Home & Living

HOME & LIVING
13 Februari 2021

8 Manfaat Lavender yang Tak Terduga, Bisa Kurangi Kecemasan!

Moms, berikut ini manfaat menanam lavender di rumah.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Intan Aprilia

Moms pasti sudah tidak asing dengan tanaman bunga lavender. Lavender sering dijadikan aromaterapi dengan berbentuk essential oil.

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan hanya menghirup atau mengoleskan lavender oil. Hal ini membuat kemudian banyak orang yang akhirnya menanam lavender di rumah.

Manfaat Lavender

Lantas, apa saja manfaat lavender ditanam di rumah? Sebelum Moms membeli tanaman lavender untuk dirawat di rumah, ada baiknya mengetahui manfaat lavender terlebih dulu. Ini ulasan menarik yang bisa disimak, ya!

1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Meningkatkan Kualitas Tidur

Foto: pixabay.com

Kualitas tidur yang baik sangat berperan dalam peningkatan produktivitas seseorang. Menurut National Sleep Foundation, seseorang yang mengalami kesulitan tidur terus-menerus atau insomnia dapat mengganggu aktivitas esok harinya.

Insomnia tak hanya dapat mengganggu suasana hati, tapi juga dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh apabila dibiarkan. Nah, insomnia tidak bisa dianggap sepele, lho, Moms!

Meski banyak faktor yang bisa menyebabkan seseorang mengalami insomnia, ada baiknya Moms mengetahui cara alami untuk mengatasinya. Salah satu cara yang bisa Moms lakukan, yaitu dengan menanam lavender di rumah.

Baca Juga: Inilah 5 Jenis Tanaman yang Bisa Dijadikan Sebagai Pengharum Ruangan

Lavender sudah terkenal sebagai obat alami dengan efek yang menenangkan. Manfaat lavender sebagai relaksasi ini sudah dibuktikan melalui studi dalam Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine dari Hindawi Publishing Corporation. Disebutkan dalam studi tersebut, lavender mampu meningkatkan kualitas tidur.

Studi lainnya yang mendukung manfaat lavender tersebut, yaitu Jurnal Frontier of Pharmacology.

Studi ini menunjukkan penggunaan lavender untuk aromaterapi mampu meningkatkan kualitas tidur, termasuk pada orang dengan insomnia, depresi, dan kecemasan.

Oleh karena itu, tidak mengherankan kalau banyak produk perawatan tubuh, mulai dari losion, gel, hingga sabun yang beraroma lavender dan memiliki efek yang menenangkan tubuh.

2. Mengusir Serangga

Mengusir Serangga.jpg

Foto: freepik.com

Ingin rumah Moms bebas serangga yang mengganggu? Nah, coba deh menanam lavender dan ditaruh di rumah.

Aroma lavender yang kuat ternyata mampu mengusir berbagai jenis serangga, termasuk nyamuk, ngengat, dan pengusir hama.

Bukan hanya mampu mengusir serangga, manfaat lavender ternyata mampu meredakan gatal di kulit akibat gigitan serangga.

Dilansir dari Phytotherapy Research, alasannya karena lavender memiliki kandungan antiperadangan sehingga cocok untuk mengatasi kulit yang meradang dan gatal.

Selain tanaman lavender, ada beberapa jenis tanaman lainnya yang sudah terkenal mampu mengusir serangga, seperti rosemary, sage, dan marigold. Nah, Moms dapat mempertimbangkan tanaman yang mana paling tepat untuk di rumah.

Baca Juga: Yuk Coba Berkebun di Rumah, Ini 9 Tanaman yang Perawatannya Paling Mudah

3. Mengurangi Kecemasan

lavender mengurangi kecemasan

Foto: pixabay.com

Manusia rasanya tidak akan lepas dari rasa stres, mungkin ini juga yang sedang Moms rasakan.

Kesibukan dalam mengurus rumah tangga dan pekerjaan bisa membuat Moms tidak punya untuk diri sendiri. Tidak jarang, hal tersebut menimbulkan rasa stres.

Nyatanya, menurut International Journal of Indian Psychology, wanita yang sudah menikah dan bekerja memang lebih rentan mengalami stres.

Stres ini kemudian dapat menimbulkan rasa cemas yang membuat tidak nyaman. Namun, jangan sampai hal ini membuat produktivitas Moms menurun, ya.

Sebaiknya, ketahui cara mengetahui cara mengelola stres dengan baik sehingga mampu mengurangi kecemasan, ya.

Cara paling sederhana yang bisa dicoba adalah menanam lavender di rumah. Apa hubungannya lavender dan pengelolaan stres?

Nah, manfaat lavender lainnya yang perlu Moms tahu, yaitu menenangkan saraf dan mengurangi tingkat kecemasan. Lavender juga mampu meredakan gejala migrain, depresi, dan stres emosional.

Alasannya karena aroma lavender yang mampu menenangkan saraf sekaligus merevitalisasi otak.

Sudah banyak studi yang membuktikan bahwa seseorang yang menghirup aroma lavender akan jauh lebih tenang dibandingkan mereka yang belum. Semakin tertarik untuk menanam lavender di rumah?

Baca Juga: 6 Tanaman Rumahan yang Berbahaya untuk Si Kecil

4. Mempercantik Rumah

manfaat lavender untuk mempercantik rumah

Foto: pixabay.com

Salah satu kelebihan dari tanaman lavender, yaitu mudah untuk tumbuh. Selain itu, lavender juga menjadi tanaman yang indah untuk dimiliki, di sudut mana pun Moms meletakkannya.

Moms bisa menanam lavender di halaman belakang, halaman depan, atau di dalam rumah dengan berbentuk pot.

Secara umum, lavender ini sangat cocok menjadi bunga untuk teras rumah. Terlebih lagi ketika musim hujan perlahan mulai mengguyur sebagian daerah rumah.

Penting untuk menjaga kesehatan agar tidak terserang virus dari nyamuk. Menanam lavender di depan rumah dapat menjadi cara efektif untuk menghalau nyamuk agar tidak masuk ke dalam rumah kita.

Ketika rumah terlihat semakin cantik, maka suasana juga semakin menyenangkan. Manfaat lavender juga bisa menjadi penyemangat Moms dan keluarga setiap harinya.

Selain itu, lavender dikenal punya aroma yang lembut dan menyegarkan. Jadi, lavender bisa menjadi salah satu pilihan untuk pewangi alami di rumah.

5. Mudah untuk Dirawat

Mudah untuk Dirawat.jpg

Foto: freepik.com

Bunga lavender menjadi salah satu tanaman yang perawatannya tidak sulit. Lavender dapat tumbuh subur di cuaca yang panas sehingga dapat membantu menjaga suhu di sekitar tanaman lainnya.

Nah, Moms bisa menggunakan batu kerikil putih di sekitar lavender yang baik sebagai tatanan dekorasi dan mampu menyerap panas sehingga kondisi tanah selalu kering.

Penting untuk mengetahui cara agar tanaman tetap awet. Lavender juga tidak perlu perawatan yang ribet, Moms cukup rutin menyiramnya dan pastikan takaran airnya pas, tidak terlalu banyak atau sedikit.

Selain itu, pastikan tanaman lavender Moms di rumah mendapatkan asupan paparan sinar matahari yang cukup.

Apabila seluruh bunga lavender sudah panen, Moms bisa menyimpannya di tempagt yang kering dan bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan dalam 10 hari ke depan.

Dengan perawatan yang mudah ini, Moms sudah mendapatkan banyak manfaat lavender yang baik untuk kesehatan, lho!

6. Meredakan Mual

manfaat lavender untuk meredakan mual

Foto: pixabay.com

Bagi Moms yang tengah mengandung, tidak ada salahnya untuk mencoba menanam lavender di rumah.

Aromanya yang menenangkan bermanfaat untuk menemani ibu hamil. Ternyata, manfaat lavender lainnya yang bisa Moms rasakna, yaitu meredakan rasa mual.

Jika mual Moms disebabkan oleh kecemasan atau sakit fisik, kekuatan lavender untuk bersantai mungkin tepat.

Lantas, mengapa lavender mampu meredakan mual? Dilansir dari Jurnal Kebidanan dan Keperawatan Aisyiyah, lavender dapat mengatasi rasa mual karena mengandung linalool dan linalyl asetat yang memberikan efek nyaman, tenang, dan relaks.

Manfaat yang sama bisa didapatkan dari aroma lemon, karena mengandung limonene.

Baca Juga: 7 Jenis Tanaman Gantung untuk Hiasan Teras Rumah, Cantik!

7. Meredakan Sakit Kepala

lavender untuk mengurangi sakit kepala

Foto: pixabay.com

Manfaat lavender yang ditanam di rumah lainnya adalah dapat membantu meringankan sakit kepala.

Menghirup aroma lavender dapat menjadi pengobatan alami yang aman dan efektif untuk mengelola sakit kepala.

Kondisi tubuh yang relaks akan meregangkan saraf-saraf yang tegang dan bisa mengurangi nyeri sakit kepala.

Saat sakit kepala menyerang, Moms juga bisa langsung minum air putih. Kurangnya asupan cairan dalam tubuh atau dehidrasi dapat memicu gangguan kesehatan salah satunya adalah sakit kepala.

Untuk itu, jika Moms ingin terhindar dari sakit kepala, sebaiknya usahakan untuk minum air putih minimal 2 liter per hari.

Cara alami lainnya untuk meredakan sakit kepala, yaitu minum air rebusan jahe. Rempah-rempah dikenal memiliki berbagai khasiat, termasuk jahe yang sering digunakan sebagai bumbu penyedap di masakan Moms.

Kandungan gingerol dalam jahe membantu memperlancar peredaran darah dalam tubuh. Sirkulasi peredaran darah yang baik menuju otak, akan mengurangi risiko terserang sakit kepala.

Baca Juga:Susah Tidur? Hadirkan 5 Tanaman Ini Di Kamar Tidur Agar Bisa Tidur Nyenyak

8. Meredakan Gejala PMS

manfaat lavender untuk gejala pms

Foto: pixabay.com

Setiap bulannya, wanita harus mengalami fase sindrom pramenstrasi (PMS) yang membuat tidak nyaman.

Beberapa hal yang mungkin dirasakan, yaitu sakit kepala, nyeri punggung, perubahan nafsu makan, merasa lelah, tubuh lemas, perubahan suasana hati yang begitu cepat.

Gejala PMS ini memang tidak bisa dihindari, sehingga sebaiknyas Moms mencari cara untuk mampu meredakannya.

Nah, cara yang bisa dilakukan, yaitu menanam lavender di rumah. Dilansir dari Medical News Today, lavender diduga dapat membantu meringankan gejala emosional saat PMS.

Meski cara ini bukan pengobatan yang tunggal, namun sebuah penelitian mengungkapkan bahwa menghirup aroma lavender mampu meredakan gejala pramenstruasi ringan hingga sedang. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba, ya, Moms!

Itulah beberapa manfaat lavender yang ditanam di rumah. Nah, tertarik untuk mencobanya?

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait