Trimester 1

23 September 2020

12 Manfaat Buah Mangga untuk Ibu Hamil, Perlu Tahu!

Buah-buahan baik dikonsumsi oleh ibu hamil, salah satunya adalah mangga
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Asupan nutrisi yang seimbang dan bergizi bisa didapatkan melalui makanan dan minuman yang Moms konsumsi saat hamil.

Buah-buahan, menjadi menu wajib yang sebaiknya selalu ada saat masa kehamilan. Berbagai jenis buah bisa Moms pilih, salah satu yang paling terkenal adalah mangga.

Makan mangga yang matang saat hamil memiliki keunggulan tersendiri, asalkan porsi makan yang Moms makan terpantau dengan baik agar tidak makan terlalu banyak.

Buah satu ini kaya akan vitamin A, B6 dan C, mangga memberikan nutrisi penting yang dibutuhkan wanita selama kehamilan. Mangga juga kaya akan asam folat, kalium, dan zat besi.

Dipercaya bahwa makan mangga selama kehamilan dapat meningkatkan panas dalam tubuh, atau dikenal dengan istilah 'thermogenesis'.

Tapi bisa jadi hal ini tidak tepat. Makanan pedas, jahe, cabai, dan produk herbal yang kuat membutuhkan energi untuk dicerna dan diproses, dan bertanggung jawab untuk meningkatkan panas tubuh.

Namun, tidak ada bukti bahwa makan mangga meningkatkan panas atau membahayakan bayi dalam kandungan.

Mangga adalah sumber energi dan antioksidan yang sangat penting selama masa kehamilan. Namun, saat membeli mangga, pastikan Moms tidak memilih mangga yang dimatangkan secara kimiawi.

Dan seperti buah atau sayuran lainnya, ibu hamil harus makan mangga saat sedang musimnya.

Mangga dikemas dengan nutrisi dan vitamin yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil. Mangga adalah sumber vitamin A dan vitamin C yang kaya dan dikemas dengan flavonoid seperti alfa dan beta karoten & beta-cryptoxanthin.

Mereka juga mengandung kalium, folat dan tembaga dalam jumlah yang baik.

Mangga juga tinggi kalori tetapi bisa menjadi sumber energi yang luar biasa.

Moms akan membutuhkan banyak energi selama kehamilan, terutama pada trimester ketiga.

Jika dokter meminta Moms untuk menambah asupan kalori, bisa menambahkan mangga ke dalam makanan kita ya.

Namun, kuncinya adalah tidak berlebihan, jadi jangan makan lebih dari satu mangga per hari.

Disarankan juga agar Moms berkonsultasi dengan dokter kandungan terlebih dahulu sebelum memasukkan mangga ke dalam makanan yang kita konsumsi.

Manfaat Mangga untuk Ibu Hamil Muda

Manfaat Buah Mangga untuk Ibu Hamil-3.jpg

Foto: parenting.firstcry.com

“Mangga membawa sejumlah manfaat untuk kesehatan ibu hamil dan janin di kandungan. Selama kehamilan, itu memberikan nutrisi yang tepat untuk tubuh dan memuaskan keinginan,” ujar Dr. Rita Bakshi, dokter kandungan dari International Fertility Center.

Apa saja manfaat mangga untuk ibu hami muda? Berikut manfaat yang bisa didapatkan.

1. Mencegah Mual saat Hamil Muda

Rasa mangga bisa mencegah mual pada ibu yang hamil muda di pagi hari.

Mangga memiliki banyak vitamin B6 yang dapat membantu Moms untuk membangun ketahanan terhadap morning sickness.

Jadi, nikmati kehamilan Moms dengan mangga matang yang berair dan tajam.

2. Membantu Menjaga Kesehatan Kulit saat Hamil

Mangga juga memiliki banyak vitamin C dan E, yang memberikan kilau pada kulit dan memiliki efek anti-penuaan.

Jaga cahaya kecantikan Moms selama hamil. Selain itu, jangan sampai stres ya Moms!

3. Camilan Sehat untuk Ibu yang Hamil Muda

Kehamilan bisa membawa kebiasaan baru untuk Moms yang sedang memasuki usia awal kehamilan.

Alih-alih mengambil satu kotak es krim atau sepotong kue besar, pilihlah beberapa potong mangga untuk memuaskan gigi-gigi Moms yang menginginkan makanan manis.

4. Membantu Ibu Hamil untuk Menambah Berat Badan

Jika Moms tidak mendapatkan cukup berat badan sesuai dengan usia kehamilan seharusnya, maka makan mangga secara teratur dan ingatlah bahwa Moms akan menambah berat badan dengan cepat dan sesuai dengan yang diinginkan.

Manfaat Mangga untuk Ibu Hamil Tua

Manfaat Buah Mangga untuk Ibu Hamil-2.jpg

Foto: momjunction.com

Lantas, sebenarnya apa yang menjadi manfaat mangga untuk kesehatan ibu hamil tua? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

5. Asupan Zat Besi untuk Ibu Hamil

Menurut artikel jurnal How To Assess Iron Defiency Anemia and Use the Hemocue?, Mangga adalah salah satu buah yang terkenal kaya vitamin C.

Makanan mengandung vitamin C dapat menyerap zat besi dengan baik, sehingga penting untuk wanita hamil.

Manfaatnya, mampu meningkatkan sel darah merah dan membantu sirkulasi darah menjadi lebih baik.

Adapun buah-buahan mengandung vitamin C lainnya yang bisa Moms pilih, seperti jeruk, pepaya, stroberi, dan kiwi.

Baca Juga: 6 Manfaat Buah Kelapa untuk Ibu Hamil, Penuh Khasiat!

6. Memberikan Asam Folat untuk Perkembangan Janin

Dilansir dari Massachusetts Department of Public Health, mangga kaya akan asam folat, yang penting untuk perkembangan otak janin dan sumsum tulang belakang.

Mengonsumsi mangga dapat mencegah cacat tabung saraf yang dapat terjadi pada awal kehamilan. Jadi, makan mangga bisa memenuhi kebutuhan tersebut.

“Pada trimester pertama, banyak sistem penting yang berkembang, seperti jantung janin mulai berdetak, mata dan telinga sudah mulai terbentuk, dan otak yang sedang berkembang. Untuk itu, nutrisi yang baik sangat diperlukan,” ucap Dr. Katrina Furth, dokter dari sudah meraih gelar doktor dalam ilmu saraf di Universitas Boston ini.

Selain itu juga dapat membantu mengembangkan otak, sumsum tulang belakang, dan lobus jantung pada bayi kita. Selain itu, akan mencegah banyak bayi lahir cacat juga.

7. Mengandung Serat Makanan untuk Melancarkan Pencernaan

Pada masa kehamilan, Moms dapat mengalami gejala yang membuat tidak nyaman, salah satunya sembelit dan diare. Jadi, lebih baik makan makanan dengan serat makanan atau serat larut.

Berdasarkan Journal of Agricultural and Food Chemistry, mangga memiliki banyak serat yang akan membantu ibu hamil dalam mencerna makanan dengan mudah.

Jadi, Moms bisa makan mangga karena tidak perlu memikirkan masalah pencernaan saat hamil.

Nah, mangga ternyata membantu agar Moms memiliki metabolisme yang baik dan meminimalisir gangguan pencernaan.

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Tin untuk Ibu Hamil, Sehat!

8. Buah yang Kaya Magnesium

Mangga adalah buah yang kaya magnesium dan vitamin E sehingga dapat bertindak sebagai obat alami yang baik untuk mencegah preeklamsia serta membantu membangun otot janin.

Preeklamsia adalah komplikasi kehamilan yang dapat membahayakan kesehatan ibu dan janin.

9. Menyediakan Kandungan Antioksidan yang Penuh

Vitamin C dalam mangga berperan sebagai antioksidan kuat yang membantu mengembangkan daya tahan terhadap radikal bebas, yang dapat mengganggu perkembangan janin dan bahkan menyebabkan kanker.

Dalam artikel jurnalVitamin C Intake and The Risk of Preterm Delivery, vitamin C juga dapat menurunkan risiko kelahiran prematur.

10. Vitamin A Membantu Perkembangan Bayi

Vitamin A, yang banyak ditemukan dalam buah mangga, membantu pembentukan gigi dan tulang bayi.

Menurut jurnal dalam Micronutrient Information Center, vitamin satu ini juga penting untuk mata dan perkembangan sistem kekebalan dan membantu dalam perkembangan jantung, paru-paru, dan ginjal.

11. Vitamin B6 Ideal untuk Otak Janin dan Sistem Saraf

Mangga juga merupakan sumber vitamin B6 yang berperan penting dalam perkembangan otak janin dan sistem sarafnya saat masih di dalam kandungan Moms.

12. Membantu Menyeimbangkan Cairan dalam Tubuh

Saat volume darah meningkat selama kehamilan, tubuh ibu hamil membutuhkan mineral ekstra. Dalam jurnal Fluid and Electrolyte Balance, mencukupi mineral ini, mangga mengandung elektrolit seperti kalium, kalsium, magnesium, dan natrium yang membantu menjaga keseimbangan cairan.

Elektrolit memastikan saraf, jantung, otak, dan otot Anda bekerja sebagaimana mestinya.

Anjuran Makan Mangga untuk Bumil

Manfaat Buah Mangga untuk Ibu Hamil-1.jpg

Foto: lifealth.com

Mangga memang aman dikonsumsi saat hamil, namun hindari mengonsumsinya secara berlebihan.

Melihat kandungan nutrisi mangga dari US Department of Agriculture, dapat disimpulkan bahwa satu porsi mangga mengandung sekitar 13,66 gram gula. Nah, sebenarnya tidak ada rekomendasi standar untuk konsumsi gula selama kehamilan.

Namun, menurut studi dari Colorado State University, sebaiknya Moms membatasi konsumsi gula hanya 25 gram atau kurang dalam satu hari.

Hal ini menunjukkan, makan mangga secara berlebihan bisa menjadi ide yang buruk, karena meningkatkan risiko terjadinya diabetes gestasional.

Baca Juga: Ibu Hamil Makan Nangka, Amankah?

Selain itu, mengonsumsi mangga berlebihan saat hamil juga akan memberikan efek samping, antara lain:

  • Menyebabkan diare: Konsumsi mangga yang berlebihan dapat menyebabkan diare, yang dapat menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi selama kehamilan adalah hal biasa dan dapat diatasi dengan menjaga pola makan.
  • Peningkatan risiko diabetes gestasional: Mangga memiliki kadar gula yang tinggi dan dapat membuat ibu hamil berisiko lebih besar terkena diabetes mellitus. Makan lebih sedikit mangga, yang memiliki Indeks Glikemik (GI) sedang, dapat membantu mengatasi risiko diabetes gestasional.
  • Berat badan berlebih: Mangga kaya akan karbohidrat dan menambah berat kehamilan Moms yang sudah meningkat. Makanya, usahakan unyuk mengonsumsi mangga secukupnya ya Moms.
  • Reaksi alergi: Beberapa orang dapat mengalami reaksi alergi saat bersentuhan dengan kulit buah atau getahnya. Jika Moms mengalami 'gatal' karena mangga, maka hindari konsumsi buah tersebut.
  • Reaksi dari mangga yang dimatangkan secara artifisial: Mangga yang telah dimatangkan secara artifisial dapat berdampak buruk bagi ibu dan bayinya. Buah-buahan ini dimatangkan menggunakan kalsium karbida, zat beracun yang mengandung jejak arsen dan fosfor.

Dalam jurnal Artificial Ripening: What We Are Eating, konsumsi mangga ini dapat menyebabkan perubahan suasana hati, kantuk, sakit kepala, pusing, kebingungan, kejang, sariawan dan kesemutan di tangan dan kaki. Jadi hanya pilih mangga yang sudah matang secara alami.

Nah, bagaimana cara mengetahui jika mangga matang dengan alami atau tidak, mangga yang matang secara artifisial menunjukkan ciri-ciri sebagai berikut:

  • Memiliki bulu berwarna hitam atau putih keabu-abuan.
  • Memiliki bau seperti bawang putih.
  • Terlihat matang tetapi tetap mentah dan keras di dalam.
  • Tidak berasa dan meninggalkan sisa rasa yang khas.
  • Memiliki umur simpan yang lebih pendek dan mulai menunjukkan bercak hitam lebih cepat.
  • Lembut ketika disentuh.

Buah ini mengandung antioksidan sehingga dapat menjaga kesehatan ibu hamil setiap harinya. Namun tetap saja, Moms harus mengimbangi dengan nutrisi lainnya, ya.

Memang tidak mudah mendapatkan mangga yang matang secara alami, namun Moms harus dengan cermat memilihnya. Lihat ciri-ciri mangga yang matang secara artifisial di atas agar Moms bisa memilih dengan tepat.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait