Kesehatan Umum

10 September 2021

5 Manfaat Lilin Aroma Terapi untuk Kesehatan yang Mungkin Belum Moms Tahu

Cari tahu juga apakah lilin aroma terapi aman untuk digunakan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Amelia Puteri

Apakah Moms suka mencium wangi dari lilin aroma terapi? Ternyata tidak hanya memiliki wangi yang harum, tapi manfaat lilin aroma terapi juga sangat banyak untuk kesehatan.

Kini, banyak masyarakat yang membeli lilin aroma terapi sebagai salah satu cara meredakan stres serta gangguan kecemasan karena efeknya yang menenangkan dan membuat tubuh lebih nyaman.

Namun, apakah benar manfaat lilin aroma terapi tersebut bermanfaat bagi kesehatan tubuh? Simak selengkapnya, Moms.

Baca Juga: 4 Cara Membuat Lilin Aromaterapi di Rumah, Coba Yuk!

Manfaat Lilin Aroma Terapi

Lilin aroma terapi memiliki banyak varian aroma. Mulai dari lavender, mawar, melati, chamomile, jeruk, dan lainnya.

Selain memiliki aneka aroma yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan, manfaat lilin aroma terapi pun sangat banyak. Berikut di antaranya:

1. Meredakan Stres

manfaat lilin aromaterapi - 1

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat lilin aroma terapi yang pertama adalah bisa meredakan stres. Dalam hal ini, lilin aroma terapi lavender lah yang bisa dapat Moms pilih.

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Hindawi, ekstrak lavender dalam lilin aroma terapi memiliki kemampuan untuk mengurangi kecemasan dan depresi secara holistik.

Selain itu, lavender memiliki kemampuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas tidur dengan cara membuat seseorang dalam keadaan pikiran yang tenang.

Moms mungkin bisa mencoba lilin aroma terapi lavender ini untuk meredakan stres.

Selain lavender, lilin aroma terapi lainnya juga mungkin dapat membantu, seperti ylang ylang yang dapat menenangkan saraf dan mengembalikan keseimbangan mental atau citrus untuk meredakan kemarahan dan frustrasi.

Baca Juga: Mengenal Hormon Endorfin, Hormon "Pereda Nyeri" yang Bisa Kurangi Rasa Sakit dan Stres

2. Menenangkan Pikiran

manfaat lilin aromaterapi - 2

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat lilin aroma terapi berikutnya yang bisa Moms dapatkan, yakni dapat menenangkan pikiran.

Aroma dari ekstrak bunga dan herbal, seperti geranium, lavender, dan peppermint, telah terbukti bermanfaat untuk pengobatan berbagai gangguan psikologis dan fisiologis melalui pembakaran lilin aromaterapi.

Tidak heran jika lilin aroma terapi banyak digunakan untuk mengatasi gangguan kecemasan dan depresi. Pasalnya, menghirup aroma lilin aroma terapi bisa meredakan stres.

Klaim ini dibuktikan dengan penelitian dalam Journal of Phytomedicine yang menemukan bahwa menghirup minyak esensial lavender dari lilin dapat mengurangi kecemasan.

Selain lilin aroma terapi lavender, lilin yang terbuat dari campuran ekstrak clary sage juga dapat membantu Moms menenangkan pikiran.

Sebuah studi kecil dalam Journal of Phytotherapy Research yang dilakukan pada wanita menopause menemukan bahwa clary sage mengurangi kadar kortisol.

Untuk diketahui, kortisol adalah salah satu hormon yang terlibat dalam respons stres tubuh.

Lilin aroma terapi bergamot juga memiliki potensi demikian.

Studi kecil lainnya dalam Journal of Complementary Medicine Research yang dilakukan pada wanita menunjukkan bahwa bergamot dapat mengurangi emosi negatif, kelelahan, dan kadar kortisol saliva.

Baca Juga: Anti Stres, Ikuti 17 Cara Menenangkan Pikiran Berikut!

3. Meningkatkan Suasana Hati

manfaat lilin aromaterapi - 3

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat lilin aroma terapi juga dapat meningkatkan suasana hati lho, Moms.

Hal ini karena lilin aroma terapi dapat menciptakan ketenangan dan membantu meringankan gejala stres, dengan kemampuannya dalam menurunkan kortisol pada tubuh.

Beberapa lilin tertentu bahkan dibuat khusus untuk mengaktifkan bahan kimia di otak, seperti serotonin dan dopamin sehingga dapat mendukung suasana hati yang positif.

Suasana hati yang baik ini tentu saja berdampak positif bagi tubuh karena dapat meningkatkan energi. Moms mungkin bisa mencoba lilin aroma terapi kayu manis, lemon, dan jahe yang ketika dinyalakan dapat langsung mengisi daya tubuh.

Yuk, buktikan, Moms!

Baca Juga: Bisa Menjadi Mood Booster, Yuk Lakukan 11 Hal Ini Moms

4. Membuat Tidur Nyenyak

manfaat lilin aromaterapi - 4

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat lilin aroma terapi lainnya yang bisa Moms dapatkan ialah bantu membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Moms yang memiliki kesulitan atau gangguan tidur pun patut untuk mencobanya!

Hal ini karena lilin yang Moms bakar dan hirup aromanya bisa membuat tubuh lebih tenang dan rileks. Dengan suasana nyaman tersebut, maka Moms akan lebih mudah tertidur di malam hari.

Untuk membuktikannya, Moms mungkin bisa mencoba lilin aroma terapi mawar. Mawar diyakini memiliki efek sedatif yang akan sangat membantu Moms merasa nyaman dan mengantuk sebelum tidur.

Moms juga bisa menggunakan lilin aroma terapi chamomile. Aroma ini akan menciptakan ketenangan dan merilekskan tubuh Moms sekaligus membantu meredakan ketegangan dan stres.

Memadukannya dengan konsumsi teh chamomile mungkin akan sangat membantu.

Lilin aroma terapi lain yang dapat Moms coba, yaitu kayu cendana atau cedarwood. Lilin ini dapat membantu tidur Moms tetap dalam tidur nyenyak sehingga lebih lama daripada siklus biasanya.

Baca Juga: Susah Tidur? Hadirkan 5 Tanaman Ini Di Kamar Tidur Agar Bisa Tidur Nyenyak

5. Membangun Fokus saat Meditasi

manfaat lilin aromaterapi - 5

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat lilin aroma terapi lainnya bisa menjadi cara yang sangat efisien untuk berlatih meditasi dan merupakan pilihan yang bagus bagi Moms yang berjuang dalam menghentikan pikiran negatif.

Hal ini karena dengan menatap lilin aroma terapi, mata pun akan tetap terbuka dan memiliki objek untuk fokus. Jadi, Moms akan lebih mudah untuk tetap fokus.

Dengan memiliki kemampuan fokus yang baik, Moms juga akan mendapatkan keterampilan memori yang bagus. Pada akhirnya, cara meditasi seperti ini akan membantu Moms lebih mudah untuk mengendalikan pikiran-pikiran buruk.

Baca Juga: Mencoba Mindfulness, Meditasi untuk Mengeluarkan Pikiran Negatif

Apakah Lilin Aroma Terapi Aman Digunakan?

apakah lilin aroma terapi aman

Foto: Orami Photo Stock

Meski banyak orang yang menggunakan lilin aroma terapi untuk menjaga kesehatan tubuh, tetapi tidak sedikit pula orang yang mengklaim bahwa penggunaan lilin sebenarnya berbahaya.

Mereka beranggapan bahwa lilin yang dibakar memiliki potensi keracunan.

Namun hingga saat ini, klaim tersebut tidak memiliki bukti yang valid. Sebuah studi tahun 2007 yang didanai oleh European Candle Association meneliti setiap jenis lilin utama untuk 300 bahan kimia beracun.

Para peneliti menemukan bahwa tingkat bahan kimia yang dilepaskan oleh setiap jenis lilin jauh di bawah jumlah yang akan menyebabkan masalah kesehatan manusia.

Apabila Moms menggunakan lilin dengan benar di ruang yang berventilasi baik, kecil juga kemungkinannya untuk berdampak signifikan pada kesehatan tubuh.

Jadi hingga kini, tidak ada bukti konklusif bahwa membakar lilin aroma terapi dapat merusak kesehatan tubuh, Moms.

Jika masih ragu menggunakan lilin yang terbuat dari parafin, salah satu produk minyak bumi, Moms mungkin dapat memilih lilin yang dibuat dari beeswax, lilin kedelai, atau lilin nabati lainnya.

Meski aman digunakan, tetapi lilin aroma terapi juga mungkin bisa memicu reaksi alergi pada manusia. Reaksi alergi tersebut bisa meliputi:

  • Bersin
  • Pilek
  • Penyumbatan sinus.

Nah, itu dia manfaat lilin aroma terapi yang sangat baik untuk kesehatan, terutama kesehatan mental karena dapat meredakan stres. Apakah Moms tertarik mencoba lilin aroma terapi di rumah?

  • https://theflowerpot.la/blogs/happenings/health-benefits-of-candles
  • https://incensesticks.com/blogs/news/7-surprising-benefits-of-aromatherapy-candles
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/aromatherapy-candles#potential-benefits
  • https://www.throughthephases.com/candle-gazing-trataka-meditation/
  • https://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1002/ptr.5163
  • https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0944711319303411
  • https://www.karger.com/Article/Abstract/380989
  • https://birthdate.co/blogs/news/best-aromatherapy-candles
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3612440/
  • https://www.candlejunkies.com/the-best-candle-scents-for-insomnia/
  • https://www.healthline.com/health/are-candles-bad-for-you
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait