Kesehatan

17 Juni 2021

5+ Manfaat Mandi Malam untuk Kesehatan, Salah Satunya Meningkatkan Sistem Imun!

Mandi malam juga bisa meningkatkan sirkulasi darah lho
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Tidak sedikit orang yang memilih untuk tidak mandi sebelum tidur. Padahal, tahukah Moms, mandi malam sebelum tidur punya banyak manfaat. Salah satu manfaat mandi malam sebelum tidur adalah agar bisa tidur lebih nyenyak.

Beberapa orang menghiraukan manfaat mandi malam karena khawatir akan mengalami masalah kesehatan seperti masuk angin, metabolisme yang terhambat hingga sakit di persendian.

Namun kini, ada beberapa penelitian yang menyatakan sebaliknya. Ternyata, ada beberapa manfaat mandi malam yang belum diketahui sebelumnya. Moms bisa mencari tahunya dan bisa menjadi bahan pertimbangan jika ingin mendapatkan manfaat mandi malam.

Baca Juga: 3 Tips Mandi untuk Bayi Berkulit Sensitif

Manfaat Mandi Malam untuk Kesehatan

5 Manfaat Mandi Malam -1.jpg

Foto: Weheartit.com

Ada beberapa penelitian tentang bagaimana mandi malam dapat mempengaruhi tubuh dan juga perngaruhnya untuk kualitas tidur seseorang. Kedua air ini sebenarnya bisa digunakan agar mendapatkan manfaat mandi malam.

Selama ratusan tahun, mandi air dingin telah menjadi cara untuk menyegarkan tubuh. Bahkan, orang-orang Romawi Kuno biasanya melewati beberapa ruangan berpemanas sebelum terjun ke bak mandi air dingin.

Saat ini, kebanyakan orang hanya memutar tombol di kamar mandi untuk mendapatkan hawa dingin. Ternyata, ada banyak manfaat yang dilaporkan dari mandi dengan menggunakan air dingin atau mandi di untuk tubuh yang banyak diketahui, termasuk:

  • Meningkatkan kekebalan tubuh,
  • Meningkatkan perasaan vitalitas secara keseluruhan,
  • Meningkatkan sirkulasi darah.

Meski tidak banyak manfaat yang diteliti secara definitif, namun beberapa penelitian di bawah ini menunjukkan adanya manfaat mandi malam, seperti:

1. Merasa Lebih Terjaga dan Waspada

Para peneliti dalam studi pada 2002 di Medicine and Science in Sports and Exercise menemukan bahwa paparan air dingin akan mengaktifkan sistem saraf simpatis. Akibatnya, tubuh melepaskan hormon seperti norepinefrin dan kortisol.

Norepinefrin dapat memicu reaksi di pembuluh darah tubuh yang memang telah dirancang untuk mendistribusikan kembali darah dan akhirnya dapat menghangatkan tubuh. Kortisol adalah pertimbangan lain.

Sebenarnya, tubuh telah melepaskan kadar kortisol sepanjang hari yang mengikuti pola yang dapat diprediksi. Kortisol biasanya memuncak sekitar jam 9 pagi dan turun ke titik terendah sekitar tengah malam.

Beberapa penelitian seperti dari Sleep Science telah menghubungkan peningkatan kadar kortisol di malam hari dengan tidur yang lebih buruk. Ini karena seseorang akan menjadi lebih waspada di waktu istirahatnya. Namun bagi orang yang sudah terbiasa, hal ini tidak akan menjadi masalah.

Baca Juga: Tips Memilih Produk Mandi Bayi Baru Lahir

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

5 Manfaat Mandi Malam -2.jpg

Foto: Healthline.com

Kekebalan tubuh yang meningkat dapat menjadi manfaat mandi malam menggunakan air dingin selanjutnya. Untuk menguji teori bahwa mandi air dingin meningkatkan sistem kekebalan tubuh, peneliti di Journal Plos One telah melakukannya.

Para peneliti mengacak lebih dari 3.000 peserta menjadi empat kelompok percobaan: satu kelompok hanya mandi air panas, sementara tiga kelompok mandi air panas dan termasuk semburan air dingin selama 30, 60, atau 90 detik di akhir mandi.

Kesimpulannya, para peneliti mengukur faktor-faktor seperti penyakit yang dilaporkan dan hari sakit selama 30 hari. Mereka menemukan bahwa mereka yang memasukkan semburan air dingin selama mandi mengalami penurunan 29 persen hari mengalami sakit dibandingkan yang hanya mandi air panas.

Menariknya, para peserta tidak melaporkan bahwa mereka sakit selama beberapa hari, hanya saja gejalanya tidak begitu kuat sehingga mereka dapat bekerja. Para peneliti berteori air dingin mungkin telah membantu mengurangi intensitas gejala yang dirasakan.

3. Meredakan Nyeri Otot

Atlet profesional telah lama menggunakan mandi air es untuk meredakan nyeri otot setelah pertandingan atau balapan. Meskipun mandi air dingin dapat meningkatkan kadar hormon untuk orang yang tidak banyak bergerak dan mandi air dingin, efek sebaliknya dapat terjadi pada orang yang berolahraga.

Sebuah studi pada 2015 oleh Sleep Science, mengamati pengendara sepeda intensitas tinggi yang berolahraga dalam suhu hangat. Peneliti menemukan bahwa orang yang mandi air dingin setelah berolahraga mampu menurunkan detak jantung lebih cepat dan merasa lebih nyaman.

Hal serupa juga ditemukan dalam penelitian North American Journal of Medicine Sciences. Dalam penelitian tersebut, manfaat mandi malam menggunakan air dingin yakni:

  • Mengurangi peradangan dan pembengkakan,
  • Mengurangi kejang otot,
  • Memiliki efek pereda nyeri.

Baca Juga: 4 Cara Aman Mandi Bubble Bath untuk Anak

4. Meningkatkan Sirkulasi Darah

5 Manfaat Mandi Malam -3.jpg

Foto: Consumeraffairs.com

Paparan air dingin dapat menyebabkan pembuluh darah di permukaan kulit menyempit. Ini mengalihkan aliran darah dari permukaan kulit. Faktanya, satu studi kecil pada 2019 oleh Human Kinetics Journal menemukan bahwa mandi air dingin setelah berolahraga dapat meningkatkan hidrasi umum dengan mendinginkan tubuh.

Saat darah bergerak menjauh dari kulit, pembuluh darah di jaringan tubuh yang lebih dalam membesar. Ini meningkatkan sirkulasi di jaringan yang lebih dalam dan menjadi manfaat mandi malam menggunakan air dingin lainnya yang akan didapatkan.

5. Tingkat Kortisol Lebih Rendah

Kortisol adalah hormon ‘lawan atau lari’ yang dilepaskan oleh tubuh sebagai respons terhadap stres. Oleh karena itu, menurunkan kadar kortisol dalam darah juga dapat membantu unuk mengurangi tingkat stress.

Peneliti Journal European of Applied Psychology mencatat bahwa ketika orang membenamkan diri dalam bak air dingin, kadar kortisolnya turun. Ini tentunya akan membuat seseorang merasa lebih rileks dan tubuh terasa lebih ringan.

6. Meningkatkan Kualitas Tidur

Manfaat mandi malam untuk kesehatan selanjutnya adalah bisa meningkatkan kualitas tidur. Organisasi seperti National Heart, Lung, and Blood Institute merekomendasikan untuk mandi air hangat sebelum tidur di malam hari untuk meningkatkan kualitas tidur.

Mandi air hangat di malam hari bisa membantu meningkatkan kualitas tidur karena kombinasi bagaimana tubuh rileks saat mandi dan penurunan suhu tubuh sesudahnya.

Sebuah studi yang dilakukan pada 2019 menemukan bahwa waktu terbaik untuk mandi air hangat di malam hari adalah 1-2 jam sebelum tidur.

Untuk mendapatkan manfaat mandi malam dengan baik, ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mendapatkan gambaran menyeluruh tentang kondisi tubuh Moms ya.

  • https://www.researchgate.net/publication/11001091_Cold_exposure_Human_immune_responses_and_intracellular_cytokine_expression
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4688585/
  • https://journals.plos.org/plosone/article?id=10.1371/journal.pone.0161749&fbclid=IwAR3n7Tg3B2cqvjHstG8Ch3gkTrPPKdMAtZbRYpqTbmEF5DXyr0bIjm5vo-k
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4688585/
  • https://www.healthline.com/health/how-a-cold-shower-before-bed-affects-your-sleep
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/327461
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4049052/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/10751106/
  • https://journals.humankinetics.com/view/journals/ijspp/14/7/article-p1006.xml
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait