Kesehatan

17 Maret 2021

9+ Manfaat Mandi sebelum Subuh, Baik untuk Kesehatan Fisik dan Mental!

Mandi ternyata bukan hanya ritual membersihkan diri, tetapi juga dapat mempengengaruhi kesehatan terutama jika melihat manfaat mandi sebelum subuh
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Daftar isi artikel

Mandi pagi memang menyegarkan ya Moms. Namun, bagaimana dengan mandi sebelum subuh? Ternyata, ada lho manfaat mandi sebelum subuh Moms. Simak ulasannya di bawah ini.

Secara umum ada dua tipe orang yang berbeda dalam hal mandi setiap pagi. Beberapa merasa bahwa mandi sebelum subuh adalah hal yang murni sebagai bagian fungsional dan melakukan setiap proses secara metodis dengan secepat mungkin atau tanpa memikirkan manfaat mandi sebelum subuh.

Namun, beberapa orang yang lain senang mengambil waktu yang lebih dalam mandi dan menikmatinya bahkan beberapa menit tambahan di bawah uap.

Apa pun tipe Moms, mandi kini telah menjadi bagian dari rutinitas seseorang sehari-hari. Dalam agama Islam, dikutip dari Islamic Teaching, Nabi Muhammad SAW bahkan menyuruh seseorang untuk bangun pagi, mandi dan sholat Shubuh berjamaah di masjid. Hal ini karena ternyata banyak sekali manfaat mandi sebelum Shubuh yang bisa diperoleh seseorang.

Konon, manfaat mandi sebelum Subuh akan membuat seseorang bugar di hari tua. Meskipun itu hanya kata-kata kiasan, tentu saja seseorang harus berusaha maksimal agar untuk hidup bersih pada hari ini dan tetap sehat di kemudian hari.

Dr. Abdul Hamid Dayyat dari Universitas Kairo, Mesir, adalah seseorang yang pernah mempelajari tentang pengaruh atau manfaat mandi sebelum subuh bagi kesehatan. Menurutnya, banyak sekali manfaat mandi sebelum subuh.

Orang yang suka mandi sebelum Subuh, tentunya akan bangun pagi. Tidak hanya udara bersih yang menyegarkan badan, tetapi juga air tawar yang tersentuh oleh udara bersih akan meningkatkan kebugarannya.

Manfaat Mandi sebelum Subuh

Di luar manfaat mandi sebelum subuh untuk kebersihan, beberapa hasil penelitian menyimpulkan ada beberapa manfaat mandi sebelum subuh lainnya khususnya dengan air dingin, yaitu:

Baca Juga: 6 Manfaat Mandi Susu dan Cara Melakukannya di Rumah

1. Melancarkan Peredaran Darah

download.jpeg

Foto: newatlas.com

Menurut temuan dari Research Institute of Platelet di Inggris, manfaat mandi sebelum Shubuh akan lebih maksimal jika dilakukan dengan air dingin, karena peredaran darah akan menjadi lebih lancar.

Selain itu, pastinya tubuh pun akan terasa lebih segar dan sehat dan hal ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi seseorang untuk bekal menjalani aktivitas sehari-hari.

2. Meningkatkan Sel Darah Putih

Manfaat mandi sebelum subuh dengan air dingin juga akan meningkatkan sel darah putih dalam tubuh. Ketika sel darah putih dalam tubuh meningkat maka daya tahan tubuh dan kemampuan melawan virus pun akan meningkat.

Manfaat positifnya tubuh akan menjadi lebih prima dan tidak mudah sakit karena daya tahan tubuh selalu terjaga dengan baik.

3. Mengurangi Resiko Hipertensi

what-your-blood-pressure-says-about-you-722x406.jpg

Foto: everydayhealth.com

Manfaat mandi sebelum suubuh ternyata juga menurunkan risiko tekanan darah tinggi, varises, dan pengerasan pembuluh darah. Hal ini disebabkan mandi sebelum subuh dengan air dingin akan melancarkan peredaran darah ke seluruh organ tubuh.

Baca Juga: 5 Manfaat Mandi Air Hangat

4. Meningkatkan Kesuburan

Siapa yang menyangka bila manfaat mandi sebelum subuh akan berhubungan dengan efek positif bagi kesehatan reproduksi seseorang. Efek positif atau manfaat mandi sebelum subuh adalah meningkatkan produksi testosteron pada pria dan estrogen pada wanita yang berdampak pada peningkatan kesuburan dan gairah seksual.

5. Meningkatkan Kesehatan Jaringan Tubuh

oqDgey5ivHTpJyEZ4ZURLU-1200-80.jpg

Foto: livescience.com

Dampak positif bagi kesehatan jaringan tubuh juga bagian dari manfaat mandi sebelum subuh menggunakan air dingin. Dengan kebiasaan ini, maka jaringan kulit menjadi lebih baik dan kulit tidak kering serta menjadi lebih kenyal.

Mandi dengan air dingin juga bisa mengurangi noda dan lingkaran hitam di bawah mata. Dengan demikian, kesegaran wajah akan lebih terpancar. Sebaliknya jika mandi dengan air hangat, maka kulit akan lebih mudah keriput dan kurang elastis.

Selain itu, manfaat mandi sebelum Subuh dengan air dingin juga berdampak positif pada jaringan kuku. Perlu Moms ketahui bahwa hal ini akan membuat kuku menjadi lebih sehat, kuat dan tidak mudah retak.

Baca Juga: 3 Manfaat Mandi Garam Epsom untuk Anak, Patut Dicoba!

6. Membuat Rambut Lebih Sehat

Ternyata air dingin bisa menutupi kutikula rambut, sehingga bisa mengurangi kerontokan rambut. Oleh karena itu, manfaat mandi sebelum subuh dengan air dingin lainnya yang perlu Moms ketahui adalah efeknya yang membuat rambut lebih terlindungi dari kotoran yang biasanya menempel di kulit kepala. Dengan demikian, rambut juga akan menjadi lebih sehat dan kuat.

7. Meredakan Depresi

pexels-girl-on-pier-grayscale-1024x683.jpg

Foto: rtor.org

Kerap merasa stres atau depresi? Maka inilah salah satu manfaat mandi sebelum Subuh dengan air dingin yang juga berpengaruh pada jiwa. Rupanya, mandi pagi sebelum Subuh dengan air dingin juga mampu menjadikan jiwa dan pikiran lebih tenang dan menginspirasi aktivitas kehidupan sehari-hari atau meredakan depresi.

Manfaat mandi sebelum Subuh ini secara tidak langsung memberi seseorang semburan energi yang meremajakan yang dibutuhkan seseorang untuk memulai hari.

Menurut dokter kulit dan Profesor Yale, Dr. Mona Gohara, manfaat mandi sebelum subuh yaitu memberi waktu pada seseorang untuk bermeditasi dan memperhatikan tubuh diri sendiri sebelum kembali memulai hari yang sibuk. Dia mengatakan bahwa periode kesadaran ini dapat menjaga tingkat kortisol atau hormon stres tubuh yang dibatasi.

Baca Juga: 6 Manfaat Mandi Susu dan Cara Melakukannya di Rumah

8. Membersihkan Racun

Apakah Moms tahu bahwa saat Moms tidur, racun dibuang dari sistem di dalam tubuh melalui keringat. Pada saat itu, manfaat mandi sebelum subuh akan berperan karena mandi di pagi hari akan membantu membersihkan racun-racun tersebut.

9. Meredakan Batuk

Mandi bisa meredakan batuk.jpeg

Foto: healthnavigator.org.nz

Jika Moms menderita batuk, maka manfaat mandi sebelum subuh yang dapat meredakan batuk bisa menjadi solusinya. Seperti dikutip dari Kohler, uap mandi pagi yang hangat akan mengencerkan lendir yang menumpuk saat seseorang tidur dan membuat menjadi lebih nyaman dalam beberapa menit.

10. Meningkatkan Kreativitas

Berbagai penelitian menunjukkan manfaat mandi sebelum Subuh yaitu dapat memicu kreativitas. Jadi, jika Moms memiliki masalah yang memerlukan solusi out of the box, Dosen Psikologi Harvard, Dr. Shelley Carson, merekomendasikan untuk membiarkan pikiran Moms berkelana pada pagi harisaat berendam di air yang menenangkan.

Baca Juga: 6 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Mandi

Itulah 10 manfaat mandi sebelum Subuh yang baik untuk kesehatan, baik secara fisik ataupun mental. Jika ya, apakah Moms bagian dari orang-orang yang senang mandi karena mencari manfaat mandi sebelum subuh secara khusus atau hanya melakukannya sebagai rutinitas?

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait