk lambung berikut ini, bisa jadi alternatif selain obat kimia.

10. Mengatasi GERD

Heartburn dan GERD Saat Hamil 4.jpg

foto: orami photo stock

GERD atau gastroesophageal reflux adalah penyakit yang terjadi ketika asam lambung naik ke saluran esofagus. Kondisi ini dapat mengiritasi lapisan esofagus Moms.

Masalah ini bisa diatasi dengan cara mengubah gaya hidup dan konsumsi obat-obatan. Selain itu, masalah ini juga dapat diatasi dengan ramuan dari kunyit hitam. Walaupun rasanya terbilang tidak enak, tetapi ramuan ini cukup ampuh dan sudah dipercaya sejak lama.

Hal ini dikarenakan kunyit hitam kaya akan senyawa anti inflamasi dan juga antioksidan. Dalam pengobatan Cina kuno, kunyit hitam sering dijadikan sebagai salah Pereda rasa nyeri termasuk yang terjadi di lambung dan mengembalikan fungsi hati.

11. Mengatasi Heartburn atau Sakit Perut

top image heartburn tanda kehamilan

foto: orami photo stock

Konsumsi ramuan kunyit hitam juga dapat mengurangi heartburn dan juga sakit perut. Kandungan ibuprofen yang ada di dalam kunyit dipercaya dapat mengurangi rasa sakit karena adanya gangguan lambung. Selain itu kandungan senyawa anti inflamasi juga bisa membantu mengurangi rasa sakit yang sedang Moms rasakan karena gangguan lambung.

Baca Juga: Ini Manfaat Kunyit untuk Program Hamil, Catat!

Cara Memanfaatkan Kunyit Hitam untuk Obat Lambung

Untuk mendapatkan manfaat kunyit hitam untuk lambung, keringkan kemudian digiling hingga menjadi bubuk. Setelah itu diseduh dengan air panas.

Moms juga bisa mengkonsumsi the kunyit yang biasa dijual di pasaran. Konsumsi ramuan ini dianggap lebih aman dibandingkan harus meminum obat yang mengandung bahan kimia buatan.

Cara lain untuk menikmati kunyit hitam sebagai obat gangguan lambung adalah dengan cara merebus kunyit yang sudah dimemarkan. Jika ingin mengurangi rasa pahitnya, Moms dapat menambahkan madu atau gula merah.

Selain itu, campuran antara kunyit hitam dan lada juga dipercaya dapat membantu meredakan gangguan pada lambung. Lada dapat meningkatkan penyerapan dan fungsi kunyit akan semakin optimal.

Jika ingin memberli yang kemasan, Moms dapat mencari suplemen kunyit, cari merek yang memiliki ekstrak lada hitam atau piperine terdaftar sebagai bahan.

Baca Juga: Manfaat Minum Jamu Kunyit Asam saat Menstruasi

Moms demikian penjelasan manfaat kunyit hitam untuk kesehatan dan lambung. Jangan ragu untuk mencoba ramuan satu ini ya Moms.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait