Kesehatan

8 Juli 2021

7 Manfaat Kunyit Putih untuk Kesehatan

Ingin tahu manfaat kunyit putih untuk kesehatan tubuh? Simak ulasannya berikut ini!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Intan Aprilia

Pernahkah Moms mengetahui manfaat kunyit putih untuk kesehatan? Ya, mungkin kita sudah sering mendengar tentang kunyit kuning.

Kunyit ini biasanya digunakan dalam bumbu masakan sebagai penyedap rasa. Namun, bagaimana dengan kunyit putih?

Kunyit sebenarnya memiliki manfaat lebih dari sekadar bumbu masakan. Tanaman satu ini juga dikenal karena banyak manfaatnya bagi kesehatan, berkat senyawa curcumin yang terkandung di dalamnya, yang dikenal mampu meningkatkan kesehatan.

Kunyit putih masuk dalam keluarga jahe-jahean. Tanaman yang sering disebut dengan Zedoaria atau Curcuma zedoaria ini merupakan jenis tanaman yang hampir semua bagiannya bisa digunakan untuk obat, seperti akar, minyak dan daunnya.

Dilansir dari penelitian yang diungkap dalam Journal of Pharmacy and Pharmacology, kunyit putih biasa digunakan dalam pengobatan India (Ayurveda) untuk mengatasi diare, kanker, buang angin, dan masalah gangguan pencernaan.

Baca Juga: 6 Ragam Manfaat Jahe untuk Kesehatan

Manfaat Kunyit Putih untuk Kesehatan

Moms perlu mengetahui beragamnya manfaat kunyit putih untuk kesehatan tubuh, di antaranya yaitu:

1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat kunyit putih yang pertama, yaitu dapat digunakan untuk memperlancar masalah pencernaan, terutama di saluran pencernaan.

Hal ini juga dapat membantu meredakan perut kembung, buang air besar tidak teratur, gangguan pencernaan, dan lain-lain.

Perlu dipahami juga bahwa semakin tua, sistem pencernaan manusia juga semakin melemah sehingga mudah terjadi gangguan. Nah, begini caranya menjaga kesehatan sistem pencernaan Moms agar selalu sehat dan fit.

Selain menjadikan kunyit putih sebagai bumbu masakan dan pelengkap, Moms juga jangan lupa untuk rutin minum air putih.

Air digunakan untuk menjaga tingkat pH tubuh. Jika tingkat pH itu terlalu asam, artinya asam lambung meningkat sehingga perut terasa melilit. Air mampu mencegah terjadinya meningkatnya kadar asam dalam lambung.

“Kesehatan pencernaan membutuhkan asupan cairan yang cukup. Banyak faktor seperti olahraga, cuaca, berat badan dan kesehatan memengaruhi berapa banyak air yang tepat bagi kita,” ujar Dr. Tara Menon, ahli gastroenterologi di Pusat Medis Wexner University Universitas Ohio.

2. Mengurangi Peradangan

Mengurangi Peradangan

Foto: Orami Photo Stock

Kunyit putih memiliki sifat antiinflamasi yang membantu memerangi peradangan, terutama bagi orang yang menderita radang sendi.

"Hal yang bisa dimanfaatkan dari curcumin adalah sifat antiinflamasi yang paling manjur saat digunakan," kata Dr. Sara Gottfried, pakar kesehatan wanita.

Bahkan, juga dipercaya mampu mengobati luka dan penyakit kulit lainnya. Manfaat kunyit putih yang satu ini akan mengurangi rasa sakit berkat kandungan curcumenol, senyawa yang diperoleh dari tanaman ini.

Adapun inflamasi dalam tubuh dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu inflamasi akut dan kronis. Inflamasi akut dapat terjadi ketika Moms terbentur atau tidak sengaja terluka saat sedang menggunakan pisau dapur.

Sementara itu, inflamasi kronis terjadi ketika sebagai respon masuknya zat lain yang berbahaya bagi tubuh, seperti racun dari asap rokok.

Cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko peradangan dalam tubuh dapat diatasi dengan mengonsumsi makanan sehat.

Moms dapat mencoba pola makan antiinflamasi dengan konsumsi makanan seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan dan minyak sehat.

Pola hidup sehat tidak hanya menurunkan risiko penyakit kronis, tetapi juga dapat meningkatkan suasana hati dan kualitas hidup.

Baca Juga: Yuk Coba Masker Kunyit, Ini 6 Manfaatnya!

3. Memiliki Berbagai Kandungan Antioksidan

Memiliki Berbagai Kandungan Antioksidan

Foto: Orami Photo Stock

Antioksidan berperan penting dalam menjaga fungsi organ dalam tubuh seseorang. Karena adanya berbagai antioksidan, manfaat kunyit putih mampu menghambat pertumbuhan radikal bebas, yang menghancurkan sel-sel tubuh yang menyebabkan kerusakan lebih lanjut.

"Kunyit putih memiliki antioksidan kuat dan antiinflamasi yang disebut curcumin," jelas Shadoh Punnapuzha, pendiri Arya Essentials.

Senyawa curcumin bertindak sebagai anti-alergen, yang mencegah pelepasan bahan kimia yang memicu reaksi alergi.

Selain itu, ternyata mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan memiliki pengaruh yang baik dalam meningkatkan kesuburan, lho, Moms.

Hal ini diungkapkan melalui penelitian dalam jurnal Fertility and Sterility yang menemukan bahwa makanan kaya antioksidan memiliki dampak positif terhadap kesuburan dan peluang kehamilan wanita.

Meskipun begitu, para peneliti mengungkapkan bahwa manfaatnya dapat berbeda tergantung pada sumber antioksidan yang diberikan yang disesuaikan dengan BMI dan usia wanita yang mengonsumsinya.

Baca Juga: 21 Makanan Antioksidan Tinggi, Dapat Mencegah Sel Kanker

4. Baik untuk Kesehatan Jantung

Baik untuk Kesehatan Jantung.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Masih berhubungan dengan kandungan curcumin dalam kunyit putih, ternyata bumbu dapur ini juga baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Curcumin dapat meningkatkan fungsi endotel, atau kesehatan selaput tipis yang menutupi bagian dalam jantung dan pembuluh darah. Membran ini memainkan peran kunci dalam mengatur tekanan darah.

Perlu dipahami bahwa fungsi endotel yang lebih rendah dikaitkan dengan penuaan dan peningkatan risiko penyakit jantung.

Dengan demikian, curcumin membantu melindungi terhadap hilangnya fungsi terkait usia dan mengurangi kemungkinan Moms terkena penyakit jantung.

Namun, bukan berarti manfaat kunyit putih dapat mengobati penyakit jantung, ya, Moms. Tentunya perawatan akan berbeda dari pencegahan dan pengobatan penyakit itu sendiri.

Baca Juga: Ini 8 Makanan yang Ramah Jantung

5. Memperkuat Sistem Pernapasan

Memperkuat Sistem Pernapasan

Foto: Orami Photo Stock

Masalah pernapasan umumnya disebabkan oleh cairan seperti dahak dan penumpukan lendir di paru-paru dan area tubuh lainnya.

Lendir dan dahak memblokir saluran hidung dan menyebabkan kita kesulitan bernapas dan gangguan pernapasan lainnya seperti asma, batuk dan pilek.

Manfaat kunyit putih berikutnya, yaitu mampu memperkuat sistem pernapasan dan meredakan gejala gangguan pernapasan terutama ketika sedang mengalami batuk dan pilek.

Nah, Moms bisa mencampurkan kunyit putih dengan teh hangat, atau menjadikan kunyit putih sebagai bumbu masakan yang akan dikonsumsi dalam keadaan hangat.

6. Obat Alergi Alami

Obat Alergi Alami.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Kunyit putih mengandung senyawa curcuminoids yang bermanfaat sebagai anti-alergi dan terbukti dapat mengatasi gejala reaksi alergi pada kulit.

Sebuah studi juga menemukan bahwa kunyit putih sangat membantu dalam merawat pasien dengan psoriasis, salah satu kondisi kulit yang paling sulit diobati.

Senyawa ini bekerja layaknya antihistamin untuk menghambat aktivitas protein penyebab peradangan dan mencegah pelepasan histamin, zat kimia yang memicu reaksi alergi.

7. Obat Anti Jamur

Obat Anti Jamur.png

Foto: Orami Photo Stock

Kunyit putih adalah anti mikroba dan anti jamur yang ampuh. Penelitian telah membuktikan bahwa ekstrak kunyit putih dapat melawan beberapa spesies bakteri yang dapat menyebabkan penyakit, seperti E. coli.

Jamur ini menyebabkan banyak gangguan pencernaan seperti diare dan keracunan makanan, serta dan Staphylococcus aureus yang menjadi penyebab bisul, impetigo, selulitis, sepsis, dan osteomielitis.

Jika dibandingkan dengan kunyit kuning, kunyit putih memiliki daging yang lebih ringan dan rasanya sangat mirip dengan jahe, tetapi dengan rasa yang lebih pahit.

Sedangkan kunyit kuning berbau seperti campuran jahe dan jeruk dengan rasa agak pedas dan pahit. Warna kuning disebabkan oleh tingginya kadar curcumin (lihat lebih jauh di bawah) dalam kunyit.

Baca Juga: Cara Menanam Kunyit di Rumah untuk Dijadikan Obat Tradisional

Itulah penjelasan tentang berbagai manfaat kunyit putih bagi kesehatan. Selain menggunakan kunyit kuning sebagai bumbu masakan, Moms juga bisa mencoba kunyit putih sebagai alternatif lainnya, ya. Selamat mencoba!

  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/19126292
  • https://www.fertstert.org/article/S0015-0282(13)03261-5/pdf
  • https://www.everydayhealth.com/diet-nutrition/diet/scientific-health-benefits-turmeric-curcumin/
  • https://food.ndtv.com/food-drinks/white-turmeric-how-it-is-different-from-yellow-turmeric-and-its-health-benefits-1792281
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait