Kesehatan

7 Februari 2020

5 Manfaat dan Efek Samping Lanolin pada Skincare

Bisa menjaga kelembapan kulit
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Erwanto
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Bagi Moms yang mengalami kulit kering, bahkan sampai bersisik, memang sulit menemukan pelembap yang tepat.

Selain hyaluronic acid, ceramide, dan glycerin, ada juga lanolin yang mampu melembapkan kulit dengan baik.

Cosmetic Info menjelaskan bahwa lanolin adalah minyak yang diproduksi dari domba dan bisa ditemukan pada wool. Minyak lanolin punya tekstur seperti wax (lilin), dengan warna kekuningan.

Tapi tenang saja, lanolin adalah bahan yang didapatkan secara alami, sehingga tetap cruelty free.

Manfaat Lanolin pada Skincare

lanolin pada skincare (2).jpg

Foto: floralskin.com

Lanolin biasa digunakan untuk kulit kering, gatal, dan bersisik. Berikut beberapa manfaat lanolin pada skincare.

1. Melembapkan Kulit

Skincare yang mengandung lanolin bisa menjaga kandungan air dua kali lipat dari bahan lain. Sehingga membuat lanolin bisa melembapkan kulit secara mendalam.

“Lanolin dapat menenangkan kulit kering dan pecah-pecah, juga melindungi dari cuaca dingin yang ekstrem,” ujar Dr. Frank Lipman, yang juga penulis buku How to Be Well: The 6 Keys to a Happy and Healthy Life, dilansir dari Byrdie.

Baca Juga: Manfaat Hyaluronic Acid untuk Melembapkan Kulit

2. Mengatasi Puting Mengelupas

Akibat sifat melembapkannya, lanolin pada skincare mampu mengatasi puting yang mengelupas saat menyusui. Juga bisa menangani ruam popok yang dialami bayi.

3. Mengurangi Keriput

Lanolin mampu mengurangi garis-garis halus dan keriput di kulit. Hal ini disebabkan karena lanolin membuat kulit jadi lebih kenyal, sehingga kulit pun tampak lebih muda.

4. Mengatasi Bibir Kering

Lanolin mengobati bibir kering dan pecah-pecah, sebab bisa masuk ke lapisan pelindung kulit bibir. Oleh sebab itu, Moms bisa memilih lip balm yang mengandung lanolin saat sedang mengalami bibir kering.

5. Mudah Menyerap

Lanolin mudah menyerap ke kulit, sehingga tidak akan terasa berat dan lengket. Saat dioleskan ke kulit, minyak lanolin akan mengunci kelembapan di kulit untuk mencegah hilangnya kandungan air.

Baca Juga: Manfaat Ceramide untuk Kulit Kering, Bikin Lembap!

Efek Samping Lanolin pada Skincare di Kulit

lanolin pada skincare (1).jpg

Foto: rappler.com

Meski The Food and Drug Administration (FDA) menyatakan lanolin aman sebagai bahan pada skincare dan produk kosmetik, lanolin akan menimbulkan efek samping pada beberapa orang.

Bila Moms alergi pada wool, lebih baik hindari lanolin. Moms juga sebaiknya tidak memakai lanolin bila memiliki pori-pori tersumbat.

“Kalau Anda punya pori-pori tertutup dan kulit yang bermasalah, hindari produk yang mengandung lanolin untuk menghindari alergi dan iritasi,” ujar Dr. Maryam Zamani, pemilik MZ Skin.

Dilansir dari Dermstore, dermatolog asal Washington, Dr. Heather D. Rogers merekomendasikan beberapa bahan yang bisa digunakan sebagai pengganti lanolin pada skincare, di antaranya:

  • Petroleum jelly
  • Mineral oil
  • Beeswax
  • Minyak alami dari tanaman

Baca Juga: 4 Manfaat Petroleum Jelly untuk Kulit, Bisa Atasi Ruam Popok!

Nah Moms, ternyata lanolin pada skincare mampu melembapkan kulit secara efektif. Namun, tetap konsultasikan pada dokter kulit bila masih ragu menggunakannya agar tidak terjadi alergi pada kulit.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait