Kesehatan

25 September 2021

Cari Tahu 12 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan, Salah Satunya Bantu Melindungi Jantung

Selain memiliki aroma yang khas, simak juga sejumlah manfaat kunyit untuk kesehatan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Amelia Puteri

Seperti banyak rempah-rempah lainnya, kunyit atau Curcuma Longa sering digunakan dalam pengobatan tradisional sejak lama. Manfaat kunyit untuk kesehatan telah terasa berkat kandungannya yang luar biasa, Moms.

Selain memberi kari warna kuning cerahnya, kunyit juga dikenal memiliki antiinflamasi dan antioksidan yang manjur.

Komponen aktif utama dalam kunyit yang juga memberi warna kuning yang khas disebut dengan kurkumin. Ini adalah senyawa utama atas sebagian besar manfaat kunyit untuk kesehatan.

"Kurkumin adalah antioksidan alami yang memiliki manfaat anti-inflamasi, serta (kemungkinan) manfaat yang terkait dengan memperlambat proses penuaan dan mencegah penyakit Alzheimer dan potensi depresi," kata Elizabeth Ann Shaw, RDN, pemilik Shaw's Simple Swaps.

Kunyit sendiri biasa digunakan dalam berbagai makanan Asia. Moms mungkin mengenal kunyit sebagai bumbu utama kari.

Ini memiliki rasa hangat, pahit dan sering digunakan untuk membumbui atau mewarnai bubuk kari, mustard, mentega, dan keju.

Kunyit juga biasanya digunakan untuk kondisi atau penyakit yang melibatkan nyeri dan peradangan, seperti osteoartritis. Ini juga digunakan untuk demam, depresi, kolesterol tinggi, sejenis penyakit hati, dan gatal-gatal.

Secara berturun turun, beberapa orang menggunakan kunyit untuk mulas, kemampuan berpikir dan ingatan, penyakit radang usus, stres, dan banyak kondisi lainnya secara tradisional. Simak penjelasan lainnya di bawah ini.

Baca Juga: Minuman Herbal Pencegah Kanker Terpopuler

Kandungan Nutrisi Kunyit

12 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan -1

Foto: Orami Photo Stock

Seiring bertambahnya usia, meningkatkan asupan kunyit dapat membantu perawatan yang tepat. Untuk mencapai jumlah kunyit dan kurkumin yang dapat memberikan manfaat kesehatan, Moms harus beralih ke suplemen.

“Sayangnya, kunyit (dan kurkuminnya sendiri) tidak terserap dengan baik ke dalam aliran darah, dan memasukkannya ke dalam kari sebulan sekali tidak mungkin memberi Anda manfaat anti-inflamasi dan antioksidan yang diinginkan,” kata Dana Angelo White, RD, pemilik Dana White Nutrition.

Meski begitu, Moms mungkin dapat memperoleh manfaat kunyit untuk kesehatan dengan menambahkan lada hitam setiap kali akan mengkonsumsi kunyit, atau mengonsumsi suplemen kunyit yang mengandung lada hitam.

Perpaduan antara lada hitam dan kunyit lebih memungkinkan bagi keduanya agar terserap baik oleh tubuh. “Ada senyawa dalam lada hitam yang disebut piperine yang sebenarnya membantu membuat kunyit lebih tersedia secara hayati,” jelas Dana.

Ketersediaan hayati atau bioavailabilitas (BA), mengacu pada jumlah zat yang diserap oleh tubuh.

Misalnya, studi dari jurnal Planta Medica menemukan bahwa mengonsumsi 20 miligram (mg) piperin bersama dengan 2 gram (g) kurkumin meningkatkan ketersediaan hayati sebesar 2.000 persen.

Baik berbentuk kapsul, teh, bubuk, dan ekstrak, kunyit kini dapat dengan mudah ditemui dan tersedia secara komersial.

Pengobatan Ayurveda, sistem pengobatan tradisional India, merekomendasikan kunyit untuk berbagai kondisi kesehatan. Ini termasuk nyeri kronis dan peradangan.

Kunyit yang tersedia dalam bentuk bubuk memiliki kandungan nutrisi yang kuat. Menurut US Department of Agriculture (USDA) , satu sendok makan bubuk kunyit mengandung:

  • 29 kalori
  • 0,91 gram (g) protein
  • 0,31 g lemak
  • 6,31 g karbohidrat
  • 2,1 g serat
  • 0,3 g gula

Penyajian 1 sdm yang sama itu menyediakan:

  • 26 persen kebutuhan mangan harian
  • 16 persen zat besi harian
  • 5 persen kalium harian
  • 3 persen vitamin C harian

Kunyit mungkin aman bila diminum dalam jangka pendek. Produk kunyit yang mengandung hingga 8 gram kurkumin setiap hari tampaknya aman bila digunakan hingga 2 bulan, dan hingga 3 gram kunyit tampaknya aman digunakan hingga 3 bulan.

Sebab, kunyit biasanya tidak menimbulkan efek samping yang serius. Beberapa orang dapat mengalami efek samping ringan seperti sakit perut, mual, pusing, atau diare.

Efek samping ini lebih sering terjadi jika mengkonsumsi kunyit pada dosis yang lebih tinggi.

Kunyit juga mungkin aman bila dioleskan ke kulit, misalnya sebagai campuran masker, atau sejenisnya. Selain itu, kunyit juga mungkin aman bila dioleskan pada kulit di dalam mulut sebagai pengganti obat kumur.

Ketika dioleskan ke dalam rektum pun kunyit mungkin aman digunakan.

Baca Juga: Ingin Lebih Sehat? Yuk Coba Konsumsi 5 Jenis Teh Herbal Ini!

Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

manfaat kunyit untuk kesehatan-1

Foto: Orami Photo Stock

Melihat kadar nutrisi yang dimiliki, Moms juga harus mencari tahu manfaat kunyit untuk kesehatan agar semakin yakin memasukkannya dalam daftar belanjaan nanti.

Apa saja ya? Ini dia daftarnya.

1. Merupakan Anti Inflamasi

Salah satu klaim utama kunyit digunakan untuk melawan peradangan dan sebagian besar kekuatan kunyit untuk melawan peradangan berasal dari kurkumin.

Dalam dosis yang tepat, kurkumin menjadi pengobatan anti-inflamasi yang lebih efektif daripada obat-obatan penangkal peradangan yang umum. Ini menjadi salah satu manfaat kunyit untuk kesehatan.

Karena peradangan kronis berkontribusi pada banyak penyakit kronis, kurkumin dapat membantu mengobati kondisi seperti penyakit radang usus, pankreatitis, dan arthritis, dikutip dari penelitian yang dilakukan oleh Embo Reports.

2. Dapat Melindungi dari Penyakit Jantung

Kurkumin disebutkan dapat meningkatkan fungsi endotel atau kesehatan selaput tipis yang menutupi bagian dalam jantung dan pembuluh darah.

Membran ini berperan penting dalam mengatur tekanan darah, menurut jurnal Basic Research in Cardiology.

Fungsi endotel yang lebih rendah dikaitkan dengan penuaan dan peningkatan risiko penyakit jantung. Manfaat kunyit untuk kesehatan ini tentunya sayang bila dilewatkan.

Dengan demikian, manfaat kunyit untuk kesehatan ini dapat membantu melindungi dari hilangnya fungsi terkait usia dan mengurangi kemungkinan seseorang terkena penyakit jantung.

3. Dapat Mencegah dan Membantu Mengobati Kanker

Manfaat kunyit untuk kesehatan selanjutnya yaitu dapat mencegah dan membantu mengobati kanker.

Karena peradangan terkait dengan pertumbuhan tumor, senyawa anti-inflamasi seperti kurkumin dapat berperan dalam mengobati dan mencegah berbagai jenis kanker, termasuk kanker kolorektal, pankreas, prostat, payudara, dan lambung.

Faktanya, penelitian dari jurnal Anticancer Research yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa kurkumin dapat membantu memperlambat penyebaran sel tumor dan bahkan dapat mencegah pembentukan tumor.

4. Dapat Membantu Meringankan Gejala Osteoartritis

Berkat sifat anti-inflamasi yang kuat, kurkumin dapat menjadi pilihan pengobatan jangka panjang yang aman dan efektif untuk penderita osteoartritis (OA).

Meski masih membutuhkan penelitian lain yang dilakukan pada manusia untuk mengetahui efek manfaat kunyit untuk kesehatan ini dengan lebih pasti, namun hasilnya cukup menjanjikan.

Dalam sebuah penelitian pada tikus yang diterbitkan dalam jurnal Arthritis Research & Therapy edisi Juni 2016 menemukan bahwa 50 mg kurkumin oral per kilogram (kg) berat badan secara signifikan memperlambat perkembangan OA, sedangkan pengobatan kurkumin topikal memberikan pereda nyeri.

5. Dapat Membantu Mengobati dan Mencegah Diabetes

Manfaat kunyit untuk kesehatan selanjutnya juga dapat membantu mengatasi kondisi diabetes.

Menurut tinjauan studi sebelumnya, kurkumin dapat membantu mengobati dan mencegah diabetes, serta gangguan terkait seperti nefropati diabetic yang juga disebut penyakit ginjal diabetes, yang memengaruhi orang dengan diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2.

Ada juga studi yang dilakukan pada tikus gemuk dengan diabetes tipe 2 yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition & Metabolism edisi Juli 2019, mengungkapkan bahwa suplemen kurkumin membantu menurunkan kadar insulin darah setelah 16 minggu.

6. Membantu Menunda atau Membalikkan Penyakit Alzheimer

Bagaimana peran manfaat kunyit untuk kesehatan untuk membantu kondisi Alzheimer?

Caranya dengan meningkatkan kadar faktor neurotropik yang diturunkan dari otak (BDNF), protein yang ditemukan di otak dan sumsum tulang belakang yang berperan dalam menjaga sel-sel saraf (neuron) tetap sehat, mengatur komunikasi antar sel saraf, yang sangat penting untuk pembelajaran dan memori.

Karena, gangguan otak umum seperti Alzheimer dikaitkan dengan tingkat BDNF yang lebih rendah. Dan kunyit khususnya kurkumin, dapat membantu menunda atau membalikkan degenerasi otak, dikutip Brain Research

Baca Juga: Ini 8 Jenis Teh Herbal untuk Meredakan Flu dan Batuk, Coba Sekarang!

7. Dapat Mengobati Depresi

12 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan -3

Foto: Orami Photo Stock

Seperti Alzheimer, depresi juga dikaitkan dengan tingkat BDNF yang lebih rendah.

Berkat kemampuan kunyit untuk meningkatkan kadar BDNF, rempah-rempah ini menjanjikan sebagai antidepresan yang efektif dan menjadi salah satu manfaat kunyit untuk kesehatan yang spesial.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada manusia yang diterbitkan dalam jurnal Phytotherapy Research edisi April 2014, menemukan bahwa kurkumin mungkin merupakan pengobatan yang aman dan efektif untuk gangguan depresi mayor meski dibutuhkan lagi penelitian yang lebih mendalam.

8. Dapat Mengobati Rheumatoid Arthritis

Rheumatoid arthritis (RA) adalah gangguan peradangan kronis yang biasanya menyerang persendian tetapi dapat menyebar ke area lain, seperti mata, paru-paru, kulit, jantung, dan pembuluh darah.

Ini menyebabkan pembengkakan sendi yang menyakitkan yang dapat menyebabkan terkikisnya tulang.

Hasil dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang rutin mengkonsumsi kurkumin dalam kunyit memiliki peningkatan yang signifikan pada nyeri sendi dan pembengkakan bila dibandingkan dengan yang tidak.

Pengobatan kurkumin juga aman, tidak menghasilkan kejadian berbahaya. Sehingga, kemampuan ini juga menjadi manfaat kunyit untuk kesehatan.

9. Dapat Meningkatkan Kesehatan Kulit

Berkat sifat anti-inflamasi, antimikroba, dan antioksidannya, kunyit dapat menjadi pengobatan yang efektif untuk berbagai kondisi kulit, termasuk jerawat, eksim (dermatitis atopik), photoaging, dan psoriasis. Namun penelitian yang kuat masih dibutuhkan.

Ulasan yang diterbitkan dalam jurnal Open Access Macedonian Journal of Medical Sciences edisi Januari 2018 menunjukkan kurkumin oral khususnya mungkin merupakan pilihan pengobatan yang efektif dan aman untuk psoriasis atau penyakit kulit inflamasi kronis yang menjadikannya salah satu manfaat kunyit untuk kesehatan.

10. Melindungi Tubuh dari Radikal Bebas

Antioksidan membantu melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, kelas atom yang sangat reaktif yang dihasilkan dalam tubuh kita, serta polutan lingkungan seperti asap rokok dan bahan kimia industri.

Kurkumin khususnya mampu mengais berbagai jenis radikal bebas, mengendalikan enzim yang menetralkan radikal bebas, dan mencegah enzim tertentu menciptakan jenis radikal bebas tertentu, menurut sebuah ulasan di Foods.

11. Dapat Menjadi Suplemen Anti Penuaan

Belum ada bukti bahwa manfaat kunyit untuk kesehatan secara langsung memengaruhi umur panjang.

Namun berkat kemampuannya melawan peradangan, melindungi dari radikal bebas, dan berpotensi menunda degenerasi otak dan penyakit terkait usia lainnya, kunyit dapat menjadi anti penuaan yang efektif.

Studi juga menunjukkan bahwa kunyit dan kurkumin sebagian besar aman, meskipun beberapa efek samping negatif seperti diare, sakit kepala, dan ruam telah dilaporkan dengan dosis mulai dari 500 hingga 12.000 mg.

12. Dapat Mencegah Degenerasi Mata

Glaukoma, sekelompok kondisi mata, adalah salah satu penyebab utama kebutaan pada orang yang berusia di atas 60 tahun. Dan sayangnya, setelah penglihatan hilang pun kondisi penglihatan tersebut tidak dapat dipulihkan.

Tetapi sebuah penelitian menunjukkan perawatan kurkumin topikal dapat membantu melindungi mata dari degenerasi.

Terlihat dari tikus yang tidak diobati mengalami penurunan sel retina sebesar 23 persen dibandingkan dengan kelompok lain yang diberi kunyit.

Agar manfaat kunyit untuk kesehatan didapatkan, ada baiknya juga Moms untuk tidur dengan cukup, makan makanan bergizi serta berolahraga setiap hari.

  • https://www.everydayhealth.com/diet-nutrition/diet/scientific-health-benefits-turmeric-curcumin/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/9619120/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3492709/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/10543305/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/12680238/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4891896/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/31372175/
  • https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0006899306027144
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5816303/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5664031/
  • https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/172231/nutrients
  • https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-662/turmeric
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/23832433/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait