Resep

RESEP
28 Juli 2020

Manfaat Lele untuk Kesehatan dan Tips Menghilangkan Lendir Lele

Ternyata konsumsi lele bagus untuk tumbuh kembang Si Kecil!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fitria Rahmadianti
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Ikan lele paling sering digoreng dan disajikan sebagai pecel lele. Ternyata, ikan air tawar ini kaya gizi dan baik dikonsumsi anak-anak. Apa saja manfaat lele untuk kesehatan?

Manfaat Lele untuk Kesehatan

Manfaat Lele untuk Kesehatan dan Tips Menghilangkan Lendir Lele.jpg

Foto: qraved.co

Menurut situs web AKG FKM UI, lele mengandung asam lemak omega-3, asam lemak omega-6, dan asam lemak omega-9. Asam lemak esensial ini diperlukan oleh janin dan bayi untuk perkembangan otak dan daya tahan tubuh terhadap penyakit. Manfaat lele untuk kesehatan juga terasa untuk perkembangan indra penglihatan dan sistem kekebalan tubuh bayi dan balita.

Kandungan gizi lele lainnya adalah leusin (C6H13NO2), asam amino esensial yang sangat diperlukan untuk pertumbuhan anak dan untuk menjaga keseimbangan nitrogen. Leusin juga berguna untuk perombakan dan pembentukan protein otot.

Di dalam lele juga terdapat lisin, salah satu dari sembilan asam amino esensial yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh. Lisin termasuk asam amino yang sangat penting dan dibutuhkan dalam pertumbuhan dan perkembangan anak.

Baca Juga: 3 Manfaat Ikan Lele untuk Ibu Hamil, Sehat Banget!

Tips Membuat Pecel Lele Enak

Tips Membuat Pecel Lele Enak.jpg

Foto: akurat.co

Pecel lele adalah hidangan berupa lele goreng yang disajikan bersama sambal dan lalapan. Hidangan ini tersebar di berbagai daerah di Indonesia, terutama di Pulau Jawa. Sebutannya berbeda-beda, misalnya pecak lele di Jember dan lalapan lele di Malang.

Biasanya pecel lele dijual di tenda kaki lima di pinggir jalan. Penjualnya konon kebanyakan berasal dari Lamongan, Jawa Timur. Namun, Moms juga bisa menemukan hidangan ini di Singapura dan Malaysia, lo!

Meski namanya mirip, pecel lele sangat berbeda dengan pecel sayuran, Moms, karena tidak mengandung bumbu kacang. Namun, sebagian orang kadang menambahkan sedikit kacang tanah saat membuat sambal terasi pecel lele.

Baca Juga: Resep Pecel Lele Komplit Ala Kaki Lima

Resep pecel lele komplit bisa Moms cek di sini. Nah, agar pecel lele yang Moms buat bisa mirip seperti yang dijual di kaki lima, ini tips membuat pecel lele yang enak:

  • Kalau Moms geli memegang ikan lele karena berlendir, Moms bisa menaburkan abu gosok ke badan lele lalu mengurut-urutnya ke arah bawah agar lendir terbawa abu gosok. Lalu, cuci bersih. Abu gosok sendiri berasal dari pembakaran sekam padi. Bahan yang biasa digunakan untuk menghilangkan noda hitam di peralatan masak ini mengandung kalium, zat yang terdapat dalam sabun.
  • Bumbu ikan yang utama adalah bawang putih, kunyit, dan garam jika Moms ingin lebih praktis. Namun, ketumbar, jahe, kemiri, merica, dan bumbu lain bisa ditambahkan agar lebih sedap.
  • Lele bisa digoreng sampai kering seperti di tukang pecel lele. Sirip, sebagian ekor, dan duri-duri halusnya jadi bisa dimakan karena garing. Namun, Moms juga bisa menggoreng lele sampai bagian luarnya saja yang yang kering jika lebih suka daging ikan yang lembut dan agak basah.
  • Moms bisa menambahkan air jeruk limau atau jeruk nipis ke sambal agar lebih wangi dan sedap.

Baca Juga: 5 Manfaat Ikan Dori untuk Anak

Kalau Si Kecil minta ayam goreng terus, coba sesekali ganti dengan lele goreng. Si Kecil akan suka dengan rasanya yang gurih dan dagingnya yang lembut. Ia juga dapat merasakan manfaat lele untuk kesehatan.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait