Fashion & Beauty

8 Juli 2021

Ini Manfaat Masker Oatmeal Bagi Kulit dan Jenisnya yang Bisa Dicoba

Tak hanya sebagai makanan, ternyata oatmeal pun memiliki kegunaan untuk kecantikan wajah
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Widya Citra Andini

Masker wajah merupakan salah satu perawatan kulit favorit ketika melakukan me time. Ternyata, bahan makanan seperti oatmeal bisa dijadikan sebagai masker untuk merasakaan manfaatnya. Ya, masker oatmeal bisa jadi pilihan masker untuk Moms coba.

Saat ini sudah banyak masker-masker wajah yang ada di toko, bahkan jumlahnya pun ratusan bila ingin memilih sesuai dengan keinginan. Akan tetapi, Moms perlu mengeluarkan kocek lebih dalam untuk memiliki masker-masker wajah tersebut.

Namun, daripada membeli, bagaimana bila Moms membuat sendiri masker atau do-it-yourself dengan bahan-bahan yang tersedia di rumah.

Salah satu bahan terbaik untuk dimasukkan ke dalam masker wajah DIY adalah oatmeal. Bahan ini mengandung senyawa avenanthramides, antioksidan, dan anti-inflamasi yang menenangkan kulit gatal, kering, dan iritasi.

Masker oatmeal juga bagus untuk kulit yang rentan berjerawat karena menyerap minyak dari permukaan kulit. Semua manfaat ini menjadikan oatmeal sebagai bahan yang sempurna untuk masker wajah.

Journal of Drugs in Dermatology mengutarakan bahwa kandungan oatmeal bisa menjadi perawatan efektif untuk kulit yang gatal, kering, dan iritasi.

Baca Juga: Gampang Dibuat, Ini 6 Masker Wajah Alami untuk Kulit Berminyak

Manfaat Masker Oatmeal

manfaat masker oatmeal

Foto: Orami Photo Stock

Apa saja manfaat masker oatmeal yang baik untuk kulit wajah kita? Simak di bawah ini yuk, Moms.

1. Membantu Mengatasi Jerawat

Manfaat masker oatmeal pertama ialah membantu menyerap minyak berlebih dari kulit dan membantu mengobati serta mencegah timbulnya jerawat.

Selain itu, masker ini juga dapat Moms gunakan untuk mengatasi dan mencegah timbulnya jerawat dengan cara berikut.

  • Rebus setengah cangkir oatmeal dan biarkan hingga dingin.
  • Oleskan pasta tersebut pada wajah secara merata dan biarkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air hangat.
  • Moms juga bisa menambahkan tomat atau putih telur ke dalam masker ini.

Masker oatmeal juga membantu dalam mengobati jerawat dan scrub oatmeal bekerja untuk mengangkat sel kulit mati, melembutkan kulit, serta mengurangi ampas oat dari bintik-bintik pada kulit.

Untuk membuat scrub oatmeal lakukan langkah berikut:

  1. Campurkan 1 sdm oatmeal yang digiling halus dengan gula merah halus, madu mentah, minyak jojoba, dan beberapa tetes minyak lavender atau geranium.
  2. Oleskan sedikit scrub ini pada wajah yang basah dengan pijatan gerakan melingkar kecil, biarkan selama 10 menit lalu bilas dengan air hangat.
  3. Moms dapat menggunakan sabun oatmeal karena sabun ini berfungsi sebagai scrub alami dan menyerap minyak berlebih.
  4. Oatmeal mengandung zink untuk bantu mengurangi peradangan dan membunuh bakteri penyebab jerawat.

Namun, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kulit dulu sebelum menggunakan oatmeal untuk mengobati jerawat. Ini karena penggunaan yang salah dan tidak tepat dapat memperburuk kondisi jerawat.

2. Membantu Mengatasi Kulit Gatal dan Kering

Manfaat masker oatmeal berikutnya, yakni mengandung sifat anti oksidan dan anti inflamasi alami yang membantu mengatasi gatal akibat kekeringan dan iritasi pada kulit.

Moms bisa menggunakan oatmeal untuk meredakan gatal dan kulit kering dengan cara berikut ini.

  • Mandi oat (campur oatmeal dengan baking soda) dan tambahkan ke air pancuran dan rendam tubuh dalam air selama 15 menit, kemudian keringkan tubuh dan oleskan krim pelembap.
  • Atau campurkan bubuk oatmeal dengan air panas hingga bertekstur pasta, oleskan pada kulit selama 15 menit, lalu bilas dengan air biasa.
  • Moms juga bisa mengoleskan susu oatmeal langsung ke area kulit yang terkena.

Baca Juga: 9 Masker Alami untuk Kulit Kombinasi yang Mudah Dibuat

3. Melembapkan Kulit Wajah

Masker oatmeal juga dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan berfungsi sebagai pelembap alami untuk kulit.

Dalam jurnal U.S. National Library of Medicine, oatmeal juga mengandung beta-glukan, pelembap kulit yang bisa menembus jauh ke dalam kulit dan membantu mempertahankan kelembapan di dalam kulit. Cara membuatnya:

  • Campurkan dua cangkir oatmeal bubuk dengan secangkir susu dan satu sendok makan madu mentah.
  • Oleskan masker ke kulit kita, biarkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air dingin.
  • Moms juga bisa menggunakan ekstrak oatmeal pada kulit.

4. Untuk Mencerahkan Kulit

Masker oatmeal digunakan dalam banyak produk perawatan kulit dan tubuh seperti lulur dan krim pengelupas.

Moms bisa menggunakan masker oatmeal pada wajah (campuran oatmeal dan susu) setiap pagi untuk membantu mencerahkan warna kulit dan menghilangkan noda pada wajah.

5. Membantu Mengobati Poison Ivy dan Cacar Air

Perlu Moms ketahui, masker oatmeal telah digunakan selama ribuan tahun untuk mengobati poison ivy dan gejala cacar air, karena membantu meredakan gatal yang disebabkan oleh poison ivy atau cacar air.

Moms bisa menggunakan oatmeal dengan cara menuangkan oatmeal ke dalam kain katun tipis, ikat kain katun tipis di keran bak mandi. Nantinya, air oatmeal mengalir begitu keran dibuka.

Baca Juga: 4 Masker Alami Untuk Mengencangkan Kulit Wajah

6. Sebagai Pembersih Wajah Alami

Oatmeal mengandung senyawa yang disebut saponin yang berfungsi sebagai pembersih kulit alami.

Ini karena oatmeal membantu menghilangkan kotoran dan minyak berlebih yang dapat menyumbat pori-pori kulit tanpa menyebabkan iritasi atau kulit kering.

Moms bisa membuat susu oatmeal dengan merendam oatmeal dalam air. Oatmeal bekerja sebagai antiseptik dan tonik alami untuk kulit. Oleskan susu oatmeal ke wajah dengan kapas setelah membasuh wajah secara menyeluruh dengan air.

Cobalah cara berikut ini.

  • Taruh setengah cangkir oatmeal dan bungkus dengan selembar kain, kemudian ikat kuat.
  • Taruh oatmeal yang sudah dibungkus di bak mandi dan remas sampai keluar susunya, Moms dapat menggunakan susu oat pada wajah dan tubuh sebagai pengganti sabun untuk bantu mengeksfoliasi kulit.

7. Memberi Perlindungan pada Kulit

Protein yang ditemukan dalam oatmeal menjaga pelindung alami kulit. Selain itu, protein ini juga melindungi kulit dari polutan keras dan bahan kimia.

Tak hanya itu, lemak yang ditemukan dalam oatmeal membantu melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya.

8. Oatmeal Bersifat Hypoallergenic

Oatmeal tidak hanya memiliki khasiat menyejukkan kulit, tetapi juga hipoalergenik. Ini juga menjadi salah satu manfaat masker oatmeal terutama bagi Moms pemilik kulit sensitif.

Moms yang memiliki alergi atau kulit sensitif bisa mendapatkan manfaat masker oatmeal. Pasalnya, bahan ini dapat membantu meredakan ruam dan reaksi alergi, serta kerusakan kulit lainnya seperti sengatan matahari.

Baca Juga: 4 Manfaat Masker Tomat untuk Wajah dan Cara Membuatnya

Jenis Masker Oatmeal

Susu

Foto: Orami Photo Stock

Dilansir dari SiO Beauty, setidaknya ada empat jenis masker oatmeal untuk memenuhi kebutuhan perawatan kulit Moms, yaitu:

1. Susu dan Oatmeal

Moms, manfaat masker oatmeal terkenal karena sifatnya yang menenangkan dan melembutkan. Itulah mengapa masker ini bisa Moms masukkan dalam rutinitas perawatan wajah setiap hari.

Campuran masker oatmeal dan susu bantu mengeksfoliasi sel-sel kulit mati untuk mendapatkan kulit yang lebih halus, cerah, awet muda, dan bercahaya.

Bahan:

Caranya, taruh satu sendok makan oat ke dalam mangkuk, tambahkan dua sendok makan susu, taburkan ¼ sendok teh kayu manis, aduk hingga campurannya merata.

Sebelum pengaplikasian, cuci wajah dan leher Moms dengan air hangat serta pembersih bebas minyak untuk menghilangkan riasan dan membuka pori-pori.

Oleskan campuran tersebut ke wajah, dan leher. Diamkan selama dua puluh menit, lalu basuh dengan air hangat.

2. Minyak Kelapa dan Oatmeal

Jenis masker oatmeal dan minyak kelapa ini sangat bagus untuk kulit berjerawat, Moms.

Karena sifat antibakteri dan antijamurnya, manfaat masker oatmeal ini mampu meredakan peradangan dan mengembalikan keseimbangan pH alami kulit.

Bahan:

Caranya, siapkan ¼ gelas air hangat dalam mangkuk, tambahkan satu sendok makan minyak kelapa dan aduk hingga benar-benar meleleh. Taburkan tiga sendok makan oatmeal, aduk hingga bahannya membentuk pasta.

Cara menerapkannya, Moms harus mencuci wajah dan leher dengan air hangat serta pembersih wajah untuk menghilangkan riasan serta membuka pori-pori.

Saat campuran sudah cukup dingin, oleskan ke wajah, dan diamkan selama lima belas menit.

Bilas dengan air hangat kemudian percikkan air dingin untuk menutup dan mengencangkan pori-pori.

Baca Juga: 6 DIY Masker Oatmeal untuk Mencerahkan Wajah

3. Yoghurt dan Oatmeal

Jika Moms memiliki kulit berminyak atau kombinasi, mungkin tahu betapa sulitnya menemukan produk perawatan kulit yang tepat. Nah, jenis manfaat masker oatmeal dan yoghurt ini memiliki semua yang Moms butuhkan.

Bahan:

  • Oatmeal yang dimasak (tidak kering)
  • Yogurt hambar
  • Madu
  • Putih telur

Kemudian, dalam mangkuk pengaduk, campurkan ½ gelas air mendidih dan 1/3 gelas oatmeal. Aduk hingga air meresap dan diamkan selama dua menit.

Lalu, campur dua sendok makan yoghurt tawar, dua sendok makan madu, dan putih telur hingga benar-benar larut.

Cuci wajah dan leher Moms, kemudian oleskan tipis-tipis masker jika sudah siap. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Perlu diingat, potongan oatmeal yang lebih besar dapat menyumbat saluran pembuangan wajah sehingga pastikan untuk meletakkan saringan terlebih dahulu. Tepuk-tepuk kulit dengan handuk lembut dan bersih.

4. Apel dan Oatmeal

Percayalah Moms bahwa jenis masker oatmeal dan apel amat bagus untuk semua jenis kulit karena bisa membuat kulit lembut, menenangkan iritasi, dan menghaluskan garis-garis keriput.

Bahan:

Masukkan dua sendok makan saus apel ke dalam mangkuk. Moms bisa buat saus apel sendiri atau beli yang sudah ada di toko.

Tambahkan satu sendok makan madu, kemudian microwave campuran selama lima detik sekaligus sampai madu mulai larut. Lalu, masukkan dua sendok makan oatmeal dan aduk rata. Tambahkan dua atau tiga tetes air mawar.

Cara pengaplikasiannya, cuci wajah dan leher Moms dengan air hangat. Gosok masker wajah ke kulit wajah dan diamkan selama lima belas menit.

Bilas masker dengan air hangat. Saat semua masker dihilangkan, percikkan wajah dengan air dingin untuk menutup dan mengencangkan pori-pori.

5. Masker Oatmeal untuk Jerawat

Bagi Moms pemilik kulit berjerawat dan ingin merasakan manfaat masker oatmeal, maka bisa menggunakan oat organik saat membuat masker wajah di rumah.

  • Masker oatmeal sederhana: Masak 1 porsi oatmeal. Biarkan dingin. Oleskan sebelum dioleskan ke kulit. Bilas setelah 10-15 menit. Ini saja bagus untuk mengobati peradangan dan kemerahan.
  • Masker oatmeal dengan madu dan cuka: Campur 3 sendok makan oatmeal organik dengan 1 sendok teh madu, 1/4 cangkir air hangat, 1 sendok teh cuka anggur putih, dan 1 sendok teh jus lemon segar. Oleskan masker dengan lembut dalam gerakan melingkar. Diamkan 5 menit dan jangan lebih. Bilas wajah hingga bersih.

Baca Juga: 5 Manfaat Masker Putih Telur untuk Perawatan Wajah

Tips Menggunakan Masker Oatmeal

masker oatmeal

Foto: Orami Photo Stock

Moms sudah tahu kan apa saja manfaat masker oatmeal? Selain itu, penting juga untuk mengingat beberapa hal seperti yang harus dan tidak harus dilakukan saat melakukan perawatan masker wajah, yaitu :

Do's:

  1. Biarkan masker selama 10 hingga 30 menit. Ini memungkinkan bahan menembus kulit . Satu opsi: Oleskan sebelum mandi atau berendam.
  2. Cucilah wajah dengan air dan pembersih lembut sebelum mengoleskan masker. Ini membantu masker menembus kulit dengan lebih baik.
  3. Oleskan pelembap setelah mencuci masker.
  4. Pilih masker wajah yang dijual bebas yang khusus untuk jenis kulit wajah. Jika Moms memiliki kulit berminyak atau rawan jerawat, pilih masker bebas minyak yang tidak akan menyumbat pori-pori.
  5. Percikkan air dingin ke wajah setelah melepaskan masker untuk menutup pori-pori.

Don'ts:

  1. Jangan gunakan masker jika mengalami iritasi kulit atau reaksi alergi (kemerahan, gatal, atau ruam).
  2. Jangan gunakan masker setiap malam. Hanya berlaku sekali atau dua kali seminggu.
  3. Jangan biarkan masker terlalu lama, karena dapat menimbulkan iritasi kulit.
  4. Jangan menggosok kulit saat mencuci masker. Ini bisa menyebabkan iritasi dan kemerahan.

Itu dia berbagai jenis masker oatmeal, sekaligus tips cara membuat dan manfaat masker oatmeal yang bisa menjadi rekomendasi dalam merawat kulit wajah. Moms mau mencobanya di rumah?

  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/25607907
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/23494974/
  • https://www.siobeauty.com/blogs/news/oatmeal-face-masks
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait